P. 1
Tugas Bekisting Pa Ujang

Tugas Bekisting Pa Ujang

|Views: 46|Likes:
Published by Tri Susanti

More info:

Published by: Tri Susanti on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

Acuan dan Perancah Tangga

Tangga merupakan suatu konstruksi yang digunakan untuk tempat yang tinggi (rumah berlantai 2, gedung besar, dll) merupakan perantara jalan dari bawah keatas atupun sebaliknya. Bentuk tangga berbagai macam baik dari segi bentuk,bahan serta fungsinya.Beberapa bentuk tangga kebanyakan di Indonesia,diantaranya:

 Tangga biasa  Tangga ¼ Lingkaran  Tangga ½ Lingkaran  Tangga Lingkaran  Dan lain sebagainya
Sebelum kita membuat Tangga kita harus memperhitungakn dahulu tangga yang akan kita buat tersebut, Perhitungan Pembuatan Tangga ¼ Lingkaran Hitunglah tinggi dinding ,tinggi tangga ialah sama dengan jumlah banyaknya optride

TinggiTangga  [30  1  122  1  122]cm  276cm
Setelah Kita menghitung tinggi tangga, tentukanlah optride dan antride

2 Optride +Antride = 57-65 cm Optride minimal =18 cm

2Optride  Antride  65cm 2(18cm)  Antride  65cm Antride  65cm  36cm Antride  29cm

4. 2. 12. 10. 5. 8. 11. 7. Plywood Papan 2/20 x 400 cm Balok 8/12 x 400 cm Paku Benang Pensil / Kapur Rol Meter Waterpass Unting-unting Gergaji Tangan Circular Hand Saw Palu Cakar Dolken Tinggi Tangga . 6. 9. 3. 13.Antride Optride Bahan dan alat : 1.

9. 5.mengenai ukurannya dapat kita potong ditempat. Hitunglah optride dan antride tangga yang akan kita buat. 16. Pada cetakan papan-papan cetakan tersebut . 8. Potongan papan-papan yang sudah dipasang harus kita sokong hingga kedudukannya kuat dan kokoh. 7. 14. 13. 3. Setelah selesai. Kedudukan dari cetakan dan acuan tangga tersebut harus benar-benar kuat. Pada masing-masing papan optride. Pasang papan-papan cetakan lantai tangga yang telah kita belah pada kedudukan papanpapan tersebut sampai selesai. Periksanlah semua hasil pekerjaa sesuai dengan gambar kerja dan ketentuan-ketentuan lainnya. Pasang papan-papan optride pada dinding yang telah kita gambar. Pelajarilah gambar kerja dan hitunglah kebutuhan bahan-bahan yang digunakan.kokoh dan kaku. 11. 15. 12. Potong papan sesuai dengan gambar tersebut dan masing-masing kita pakukan pada dinding cetakan hingga sampai selesai . . 6. Pada gambar untuk lantai tangganya harus kita turunkan setebal papan-papan cetakannya.periksanlah hasil pekerjaan pada Instruktur.ditengah-tengahnya (diantara) kita pasang papan penyokong.ditengah-tengah anatara lebar papan cetakan kita buatkan penyokong/pengaku. Setelah selesai. 4. Persiapkanlah bahan dan peralatan yang diperlukan. Gambarlah pada kedua dinding cetakan kedudukan daripada tangga tersebut sesuai dengan kita rencanakan.rapikanlah bahan dan peralatan yang digunakan dan simpan pada tempatnya. Rencanakan pada optride keberapa tangga tersebut mulai membentuk lingkaran.Langkah Kerja: 1. 10. 2.

A Tampak Atas Balok Pengklem Papan Optride Steel Prop Mal Cetakan Sudut A Tangga 1/4 Lingkaran Balok Pengklem Tangga Balok Pengklem Tangga Papan Cetakan Optride Papan Cetakan Tangga Steel Prop Potongan A-A .

Gambar di atas didapat dari Hand Out Acuan dan Perancah I Politeknik Negeri Semarang .

The completed stair. this straight is the maximum allowed number of steps in one flight. Stair formwork .peri-usa.Formwork For Concrete Stairs Stair formwork .com http://www. any more and it would have to have a landing in the middle.Same stair http://www. Stair formwork .Stairs with a half space landing.peri-usa.com .

. 4. Penggambaran optride dan antride dengan bantuan waterpass dan siku. Sambungan cetakan papan-papan pada lantai harus benar-benar rapat. Pada semua hasil pekerjaan harus kaku. Kedudukan dari balok-balok pengklem vertical dan penyokong pada cetakan lantai tangga harus benar-benar kokoh. Tiang perancah harus diberi alas dari papan agar terjaga kestabilan dari ting perancah tersebut.Komentar : Pada saat pembuatan Tangga ¼ Lingkaran ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan: 1. 5. Bagian atas gelagar diserut miring mengikuti kemiringan tangga. Pemakuan pada multipleks jangan terlalu banyak agar kelak pada saat proses pembongkaran tidak terlalu sulit dibongkar. Perhatikanlah cara-cara langkah kerjanya. 3.kuat dan kokoh. 7.rapi dan baik. 6.kuat dan kaku. 8. 2.

wikipedia.com http://www.builderbill-diy-help.com .Daftar Pustaka Sumber : http://en.org/Formwork/ http://www.peri-usa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->