Komponen Dasar Microsoft Word

Secara default tampilan area kerja program MS Word 2007 terdiri atas Title Bar, Office Button, Quick Access Toolbar, Menu Bar, Ribbon, Ruler, Status Bar, dan View Toolbar. Tampilan area kerja dapat dilihat pada Gambar berikut

Title Bar berisi nama file yang sedang dikerjakan, serta tombol menampilkan, atau menyembunyikan jendela program, dan menutup program, yaitu tombol Minimize, Maximize/Restore, dan Close. Office Button berisi perintah-perintah yang berkaitan dengan dokumen seperti membuat dokumen baru (New), membuka dokumen (Open), menyimpan dokumen (Save), mencetak dokumen (Print), dan sebagainya (Gambar 2).

. Ribbon berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Menu Bar. pada menu Home terdapat submenu Clipboard. yaitu di atas dokumen. Draft: memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan). tool Open merupakan shortcut dari Office Button>Open. Web Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang ditampilkan di dalam jendela browser.Quick Access Toolbar berisi tombol-tombol yang berfungsi sebagai alternatif penggunaan perintah yang sering digunakan. antara lain:      Print Layout: memberikan tampilan sesuai hasil yang akan diterima pada saat dicetak (default). Sebagai contoh. dan secara vertikal. Ruler merupakan kotak pengukuran yang diletakkan secara horizontal. Menu Bar berisi serangkaian perintah yang didalamnya terdapat sub-sub perintah sesuai kategorinya. View Toolbar berisi pengaturan jenis tampilan dokumen. Sebagai contoh. yaitu di sebelah kiri dokumen. Full Screen Reading: memberikan tampilan halaman penuh. Outline: memberikan tampilan sesuai heading di dalam dokumen dan tingkatan di dalam struktur dokumen. Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik. Font. dan Editing yang didalamnya berisi perintah-perintah sesuai kategorinya. Ruler berfungsi untuk mempermudah melakukan pengaturan letak halaman. atau tool Save merupakan shortcut dari Office Button>Save. Status Bar adalah baris horizontal yang menampilkan informasi jendela dokumen yang sedang ditampilkan. Paragraph. Styles.

adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 . Column Heading Column Heading (Kepala kolom). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65. adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Formula Bar Formula Bar. adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. bukan. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1. Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Contoh. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . AB s/d AZ lalu kolom BA. adalah penunjuk sel yang aktif.536 baris. Cell Pointer Cell Pointer (penunjuk sel).Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu : 1. Setelah kolom Z. . 4. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini).536 baris dengan 256 kolom). Row Heading Row Heading (Kepala garis). kita akan menjumpai kolom AA. Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. 2. (65. Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sama halnya dengan Row Heading. 3.

Status Bar : Bagian ini menampilkan berbagai informasi tentang objek dan perkakas yang sedang di pilih. Select. Ruler : Atau yang disebut juga penggaris yang berguna untuk menentukan posisi serta ukuran suatu objek.  Palette => palette membantu Anda untuk melakukan monotoring dan memperbaiki gambar. 2.  Options bar => suatu perlengkapan yang ditampilkan untuk melengkapi pilihan suatu tombol pada toolbox.  Palettes well => pada options bar photoshop disertai dengan palette well yang dapat membantu Anda dalam mengorganisasi dan mengatur palette serta menyimpan dan memotong dengan baik. View. . Windows. Layer. Menu Bar : Berisi deretan menu yang meliputi : File.KOMPONEN ADOBE PHOTOSHOP  Title bar => merupakan judul aplikasi yang sedang dijalankan  Menu bar => deretan menu yang dipersiapkan untuk membantu dalam melakukan editing pada gambar. Komponen Dari Adobe Photoshop Title Bar : Menampilkan nama file yang sedang aktif dan bisa di gunakan untuk memindahkan posisi jendela photoshop pada dekstop.  Toolbox => tombol yang digunakan untuk membuat dan melakukan editing pada suatu gambar. Edit. Filter. Masing-masing menu pada menu bar diberi nama yang berlainan untuk membedakan fungsi dan kegunaan gunakan secara spesifik pada menu tersebut. Image. Help.

Pallete : Komponen ini digunakan untuk memilih dan mengatur berbagai parameter. Toolbox : Komponen yang digunakan untuk memberikan akses perintah ke photoshop. LASSO TOOL 1. Sizing Button : Tombol ukuran yang berada pada kanan atas jendela Potoshop. Lasso Tool Berfungsi untuk membuat seleksi secara bebas. .Drawing Windows : Daerah yang digunakan sebagai lembar kerja untuk berkreasi dengan foto atau gambar.

. . Polygonal Lasso Tool Berfungsi untuk membuat seleksi secara bebas dengan garis lurus. Mengenal Komponen Corel Berikut ini adalah tampilan jendela Corel Draw X3. Magnetic Lasso Tool Berfungsi untuk membuat seleksi berdasarkan kesamaan warna MAGIC WAND TOOL Berfungsi untuk membuat seleksi secara bebas berdasarkan kesamaan warna. .Lembar kerja (8) halaman tampilan untuk tempat mendesain objek.Property bar (4) berisi tombol-tombol perintah tambahan. .Tool box (5) berisi alat untuk mendesain gambar.Color Pallete (7) berisi perintah untuk memilih warna objek .Toolbar terdiri dari beberapa icon meliputi: .Standar (3) perintah-perintah pada menu utama .Title bar (1) berisi informasi judul aplikasi dan file yang sedang dibuka. -Menu bar (2) berisi menu-menu yang ada di aplikasi Corel Draw.Pages (9) sebagai petunjuk halaman yang aktif. .2. .Ruler (6) sebagai garis pengukur objek. 3. .

sambil menekan tombol keyboard CTRL + klik dan drag via tool tersebut agar objek menjadi benarbenar persegi dan lingkaran. Penjelasan . Objek pertama adalah persegi dan objek kedua adalah lingkaran sempurna. dan Operasi Objek pada CorelDraw 1. Property bar berubah dan siap kita lakukan operasi objek. sehingga keduanya terseleksi. 2. Menggabung. Pilih objek lingkaran menggunakan pick tool kemudian sambil menekan tombol SHIFT klik objek persegi. 4. Aktifkan snap to objek dan pindah posisi tengah lingkaran di unjung pojok bawah kanan persegi. 3. Kita buat dulu objeknya. Gunakan tool Rectangle dan Ellipse tool untuk membuat kedua ojek tersebut.Cara Memotong. Warnai objek tersebut dengan warna merah untuk lingkaran dan kuning untuk persegi.

warna akan berubah sesuai dengan objek terakhir terpilih. yaitu fungsinya untuk memotong. objek pertama dipilih adalah bagian yang akan tetap ada. Pada simplify ini. objek pertama dipilih adalah bagian yang akan dihilangkan. Create new objek… : Digunakan untuk membuat objek dari keseluruhan tepi objek terpilih. Simplify hampir sama dengan trim. Back Minus Front : Digunakan untuk memotong objek. sebelum dan sesudah menggunakan simplify. Kalo simplify ini. objek terpilih ke-dua akan dihilangkan. dengan simplify objek terseleksi lebih dari dua tidak menjadi masalah dengan hasil mirip trim. hasil tumpukan akan secara otomatis dihilangkan (berlubang). bidang 1 memotong bagian bidang 2 yang dia tutupi. Warna akan berubah sesuai dengan objek terakhir terpilih. objek terpilih ke-dua akan tetap ada. Bedanya. yang dilakukan satu-satu. tapi bidang 1 masih tetap ada. Perhatikan perbedaan di bawah ini. dan mana bidang targetnya. kamu harus men-select semua bidang kemudian baru klik tombol simplify pada shaping toolbox. Front Minus Back : Digunakan untuk memotong objek. Tambahan Combine : Digunakan untuk menggabung objek terpilih (menumpuk). Sedangkan trim tidak bisa digunakan untuk opsi ini. simplify tidak bisa memilih mana bidang sumber. Trim : Digunakan untuk memotong objek yang menumpuk (pemotong adalah objek pertama/awal yang dipilih) Simplify : Digunakan untuk menyederhanakan objek menumpuk (hasil mirip trim). Caranya juga sedikit berbeda dengan teknik sebelumnya. .      Weld : Digunakan untuk menggabungkan objek.

• Uniform Resource Locator (URL) adalah rangkaian karakter dengan format tertentu yang digunakan untuk merepresentasikan alamat atau sumber dokumen di internet. karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon. untuk merekam data dan fungsi-fungsi atau program-program. • World Wide Web adalah salah satu layanan internet yang berupa jaringan dokumen atau sumberdaya lain seperti audio. informasi.• Hypertext adalah Teks yang mempunyai kaitan ke dokumen (bagian) lain. Namun sekarang tidak hanya menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. . dan perdagangan melalui perantara yaitu melalui suatu jaringan computer. • Bulletin Board Systems (BBS) adalah Suatu layanan komputer yang bisa diakses dengan komputer jaringan. Nama lainnya adalah URI (Uniform Resource Identifier). termasuk banyak forum yang menyediakan dukungan teknis yang luar biasa bagi sejumlah besar perangkat lunak PC dan Mac. video atau gambar yang saling terhubung oleh hyperlink atau URL (Uniform Resource Locator – alamat web dokumen web yang anda ketikkan di address bar browser) yang ditransfer melalui jaringan internet melalui protokol HTTP (hypertext transfer protocol). • E-commerce adalah kegiatan – kegiatan bisnis dengan tujuan mengambil keuntungan seperti penjualan. pembelian. biasanya dikelola oleh suatu perusahaan atau distributor yang menggunakan komunikasi komputer dua arah. untuk keperluan tanya-jawab dan akses informasi serta untuk menerima dan menyebarluaskan pengumuman-pengumuman perusahaan dan sebagainya. pelayanan. • Compuserve adalah sebuah penyedia jasa informasi on-line yang memberikan beberapa akses Internet. • ISP(Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. • Homepage adalah halaman muka dari sebuah situs web. email memungkinkan kita untuk berkirim surat baik berupa text maupun dengan gabungan gambar melalui internet dengan waktu yang cepat. • Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet. CompuServe menyediakan banyak sekali forum. yang mirip dengan newsgroups. halaman ini ditayangan di Internet melalui media World Wide Web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser. terutama internet. • Email adalah media surat menyurat secara online.

Dengan kata lain. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo. Atau bisa disebut juga serangkaian text atau citra (yang dapat diperoleh dengan mengklik tombol mouse sebelah kiri) yang dapat membawa ke posisi lain dalam suatu dokumen atau ke bagian lain WWW. sehingga di platform apapun dokumen tersebut dapat dibaca. dan juga bisa mengupload file. Atau bisa disebut pemindahan data elektronik antara dua computer atau system serupa lainnya. protocol berarti suatu standar komunikasi antar sistem atau komputer dalam suatu jaringan. pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. • WYSIWYG (What You See Is What You Get) adalah suatu editor yang memungkinkan user untuk menentukan format. W3C mengembangkan pedoman dan standarisasi sebuah web. animasi flash dan video. atau alat. • Web browser adalah suatu program computer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Organisasi ini didirikan sejak tahun 1994.• Search engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. • Specification adalah spesifikasi. • Upload adalah meletakkan sesuatu file dari komputer anda untuk diletakkan ke atas sesebuah halaman web. perincian. gambar. • Download adalah proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem computer ke sistem komputer yang lainnya. menambahkan hyperlink dan tabel. • Protocols adalah suatu tata cara atau aturan berkomunikasi antar dua pihak. • ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) adalah awal mula terbentuknya internet atau suatu jaringan yang di buat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 dengan tujuan untuk keperluan militer. • W3C (World Wide Web Consortium) adalah sebuah Organisasi yang menangani pengembangan web standar. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan. ukuran dan jenis huruf. Dokumen HTML sebenarnya adalah suatu dokumen teks biasa (ASCII). • Hyperlinks adalah melompat ke dokumen lain. Dengan adanya protocol maka suatu data dapat ditransmisikan ke tujuan dan setelah sampai di tujuan maka data tersebut bisa diterima dengan benar. Dalam konteks teknologi informasi. . • HTML (Hypertext Markup Language) adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hypertext yang dapat dibaca dari satu platform ke platform lainnya tanpa melakukan suatu perubahan apapun. download adalah transmisi data dari internet ke komputer client/pemakai.

ASP menyediakan aplikasi-aplikasi yang tersedia secara online dan dapat digunakan secara online (via web) atau offline (download dahulu baru kemudian digunakan di komputer pelanggan). DSL memanfaatkan frekwensi tinggi untuk mengirim data dan frekuensi rendah untuk menyalurkan suara /faximili. • Application Service Provider (ASP) adalah penyedia jasa yang menyediakan aplikasi untuk digunakan oleh pelanggan (customer). Semakin besar bandwidth. Sinyal digital untuk komunikasi data sementara sinyal analog untuk suara. . • Codecs (Code and Decode) adalah suatu program yang bertujuan untuk meng-coder atau meng-decoder suatu data digital atau data stream. • Bandwidth (Lebar Pita) adalah besaran yang mempengaruhi kecepatan transfer data. Pada dasarnya ASP adalah suatu Independent Software Vendor (ISV) atau ISP yang memanfaatkan Internet sebagai sarana penyampaian sehingga program aplikasinya bisa berfungsi. ASP ini merupakan suatu usaha yang menawarkan akses berupa penggunaan aplikasi perangkat lunak kepada pengguna individu maupun perkantoran melalui sarana Internet. maka semakin besar pula kecepatan transfer data. Melalui Teknologi DSL ini akan membawa kedua sinyal analog serta digital pada satu kabel tersebut.• DSL (Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi digital untuk mengirim data terkompressi melalui kabel telepon biasa yang terbuat dari tembaga (drop wire cable). DSL akan mengkoneksikan dan membawa sinyal digital untuk komunikasi data dan bekerja dengan menggunakan modem khusus (disebut modem DSL) untuk membaca (encode) data tersebut dan kemudian mengirimkannya melalui frekuensi yang tidak terpakai pada kabel telepon tersebut.

USnet e. Line Phone b. Advanced Digital Subscriber Line e. Netscape Navigator d.. www. Line Phone d. istilah internet 7. perangkat keras c.neotek. Cyberspace e.ktiguru. Kelemahan e-mail c. browser e. Mengirim e-mail b.. jaringan d. Tunjukkan mana situs yang menggambarkan situs akademik di bawah ini : a. INTRAnet d. sebuah situs b.Pada tahun 1969. a... Browsing 2. fasilitas internet d. perangkat keras c. mailing list e. Dial Up d 1. wide web world .com e. Alat yang dapat mengkoneksikan Internet adalah. a. istilah internet 6..yahoo. rawan penyadapan. browsing d. Mailing list b. jenis akses internet b. Dial-up merupakan salah satu contoh dari a.id ini merupakan contoh dari a. Intranet c. www. browser d. MRC b. Asymmetric Digital Subscriber Line b. Analog Discrete Service Line c. Asymmetric Digital Service Line 14. perangkat keras c. chatting b.id d.tvri. FTP d. LAN b. kelemahan teknologi 3. aaa_bb@yahoo. sebuah browsing e... Internet explorer merupakan salah satu contoh dari a. Sebuah chatting d.co. www c. fasilitas internet d. berkomunikasi di Internet melalui tulisan di sebut a. e-Mail c. browser e.ac. Berikut ini merupakan hardware yang bisa menghubungkan computer dengan internet. Yang tidak termasuk kedalam contohcontoh browser dibawah ini adalah : a. Forum yang digunakan atau pemakaian dapat saling berdiskusi atau berbibcang-bincang yang lain disebut. organisasi maupun perorangan disebut dengan: a. kelemahan internet e. sebuah e-mail b. Sebuah chatting d. analogi e-mail b.. Chatting b. ARPANET b. chatting c. Opera merupakan salah satu contoh dari …… a. Internet Explorer e. a. homepage e. sebuah browser e. e-mail c. Surat yang berbentuk elektronik dan dikirim dengan jaringan internet disebut. browsing c. ARPAnet b. Line telepon b. Chat Room 5. e-mail 11. Ini merupakan contoh dari a. Itilah lain Internet adalah. TV tuner e. Satelit c. respon terlambat ini merupakan… a.1. Kelemahan chatting d. www. MIRC e. sebuah browsing 5. Fasilitas mIRC dan Yahoo Messenger yang ada di Internet digunakan untuk: a. website 12. fasilitas internet d. Kepanjangan dari ADSL adalah… a. Telnet 4. Koneksi utama dari Internet adalah.. www kesingkatan dari : a. URL 3. Handphone 13. komer sial. sebuah browser 4. jenis akses internet b.id c. Modem c. sebuah e-mail c. www. Salah kirim. a. Internet dikembangkan dengan nama… a. Mozilla Firefox c. Sending d.yahoo. chatting 9. Analog Digital Subscriber Line d. http d. NSFnet c. sebuah website c. www. a.itb. jenis akses internet b.. TV Kabel d. a. Opera b. menelpon 10. Cikal bakal jaringan internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Pentagon dengan nama. www. kecuali… a. Quicktime 15. world wide web b. browsing e..org 16. browser e.com b.com. Chatting e. TCP/IP c. FTP e.. IRC c. internet e.co. FTP d. WWW b. Merupakan sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik. istilah internet 8. UNInet 2.

mengupdate data ke internet e. Sound Card c. Local Arena Net b. com 28. Untuk tersambung ke jaringan Internet. menghubungkan komputer dengan telepon e.Perhatikan nama e-mail berikut aaa_bb@yahoo. mIRC 30.Card Reader d. Nomor unik yang menyusun TCP/IP tersusun atas … bit a. ISDN e. untuk chatting d. memasukkan data ke internet b. Search Engine adalah sebuah fasilitas internet yang dijalankan melalui browser gunanya untuk : a. DNS b. Router. memasukkan data ke internet b. mencari informasi b. Untuk mendaftar e-mail ke yahoo caranya klik…. Untuk melakukan chatting dapat menggunakan… a. sign up 29. a. Download adalah: a. yahoo c. ISP c. NIC. Pause file d. ISDN b. Wi-Fi Modem e. modem yang digunakan adalah… a. Modem b.. Bagi computer yang belum memiliki port untuk LAN. USB port b. menyimpan data c. Yang bukan fungsi Modem adalah…. Compose 27. untuk mailing list e. membuka email 19. Lokasi Area Network c. aaa_bb b. Cable Modem d. 1024 23. yahoo. 31. menyimpan data c. USB c.com Tunjukan mana yang disebut domain tempat membuat … a. LAN singkatan dari : a.com perintah yang digunakan adalah : a. Local Area Network e. mencetak data dari internet d. VSAT 32. Local Arena Network d. Mengubah sinyal digital menjadi analog serta sebaliknya adalah fungsi… a. Dial-Up Modem b. VGA Card d. Hubungan Internet b.com b. TCP/IP d. pengguna harus menggunakan layanan khusus yang disebut dengan… a. meng-update data ke internet e. memasukkan data dari internet ke komputer.com d. Nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server computer disebut… a. membuat email c. Satellite Modem 21. 64 b.co. Mailing List 24. Server Name c. dan Konektor adalh alat yang diperlukan untuk membangun sebuah… a. 32 c. ADSL Modem c. Upload adalah: a. menghubungkan komputer dengan ISP d. NSP e.id c. Hotspot Wi-Fi c. open b. memasukkan data dari internet ke komputer. dapat meggunakan… a. 128 e. Server Komputer e. Proxy Server 22. Modem e. Attach file e. Copy b. LAN merupakan sebuah jaringan komputer lokal. mengirim data c. web wide world d.com e.Untuk menulis e-mail pada yahoo mail berbahasa Inggris seperti aaa_bb@yahoo. google. aaa_bb@yahoo. Localisasi Area Network 20. download c. a. ISP e. WAP d.c. menghubungkan komputer dengan komputer lainnya. 16 d. sign in e. Kabel. @ d. world web wide e. Ethernet Card . mencetak data dari internet d. world web wide 17. Motherboard 18. Jaringan Lokal d. Untuk berinternet dengan line telepon. yahoo. menerjemahkan data b. upload d. Hub. Sound Card e. send c. 25. 26.

Thin Coaxial e.. Media Access Control c.. Untuk mencari situs-situs yang menyediakan topik tertentu. provinsi 41.net e. Kecepatan modem Dial-Up rata-rata adalah… a.com d. keyboard e. Bluetooth b.opera. webpage c. www.com 35. Yang bukan merupakan jenis kabel untuk membangun sebuah jaringan adalah… a.. download picture e. Repeater e. mail chain c.telkom.google. e-mail e.2 Mbps e.com b. Konektor b. memperkuat sinyal c. Thick Coaxial d. Halaman depan atau halaman utama sebuah web site disebut… a. Berikut ini adalah penulisan situs yang benar…… a.com c. menerima sinyal 42. ruangan c. mencabangkan kabel ke banyak komputer d. Nama lain dari Hub adalah… a. Untuk menggunakan layanan internet dengan satelit membutuhkan layanan… a. www:\\yahoo. menyatukan kabel-kabel network dari setiap computer workstation atau client b. pada search engine kita masukkan : a. Wi-Bro e. webmail d. Yang bukan jenis-jenis jaringan wireless adalah… a. web site d. Hbps 45. 1 Mbps d. Yang bukan fungsi dari Router adalah… a. VSAT b. Broadband c.com b. 16 Kbps c. www. computer yang dihubungkan dengan hub menggunakan kabel… a. Sekelompok alamat e-mail dapat bergabung dalam sebuah alamat e-mail yang dikenal sebagai: a. instansi d. WAN adalah salah satu jenis LAN yang menghubungkan computer dalam satu… a.co . Untuk menyimpan gambar yang anda peroleh melalui Internet anda harus memilih pilihan : a. mengatur pesan yang melewati kabel e. www://yahoo. TV signal c. menghubungkan komputer dengan Hub 43. mailbox b. e-mail picture c. Software khusus sebagai search engine dibawah ini adalah . Twisted Pair c. mengatur pesan antara dua protokol d. Thick Coaxial b. Mbps c. Hardware yang fungsinya sama dengan port LAN dan Ethernet Card tetapi digunakan untuk Macintosh adlah… a. Network Interface Card e. 56 Kbps 47. TCP d. 3.33. Router d. milis 44. memperluas jaringan e. Wi-Fi 48. user name c. STP 46.. Optic Fibre 36. a. benua b.. Localtalk Connector 34. kota e. save picture 39..com c. 108 Kbps b. Ethertalk Card b. UTP c. keypad b. mencari jalur yang terbaik dalam mentransmisikan data b. save b. Konduktor c. Free To Air e. BNC b. www. www\\yahoo. password d. Konsentrator 40. Infrared d. print picture d. Cable Modem d. Dalam topologi star. mail members e. mengatur jalur sinyal secara efisien c. bps d. Yang bukan merupakan satuan kecepatan dalam jaringan dalah… a... TV Kabel 49. www. Token Ring d. www//yahoo. mailing List 37. keyword 38. homepage b. Gbps e. Fungsi dari Konsentrator adalah… a..plasa. www. Kbps b. Thin Coaxial e..com d.detik.

Range d. Untuk mencari gambar dengan cepat adalah ………. Maximizes d.. Close c. Edit 9. Align Bottom c. Bottom d. New 4.. Power Point 2. Top b. Definisi dari sel adalah …. Italic Bold 8. @@@@@ b. Untuk mencetak hurup tebal miring yang benar adalah ……. $$$$$$$$$$$$$ d. ########### c. Mengatur margin untuk batas kiri adalah ……. a. Grafik 12. Center Vertically b. Closes b. Import Clips b. a. !!!!!!!!!!!!!!!!!! 1. Salah satu yang bukan dari menu file adalah …. Delet b. a. Back spase b. Yang termasuk bagian menu Pull Down adalah ……………. a. Biasanya dalampenulisan password akan terlihat tanda…. Worksheet d. Toolbar standar b. Perintah untuk membatalkan suatu kesalahan adalah ……. Exit 3. Magnify 11. Spreadsheet b.e. Insert d. Ctrl + End 7. Justify 10.. Delet c. Undo c. Home 6. Perintah untuk memindahkan cursor ke akhir baris adalah …… a. pertemuan antara kolom A dengan kolom 1 c. Pengertia dari Sel A1 adalah ……… a. Sel dan Range c. Untuk menempatkan teks pada sisi atas sel adalah ……. Di bawah ini yang bukan termasuk tiga kemampuan yang dimiliki oleh Microsoft Excel adalah ……. Perintah mengedit di dalam pengetikan untuk menghapus hurup di sebelah kanan adalah……….yahoo. Access c. Clips Properties d. www.. End b. Regular b. Cut d. Pada bagian Title Bar di sebelah kanan dengan dua layar kecil adalah …… a. Sekumpulan Sel tertentu yang berada pada daerah yang sama adalah ……….com 50. Salah satu Program windows sebagai pengolahan kata adalah ……. a. ************* e. Minimizes c. Bold d. a.. Right 5. Italic c. Cut d. a. pertemuan antara kolom A dengan baris 1 d.. Kata d. Pertemuan antara baris dan kolom c. a. Bagian dari worksheet 14. a. Word d. a. bagian yang ditampilkan lebih terang.. Field . Data Base c. b. Find c. File c. a. Petunjuk (user) di dalam worksheet d. Align Top d. Excel b. Scrollbar 13. a. pertemuan antara baris A dengan kolom 1 b. perpotongan antara sel A1 15. Ctrl + Home c. Left c. Home d. Open b. a. Sel b.

Modul Visual Basic c. Setiap perhitungan rumus/ formula harus didahului dengan lambang yaitu ………. Untuk Pindah dari satu tab lembar kerja ke tab lembar kerja lainnya adalah dengan cara menekan …………. Width b. a.16. a.. Row Height 22. Merge and Center 26. Comma Style c. Percent Style 29. Decrease Decimal b. Tab b. lalu pilih …… a. Calculation c. Perintah untuk menggabungkan beberapa sel yang berdekatan dan data yang akan diformat rata tengah adalah ………. Angka d. Comma Style c. Merge and Center 27. Tanggal 18. Waktu c. Perintah untuk memformat angka dengan menggunakan menu format cell lalu pilih …. F3 d. Align Left b. Tanggal d. Lembar Data 31. Align Left b. Yang bukan termasuk data masukan ke dalam microsoft Excel adalah ………… a. Percent Style 30.. = c. @ d. Shift + Enter 17. a. Beberapa bentuk jenis data HH:MM:SS termasuk pada bentuk ………. Teks b. Decrease Decimal b.. Untuk memperbaiki kesalahan dengan cara melalui sel aktif yaitu ………. Border 24. a. Fungsi untuk mengurangi jumlah digit desimal adalah …… a. Perintah untuk lebar kolom agar sesuai dengan data yang ada dengan menggunakan Format. Tombol untuk memindahkan lembar kerja dari sheet 1 ke sheet 2 tekan tombol ……. Fungsi untuk memformat prosentase adalah …… a. F4 19. Font c. Teks b. F1 b.. Fungsi untuk menambah jumlah digit desimal adalah ……. # 21. . a. Shift + Tab c. Align Right c. Edit b. Percentage 25. Increase Decimal d. Number b. Currency d. Colmn lalu pilih ……… a. View d. Lembar Grafik b. Standard Widht d. Lember Kerja d. General b. Auto Fit Selection c. Bulan c. Aligment d. F2 c. Comma Style c. Decrease Decimal b. Enter d. Increase Decimal d. Align Right c. a. Date c. Perintah untuk memformat rata kiri adalah …… a. Pengetian dari Tab Sheet adalah………. + b.. Increase Decimal d. Angka 20. General 23. a. a. Perintah untuk memformar mata uang dengan menggunakan tab number pada kagori. Center d. Percent Style 28. Center d. Untuk mengatur tampilan garis-garis (Grid) dimulai dari menu Tools lalu pilih Options lalu pilih ……… a.

Perintah untuk mencari data secara berurut dari tabel adalah ……… a.. Edit d. Perintah untuk membandingkan 2 buah keadaan atau lebih adalah …. Untuk penulisan rumus jumlah di sel B2 dengan sel C2 yang benar di bawah ini adalah a. File b. Format c. View c. Average c. Weekday b. Untuk mencari nilai tengah dari jumlah angka adalah ……. Perintah untuk perhitungan banyaknya jumlah data adalah ……. Rename b. Sum b. Choose c. Delet Sheet c. Choose 41. Work Sheet b. Month 42. a. Untuk menampilkan tanggal yang berlaku pada sistem komputer yang sekarang adalah . OR b. Edit b. =Sum(B2. a. Yang termasuk rumus untuk IF yang benar penulisannya adalah …… . Sum b. TodayMonth 44. Countif 40. +Sum(B2…C2) b. Date d.Untuk menggunakan Paste Function berada pada menu yaitu …………. Sheet Unhide c. Max 36. Weekday c. Date d. a. Fungsi untuk perhitungan rata-rata menggunakan perintah ………. Choose c. Sheet. a. Weekday b. Date d. Choose c. Count d. View d. Perintah untuk mengambil tahun dari suatu tanggal berupa teks adalah …. a. a. a. Count d.C2) d. Date d. Date d. Max 37. Move or Copy Sheet 33. Month 43. Sheet Hide d. Ctrl + PgUp d. Today 45. Counta c. a. Untuk memasukan data tanggal ke dalam lembar kerja adalah ……. TRUE 47. Choose c. Today 46. Weekday b. Insert 39. a. Alt + PgUp 32. Rename d. Weekday b. Shift + PgDn c. Median b. IF d.a. Untuk nama Tab sheet pada menu format pilih sub menu …. AND c. =Sum(B2…C2) 38. a. Ctrl + PgDn b. Insert 35. Perintah untuk mengambil kode hari dari suatu tanggal teks minggu s/d sabtu adalah … a. Sheet Beckground 34. Choose c. Average c. Perintah untuk menghitung jumlah cell yang berisi data numeric atau string adalah … a. Count d.. a. Perintah untuk menghapus lembar kerja pilih menu ……. Sum b. =Sum(B2:C2) c.. Count d. Average c. Untuk menyisipkan Sheet setelah memilih menu Insert maka pilih sub menu …..

Nomor Indek Kolom] 50. Vlookup(Nilai Kunci:Tange table:Nomor Indek Kolom) b.’Bonus’. if(Perbandingan. =if(E5>=15000. P d. =if(Perbandingan:Nilai jika benar:Nilai jika salah) c.’Tidak ada Bonus’) b.Tange table.Tange table.. Untuk penulisan rumus yang benar Vlookup adalah ……. =if(E5>=15000.’Tidak ada Bonus’) 49. =if(E5>=15000. Vlookup(Nilai Kunci.Nilai jika benar:Nilai jika salah) d. V c.. Perintah untuk mencetak dekumendengan menggunakan Ctrl tekan tombol adalah … a.Nomor Indek Kolom) c.’Bonus’. C .Nilai jika salah)) 48.’Bonus’:’Tidak ada Bonus’) d. Vlookup(Nilai Kunci.Nilai jika benar.Nomor Indek Kolom) d.”Tidak ada Bonus”) c. =if(E5>=15000. a. F b. jika nilai pembelian lebih besar sama dengan 15000 maka bonus jika kurang dari 15000 maka tidak ada Bonus adalah ……. =if(Perbandingan.a.Tange table. a.Nilai jika salah) b.Nilai jika benar. Untuk pengisian keterangan di sel E5. = if(Perbandingan. Vlookup[Nilai Kunci.”Bonus”.