BAB II GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN 2.1. Sejarah Perusahaan PT.

Flora Sawita Chemindo merupakan industri yang bergerak di bidang oleokimia (oleochemical) yang hasilnya diekspor ke luar negeri. Perusahaan ini didirikan oleh dua group usaha, yaitu Parasawita Group dan Bumi Flora Group. Perusahaan ini didirikan dengan akte pendirian oleh Ny. Chairani Bustami, SH No. 30 tanggal 11 Agustus 1995 dan No. 79 tanggal 17 November 1995. Izin Lokasi no. 460/16/IL/IV/95 tanggal 15 April 1995. Nomor Izin Usaha : Surat Persetujuan Penanaman Modal Dalam Negeri No. 595/I/PMDN/1995 dengan disertai No. Proyek : 3511-07-021.310 dengan alamat kantor pusat di Jl. Jend. Ahmad Yani No. 102 B Medan dan mulai beroperasi di awal tahun 1998, pada saat ini kantor dan pabrik PT. Flora Sawita Chemindo beralamat di Sarana Tamora Permai (STP) Industrial Estate, Jl. Raya Medan – Lubuk Pakam Km. 20 Bangun Sari – Tanjung Morawa, Medan – Sumatera Utara. Parasawita Group dan Bumi Flora Group masing-masing mempunyai perkebunan sawit yang sangat luas, terletak di berbagai wilayah yang ada di Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darusalam (NAD). Bahan baku minyak sawit yang selalu siap tersedia dan mudah diperbaharui menjadikan dasar pemikiran kedua group tersebut untuk memutuskan membangun perusahaan patungan secara bersama dan menjadikan sebuah industri hilir.

Universitas Sumatera Utara

PT. Flora Sawita Chemindo menggunakan teknologi dari FELD & HAHN Gmbh, German, perusahaan rekayasa dan konstruksi pabrik kimia asal Jerman dan sejak berdirinya dibantu oleh konsultan asing. 2.2. Ruang Lingkup Bidang Usaha PT. Flora Sawita Chemindo memproduksi asam lemak (fatty acid) dan glycerine yang bahan bakunya berasal dari minyak sawit (CPO) dan minyak inti sawit (PKO), dengan kapasitas produksi normal 54.000 MT/Tahun dengan normal waktu operasinya adalah 250 hari per tahun. Keberadaan perusahaan ini telah diterima oleh negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Filipina, Taiwan, Korea, China, India, Iran serta Amerika dan Eropa, sehingga produk akhir yang diproduksi terutama diekspor ke luar negeri. Oleochemical adalah bahan-bahan kimia yang berasal dari minyak dan lemak hewan dan tumbuhan. Minyak sawit mengandung asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh yang dalam proses selanjutnya akan menghasilkan fraksi olein, stearin dan asam lemak. Jenis produk yang dihasilkan untuk asam lemak terdiri dari rantai pendek dan rantai panjang, yang termasuk ke dalam rantai pendek yaitu caprilic acid (C8) dan capric acid (C10), sedangkan rantai panjang yaitu lamic acid (C12), myristic acid (C14), palmitic acid/stearic acid (C16/C18), dan light end. Semua produk tersebut dikemas dalam beberapa bentuk sesuai dengan permintaan konsumen.

Universitas Sumatera Utara

Pada pelaksanaannya. Suatu struktur organisasi dapat menjelaskan pembagian kerja. Dengan adanya struktur organisasi akan lebih mempermudah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Organisasi dan Manajemen 2. Dengan adanya struktur organisasi maka setiap karyawan dan pimpinan perusahaan mengetahui batas-batas kewajiban. dan 21 kg untuk silver drum. Untuk memudahkan pembagian tugas suatu organisasi maka dibuat suatu struktur organisasi. Universitas Sumatera Utara .3. PT.3. serta dalam bentuk bulk shipment atau ISO container (ISO tank). Struktur Organisasi Susunan organisasi perusahaan dipersiapkan seefisien mungkin dan didasarkan kepada fungsi-fungsi yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.Produk padat (solid form) dikemas dalam bentuk jumbo bag dengan kapasitas 600 kg dan paper bag kapasitas 25 kg. Sedangkan produk cair (liquid form) dikemas dalam bentuk drum dengan kapasitas 18 kg untuk blue drum. Flora Sawita Chemindo mempunyai struktur organisasi garis dan staff. pembagian unit-unit organisasi didasarkan pada spesialisasi tugas. 2.1. Struktur organisasi merupakan dasar dari setiap aktifitas yang akan dilaksanakan oleh organisasi. wewenang maupun tanggung jawab yang akan dilaksanakan. Pada struktur organisasi ini bagian-bagian utama langsung berada di bawah seorang pemimpin serta pemberian wewenang dan tanggung jawab bergerak vertikal ke bawah. wewenang dan tanggung jawab. Flora Sawita Chemindo telah melaksanakan prinsip-prinsip organisasi seperti adanya perumusan tujuan dan strategi perusahaan. PT.

1. Universitas Sumatera Utara . Bagan struktur organisasi PT. Flora Sawita Chemindo dapat dilihat pada Gambar 2.pembagian kerja dan pendelegasian wewenang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Fatty Acid/ Glycerine Sup. Bagan Struktur Organisasi PT./Inst. Flora Sawita Chemindo . Superint. Elec. Utility Superint. Utility Supervisor Quality Ass.CHIEF EXECUTIVE OFFICER CHIEF OPERATING OFFICER Secretary Advisor Safety and Pollution Control Management Representative Maintenance Engineering Mechanical Engineering F & A Manager Mechanical/ Workshop PPIC Superint. Comercial Manager HRD Manager Process/Tank Farm Superint. Supervisor Purchasing Supervisor Fin. Superivisor Civil Supervisor Mechanical Supervisor Workshop Supervisor Finance Supervisor Accounting Supervisor T. Goods Supervisor Warehouse Supervisor Shipping and Sales Supervisor General Affair Security Chief Personnel Supervisor Control Room Operator Lead Operator Field Operator Staff Staff Mechanic Staff Staff Operator Operator Analyst Electrician/ Technician Welder/Pipe Fitter/ Isolator EDP Staff Staff Staff Staff Staff Staff Security Staff Gambar 2. Bagging Sup.Farm. Flora Sawita Chemindo Universitas Sumatera Utara Sumber : PT.1. Quality Ass. Elec. Superint.Flaking./Inst.

Flora Sawita Chemindo adalah sebagai berikut : Chief Executive Officer (CEO) Tugas dari Chief Executive Officer (CEO) adalah : 1. Mengawasi pencatatan transaksi dan administrasi perusahaan. Bertanggung jawab kepada pemegang saham. Memimpin dan mengurus semua aspek kegiatan perusahaan. 2. Memberikan pertanggungjawaban dan segala keterangan tentang jalannya perusahaan termasuk laporan keuangan kepada pemegang saham. 2. Uraian Tugas dan Tanggung Jawab Pembagian tugas dan tanggung jawab setiap bagian dalam struktur organisasi di PT. Memimpin dan mengurus kegiatan perusahaan. Bertanggung jawab kepada Chief Executive Officer (CEO). 2. Bertanggung jawab atas kelancaran kerja di setiap bagian dibawahnya.2. Universitas Sumatera Utara .3. Tanggung jawab Chief OperatingOfficer (COO) adalah : 1. Tanggung jawab Chief Executive Officer (CEO) adalah : 1. 3. 2. Chief Operating Officer (COO) Tugas dari Chief Operating Officer (COO) adalah : 1. Membina hubungan baik dengan seluruh pihak yang diperlukan.2. Mengarahkan kegiatan perusahaan.

Management Representative (MR) Tugas dari Management Representative (MR) adalah : 1. Menyusun prosedur-prosedur kerja yang dilaksanakan perusahaan. Membantu menyusun dan membuat catatan rapat Chief Executive Officer. 2. Mengawasi perusahaan. Chief Opearting Officer dan General Manager. Membantu mengurus surat menyurat perusahaan. Tanggung jawab Management Representative adalah : 1.Sekretaris Tugas dari Sekretaris adalah sebagai berikut : 1. menyampaikan segala keputusan Chief Executive Officer dan Chief Operating Officer kepada General Manager dan Manager. Tanggung jawab Sekretaris adalah : 1. Melaksanakan dan mengawasi prosedur kerja dan sistem standarisasi yang dilaksanakan oleh perusahaan. Melaksanakan segala hal yang berhubungan dengan administrasi perusahaan. 3. mekanisme prosedur kerja yang dilaksanakan oleh Universitas Sumatera Utara . 2.

flaking dan packing produk dan operasi kegiatan lain di tank farm. 2. sedang diolah. merencanakan dan mengkoordinir pengawasan terhadap kondisi bahan-bahan sebelum diolah. tank farm. beading dan packing. Tank Farm. glycerine. bertanggung jawab sepenuhnya dalam mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan seksi utilitias beserta fasilitas yang ada dan sesuai dengan kerangka kerja dari tujuan. yaitu : Production Superintendent. Menyusun langkah-langkah perencanaan dalam proses produksi. Flaking dan Bagging Supervisor. Quality Assurance Superintendent. glycerine plant. bertanggung jawab atas pengawasan proses operasi fatty acid plant. hydrogen production plant. sampai produk Universitas Sumatera Utara . Utilities Superintendent. Mengawasi dan mengatur operasi produksi yang sedang berjalan. yang bertanggung jawab terhadap semua proses loading. Utilities Superintendent membawahi Utilities Supervisor yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian peralatan di bagian utilitas efisien dan aman. Operational General Manager bertanggung jawab terhadap seluruh pengaturan proses produksi yang berhubungan dengan berjalannya proses produksi. Production Superintendent membawahi : Fatty Acid dan Glycerine Supervisor yang bertanggung jawab atas pengawasan langsung di section fatty acid. flaking. strategi dan program perusahaan.Operational General Manager Tugas dari Operational General Manager adalah : 1.

dapat diandalkan dan tersedia agar keselamatan kerja dan pengendalian sumber polusi di dalam perusahaan terjamin serta memastikan agar peraturan dan undang-undang keselamatan kerja. Safety and Pollution Control Superintendent. bertanggung jawab terhadap perencanaan dan jadwal produksi. Quality Assurance Superintendent membawahi Quality Assurance Superintendent Supervisor yang bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinir pekerjaan Quality Control. Production Planning and Inventory Control Superintendent. bertugas untuk memastikan agar seluruh peralatan dan fasilitas Safety and Pollution Control dioperasikan secara tepat. Universitas Sumatera Utara . Maintenance Manager Tugas Maintenance Manager adalah melakukan pengawasan dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan pemeliharaan terhadap seluruh peralatan proses dan utilitas. Bagian ini bekerjasama dengan bagian pemasaran dalam memenuhi permintaan produk agar penggunaan kapasitas pabrik optimum dan jadwal produksi tercapai.jadi untuk mencapai standar yang diinginkan. keselamatan terhadap kebakaran dan pengendalian lingkungan dan sumber polusi terpenuhi.

membimbing. insulation fitter dan helper dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaannya. Bertanggung jawab atas pengaturan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan perawatan. bertanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi kegiatas Electrical/Instrumentation. welder. Mechanical/Workshop Superintendent membawahi : (1) Mechanical Supervisor. Universitas Sumatera Utara . (2) Workshop Supervisor. bertanggung jawab sepenuhnya terhadap pengawasan mekanik dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaannya. Maintenance Manager juga membawahi dua bagian sebagai berikut : Electrical/Instrument Superintendent. 2. memimpin dan mengontrol pengawas pekerja dalam pelaksanaan pekerjaan perawatan dan perbaikan sarana pabrik. bertanggung jawab atas pengawasan machinist. Mechanical/Workshop Superintendent. bertanggung jawab dalam mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan seksi Mechanical/Workshop beserta fasilitas yang ada. Maintenance Manager membawahi Civil Supervisor yang bertanggung jawab mengawasi. Bertanggung jawab terhadap perawatan dan pemeliharaan peralatan. Bagian ini membawahi Electrical/Instrument Supervisor yang bertanggung jawab terhadap pengawasan para teknisi Electrical/Instrumentation yang dibawahinya.Tanggung jawab Maintenance Manager adalah : 1. pipe fitter.

3. bertugas merencanakan. 2. Finance and Accounting General Manager juga membawahi dua bagian sebagai berikut: Finance Supervisor. Merencanakan anggaran pendapatan dan belanja tahunan. Bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan. Mengkoordinir penagihan atas piutang yang timbul akibat penjualan hasil produksi dan piutang lainnya. penyimpanan. 2. Mengkoordinir tugas pembukuan dan pertanggungjawaban keuangan. Universitas Sumatera Utara . 6. 5. Finance and Accounting General Manager membawahi Ensambling Distributed Programmers yang bertugas membuat dan mengawasi program komputer yang terpadu. Accounting Supervisor. dan pengeluaran uang perusahaan. adalah : 1. bertugas merencanakan.Finance and Accounting General Manager Tugas Finance and Accounting General Manager adalah : 1. Mengatur perhitungan pajak dan kewajiban keuangan perusahaan. Menyusun neraca dan perhitungan laba rugi setiap bulan. Mengatur penerimaan. Bertanggung jawab atas pengeluaran uang untuk pembayaran usaha dan pembayaran kepada pihak lain. Tanggung jawab Finance and Accounting General Manager. mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan yang berhubungan dengan fungsi keuangan. mengkoordinasikan dan mengawasi semua kegiatan yang berhubungan dengan fungsi akuntansi. 4.

pendistribusian dan pemesanan suku cadang. bertugas mengkoordinir kegiatan pengadaan barang dan jasa yang diperlukan. penyimpanan. 2. 5. Memastikan tersedianya bahan baku serta sampainya penjualan produk ke tempat tujuan. 2. Berusaha secara maksimal untuk memperluas pangsa pasar produk perusahaan.Commercial General Manager Tugas Commercial General Manager adalah : 1. Sales Administration and Shipping Superintendent/Supervisor Universitas Sumatera Utara . 4. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kegiatan penjualan dan pengiriman produk. bertugas mengkoordinasi dan memonitor kegiatan penerimaan. Mengarahkan kegiatan penjualan dan pengiriman produk. 3. Warehouse Superintendent/Supervisor. Commercial General Manager membawahi tiga bagian sebagai berikut : Purchasing Superintendent/Supervisor. Memonitor harga pembelian dan penjualan di pasar. Tanggung jawab Commercial General Manager adalah : 1. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap administrasi yang berhubungan dengan pengadaan bahan-bahan dan transaksi penjualan produk. Melaksanakan administrasi yang berhubungan dengan bahan-bahan dan transaksi penjualan produk.

Bertanggung jawab dalam penyampaian dan pelaksanaan apa yang dikehendaki pimpinan perusahaan kepada karyawan. 5. Human Resources Development Manager Tugas Human Resources Development Manager adalah : 1. Universitas Sumatera Utara . Menyiapkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penjualan. 2. Mengkoordinasi dan mengontrol kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengapalan dan pengiriman produk-produk yang di ekspor maupun penerimaan barang impor dan pengiriman/pengapalan produk yang dijual di pasar lokal. 3. Membina hubungan dengan instansi pemerintah dan instansi lain yang terkait.1. Menyalurkan sasaran perusahaan. 2. Tanggung jawab Human Resources Development Manager adalah : 1. Bertanggung jawab kepada CEO dan COO. kebijaksanaan dan instruksi dari CEO dan COO kepada semua yang berkewajiban. Mengatur penyedian jasa-jasa administrasi. Mengawasi segala kegiatan bagian personalia. sekretariat dan arsip. Menyelesaikan perselisihan dan perburuhan sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan dan pemerintah. 4. memeriksa laporan sesuai dengan dokumen. 2.

ketertiban dan lain-lain. 2. adalah sebagai berikut : 1.Human Resources Development Manager membawahi tiga bagian sebagai berikut General Affairs Supervisor. Melayani tamu-tamu perusahaan sesuai dengan petunjuk atasan. 3. Security Chief bertanggung jawab terhadap sistem keamanan di dalam pabrik. Membuat laporan jumlah karyawan kepada Departemen Tenaga Kerja. mencatat lowongan kerja serta menetapkan syarat bagi karyawan baru. Mengatur tugas penjagaan selama 24 jam yang terdiri dari 3 shift dan terdiri dari 4 orang. Memberikan laporan kepada atasan atas pelanggaran yang dilakukan karyawan dalam bidang keamanan. Personnel and Administration Supervisor Tugas Personnel and Administration Supervisor adalah : 1. Universitas Sumatera Utara . pengurangan dan pelatihan sumber daya manusia. Security Chief Tugas Security Chief. Bertanggung jawab dalam penambahan. 2. memimpin dan mengawasi semua karyawan yang berada diperusahaan dan mengatur hal-hal yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Memeriksa daftar absensi yang ditunjukkan dalam time recorded card (kartu catatan waktu) untuk menentukan jumlah jam kerja biasa dan jam lembur yang mencatatnya dalam daftar gaji. Tanggung jawab Personnel and Administration Supervisor adalah : 1.

1. Jumlah Tenaga Kerja di PT.1. yaitu : Tenaga kerja tetap Tenaga kerja tetap ini terdiri dari dua jenis. selain staff dan karyawan.3. Flora Sawita Chemindo Job Group Departemen/ No Section GM Mg Supt Supv Staff Asing Plant Operations Departements Kontrak Tetap Opr/ Kerja Kerja Karyawan Tenaga Tenaga Jumlah Universitas Sumatera Utara . Tenaga Kerja dan Jam Kerja Perusahaan PT. Tenaga kerja kontrak Tenaga kerja dengan sistem kontrak ini digunakan sesuai dengan waktu penyelesaian suatu proyek dengan kontraknya. 2. Flora Sawita Chemindo mengelompokkan tenaga kerja ke dalam dua jenis klasifikasi. yaitu operator (supervisor) dan pembantu (helper). Jika kontrak ini sudah selesai maka tenaga kerja tersebut tidak lagi bekerja dengan perusahaan itu sebelum ada kontrak baru atau perpanjangan kontrak. Tabel 2. Jumlah tenaga kerja yang ada di PT. Mengadakan hubungan keluar dengan perusahaan lain dan pejabat yang menangani bidang perburuhan dan tenaga kerja. Flora Sawita Chemindo terlihat pada Tabel 2. Pada saat ini terdapat 10 orang tenaga kerja kontrak.3.2.

General Management 1 (COO) 2 Sekretaris COO Safety & Pollution 3 Control 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 ISO/MR Project Process Tank Farm Utility Quality Assurance PPIC Maintenance Civil Maintenance Mechanical/Work shop 1 1 1 1 1 2 3 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 3 5 18 7 1 4 4 4 4 29 22 16 16 1 1 1 1 36 27 21 21 2 1 1 22 13 Electrical/Instrmt Total Plant Operations 1 Departements Administrations Departements Finance 1 Accounting 2 3 Commercial Dept Sales & Adm 1 2 1 6 1 9 & 1 1 4 8 1 14 2 9 25 112 1 1 151 Universitas Sumatera Utara .

00 – 13.00 Wib 12.00 – 13.00 Wib - Sumber : PT. Flora Sawita Chemindo Jadwal kerja karyawan dibagi menjadi 2 bagian golongan yaitu karyawan reguler dan karyawan shift.00 – 16.00 Wib 08.00 – 16.00 Wib 12.00 Wib 08. Pembagian jam kerja untuk reguler di PT.00 – 12. Sumber : PT. Flora Sawita Chemindo Universitas Sumatera Utara . Flora Sawita Chemindo dibagi atas dua bagian seperti yang terlihat pada Tabel 2.00 – 16.00 – 13.00 Wib 12.00 Wib 12.00 Wib 08. Dept Grand Total Adm.00 Wib 08.00 – 16.2.2.00 – 16.Shipping 4 5 6 7 Purchasing Logistic HRD Departement Office (Jakarta) 2 3 1 3 5 14 11 37 1 1 1 1 2 3 2 14 36 6 72 184 1 2 4 5 4 4 17 40 6 91 242 Total Adm. 2.00 – 13. Tabel.00 Wib 08.00 – 13.00 Wib Jam Istirahat 12. Jadwal Kerja Karyawan Reguler Hari Kerja Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at Sabtu Minggu Jam Kerja 08.

perusahaan memberikan cuti tahunan atau cuti hari besar agama.30 WIB 3. yaitu sebagai berikut : 1. Waisak. Shift 3 : 15. terbagi atas tiga shift. Universitas Sumatera Utara . Sistem Pengupahan dan Fasilitas yang Digunakan Sistem pengupahan karyawan di PT. yaitu karyawan yang diangkat dan diberhentikan berdasarkan Surat Keputusan Direksi dan mendapatkan gaji. dan lain-lain.3. Perusahaan memberikan tunjangan untuk hari besar keagamaan. cuti sakit. yaitu karyawan yang ini digaji sesuai dengan proyek yang dikerjakan berdasarkan kontrak yang dilakukan.00 WIB 2. Karyawan kontrak.Jadwal kerja Karyawan shift di PT. Sistem insentif dan fasilitas yang mendukung lainnya yang diberikan oleh perusahaan adalah untuk mendorong karyawan yang bekerja lebih giat dan berprestasi dalam bekerja yaitu prestasi yang dapat meningkatkan dan memajukan perusahaan maka perusahaan memberikan insentif dan fasilitas berupa : 1. Natal. misalnya Idul Fitri. cuti hamil dan melahirkan (khusus karyawan wanita) kepada karyawan. Karyawan tetap. yaitu sebagai berikut : 1. Pemberian cuti.00 Wib – 15.00 WIB 2.30 Wib – 23. Tunjangan hari besar agama.4. Flora Sawita Chemindo dibagi atas 2 kelompok. Shift 1 : 23. 2. Shift 2 : 08. Flora Sawita Chemindo. 2.00 Wib – 08.

sehingga membantu dalam menjaga kondisi fisik karyawan serta koperasi karyawan yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan karyawan. Perusahaan memberikan asuransi keselamatan kerja untuk melindungi karyawan dari hal-hal yang tidak diinginkan selama menjalankan pekerjaannya. Proses Produksi 2. 5. Perusahaan menyediakan sarana perawatan kesehatan berupa Poliklinik yang terletak di lokasi perusahaan. Flora Sawita Chemindo menyediakan sarana ibadah bagi karyawan yang beragama Islam yaitu 1 buah Mesjid yang berada di lokasi perusahaan dan juga Musholla di masing-masing lantai dan terletak di gedung perusahaan. Sarana ibadah.3. perusahaan juga menyediakan kantin dan koperasi di dalam lingkungan perusahaan dengan harga yang terjangkau dan bergizi. 7.4. Bahan Bahan dapat dikelompokkan menjadi bahan baku. perusahaan juga menyediakan peralatan-peralatan yang dibutuhkan karyawan untuk meningkatkan keselamatan kerja seperti safety shoes. Penggolongan ini harus didasarkan kepada definisi yang diberikan Universitas Sumatera Utara . Fasilitas kerja. Untuk menunjang kelancaran pekerjaan karyawan. bahan tambahan. Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).1. helmet. Perawatan kesehatan. PT. 2. 4.4. 6. Kantin dan koperasi. dan lain-lain. dan bahan penolong.

2. Bahan baku Bahan baku adalah bahan yang membentuk produk secara unik. yaitu : Universitas Sumatera Utara . kalau salah satu dari komponen bahan itu dihilangkan. produk yang dihasilkan tidak lagi seperti yang direncanakan semula. 6) RBDPO (refined bleaching deodorized palm oil) yaitu CPO yang telah diambil olein-nya tetapi dibandingkan dengan RBDPS. 3) PKO (palm kernel oil) atau minyak inti sawit. kualitas RBDPO lebih baik. Bahan penolong Bahan penolong adalah bahan yang digunakan untuk membantu proses produksi.kepada masing-masing kelompok. 5) RBDPS (refined bleaching deodorized palm stearin) yaitu CPO yang telah diambil olein-nya dan hanya stearin yang melalui proses bleaching dan proses deodorizing (penghilangan bau). Bahan baku yang digunakan dalam proses produksi adalah : 1) CPO (crude palm oil) atau minyak kelapa sawit. 4) PFAD (palm fatty acid distilled) yaitu CPO yang diproses dengan mengambil unsur asam lemak melalui proses distilasi. 2) CPS (crude palm stearin) yaitu CPO yang telah melalui proses bleaching (pemutihan/pemucatan). Bahan yang digunakan untuk menunjang kegiatan produksi diuraikan sebagai berikut : 1. tetapi bukan menjadi bagian dalam produk akhir.

membantu dalam menghilangkan bau busuk dan apek.Asam fosfat (H3PO4). Woven bag kapasitas 25 kg. Uap. Jumbo bag kapasitas 600 kg. Karbon aktif. yaitu 1) 2) 3) 4) 5) 6) Drum blue kapasitas18 kg. membantu proses penyaringan dan mengikat kotoran-kotoran pada minyak. membantu dalam memutuskan ikatan rangkap pada asam lemak. membantu dalam proses pemutihan atau penghilangan warna pada glycerine. Filter aid. Hidrogen. Paper bag kapasitas 25 kg. ISO container. Nickel Catalyst. Bahan tambahan Bahan tambahan adalah adalah bahan yang tidak ikut dalam proses produksi. Universitas Sumatera Utara . membantu dalam pemutusan ikatan rangkap pada asam lemak. tetapi merupakan bagian dalam produk akhir. digunakan untuk membantu dalam membentuk gumpalan gumpalan minyak dalam proses degumming. Drum silver kapasitas 21 kg. 3.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.