A.

JUDUL PENELITIAN PENGGUNAAN KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK BIDANG PENGEMBANGAN BAHASA DALAM KELOMPOK B DI TK SUKARAPIH KECAMATAN SARIWANGI KABUPATEN TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2010/2011 B. BIDANG KAJIAN Bidang kajian dalam penelitian ini adalah penggunaan kartu dalam pengembangan kemampuan dasar : Pengembangan Bahasa. C. PENDAHULUAN Permasalahan dalam pembelajaran di TK sering sekali ditemukan, apalagi permasalahan cara melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang berhasil di tandai oleh kemampuan penguasaan anak. Pada semester pertama tahun ajaran 2010/2011 kemampuan bahasa menunjukan rendahnya penguasaan anak terhadap pembendaharaan kata. Hanya 5 orang anak dari 20 orang anak di kelompok B yang mendapat penguasaan kata di atas 60% dan selebihnya 15 orang anak tingkat penguasaan berfariatif di bawah 50%. Kendala yang di alami anak tersebut adalah kurangnya anak memahami huruf dan guru kurang memberi contoh. Hal ini membuat anak kurang termotivasi dan kurang minat sehingga prestasi belajarnya rendah. Maka hasil identifikasi terungkap beberapa masalah yag terjadi dalam pembelajaran, yaitu : 1. Anak kurang memahami kartu kata 2. Anak tidak dapat menyebutkan kata yang terdapat pada kartu kata 3. Penguasaan pembendaharaan rendah Untuk mengatasi kesulitan tersebut digunakan kartu kata, dimana penggunaan kartu kata bertitik tolak pada hal-hal yang bersifat nyata bagi anak dan anak dapat mengetahui kartu kata, selain itu anak akan mengetahui kata. Penggunaan kartu kata untuk meningkatkan motivasi belajar anak pada bidang pengembangan kemampuan bahasa ini di harapkan anak termotivasi sehingga hasil belajar anak dapat meningkat. Berdasarkan dari latar belakang masalah tersebut, penulis menganggap penting untuk mengadakan perbaikan pembelajaran melalui penggunaan kartu kata untuk meningkatkan motivasi belajar anak pada bidang pengembangan kemampuan bahasa. D. RUMUSAN DAN PEMECAHAN MASLAH Berdasarkan pendahuluan di atas, maka di rumuskan perbaikan pembelajaran yaitu , “Bagaimana meningkatkan motivasi belajar anak dengan penggunaan kata peda bidang pengembangan kemampuan bahasa?” Dari rumusan tersebut dijabarkan dalam pertanyaan penelitian, sebagai berikut : 1. Bagaimanakah hasil belajar kelompok B TK Sukarapih pada bidang pengembangan kemampuan bahasa sebelum menggunakan kartu kata 2. Bagaimanakah hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih pada bidang pengembangan kemampuan bahasa dengan menggunakan kartu kata 3. Seberapa besar perbedaan hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih pada bidang pengembangan kemampuan bahasa sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah perbaikan pembelajaran.

3. 2. artinya bahasa merupakan suatu cara menggebungkan bunyi-bunyian maupun tulisan yang bersifat teratur. artinya dalam hal pengucapan. konsep. motivasi anak untuk mengemukakan kartu kata. tempat penelitian dilakukan di TK Sukarapih Desa Sukamulih kecamatan Sariwangi kabupaten Tasikmalaya. KAJIAN PUSTAKA Dalam pengembangan kemampuan bahasa merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap pengembangan anak. Untuk mengetahui hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih dalam bidang pengembangan kemampuan bahasa dengan menggunakan kartu kata. E. Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih dalam bidang pengembangan kemampuan bahasa sebelum perbaikan pembelajaran dan setelah perbaikan pembelajaran dengan menggunakan kartu kata. mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa yang baik dan benar. Bagi anak. 4. Atribrati. Fleksibel. Sistematis. Untuk mengetahui hasil belajar anak kelompok B TK Sukarapih dalam bidang pengembangan kemampuan bahasa sebelum menggunakan kartu kata. TUJUAN PENELITIAN Tujuan penelitian penggunaan kartu kata untuk meningkatkan motivasi belajar anak pada bidang pengembangan kemampuan bahasa. objek maupun gagasan 3. artinya bahwa kemampuan berpikir. dimana siklus 1 RPP 1 di tekankan kepada pemahaman kartu kata. maupun hubungan-hubungan yang dapat dimanipulasikan saat berpikir dan bernalar. G. waktu penelitian dilaksanakan mulai tanggal 03 – 15 Oktober 2011 selama 14 hari. Pengembangan ini bertujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat. standard dan konsisten. yaitu bahwa bahasa terdiri dari hubungan-hubungan antara berbagai macam suara dan visual. Kompleks. Bahasa memiliki karakteristik yang menjadikannya sebagai bentuk khas komunikasi. ide.Rencana pemecahan masalah dilaksanakan dengan 2 siklus. MANFAAT PENELITIAN Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi berbagai pihak. Bagi sekolah. Prosedur Penelitian . diantaranya adalah upaya untuk mencari alternative pembelajaran. yaitu untuk meningkatkan mutu layanan pembelajaran di TK Sukarapih serta dapat dijadikan alternative alat peraga yang sesuai dengan tingkat kemampuan bahasa anak. diantaranya : 1. Siklus 2 RPP 2ditekankan kepada mendorong minat. Rencana Penelitian Subjek penelitiannya adalah anak kelompok B TK Sukarapih sebanyak 3 orang. H. Beragam. RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN 1. 5. 2. 3. Ada beberapa karakteristik bahasa sebagai berikut : 1. F. yaitu : 1. penggunaan kartu kata diharapkan akan lebih menambah pembendaharaan kata pada anak. bahasa memiliki berbagai variasi dialek atau cara. Bagi penulis. 2. artinya bahasa dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman. 2. dapat menambah wawasan serta keyakinan dalam menjalankan tugas sebagai guru.

Jakarta 2006 . 50. Metode Pengembangan Bahasa. Penggandaan dan pelaporan hasil Minggu I Minggu II J. Observasi lapangan 3. dkk. Pelaksanaan penelitian 6. BIAYA PENELITIAN Rencana Anggaran Biaya Penelitian No Rencana Pengeluaran Biaya 1.000 Rp. PERSONALIA PENELITIAN Jumlah Pengeluaran Rp. Penyusunan instrumen 4.000 Rp. 50.000 Rp.000 Rp. 50. Upah kerja/honorarium 7. 50. Konsolidasi dengan observer 5. Setiap siklus pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur sebagai berikut : a. Penyusunan laporan penelitian 8. 50.000 Rp. Transportasi 5. Penyusunan instrument penelitian 3.000 Rp. Lain-lain Jumlah K.000 L.000 Rp. Jakarta : Universitas Terbuka 2006 . b. Bagan siklus pembelajaran yang dilaksanakan mengacu kepada modul PTK Universitas Terbuka dari IGAK Wardani. Penggandaan laporan penelitian 9. 50. 50. menyusun lembar observasi dan menyusun alat evaluasi. DAFTAR PUSTAKA . 450. Pelaksanaan tindakan (acting) : melaksanakan sekenario pembelajaran yang telah dilaksanakan c. Akomodasi dan konsumsi 6.Nurbiana Dhieni. Penyusunan Proposal 2. Penyusunan proposal penelitian 2. Dirjen Manajemen Dasar dan Menengah.Prosedur penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus atau 2 daur pembelajaran. Alat Tulis Kantor (ATK) 4. Edisi I.000 Rp. Pengamatan (observing) : hasil yang diperoleh dari observasi yang telah dilaksanakan dalam rencana perbaikan pembelajaran di analisis untuk melihat kemampuan anak dan untuk melakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya. sebagai berikut : I.Depdiknas kurikulum TK 2004. Perencanaan (planning) : menyusun rencana perbaikan pembelajaran (RPP). JADWAL PENELITIAN Rencana Kegiatan No Jenis Kegiatan 1.000 Rp. 35. 80. Penyusunan laporan 7.

Penelitian Tindakan Kelas. Modul IDIK 4008. 2007. et.G.- Wardani. Al.K.A. Jakarta : Universitas Terbuka M. I. LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.