Mengenal Tusuk Jahit

Tusuk balik/tusuk tikam jejak Tusuk balik/tusuk tikam jejak biasa digunakan untuk membuat tangkai, membentuk garis dan untuk menjahit lipatan dan menyambung kain.

Tusuk batang/tangkai Tusuk tangkai digunakan untuk mebuat batang, ranting dan untuk mengisi bidang

Tusuk rumani Tusuk rumani biasa digunakan untuk membuat daun dan bunga-bunga dan bentuk bidang yang panjang

Tusuk veston Tusuk veston biasa digunakan untuk membuat bunga, lubang kancing, untuk memperkuat dan menghias bagian tepi kain

dahan dan ranting Tusuk datar Tusuk datar digunakan untuk membuat bentuk bunga.Tusuk bunga Tusuk bunga biasa digunakan untuk membuat bentuk bunga Tusuk rantai Tusuk rantai digunakan untuk membuat garis pembatas. dan mengisi bidang . daun.

Tusuk flanel Tusuk flanel biasa digunakan untuk membuat hiasan tepi dan garis pembatas Tusuk daun Tusuk daun dapat digunakan untuk membuat berbagai bentuk daun Tusuk bullion Tusuk bullion dapat digunakan untuk membuat bentuk bunga kecil dan hiasan bulir-buliran .

Tusuk lurus Tusuk lurus dapat digunakan untuk membuat bentuk bunga dan rumput Tusuk satin Tusuk satin digunakan untuk membuat helai daun dan bentuk-bentuk bebas .

Tusuk jelujur Tusuk jelujur dapat digunakan untuk membuat garis dan menjelujur sambungan dan lipatan kain Macam-macam tusuk hias Macam-Macam Tusuk Yang Digunakan sumber : http://www. Tusuk ini akan terlihat .htm Tusuk-tusuk hias untuk menyulam juga digunakan pada sulaman merubah corak.geocities. Tusuk Silang/ Cross Stitch Sulaman merubah corak banyak menggunakan tusuk silang/ Cross Stitch . Tusuk hias tersebut ialah : 1.com/antara_kita/menyulam.

Lakukan seterusnya dengan memulai dari titik tengah hingga terbentuk keloak bunga berikutnya sumber : http://www. Teruskan membuat sulaman dengan cara yang sama dari titik luar lingkaran ke tengah dari titik 3 ke 1 dan seterusnya Tusuk Silang Tusuk ini berfungsi untuk membuat hiasan.htm 4.com/antara_kita/menyulam.seperti huruf x. Keluarkan jarum di titik A. Keluarkan jarum di titik 1 lalu keluarkan lagi di titik 2 dengan posisi benang di bawah jarum agar benang berbentuk seperti lingkaran lalu tariklah benang b. Sekumpulan tusuk silang ini akan membentuk suatu motif atau desain. Cara membuat tusuk ini adalah sebagai berikut : a. Setelah selesai mulailah dari ujung barisan ke arah yang berlawanan dan buatlah sulaman menyilang dengan memasukkan jarum di titik D dan E 2. Tariklah benang keluar b. terus kekanan bawah (tusukan pertama). Caranya sebagai berikut: a. Akhirilah sulaman dengan menusukkan jarum di titik 3.geocities. Teknik pengerjaannya dengan langkah sebagai berikut: dimulai dari kanan atas ke kiri bawah. lalu bawa jarum ketitik B dan tusukkan pada kain hingga menembus ke titik C. Kemudian tusuk ke dua di mulai dari kanan bawah terus kekiri . Tusuk Setik Lurus/ Straigth Stitch Tusuk ini merupakan dasar dari semua tusuk dalam menyulam. Teruskan membuat barisan sulam miring. Keluarkan jarum dititik 1 dan buat sulaman pertama dari titik 2 ke 1 lagi b. Tusuk Rantai/ Lazy Daisy Stitch Caranya ialah : a.

(tusukan yang terlihat menyilang diatas kain) dan seterusnya sampai selesai. 717680@IDWS .atas. letak tusukan sejajar baik tusukan bagian atas maupun tusukan bagian bawah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful