Cara Kalibrasi dan Menghemat Baterai Blackberry Kalibrasi (calibrate) adalah mengatur/menyesuaikan kembali.

Jadi arti teknisnya menyesuaikan kembali dari keadaan yang kurang baik. Mengapa baterai perlu dikalibrasi ? Kita telah tahu bahwa baterai Blackberry itu berjenis Li-ion. Jika kita sering charge batere padahal baterai masih posisi 20% lagi, berarti 20% dari elektron-elektron sel itu jarang kita pakai, jika lamalama sel-sel itu tidak dipakai maka sel akan mengalami kejenuhan (saturasi) dan sel akan mati tentunya. Untuk itu perlu adanya penggunaan baterai sampai habis 0% dengan maksud elektron sel tadi itu jadi terpakai dan nanti dicharge lagi supaya sehat. Gunanya kalibrasi baterai : 1. Untuk menyehatkan sel sel yang jarang terpakai sehingga tidak mati karena saturasi. 2. Agar penunjukan persentase baterai akurat 3. Untuk menstabilkan kinerja baterai dan health dari baterai jadi stabil. 4. Untuk mencegah cepatnya baterai drop dan bocor 5. Tentunya agar baterai awet dan umurnya panjang. Dua macam cara kalibrasi baterai : Jika mempunyai 2 baterai dengan tipe sama (sama-sama original) 1. Pake BB sampai mati, lalu cabut baterai 2. Masukkan baterai yang satu lagi sampai BB ke load sempurna, setelah itu matikan, lalu cabut baterai. 3. Masukkin baterai yg pertama tadi

karena sesaat setelah BB dipakai sampai mati terus tombol power ditekan. sekali lagi ditekankan. tidak usah terlalu berlebihan dalam melakukan kalibrasi baterai. saran: 4 jam) Jika mempunyai punya 1 baterai 1. ///////////////////////// /////////////////////////////// ///////////////////////// TIPSMenghemat Baterai Blackberry : 1. Diamkan kurang lebih 1 menit (jangan terlalu lama) 3. sangat tidak disarankan buat baterai betul-betul 0% tersisa (sampai BB ga bisa nyala). Pilih operator yang memiliki jaringan stabil. BB mati bukan berarti batre sisa 0%. 1 di dua cara di atas. atau tiap instal ulang OS terus kalibrasi atau setiap tidak ada kerjaan kalibrasi. Charge BB sampai penuh (3-4 jam. jangan kebiasaan baru ngecharge BB saat indikator baterai jadi merah. Pakai BB sampai mati 2. atau per 30 kali ngecharge. Biar baterai awet. Lebih baik saat indikator kuning juga sudah langsung dicharge. saran 4 jam) Keterangan penting : Berdasarkan tipe batre BB yang Li-ion.4. maksudnya cukup lakukan sampai BB mati. layar BB masih bisa menyala sebentar -> mengindikasikan baterai masih ada sisa power (tidak betul-betul 0%). Langkah no. BB dicharge (dalam keadaan mati) sampai penuh (3-4 jam. Berlebihan disini misalnya tiap hari kalibrasi. Selain itu. Kalibrasi baterai sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali. lakukan 1 kali kalibrasi. supaya device tidak selalu mencari sinyal .

Berhemat di Screen brightness and timeout display-> Option -> Screen/keyboard -> atur backlight brightness jadi 10 (paling kecil) dan backlight timeout jadi 10 (paling cepat) 3. Matikan Wifi bila tidak diperlukan 10. Message. Gunakan theme sederhana tanpa animasi 13. sehingga ketika ada email atau pesan masuk. .2. Bila perlu. Facebook. Sesekali (misalkan mau tidur) manfaatkan fasilitas profile silent. tanpa dering dan vibrate. Sesuaikan profile sehemat mungkin. Matikan bluetooth bila tidak diperlukan 9. 6. ponsel anda tidak berbunyi…. SMS. Hapus aplikasi dan theme yang jarang digunakan (ini akan menghemat memory)-> Option -> Advance option -> Application -> delete aplikasi yang tidak diperlukan. Matikan LED indicator 7. Matikan GPS bila tidak diperlukan 11. MMS. matikan Vibrate/getar + volume + lampu LED-> Profiles (gambar speaker) -> Advanced -> Enter dari profile yg aktif -> setting vibrate + volume + lampu LED sehemat mungkin untuk BBM alert. Matikan Keypad tone 8. maka layar akan langsung non aktif 5. Gunakan signal 2G daripada 3G bila handheld sementara tidak digunakan untuk mengunduh file besar (posisi stand by)-> Manage connections – Mobile network option – ubah 3G menjadi 2G 12. gunakan sarung/pouch BlackBerry yang asli karena begitu dimasukkan dalam sarung. YM 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful