EVALUASI PENDIDIKAN RPP Tugas Remidi Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Evaluasi Pendidikandibina oleh Bapak

Slamet Wibawanto, S.T., M.T. Oleh :Latifatul Azizah(100534406806) PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTROJURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANGOktober, 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) Program Keahlian: Teknik Audio Video Mata Pelajaran: Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika Kelas/Semester: I/I Pertemuan : VII Alokasi Waktu: 45 menit Identitas Siswa:  Nama: Dwi Cahyono Nusontoro  Permasalahan: Nilai siswa belum mencapai SKM dikarenakan pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa tidak memperhatikanapa yang diterangkan oleh guru dan sibuk sendiri dengan HP(smsan). Siswa juga sering mengantuk didalam kelas.  Solusi: Mengirim siswa tersebut ke Bimbingan Konseling kemudianmelaksanakan pembelajaran remedial.

tegangan dan tahanan listrik Indikator: Menjelaskan kuat arus listrik I. Langkah-langkah Pembelajaran  Mengucapkan salam (apersepsi)  Memberikan motivasi pada siswa  Menugasi siswa untuk membaca LKS dan mengerjakan soal – soal latihanyang ada dalam LKS  Guru memeriksa hasil kerja siswa . Metode Pembelajaran  Penugasan IV.Standar Kompetensi: Menerapkan dasar-dasar kelistrikan Kompetensi Dasar: Menjelaskan arus.Materi Ajar  Rangkaian arus searah III. Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat menjelaskan mengenai kuat arus listrik II.

dalam ruang tersebut terdapat medan listrik. berdasar pada hukumCoulomb bila kita meletakkan muatan uji +q pada ruang tersebut akan mendapatkangaya coulomb (tolak menolak). Jadi 1 Ampere sama dengan 1 coulomb perdetik.Untuk muatan –Q dan diletakkan muatan uji +q maka akan terjadi gaya coulomb yangsaling tarik-menarik antara kedua muatan tersebut.Perangkat pembelajaran  LKS  Kunci jawaban VI. jika nilai siswa sudah mencapai nilai SKM ataumelebihi SKM maka nilai maksimal yang diperoleh siswa tersebut adalahsama dengan nilai SKM. Guru mengadakan evaluasi berupa soal uraian kemudian memberikan skor kepada siswa. Kuat medan listrik Medan listrik selalu dicirikan dengan adanya gaya coulomb pada muatan-muatanlistrik dalam suatu ruangan.Definisi arus listrik (I) adalah jumlah muatan (Q) listrik yang mengaklir dalam penghantar tiap satuan waktu (t). Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa adanyagaya coulomb pada muatan +Q dan +q. . b. maka akanmenimbulkan aliran muatan listrik atau yang disebut dengan aliran arus listrik. tegangan dan tahanan listrik Indikator: Menjelaskan mengenai kuat arus listrik Tujuan Pembelajaran: Siswa dapat menjelaskan mengenai kuat arus listrik I.Perhatikan gambar dibawah ini :Gambar 3.Penilaian  Tes tertulis (soal uraian) LKS SMK : Rangkaian arus searah (DC) Kompetensi Dasar : Menjelaskan arus.Hukum ColoumbDalam sebuah ruangan yang terdapat muatan +Q. V.Dalam pemberian skor.Hukum OhmJika beda potensial pada ujung kawat dapat dipertahankan konstan.Dasar Teori a. namun jika nilai siswa masih belum mencapai SKMmaka siswa harus melakukan pembelajaran remedial sampai nilainyamencapai SKM.

Batere mengubah energi kimia menjadi energi listrik.Idimana :V : tegangan. yakni gaya yang mengakibatkan mutan . Hubungan tersebutdituliskan sebagai :V = R. Rangkaian listrik sederhanaSakelar ditutup.Apakah yang disebut dengan arus listrik ? 2. dalam Ampere. dalam Ohm. VI : arus. (skor maksimum 30) 2.Hukum Ohm Menyatakan bahwa tegangan V antara ujung-ujung sebuahtahanan adalah sebanding dengan arus I yang melaluinya. II. Disetiap muatan titik dalam medan listrik yang homogen. Lampumengubah energi listrik menjadi energi cahaya dan panas. Terangkan mengapa penghantar listrik memiliki perlawanan yang berbedabedaterhadap arus listrik ? 3.Gambar 7. Arah arus listrik berlawanan dedngan arah gerak elektron. maka muatan tersebutmengalami gaya apa? Jelaskan ! Kunci Jawaban Formatif 1 1. maka arus listrik akan mengalir dari kutub positif bateremenuju sakelar. dalam Volt. Jika elektron bergerak dari kutub negatif ke kutub positif melewati sebuah penghantar (diluar sumber tegangan). Sebuah penghantar pasti memiliki perlawanan jika dialiri arus listrik. AR : tahanan. melewati lampu dan lampu akan menyala. Tahanan dalam ini nilainya berbeda-beda antara behan penghantar satu dengan yang lainya. Jika terdpat muatan titik yang berada pada medan listrik maka muatan titik tersebutakan mengalami gaya coulomb. Sesuai dengan hukum ohm bahwa nilaitahanan dalam penghantar adalah perbandingan antara tegangan dan arus yangterdapat dalam tahanan tersebut. melewati sakelar dan berakhir dikutub positif batere. (skor maksimum 35) 3.Test Formatif 1. Aliran elektron bergerak sebaliknya dari kutub negatif batere menuju lampu. Arus listrik memiliki satuan ampere (A) dengansimbol I. karena dalam penghantar terdapat tahanan dalam. Yang disebut deengan arus listrik adalah jumlah muatan listrik yang mengalir dalammedan penghantar tiap satuan waktu. sedang arah arus mengalir dari kutub positif sumber dan mesuk melalui kutub negatif sumber tegangan.

titik tersebutakan mengalami gaya tolak-menolak atau tarik menarik. (skor maksimum 35 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful