P. 1
alat ukur

alat ukur

|Views: 57|Likes:

More info:

Published by: Rezky Zainnuriani II on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

Alat ukur tes kreativitas figural bentuk lingkaran mengungkap aspek kelancaran, fleksibilitas, originalitas dan elaborasi.

Tes kreativitas bentuk lingkaran ini masih minim untuk adaptasi budaya Indonesia, sehingga penting untuk menyusun norma alat ukur ini dalam rangka penggunaan dan pengembangannya. Tersedianya norma khusus untuk anak di Malang menjadi sangat penting dalam pengidentifikasian potensi kreatif saat ini, serta dapat menjembatani antara kebutuhan praktis di lapangan dengan instrumen yang telah tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun norma tes kreativitas bentuk lingkaran pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif, yaitu penelitian dimaksudkan untuk eksplorasi tes kreativitas figural bentuk lingkaran dan khususnya pada norma. Populasi penelitian ini adalah anak yang berusia 5-6 tahun baik yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan di Malang, sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan teknik sampel purposif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu: (1) Pengetesan (dilakukan 2 subyek setiap pengetesan), (2) Skoring, (3) Penyusunan norma. Penelitian ini dilakukan di BA. RESTU, TK. AISYIYAH 33 CITA INSANI, dan TK DHARMA WANITA PERSATUAN, yang berusia 5-6 tahun dengan subyek sebanyak 110 orang. Penelitian ini dimulai dari tanggal 7 November 2006 sampai 12 Desember 2006. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan percentile yang ditentukan dalam lima kategori yaitu P20, P40, P60, P80, dan P100. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh norma aspek-aspek tes kreativitas, norma tes kreativitas secara keseluruhan dan skor originalitas untuk anak usia 5-6 tahun. Norma tes kreativitas figural bentuk lingkaran untuk usia 5-6 tahun secara keseluruhan ditunjukkan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Norma peraspek terdiri dari aspek fluency, flexibility, originality, dan elaboration dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Norma ini sangat bermanfaat untuk identifikasi tingkat kreativitas anak usia 5-6 tahun di wilayah Malang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->