Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan laporan praktikum kimia mengenai pengujian larutan asam basa dengan menggunakan beberapa indikator. Laporan ini ditulis untuk dibuat untuk memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan praktikum kimia di semester genap kelas XI IPA 2. Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wahyu Siswanto selaku guru kimia kelas XI IPA 2 SMAN 2 Bogor. Semoga laporan ilmiah yang singkat ini dapat bermanfaat bagi kami pengarang dan juga nagi semua yang membacanya. Laporan ilmiah ini penulis sadari masih sangat jauh dari kata sempurna, oleh karenanya penulis juga mengharapkan saran dan kritik demi

kesempurnaan laporan ini.

Bogor, 14 Februari 2012

Penulis

1

bunga euphorbia.  Alat : Saringan Plastik Plat tetes Pipet  Bahan : - Enam macam bunga berwarna (bunga orange. bunga alamanda. bunga kertas merah muda. - Alkohol 70% Larutan Hl dan Nacl Kertas lakmus merah dan biru 2 .Tujuan percobaan : Menguji larutan asam basa dengan menggunakan berbagai indikator. bunga kertas ungu. bunga kembang sepatu.

yaitu cairan dari bunga berwarna yang telah dicampur dengan alkohol. 5. Lihatlah perubahan warna yang terjadi pada indikator pengganti lakmus tersebut. (ada pada hasil pengamatan) 4. 3 . Siapkan alat dan bahan .lalu teteskan larutan Hcl (sebagai indikator asam) dan Nacl (sebagai indikator basa). 3. Letakkan lakmus berwarna merah dan biru. Siapkan plat tetes .Cara kerja : 1. siapkan dan teteskan indikator pengganti lakmus. Bersihkan plat tetes. lalu teteskan kembali larutan Hcl dan Nacl di setiap lubang pada plat tetes. 2. (ada pada hasil pengamatan). di masing-masing indikator tersbut. dan lihatlah perubahan warna yang terjadi.

 DATA PERCOBAAN : INDIKATOR LARUTAN HCl 1 M NaOH LAKMUS MERAH Merah Biru LAKMUS BIRU Merah Biru METHYLEN JINGGA Merah Orange METHYLEN PP BLUE Biru Biru++ muda Bening Merah Bunga HCl 1 M Alamanda Bening euphorbia Merah muda Coklat - MM Merah muda Coklat U Orange + Coklat ORANGE Kuning Coklat - SEPATU Merah muda ++ Hijau tua NaOH 1M Kuning - ++ NAMA BUNGA Bunga orange Bunga kertas (merah muda) Bunga kertas (ungu) Alamanda Kembang sepatu Euphorbia Ungu WARNA ASAL Orange muda Merah muda ALKOHOL 70% Coklat + Bening Coklat + + + Kuning + + Coklat Merah muda + Kuning Merah Merah muda 4 .

kita mengisi plat tetes dengan larutan HCl dan NaOH secara berseling. larutan akan berubah warna menjadi biru muda. untuk mengetahui derajat keasaman (pH) dari ekstrak bunga tersebut. begitupun jika metilen jingga dimasukkan kedalam larutan basa maka warnanya akan berubah menjadi kuning. Sedangkan ketika dimasukkan kedalam larutan basa. Taruh kerta lakmus merah kedalam asam dan basa. Setelah itu metilen jingga dimasukkan kedalam larutan asam dan basa. dan perubahannya sebagai berikut : jika metilen jingga dimasukkan kedalam larutan asam akan berubah warna menjadi jingga.PEMBAHASAN Bunga yang telah diekstrak dengan alkohol 70 % menghasilkan ekstrak bunga yang berwarna. kertas lakmus merah tetap berwarna merah. Begitupun jika metilen biru dimasukkan kedalam larutan basa yang akan berubah warna menjadi biru tua. perubahannya sebagai berikut : ketika metilen biru dimasukkan kedalam larutan asam. Kemudian. Begitupun fenolftalein dimasukkan kedalam larutan basa akan berubah warna menjadi ungu. Begitupun sebaliknya jika kertas lakmus biru diperlakukan demikian. 5 . Kemudian metilen biru dimasukkan kedalam larutan asam dan basa. kertas lakmus merah akan berubah warna menjadi biru. Perubahanya adalah sebagai berikut : ketika dimasukkan kedalam asam. fenolftalein dimasukkan kedalam larutan asam dan basa dan akan mengalami perubahan warna sebagai berikut : jika fenolftalein dimasukkan kedalam larutan asam akan berubah warna menjadi bening. Kemudian.

Tahap selanjutnya. Kemudian setiap larutan asam dan basa ditetesi ekstrak bunga. Bunga yang kami gunakan adalah : bunga orange bunga kertas merah muda bunga kertas ungu bunga alamanda bunga sepatu bunga euphorbia 6 . kosongkan plat tetes untuk kemudian diisi larutan asam dan basa ke setiap tempat plat tetes.

wb.PENUTUP Demikian laporan singkat yang kami buat. wassalamualaikum wr. karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan kekurangannya hanyalah milik kita. Sekian dari kami. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan yang kami buat dalam pembuatan laporan ini. semoga praktikum tersebut mengenai asam basa dengan menggunakan berbagai macam indikator bisa bermanfaat bagi pembaca dan bagi kami khhususnya. 7 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful