P. 1
Konsep profesi keguruan

Konsep profesi keguruan

|Views: 38|Likes:
Published by affanafian

More info:

Published by: affanafian on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/26/2012

pdf

text

original

Konsep profesi keguruan

LOGO

Tujuan LOGO 1) Mengetahui pengertian tentang profesi keguruan. 4) Mengetahui Organisasi profesional profesi keguruan. 3) Mengethui Kode etik profesi keguruan. 2) Mengetahui Syarat-syarat profesi. 2 affan afian .

Pengertian Profesi  pekerjaan  pelatihan&penguasaan  pengetahuan khusus Profesional  Bekerja  bidang. keahlian & peraturan  uang Profesionalisme  Sikap/perilku  profesional LOGO 3 affan afian .

b) Menggeluti suatu batang tubuh ilmu yang khusus.Syarat-syarat (NEA. c) Memerlukan persiapan profesional d) Memerlukan latihan dalam jabatn yang berkesinambungan e) Menjanjikan karir hidup dan keanggotan yang permanen f) Menentukn standarnya sendiri 4 affan afian . 1948) LOGO Jabatan yang: a) melibatkan kegiatan intelektual.

LOGO 5 affan afian .Syarat-syarat (NEA. 1948) Jabatan yang: g) Lebih mementingkan layanan di atas kepentingan pribadi. dan h) mempunyai organisasi profesionl yang kuat dan terjalin erat.

 landasan moral.Kode etik Pengertian  norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap anggota profesi di dalam melaksanakan tugas profesinya dan dalam hidupnya di masyarakat. tingkah laku. dan perbuatan 6 affan afian . dan LOGO  pedoman sikap.

c) Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi d) Untuk meningkatkan mutu profesi e) Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi 7 affan afian . Hermawan) a) Untuk menjunjung tinggi martabat profesi b) Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggotanya.Kode etik LOGO Tujuan (R.

8 affan afian . LOGO • penetapan kode etik tidak boleh dilakukanoleh orang secara perorangan.Kode etik Penetapan kode etik • Kode etik hanya dapat ditetapkan oleh suatu organisasi profesi yang berlaku dan mengikat para anggotanya.

9 affan afian .Kode etik Sanksi pelanggaran kode etik • sanksi moral LOGO • sipelanggar dikeluarkan dari orgnisasi profesi.

Kode etik Kode etik guru Indonesia LOGO 1) Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa Pancasila. 10 affan afian . 3) Guru berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan melakukan bimbingan dan pembinaan. 2) Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran professional.

Kode etik Kode etik guru Indonesia LOGO 4) Guru menciptakan suasana sekolah sebaikbaiknya yang menunjang berhasinya proses belajar-mengajar. 11 affan afian . 5) Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat sekitarnya untuk membina peran serta dan rasa tanggung jawab bersama terhadap pendidikan.

12 LOGO affan afian . 7) Guru memelihara hubungan seprofesi. dan kesetiakawanan social.Kode etik Kode etik guru Indonesia 6) Guru secara pribadi dan bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan martabat profesinya. 8) Guru secara bersama-sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan & pengabdian. semangat kekeluargaan.

Kode etik Kode etik guru Indonesia 9) Guru melaksanakan segala kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan. LOGO 13 affan afian .

Organisasi profesional Pengertian LOGO  Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu. 14 affan afian .

Organisasi profesional Ciri-ciri LOGO  Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu. 15 affan afian .

Organisasi profesional Manfaat Breckon (1989)  Mengembangkan dan memajukan profesi  Menertibkan dan memperluas ruang gerak profesi  Menghimpun dan menyatukan pendapat warga profesi  Memberikan kesempatan pada semua anggota untuk berkarya dan berperan aktif dalam mengembangkan dan memajukan profesi 16 LOGO affan afian .

Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI).Jenis jenis organisasi kep 1. PGRI lahir pada 25 November 1945. didirikan di Malang pada tanggal 17 Desember 1975. 4. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI). Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). lahir pada pertengahan tahun 1960-an. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). 3. 2. 17 LOGO affan afian .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->