CILACAP TOURISM AND CULTURE Jelajahi Pesona Keragaman Wisata dan Budaya Cilacap

Oleh: Peni Fajar Rokhinowati 7101410177

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2012

PROFIL CILACAP
 Sejarah Kabupaten Cilacap
1. Zaman Kerajaan Jawa

Penelusuran sejarah zaman kerajaan Jawa diawali sejak zaman Kerajaan Mataram Hindu sampai dengan Kerajaan Surakarta. Pada akhir zaman Kerajaan Majapahit (1294-1478) daerah cikal bakal Kaupaten Cilacap tebagi dalam wilayah-wilayah Kerajaan Majapahit, Adipati Pasir Luhur dan Kerajaan Pakuan Pajajaran, yang wilayahnya membentang dari timur kea rah barat. - Wilayah Ki Gede Ayah dan Wilayah Ki Ageng Donan dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit - Wilayah Kerajaan Nusakambangan dan wilayah Adipati Pasir Luhur - Wilayah Kerajaan Pakuan Pajajaran Menurut Husein Djayadiningrat, Kerajaan Hindu Pakuan Pajajaran setelah diserang oleh kerjaan Islam Banten dan Cirebon jatuh pada tahun 1579, sehingga bagian timur Kerajaan Pakuan Pajajaran diserahkan kepada Kerajaan Cirebon. Oleh karena itu seluruh wilayah cikal-bakal Kabupaten Cilacap di sebelah timur dibawah kekuasaan Kerajaan Islam Pajang dan sebelah barat diserahkan kepada Kerajaan Cirebon. Kerajaan Pajang diganti dengan Kerajaan Mataram Islam yang didirikan oleh Panembahan Senopatipada tahun 1587-1755, maka daerah cikal bakal Kabupaten Cilacap yang semula di bawah kekuasaan Kerajaan Islam Pajang diserahkan kepada Kerajaan Mataram . Pada tahun 1595 Kerajaan Mataram mengadakan ekspansi ke Kabupaten Galuh yang berada di wilayah Kerajaan Cirebon. Menurut catatan harian Kompeni Belanda di Benteng Batavia, tanggal 21 Pebruari 1682 diterima surat yang berisi terjemahan perjalanan darat dari Citarum, sebelah utara Karawang ke Bagelen. Nama-nama yang dilalui dalam daerah cikal-bakal Kabupaten Cilacap adalah Dayeuhluhur dan Limbangan. 2. Zaman Penjajahan Belanda Pembentukan Onder Afdeling Cilacap (dua bulan setelah Residen Launy bertugas) dengan besluit Gubernur Jenderal D.De Erens tanggal 17 Juli 1839 Nomor 1, memutuskan : "Demi kepentingan pelaksanaan pemerintahan daerah yang lebih rapi di kawasan selatan Banyumas dan peningkatan pembangunan pelabuhan Cilacap, maka sambil menunggu usul organisasi distrikdistrik bagian selatan yang akan menjadi bagiannya, satu dari tiga Asisten Resident di Karesidenan ini akan berkedudukan di Cilacap". Karena daerah Banyumas Selatan dianggap terlalu luas untuk dipertahankan oleh Bupati Purwokerto dan Bupati Banyumas maka dengan Besluit tanggal 27 Juni 1841 Nomor 10 ditetapkan

:"Patenschap" Dayeuhluhur dipisahkan dari Kabupaten Banyumas dan dijadikan satu afdeling tersendiri yaitu afdeling Cilacap dengan ibu kota Cilacap, yang menjadi tempat kedudukan Kepala Bestuur Eropa Asisten Residen dan Kepala Bestuur Pribumi Rangga atau Onder Regent. Dengan demikian Pemerintah Pribumi dinamakan Onder Regentschap setaraf dengan Patih Kepala Daerah Dayeuhluhur. Bagaimanapun pembentukan afdeling memenuhi keinginan Bupati Purwokerto dan Banyumas yang sudah lama ingin mengurangi daerah kekuasaan masing-masing dengan Patenschap Dayeuhluhur dan Distrik Adiraja. Adapun batas Distrik Adiraja yang bersama pattenschap Dayeuhluhur membentuk Onder Regentschap Cilacap menurut rencana Residen Banyumas De Sturier tertanggal 31 Maret 1831 adalah sebagai berikut: Dari muara Sungai Serayu ke hulu menuju titik tengah ketinggian Gunung Prenteng. Dari sana menuju puncak, turun ke arah tenggara pegunungan Kendeng, menuju puncak Gunung Gumelem (Igir Melayat). dari sana ke arah selatan mengikuti batas wilayah Karesidenan Banyumas menuju ke laut. Dari sana ke arah barat sepanjang pantai menuju muara Sungai Serayu Dari batas-batas Distrik Adiraja dapat diketahui bahwa Distrik Adiraja sebagai cikal-bakal eks Kawedanan Kroya lebih besar dari pada eks Kawedanan Kroya, karena waktu itu belum terdapat Distrik Kalireja, yang dibentuk dari sub-bagian Distrik Adiraja dan sebagai Distrik Banyumas. Sehingga luas kawasan Onder Regentschap Cilacap masih lebih besar dari luas Kabupaten Cilacap sekarang.

Dari batas-batas Distrik Adiraja dapat diketahui bahwa Distrik Adiraja sebagai cikal-bakal eks Kawedanan Kroya lebih besar dari pada eks Kawedanan Kroya, karena waktu itu belum terdapat Distrik Kalireja, yang dibentuk dari sub-bagian Distrik Adiraja dan sebagai Distrik Banyumas. Sehingga luas kawasan Onder Regentschap Cilacap masih lebih besar dari luas Kabupaten Cilacap sekarang. Pada masa Residen Banyumas ke-9 Van de Moore mengajukan usul Pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 3 Oktober 1855 yang ditandatangani Gubernur Jenderal Duijmaer Van Tuist, kepada Menteri Kolonial Kerajaan Belanda dalam Kabinet Sreserpt pada tanggal 29 Desember 1855 Nomor 86, dan surat rahasia Menteri Kolonial tanggal 5 Januari 1856 Nomor 7/A disampaikan kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

SH (1997-2002) 16.5. M Adipati Tjakrawerdaya (1882-1927) 5. M Adipati Arya Tjakra Sewaya (1927-1950) 6. R. R. Kartarata (1968-1974) 12. RYK. Daftar Nama Bupati Cilacap: 1. H. Mohamad Supardi (1987-(1997) 15. Tumenggung Tjakra Werdana IV (1875-1881) 4. Raden Witono (1952-1954) 8.Sos. Tumenggung Tjakra Werdana II (1858-1873) 2. Tatto Suwarto Pamuji (2011-sekarang)  Visi dan Misi Visi Visi Pemerintah Kabupaten Cilacap sesuai RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Cilacap Tahun 20082012 adalah "Terciptanya Pemerintahan yang Tangguh. HS. swasta dan masyarakat (Good Governance) 2. S. Raden Mas Soetedjo (1950-1952) 7. Poedjono Pranyoto (1979-1987) 14. R.220 per tahun yang keduanya memerlukan persetujuan Raja Belanda. Terpercaya dan Mandiri Guna Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat" Misi Untuk mewujudkan visi Kabupaten Cilacap ditetapkan misi sebagai berikut: 1. . H. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia baik sumberdaya aparatur maupun sumberdaya masyarakat secara luas sebagai modal dasar bagi pelaksanaan otonomi daerah. M. Memberikan pelayanan prima dalam rangka menumbuhkan iklim investasi yang sehat. H. MM. A Santoso (1958-(1965) 10. H. Herry Tabri Karta. Probo Yulastoro.Si (2002-2009) 17. D.setelah menerima surat rahasia Menteri Kolonial Pemerintah Hindia Belanda dengan besluit Gubernur Jenderal tanggal 21 Maret 1856 Nomor 21 antara lain menetapkan Onder Regentschap Cilacap ditingkatkan menjadi Regentschap (Kabupaten Cilacap). 3. Hadi Soetomo (1965-1968) 11. Raden Mas Kodri (1954-1958) 9. Moekmin (1974-1979) 13. Menyelenggarakan pemerintahan daerah secara efisien dan efektif dengan mensinergikan upaya-upaya bersama antara pemerintah. H. R.Usul pembentukan Kabupaten Cilacap menurut Menteri Kolonial bermakna dua yaitu permohonan persetujuan pembentukan Kabupaten Cilacap dan organisasi bestir pribumi dan pengeluaran anggaran lebih dari F. Tumenggung Tjakra Werdana III (1873-1875) 3. R.

Motto &Sesanti . Meningkatkan pembangunan atau penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur ekonomi. Meningkatkan kemampuan keuangan daerah dengan mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan daerah melalui kebijakan yang berpihak pada masyarakat  Lambang. pendidikan dan kesehatan untuk mencapai derajat manusia yang bermartabat 6. Penguatan struktur perekonomian daerah melalui penguatan potensi ekonomi lokal 5. perdagangan.4.

Lambang Daerah .

Padi dan Kapas bermakna kegiatan masyarakat di bidang pangan dan sandang. Ikan Hiu. Ikan Hiu melambangkan Cilacap berada di daerah pantai laut selatan. dihubungkan dengan Kembang Wijayakusuma yang berkelopak 4 dan berdaun bunga 5. Melambangkan keluhuran cita-cita masyarakat Daerah mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam mengemban Amanat Penderitaan Rakyat. Merupakan lambang Wahyu Negara pada saat masih berbentuk kerajaan. Gelombang Laut Selatan dengan lekuk gelombang berjumlah 4 dihubungkan dengan lidah api (5) berarti bahwa perjuangan yang berkobar-kobar sejak Revolusi 45 berdasarkan UUD 45 dan jiwa juang 45. Wijayakusuma menjadi nama pengenal khas dan merupakan lambang hidup daerah. Jumlah butir padi 17 dan kapas 8. dan sebagian dari masyarakatnya adalah nelayan Warna Lambang Daerah dan maknanya . penghasil ikan. Kembang ini hanya ada dan tumbuh di Cilacap saja (bunga gaib). Kembang Wijayakusuma. Lidah api menunjukkan hitungan 5. Padi dan Kapas. berarti perjuangan yang berdasarkan Pancasila. Tugu Pahlawan melambangkan perjuangan heroik masyarakat Daerah dimasa Revolusi 1945.Bentuk dan Wujud Lambang Daerah Bintang Segi Lima. Melambangkan keluhuran cita-cita masyarakat Daerah yang berkepribadian Pancasila Tugu Pahlawan dengan lidah api diatas gelombang Laut Selatan. menunjukkan betapa keramatnya Proklamasi Tujuhbelas Delapan Empatlima.

Warna Merah Hati : keberanian, keuletan, kewaspadaan serta melambangkan perjuangan yang gagah berani Warna Kuning Emas : keluhuran didalam mengemban tugas Warna Putih : kesucian jiwa Warna Hitam : ketenangan dan ketabahan Warna Hijau : kesuburan dan kemakmuran Warna Biru Laut / Biru Tua : Cilacap terletak di pantai selatan, Samudera Indonesia Seluruh warna menggambarkan kepribadian masyarakat Daerah.

Motto
JALA BHUMI WIJAYAKUSUMA CAKTI JALA : Air, Lautan BHUMI : Tanah, Daratan WIJAYAKUSUMA : Bunga Kejayaan CAKTI : Ilmu Tertinggi Artinya adalah : "Kemampuan membudidayakan bumi, laut, air untuk kemakmuran"

Sesanti
 Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kebudayaan
Berdasaran Perda Kabupaten Cilacap Nomor 13 Tahun 2010 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Cilacap, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi sebagai berikut : Tugas Pokok : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan dan tugas pembantuan di bidang pariwisata dan kebudayaan.

Fungsi: 1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pariwisata dan kebudayaan;Penyelenggaaraan urusanpemerintahan di bidang pariwisata dan kebudayaan 2. Penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umumdi bidang pariwisata dan kebudayaan 3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pariwisata dan kebudayaan

4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

 Alamat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Jl. A. Yani No. 8 Cilacap Telepon 0282-534481 Fax 0282-531988 CILACAP-JAWA TENGAH Email: dipatra_clp@yahoo.co.id Facebook: cilacap tourism

 Struktur Organisasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap

PETA WISATA CILACAP

 Direktori Usaha Pariwisata
Hotel Berbintang: 1. Hotel Wijayakusuma***, Jl. A. Yani No. 12 Cilacap,Telepon. 534871 2. Mutiara Hotel***, Jl. Gatot Subroto 136 Cilacap, Telp. 531545 3. Hotel Dafam***, Jln. Dr. Wahidin 15 Cilacap,Telp. 533381-531383 4. Hotel Tiga Intan**, Jln. RE. Martadinata No. 192 Cilacap, Telp. 520866 5. Hotel Cilacap Indah**, Jln. Jendral Soedirman Cilacap, Telp. 533543 6. Hotel Kenanga Indah*, Jln. Kapten Suyono Majenang*,Telp.(0280)621123 7. Hotel Nusantara*, Jln. Dr. Soetomo Cilacap, Telp. 532506 8. Hotel Delima*, Jln. Jend. Sudirman No. 3 Cilacap, Telp. 533410535023 9. Hotel Paradise*, Jln. A. Yani No. 7 Sidareja, Telp. (0280) 542608524609 Hotel Melati: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. Hotel Boroudur, Jln. Diponegoro No. 51 Majenang, Telp. (0280) 621345 Hotel Saraswati, Jln. Rajiman No. 55 Cilacap, Telp. 533938 Hotel Anggrek, Jln. Anggrek No 16 Cilacap, Telp. 533835 Hotel Harnita Agung, Jln. Gatot Subroto No. 88 Cilacap, Telp. 533876 Hotel Husadha, Jln. Sirkaya No. 25 Cilacap, Telp. 533176 Hotel Julias, Jln. Pemintalan no. 50 Cilacap, Telp. 533784 Hotel Teluk Penyu, Jln. Dr Wahidin No 42-57 Cilacap, Telp. 534304 Hotel Tjipto Rini, Jln. Oedi Oetomo No 6 Cilacap

Kapten Sugiono Majenang 18. Telp. Jln. Hotel Murni . Flores No. Dr. 71 Cilacap. Hotel Wijaya Inn.10 Cilacap. Sudirman No. Jln. Telp. 4 Cilacap. Hotel Sidodadi. Hotel Marina. Sudirman Cilacap. Haryono No. Rambutan No. 10 Cilacap 30. Jend. 540842 12. Jln. Cipto Cilacap. 38 Cilacap. Jln. Jln. Hotel Sri Kandi. Telp. Pasar No. Telp. (0582) 494129-494801 19. Hotel Pojok. Jln. 545699 10. Hotel Asri. R. Hotel Lima. Jln. 25 Cilacap. 99 Cilacap. Hotel Santi Sanjaya. Jln. Jln. 532917 27. Telp. Jln. 533722 17. Perintis Kemerdekaan No. Hotel Arimbi. Perintis Kemerdekaan No. Jil. Suprapto No. 25 Cilacap. Jln. Telp. Telp. 535568 15. Hotel Damai. Jln. Telp. Hotel Kebon Manis. MT. Hotel Arafah. Telp. 149 Cilacap 32. Suprapto Cilacap. Hotel Tanjung Permata. Jln. Hotel Ramayana . Rambutan No. Hotel Mekar Mulya. Tanjung Cilacap. (0282) 494106 21. Jln. 105 Cilacap. Jln. Jln. 535533 11. 10/323 Cilacap. Telp. Telp. Telp. Nangka Cilacap. 533781 13. Hotel Sri Rahayu. 5384825 31. Telp. Jln. Letnan. Haris Munandar 3 Kroya. 534315 14.9. Boedi Oetomo No. Pasar No. 534359 26. Telp. Bhima No. Jend. Telp. 78 Cilacap. 89 Cilacap 16. 534962 24. Hotel Cipto Arum. Jend. 532393  Rumah Makan . Jln. Stasiun 11 Kroya. Hotel Bhima Indah. Jln. Telp. Gatot Subroto No. Telp. Perintis Kemerdekaan No. 535346 29. (0282) 494267 20. Gatot Subroto No. 7 Cilacap. Jln. Telp. Hotel Meilias. Stasiun 54 Kroya. Jln. Jln. 533646 22. Hotel Penny Vijaya. (0280) 523121 25. Telp. Jln. Hotel Setia. Hotel Srandil. Telp. 536102 28. Hotel Sederhana. 541686 23. 99 A Cilacap.

.

.

.

16 Gunung Simping Cilacap. Jl. BPW “ Stya Putra Tour”. HP. Dr. Jl. 85 Cilacap. Jawa No.64 Perum Indah Gunung Simping Permai Cilacap. Jl. BPW “Kusyara Tour”. 081391205101 1. 4 Desa Sidamulya Sidareja. telp (0282) 534465 2. 081647679682 7. BPW “Agimsa Total Nusantara”. (0282) 521547 6. Biro Perjalanan Wisata (BPW) BPW “Dewangga”. Urip Sumoharjo No. BPW “Savitri Tour & Travel”. Soetomo No.(0282) 521098 4. 87 RT 03/3 Mertasinga Cilacap. MT. Haryono No. Sekar Kemuning No. Jl. telp. Jl. BPW “Dhita Wisata”. Jl. Jl. (0280)6226205 3. telp. BPW “Citra Travel Agent”. (0282) 551319 5. Urip Sumoharjo No. HP. 225 Cilacap. 05 RT 03/1 Mulyadadi Cipari Cilacap. telp. Sudirman No. Jend. . telp.

06 19.s/d Rp. 081327023576 BPW “Sabar Subur”.24 20.05 13. Cipari Cilacap. Kec.32 - . 44.19 13.8.02 06. Perintis Kemerdekaan No.21 19. 9.55 Berangkat 06. 86/83 Purwojaya Cilacap – Pasar Senen Datang 12. 7B RT. HP.30 06.55 13.42 20. 081548882411  Transportasi Kereta Api Logawa (Cilacap-Kroya-Jember PP) CILACAP – KROYA – JEMBER PP KERETA API LOGAWA KA 982 Logawa Cilacap . 03/IX Tritih Wetan.52 13. 02/94.22 Berangkat 18.21 - Stasiun Cilacap Maos Kroya Pasar Datang 19.000. Sugitono RT. Jeruk Legi Cilacap.Kroya – Jember Stasiun Cilacap Maos Kroya Jember Datang 06. HP.21 Berangkat 05. Jl.30 19. Jl.44 - Tarif : Cilacap s/d Jember.38 - KA 983 Logawa Jember – Kroya – Cilacap Stasiun Jember Kroya Maos Cilacap Datang 19.- Kereta Api Purwojaya (Jakarta-Cilacap-PP) JAKARTA – CILACAP PP KERETA API PURWOJAYA KA 84/85 Purwojaya Pasar Senen – Cilacap Stasiun Pasar Senen Kroya Maos Cilacap KA.30 01.05 19.55 Berangkat 05.00 19. Kec. Kol. Rp.000. 20..04 19.08 06. BPW “Madina Wisata”.

Kroya. Purworejo. 0251-7115535. 26 Telp. Kutoarjo. 0282-533301. 7115545 Cilacap : Jl. Jatinegara TARIF : Jenis Tiket 1. 3583133 Pamitran Jaya Travel Semarang : Jl. 08157914379 BANDUNG . Purbalingga. 5253301 YOGYAKARTA – CILACAP (PP) Arrya Guna Travel Yogyakarta : Balirejo Gang Katika Telp. Bumiayu.Rp. 5253301 TANGERANG – JAKARTA – BOGOR – CILACAP (PP) Buana Jaya Travel Tangerang : Ruko Gading Serpong AK 01/37 Telp. 251 Telp. 248248 Cilacap : Jl.CILACAP (PP) Pamitran Jaya Travel Bandung : Jl. Prupuk. 024-3583132. 0282-535661.000. HP. Maos. 6318354 Roxy/ Biak Jakpus Cilacap : Jl.- Tiket dilayani di : Purwokerto. 5 Rawamangun Telp. MT. 251 Telp. Gombong. Cilacap  Jasa Transportasi Travel JASA TRANSPORTASI ANTAR JEMPUT (TRAVEL) JAKARTA – CILACAP (PP) Sungguh Rejeki Abadi Travel Jakarta : Jl. Cipto No. 56. Perwira No. 130. 0274-561322 SEMARANG – CILACAP (PP) Arrya Guna Travel Semarang : Jl. HP. Bisnis Dewasa 3. Kebumen. Gatot Subroto No.000.Senen Berhenti di : Kroya. 204343. Diponegoro No. 9 Telp. 021-4892530. 8 Telp. 0282-533301. 92689610 Jakarta : Jl. Sidareja. 08157914379 CIREBON – CILACAP (PP) Sungguh Rejeki Abadi Travel Cirebon : Jl. Haryono No. Purwokerto. Gatot Subroto No. Karanggetas No. Sunan Giri No. Dr. 70. 024-3543935 . 021-92658526. Perwira No. 9 Telp. Bisnis Anakanak Harga Tiket Rp. 20 Telp. 0274-583828 Rahayu Travel Yogyakarta : Jl. Halimun No. 021-6311085. 534926. 4759915 Bogor : Jl. 1 E Telp. Kiara Condong 417 Telp.Rp. 022-7312769 Cilacap : Jl. 26 Telp. Tidore No. Executive 2. 534926. 0282-535661. Karanganyar.000. Bekasi. 7 Telp.

00 .30 Pulang menuju ke Daerah asal Wisatawan.13. 63 Telp.11.14.11. 4.30 Dari Kota Cilacap Perjalanan menuju ke Srandil 09.00 Di lokasi Obyek Wisata Religius Gunung Srandil 11. silakan anda meluncur ke Pantai Teluk Penyu dengan harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu Rp.20 Perjalanan menuju ke Pantai Indah Widarapayung 13.000/ orang untuk hari minggu/libur.13.15 .11.20 .000/ orang untuk hari biasa dan Rp./ orang PAKET B : 08. (Rombongan minimal 30 orang) CONTACK PERSON / PEMANDU WISATA : INDARTO HP.20 .13.00 Masigitsela 13. 5. Sutoyo No.20 Dari Tambatan Perahu Compreng menuju ke Gua 11.00 Di lokasi Gunung Selok dan dilanjutkan ISOMA 13.11. 100.PURWOKERTO .000.30 . Biaya Rp.15 Perjalanan menuju Gunung Selok 11... 0281-637607  Paket Wisata Paket Wisata Minggu Paket Wisata BAHARI.00 Berangkat dari Sleko menuju ke Kampung Laut 11./ orang SEMUA KUNJUNGAN WISATA PAKET (A) MAUPUN PAKET (B) KHUSUS DI LAYANI HARI MINGGU.00 .00 .CILACAP (PP) Nusantara Travel Purwokerto : Jl.16.000.30 Di Lokasi Pantai Indah Widarapayung 14.00 .00 . 0812 2752 1868 Swa Wisata Week End SWA WISATA WEEK END Sabtu-Minggu ONE DAY TOUR (CILACAP – NUSAKAMBANGAN TIMUR) Jika Sabtu Sore anda sudah tiba di Kota Cilacap sebelum jam 4 sore.20 Di Lokasi Gua Masigitsela Kampung Laut dan 16.20 .09. ALAM & RELIGIUS 1 (satu) hari PAKET A : 08. dan nikmatilah panorama alam pantai dengan .20 dilanjutkan ISOMA Perjalanan Pulang menuju ke Kota Cilacap Pulang ke Daerah asal Wisatawan Biaya Rp. 75.

Sea Food. .00 16. Alfa . Setelah cukup lelah bekeliling. anda bisa melanjutkan berkeliling seputar kota Cilacap dan menikmati pemandangan malam. ikan bakar yang lezat nan menggoda bisa menjadi alternatif untuk bersantap malam. Perjalanan pulang bisa langsung dari Pantai Indah Widarapayung. atau bila anda butuh bar ang kebutuhan harian. dengan kapasitas maksimal 20 orang . bisa diparkir di tepi pantai atau di halaman parkir Benteng Pendem. Menikmati pemandangan sore dan lalulintas kapal tangker dan aktivitas nelayan. Selesai makan siang Anda bisa meluncur ke Pantai Indah Widarapayung sekitar 35 km ke arah timur Kota Cilacap. Setelah makan malam. Toko Swalayan. Setelah cukup fresh karena sudah mandi. dengan harga yang kompetitif. Untuk menyeberang ke Nusakambanagn diperlukan alat transportasi berupa perahu compreng. Jika anda pecinta bangunan bersejarah nikmati pula keindahan bangunan bersejarah Benteng Pendem peninggalan Belanda. bisa belanja di toko swalayan atau toko biasa yang cukup banyak tersebar di berbagai sudut kota.30 17. anda bisa keluar dan jalan-jalan menikmati keindahan malam kota Cilacap. Kedai seperti ini banyak terdapat di Pantai Teluk Penyu. Keesokan harinya.00 –21.latar belakang pulau nusakambangan dan lalu lalang kapal tanker masuk ke Pelabuhan Alam di Selat Nusakambangan.00 Tiba di Cilacap Pantai Teluk Penyu Istirahat di Hotel Makan Malam.30 –19. dengan harga tiket sama seperti tiket masuk teluk penyu. pantai ini lebih “alami” dengan ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk berselancar. bila anda membawa kendaraan sendiri.00 19. bersiap-siaplah untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Ringkasan Perjalanan One Day Tour HARI WAKTU (WIB) KEGIATAN KETERANGAN Sabtu 16. anda bisa menuju hotel untuk istirahat.00 17. Mohon sudah booking terlebuh dahulu sebelumnya.

LE. KFC .30 Masuk ke Obyek Wisata Benteng Pendem  Budaya Tradisional Sedekah Laut Berbagai macam acara dapat dilakukan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Batalyon Jl. Sudirman (timur) . Alun-alun . 13.Pantai Teluk Penyu. pantai ini lebih “alami” dengan ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk berselancar. A. Di hotel Anda bisa memilih berjalan kaki atau berkendaraa sesuaikan dengan lokasi hotel tempat anda menginap. 4.00 Selesai makan siang Anda bisa meluncur ke Pantai Indah Widarapayung sekitar 35 km ke arah timur Kota Cilacap.00 dst 05.30 Sarapan Tiket masuk Rp. Perjalanan pulang bisa langsung dari Pantai Indah Widarapayung. Parkir kendaran bisa di tepi pantai Pilih di hotel atau cari warung tenda yang biasa buka di pagi hari Sewa perahu compreng+ Rp. Minggu 21.Jalan-jalan Mart. Yani .30 Istirahat malam Bangun pagi Ke Pantai Teluk Penyu 06. Jend. 10.00 – 11.000/orang untuk hari minggu/ libur.000 per orang untuk perjalanan bolak balik (pandailah menawar dan bayarlah perahu ketika anda sudah tiba kembali di Pantai Teluk Penyu.Kompleks Lapangan eks. bisa di sekitar Pantai Teluk Penyu atau anda bisa cari di kota.00 . Martadinata (barat).Jl. Indomaret.00 05.Menuju obyek wisata Pantai Karang Pandan dan Benteng Karang Bolong 10. tersedia permainan bebek air di kolam benteng pendam dan Motor Roda 4 (ATV) yang siap menantang anda.000/ orang untuk hari biasa dan Rp. 5.30 – 10.30 Makan Siang Pilih rumah/ kedai makan sesuai selera. atau Paket Wisata Minggu Segera Hubungi : INDARTO 08122 752 1868 07. 11.Menuju Nusakambangan bagian timur . atas segala nikmat dan karunia yang . Katamso dan Jl. .Jl. Anda membutuhkan Tour Guide.

Upacara ini didahului dengan acara prosesi membawa sesaji (Jolen) untuk dilarung ke tengah laut lepas dari Pantai Teluk Penyu Cilacap dari dalam Pendopo Kabupaten Cilacap menuju arah Pantai Teluk Penyu dengan diiringi arak-arakan Jolen Tunggul dan diikuti Jolen-Jolen pengiring lainnya oleh peserta prosesi yang berpakaian adat tradisional Nelayan Kabupaten Cilacap tempo dulu. Pandanarang. Setibanya di Pantai Teluk Penyu sesaji kemudian di pindahkan ke kapal Nelayan yang telah dihias dengan hiasan warna-warni untuk di buang ketengah lautan di kawasan pulau kecil yang di sebut PulauMajethi. Sentolokawat. Tegalkatilayu. Upacara sedekah laut adalah salah satu perwujudan ungkapan rasa syukur yang dilakukan oleh Kelompok Nelayan Sidakaya. Tradisi sedekah laut bermula dari perintah Bupati Cilacap ke III Tumenggung Tjakrawerdaya IIIyang memerintahkan kepada sesepuh nelayan Pandanarang bernama Ki Arsa Menawi untuk melarung sesaji kelaut selatan beserta nelayan lainnya pada hari Jumat Kliwon bulan Syura tahun 1875 dan sejak tahun 1983 diangkat sebagai atraksi wisata. Donan . Lengkong. PPSC dan Kemiren.diperoleh pada masa kehidupannya . Disamping upacara nyekar juga mengambl air suci/ bertuah di sekitar Pulau Majethi yang menurut legenda tempat tumbuhnya bunga Wijayakusuma. Upacara sedekah laut sebelum hari pelaksanaan didahului dengan prosesi nyekar atau ziarah ke Pantai Karang Bandung (Pulau Majethi ) sebelah timur tenggara Pulau Nusakambangan yang dilakukan oleh ketua adat Nelayan Cilacap dan diikuti berbagai kelompok nelayan serta masyarakat untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tangkapan ikan pada musim panen ikan melimpah dan para nelayan diberi keselamatan. Pada malam harinya acara dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian tradisional di tiap-tiap desa/ kelurahan oleh kelompok Nelayan yang bersangkutan .

 Wisata Kota Cilacap Pantai Teluk Penyu .

000.000.co. 3.000. 0282-534481 2.000.Rp. 2.Rp.Hari Libur Pagi Siang Rp.- Malam Rp. 0282-534003 email : diparta_clp@yahoo. Berbagai makanan khas hasil laut dan cinderamata dapat dijumpai dengan mudah di sepanjang pantai dan dengan mudah dapat dijumpai dan selalu dekat dengan wisatawan yang berkunjung ke pantai Teluk Penyu sepanjang hari hingga tengah malam. ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar. 3.Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. 4. Harga Tiket Masuk : Orang Dewasa Anak Tarif Hari Biasa Pagi Siang Rp.- Layanan informasi : 1. 4.id .Rp. kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan Pulau Nusakambangan menambah indahnya suasana pantai. 3. 5.Rp.000.Rp. 3. 4.000. Terletak di Kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. 2. Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wilayah Cilacap Telp.000.Rp. 4.500. Cilacap Telp.Rp.- Malam Rp..000..000.Rp. 3.000.500.

Facebook: cilacap tourism Curug Cipari .

Curug Cipari memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Meskipun demikian setiap hari libur obyek wisata ini tetap ramai dikunjungi wisatawan. dimana pada musim kemarau tidak bisa mencukupi kebutuhan obyek tersebut. karena sungai sebagai pusat utama air ke obyek tersebut dibendung warga setempat guna mencukupi kebutuhan rumah tangga. Debit air yang mengucur di air terjun ini tergantung dari kondisi musim. Didekat curug ini juga terdapat dua curug yang bernama Curug Geulis Cisuru dan Curug Pengantin di Desa Segaralangu. Benteng Pendem .

000. 3. benteng pengintai.000.Benteng Pendem Cilacap Peninggalan Belanda ini.Rp. 2.. 4. gudang senjata.500.000.Pagi Rp. 4. ruang amunisi. Gazebo.Rp.Hari Biasa Siang Rp. 3. terowongan. atau dalam bahasa Belanda disebut "Kusbatterij Op De lantong Te Tjilatjap" berada di terletak 0. ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter..000.Rp. Ayunan.5 Ha. 3.000.500.) Obyek wisata ini dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti : Tempat istirahat.(selengkapnya klik disini. 4. 2. mempunyai 60 kamar/ barak. 4.000. 3. dengan dikelilingi parit.Malam Rp.000.5 km ke arah selatan dari Obyek Wisata Teluk Penyu dan berada di atas tanah seluas 6. 3.Hari Libur Siang Rp. ruang rapat. di kawasan Pantai Teluk Penyu Cilacap. Dari atas Benteng Pendem tampak jelas Pulau Nusakambangan.000. 5.000. Harga Tiket Masuk : Tarif Orang Dewasa Anak Pagi Rp.Rp. ruang penjara.Malam Rp. Kolam Pemancingan dan sejumlah patung dinosaurus.Rp. Benteng Pendem ini merupakan markas pertahanan tentara HindiaBelanda yang dibangun secara bertahap pada tahun 1861-1879.Rp.- Layanan informasi : . Bangunan Benteng Pendem memiliki konfigurasi yang masih kokoh.000.

1. Pantai Teluk Penyu 6. Unit Pelaksana Teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Wilayah Cilacap Telp. PT.800 m. Pantai Teluk Penyu 5. Pelabuhan Tanjung Intan 4. dikenakan tambahan biaya tiket Rp. PT. 12.-/ orang 2. Bandara Tunggul Wulung 2. Apabila menghendaki Wisata Bahari. Paket Sekolah Dasar: 1. Benteng Pendem Paket SMP: 1. Biaya Tiket per paket Rp. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. 0282534003 email : diparta_clp@yahoo. Biaya : 1. PLTU Karangkandri 5. Pertamina UP IV 2. dan tempat parkir pesawat 125 x 90 m.id facebook: cilacap tourism  Wisata Industri Paket Wisata Industri Layanan informasi : 1. mampu didarati pesawat jenis . Khusus kunjungan ke Pertamina UP IV dan PLTU Karangkandri maksimal 50 orang/ hari. Benteng Pendem Merupakan bandara kecil yang dapat didarati pesawat penumpang kecil dengan landasan sepanjang 1. Memberitahukan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap H-6 (enam hari) sebelum pelaksanaan kunjungan wisata. Industri Sandang II 4. 0282-534481 Prosedur : 1. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. 30. lebar 30 m. Cilacap Telp. Cilacap Telp. 0282-534481 2.500.000. 2.co. Holcim (Semen) 3.-/ orang. Pelabuhan Tanjung Intan 3.

PLTU Karang Kandri dalam operasional kegiatan menggunakan batu bara sebanyak 2 juta ton/ tahun dengan distibusi jaringan listik Jawa-Bali dan kapasitas produksi sebesar 2 x 300 MW.. Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang terletak di pintu masuk kota Cilacap dibangun padu tahun 2004 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006.. Seiring dengan perkembangan indsutri dan bisnis maka padu tahun 2001 diganti menjadi PT. 2.8 Ha yang terdiri dari : 1.5 Ha untuk pembangunan tanki produk.CN 235/ F27. Pabrik semen ini dibangun pada tahun 1974 dengan nama PT. Semen Nusantara. Kapasitas produksi 780 ton/ hari dengan baha baku . HOLCIM. 4. Pembangunan PLTU Karang Kandri dilakukan oleh Chengda Engineering Corporation of China (CECC) dengan nilai investasi sebesar U$ 510 juta.3 Ha untuk membangun kilang 2. Pertamina Unit Pengolahan IV Cilacap yang terletak di Kota Cilacap dengan luas areal 6.

Nirbaya. 5 diantaranya LP Karanganyar. Karang tengah. Sejak tahun 1985 Lembaga Pemasyarakatan tinggal 4 LP yang di gunakan diantaranya LP Besi. sehingga merupakan pintu gerbang keluar masuk barang dari dan ke Jawa Tengah bahkan Pulau Jawa. Seramya mendengar para penghuni LP anda tidak usah kawatir sebab diantara lokasi wisata dengan Lembaga Pemasyarakatan sangat jauh. Merupakan satu-satunya pelabuhan samudra yang ada di selatan Pulau Jawa dan berhadapan lansung dengan Samudra Indonesia dan Benua Australia. kedalaman alur 6 .  Pulau Nusakambangan dan Segara Anakan Pulau Nusakambangan Pulau Nusakambangan merupakan salah satu kawasan pantai selatan Kabupaten Cilacap yang dipisahkan oleh Selat Segara Anakan yang memisahkan dengan daratan Pulau Jawa . Gligir dan Limusbuntu sudah tidak digunakan.12 meter LWS.000 m2. LP Batu . lebar laut 250 . Pulau Nusakambangan dikenal juga pulau penjara yang mempunyai kesan menyeramkan itulah kesan yang acap terdengar oleh siapapun yang belum pernah datang berkunjung ke Pulau Nusakambangan. pasir kwarsa. Dari 9 buah LP. Pulau ini memang menawarkan banyak hal. . Pelabuhan Tanjung Intan terletak di Kota Cilacap dengan luas areal 146 Ha. Semakin lama mendekat dan melihat kesan menyeramkan berangsur-angsur sirna . bayangan yang menyeramkan pada penghuni penjara.pembuatan semen antara lain : batu kapur. LP Permisan dan LP Kembang kuning (Penjara yang dibangun antara tahun 1908 sampai dengan 1950) yang rata-rata mempunyai kapasitas 500 orang sampai 2000 orang . pasir besi dan gibs. tanah liat. serta hutan belantara yang sampai saat ini masih mampu melindungi satwa-satwanya perlahan-lahan akan melumatkan kesan menyeramkan bahkan kesan tersebut berganti rasa takjub dan detak kekaguman tiada habisnya .5 meter dan lapangan penumpukan 5 buah seluas 30. memiliki 6 buah dermaga dengan panjang seluruhnya 742.450 meter. namun sekarang sudah dibangun untuk penjara khusus narkoba dan penjara terbuka serta penjara super maksimum security.

Segara Anakan merupakan bagian dari kawasan Nusakambangan yang membentuk suatu paduan alam yang menawan. Segara Anakan merupakan Laguna yang unik di pantai selatan Pulau Jawa dengan ekosistem rawa bakau (mangrove) yang memiliki komposisi dan stuktur hutan terlengkap di Pulau Jawa.Pulau Nusakambangan yang memanjang dari barat ketimur sepanjang kurang lebih 36 km dan lebar antara 4 – 6 KM dengan luas keseluruhan adalah 210 km2 atau 21.  Uniknya Nusakambangan dan Segara Anakan Nikmatilah uniknya alam Segara Anakan dan Nusakambangan. benteng dan keindahan batuk arang dan keindahan panorama alam. pantai. hutan cagar alam. Panorama bentang alam dan keunikannya menyajikan suatu pemandangan yang menakjubkan. betang alam daratan dan bentang alam perairan yang beinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk suatu kesatuan ekosistem alami. Berbagai komponen sumber daya hayati berupa flora.000 ha memang menyimpan misteri dan daya tarik wisata seperti goa. habitat berbagai jenis fauna. dapatkan petualangan yang mengasyikan Segara Anakan Cilacap terletak di belakang Pulau Nusakambangan wilayah Kabupaten Cilacap. Segara Anakan dan Nusakambangan merupakan tempat wisata alam yang ideal. Nikmati paduan keindahan dan keunikan penuh nuansa petualangan yang mengasyikan.  Kampung Laut . dan hutan belantara .

Untuk sampai ke Kampung Laut kita akan melewati hutan mangroove dan menyusuri PulauNusakambangan yang digunakan sebagai penjara untuk narapidana kelas berat  Pantai Rancah Babakan Nusakambangan . fauna laut. dan hingga pola hidup masyarakat yang menetap di daerah tersebut.Dinamakan “Kampung Laut” karena perkampungan ini berada di laguna Segara Anakan dan sekelilingnya merupakan wilayah perairan. Berbagai keunikan terdapat di daerah ini. mulai dari banyaknya Goa Karst. membutuhkan waktu 4 jam dengan menggunakan perahu compreng atau sekitar 2 jam dengan menggunakan perahu mesin. Letaknya dapat dikatakan terisolasi dan berada cukup jauh dengan wilayah perkotaan.

Pantai Ranca Babakan tergolong pantai yang masih perawan karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Untuk menuju pantai ini melalui alur selat Nusakambangan – Segara Anakan melewati Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut. karena memang jalur yang menuju ke pantai belum memadai.Terletak diujung paling barat Pulau Nusakambangan yang berjarak 35 km dari dermaga Sodong.dilanjutkan menuju Plawangan – Turun di Pantai dekat . Sepanjang perjalanan melewati 4 LP yang masih berfungsi yaitu LP Batu. Besi. Aksesibilitas Dari Pelabuhan Seleko Cilacap naik perahu compreng – menyusuri alur selat Nusakambangan – Segara Anakan – melewati Desa Klaces Kec. Kampung Laut . Kembang Kuning dan Permisan serta melewati Kecamatan Kampung Laut yang berada di Klaces dengan pemandangan hutan mangrove di kiri kanan alur sungai dan pemandangan pegunungan serta selat Indralaya.

Gugusan batu karang di Pantai Pasir Putih yang membujur ke timur diselimuti ombak nan putih menambah indahnya panorama alam pantai pasir putih. Pantai Pasir Putih dihiasi dengan berbagai batu karang atau pulau – pulau kecil yang membujur ke timur dihiasi ombak yang sangat dahsyat / ganas sehingga benturan air menghantam batu karang hitam menambah keindahan batu karang.Plawangan – dilanjutkan berjalan kaki menyusuri jalan tikus menuju lokasi  Pantai Pasir Putih Cocok dengan namanya pasir putih karena pantainya berpasir putih sehingga masyarakat menyebutnya Pantai Pasir Putih. Pantai Pasir Putih salah satu obyek wisata yang ada di sebelah selatan Pulau Nusakambangan tepatnya berada di sebelah timur Pantai Permisan. Batu – batu tersebut selain menambah keindahan pantai juga sebagai pemecah ombak yang menuju pantai pasir putih sehingga ombak yang ganas bisa dijinakan dan relatif tidak berbahaya. Dengan pasir pantainya yang putih dan ombak yang cukup bersahabat menambah para wisatawan merasa betah dan senang berlama – lama menikmati keindahan pasir putih. Kelebihan pantai pasir putih masih terdapatnya pohon – pohon yang tumbuh secara alami sehingga menambah sejuk udara pantai dan tidak terganggu oleh teriknya sinar matahari karena . Untuk menuju Pantai Pasir Putih harus berjalan kaki menelusuri jalan yang sudah dibangun trap – trap dari paving blok sepanjang 600 m dari Pantai Permisan naik ke arah timur dan turun sampai pantai pasir putih dengan jarak 1 km.

Dengan pemandangan yang sangat menakjubkan dan deburan ombak laut selatan akan membawa wiasatawan betah menikmati panorama keindahan pulau-pulau kecil dan batu-batu karang didepan pantai mempunyai nilai tersendiri dibanding pantai wisata lainnya di Cilacap. jika air surut wisatawan bisa mendaki sejumlah batu karang yang tersembul. Sebelum menjadi Perdana Menteri seorang yang bernama Syahrir pernah berkunjung ke Pantai Permisan.bisa berteduh atau naik dahan – dahan pohon sambil menikmati deburan ombak laut selatan  Pantai Permisan Pantai Permisan juga terdapat di Pulau Nusakambangan tepatnya disebelah selatan LP Permisan. Didepan pantai ada batu karang (pulau Kecil) yang mempunyai kenangan tersendiri bagi seorang pejebat negara yaitu Perdana Menteri pertama Indonesia. Mereka akan menyaksikan berbagai simbol sosial sebagai bukti adanya legenda Raja Pakuan Pajajaran yang mempunyai putri cantik terkena wabah penyakit yang bisa sembuh kalau diobati dengan air mata kuda sembrani. di pantai itu Syahrir mencoba menyebrangi gelombang laut yang saat itu sedang kecil. Juga disebut permisan saat ada perompak mau mendarat ke Nusakambangan pantai itu tidak tampak tapi setelah permisi pada Sang Baurekso Pulau Nusakambangan nampak pantai tersebut maka disebut permisan Pantai Permisan juga merupakan tempat penggodokan para prajurit agar mampu menjaga dan dam membela keutuhan bangsa dan negara dari gangguan apapun baik besar maupun kecil yang kiranya mengganggu kedaulatan. Dengan adanya peristiwa tersebut maka nama Syahrir diabadikan sebagai nama gugusan karang di Pantai Permisan yang oleh sebagian kalangan masyarakat menyebutnya Batu Syahrir Selain cerita di atas. maka sang raja mengirim utusan untuk mendapatkan obat tersebut tetapi selalu gagal yang pada akhirnya sang putri itu sendiri berangkat dan karena kecapaian perjalanan jauh ia beristirahat dan mandi di Pantai Permisan terseret ombak ke tengah laut dan terjepit diantara batu karang dan meninggal dan dari kejauhan hanya kelihatan sebagian anggota badannya tanpa busana maka disitu ada batu karang yang mirip alat kelamin perempuan . Akan tetapi pada saat mau kembali ke pantai datanglah ombak yang sangat besar. Pantai ini masih sangat alami belum banyak tercemari oleh manusia. ia berhasil naik ke batu karang tersebut. sehingga Syahrir bertahan sampai berjam-jam menunggu air surut diatas batu karang. Tekad dan kekokohan prajurit tersebut disimbolkan dengan salah satu atribut (pisau komando) yang ditancapkan atau ditusukan .

Selama perjalanan. Besi dan LP Permisan. Untuk menuju Pantai Permisan para wisatawan dapat menggunakan kapal penyebrangan atau perahu baik dari Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Wijayakusuma ke Sodong Nusakambangan kemudian dilanjutkan dengan kendaraan pribadi atau carteran rombongan menuju ke permisan. Batu . wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang ada di Pulau Nusakambangan dan bisa singgah dulu di obyek wisata Goa Ratu juga bisa melihat LP Kembang kuning .kedalam batu karang sehingga dari pantai tampak pisau komando menancap dibatu karang.  Gua Maria (Gua Bendung) Goa Bendung ditemukan oleh penjajah Belanda pada sekitar abad ke 16 konon pernah di gunakan sebagai tempat ibadah umat Kristiani pada saat Belanda menduduki Pulau Jawa termasuk Pulau Nusakambangan. Untuk mencapai goa tersebut dapat melalui Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Sleko dengan naik perahu atau compreng dengan menelusuri .

sehingga ada sebagian masyarakat yang menyebut Goa Maria. Dari Klaces kemudian berjalan kaki selama kurang lebih satu jam menuju ke arah goa atau dapat melalui Dermaga Sodong dengan naik kendaraan roda dua atau angkutan lainnya melalui jalan darat sambil menikmati keindahan alam dan hutan serta bangunan lembaga pemasyarakatan menuju Goa Bendung sekitar 45 menit.sungai dan selat Segara Anakan menuju goa atau Desa Klaces . didalam goa tersebut terdapat stalakmit yang menyerupai anjing dan seorang perempuan yang sedang menyusui. juga di dalamnya terdapat parit yang dibangun oleh Belanda yang galian tanahnya untuk membendung badan parit yang luas seperti pelataran dan digunakan untuk para jemaat untuk melakukan ibadah. karena pelataran yang digunakan untuk membendung air tersebut maka goa ini dikalangan masyarakat disebut Goa Bendung. Goa Bendung yang ditemukan Belanda tanpa sengaja ketika penjajah Belanda meluaskan jajahannya di tanah jawa termasuk Pulau Nusakambangan mempunyai lorong sepanjang kurang lebih 150 meter dengan lebar 10 meter.  Goa Masigitsela . Karena didalamnya terdapat tempat khotbah dan stalakmit yang bentuknya seperti Bunda Maria.

ada juga yang datang tahlilan mengirim doa para leluhur. Kalau diamati sepintas goa ini mirip pintu masuk bangunan masjid oleh karenanya sebagian masyarakat menyebut Goa Masigitsela disebut Goa Ibadah Sunan Kalijaga dan Sri Sultan Hamengkubuwana apalagi dikuatkan lagi sejumlah tangga yang terdapat di mulut goa juga sebuah bedug. Goa Masigitsela memiliki berbagai kaunikan disamping mulut goanya menghadap ketimur atau berlawanan dengan arah kiblat. Tebaran stalakmit dan stalaktit yang menghiasi mulut goa membentuk satu ornamen indah lengkap dengan pilar-pilarnya. Wisatawan yang berkunjung ke goa ini mempunyai berbagai macam tujuan ada yang bertujuan menenangkan diri.Goa Masigitsela adalah lobang yang cukup besar dan jauh masuk keperut bumi oleh karena proses alam yang bersangkutan terlalu lama yang menghasilkan stalakmit dan stalaktit didalam goa tersebut dan tampak sangat indah. juga didalam goa terdapat mata air tempat untuk mengambil air wudhu. Arti Masigitsela adalah masjid yang terbuat dari sela atau batu. ada yang meningkatkan iman mereka ada pula yang bertujuan ngalap berkah. Salah satu keindahan stalakmit berwarna kuning emas dan berbentuk memanjang mirip dengan kasur sehingga sebagian orang menyebut kasurnya nabi sulaiman dan ada .

Batu Selendang Mayang bentuknya tinggi besar dengan pilar pilar di sekelilingnya. Goa ratu ini memang cukup menarik sebagai obyek wisata alam. Oleh karena merupakan kerajaan siluman. yang salah satunya yang merupakan jalur yang tembus ke laut selatan . Dari mulut goa kedalam banyak dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit yang masih asli dan relatif indah. Kecuali cerita tersebut goa ini juga terdapat batu yang sering kali disebut atau bernama Ganda Mayit. Batu ini sendiri sebenarnya merupakan stalakmit yang terbentuk ribuan tahun lalu. Batu Selendang Mayang pada waktu tertentu juga di kunjungi orang. Batu selendang mayang tergantung dan ”angker ” persis ditikungan goa . Pada bulan syura di malam hari tertentu yaitu malam jumat kliwon mengeluarkan cahaya. goa ini sering pula dipakai atau sebagai tempat pertemuan raja-raja siluman. Goa ini juga dihuni oleh binatang seperti kelelawar dan burung walet. Panjang goa kurang lebih 4 km dan lebar 20 meter . sekitar 70 meter terdapat reruntuhan atap goa yang menunjukan pemandangan dengan latar belakang stalaktit dan stalakmit. dalam goa ratu terdapat pula batu yang diberi nama Selendang Mayang . Batu ini pada malam-malam tertentu seperti malam jumat kliwon berbau bangkai (mayit). Goa yang kanan kirinya masih alami karena ditumbuhi oleh pepohonan rupanya menambah kesejukan dan kenyamanan didalamnya. Untuk menuju Goa Masigitsela dapat dijangkau dari beberapa arah.stalakmit yang membentuk cekungan mirip sebuah tempayan yang disebut pedaringan penggawa dan dinding batu yang memisah pedaringan penggawa di kenal sebagai tempat pertapaan Aji Saka yang diyakini jika dapat memeluk tiang aji saka keinginannya akan terkabul. ada beberapa cerita yang berkaitan dengan goa ratu. Selain batu ganda mayit. Kedua goa tersebut mempunyai lorong yang mudah dilalui sampai dengan panjang 140 meter dan lebar 14 sampai 20 meter. Kebanyakan mereka (laki-laki atau perempuan ) adalah merasa belum mempunyai pasangan hidup. Konon goa ratu merupakan goa tua sebagai istana atau kerajan siluman. Mereka kesulitan mencari jodoh umumnya bisa dikatakan ”jejaka tua atau perawan . Mereka yang datang mempunyai maksud-maksud khusus. Akan tetapi di balik keindahan goa tersebut ternyata menyimpan misteri. masyarakat yang datang dari Jawa Barat bisa menggunakan kendaraan air (perahu/kapal) dapat singgah sebentar di Klaces kemudian dilanjutkan dengan perahu kecil atau jalan kaki menuju goa kira-kira 30 menit dan jika dari Cilacap melalui Dermaga Sodong masuk perairan menuju Desa Klaces atau lewat jalan darat melalui jalan di Nusakambangan dari Sodong naik menuju Goa Masigitsela  Goa Ratu dan Goa Putri Goa Ratu dan Goa Putri terdapat di perbukitan kapur di Pulau Nusakambangan bagian tengah.

Goa Ronggeng yang konon diketemukan oleh Penjajah Belanda pada tahun 1830-an saat Belanda mengejar sisa – sisa laskar prajurit Pangeran Diponegoro. Pada saat itu ada orang yang ingin menanggapnya dan dibawa menyeberang perahu gethek dari . dia singgah karena ombak laut daerah pelawangan sangat besar.kasep ” menurut keyakinan mereka Batu Selendang Mayang dapat memudahkan orang untuk memperoleh jodoh . Hal ini tentunya menambah ” angkernya ” Goa Ratu yang notabene merupakan induk dari goa-goa yang ada di Nusakambangan . Untuk mereka yang mau berkunjung melalui pelabuhan Penyeberangan Lomanis atau Pelabuhan Wijayakusuma dan menuju Pelabuhan Penyeberangan Sodong dengan naik perahu atau Kapal Pengayoman.  Goa Ronggeng Goa Ronggeng terletak di perbukitan kapur ujung barat Pulau Nusakambangan yaitu daerah Pelawangan. Oleh karena goa ratu cukup dalam masuk perut bumi. bahwa bagi pengunjung Pulau Nusakambangan khusus di goa ratu supaya tidak melakukan atau berbuat yang sembrono (tidak pantas ) jika berada didalamnya. tidak jauh dari lokasi goa Ratu kearah barat sekitar 2 Km ada doa putri namun goa ini sementara tidak di kunjungi wisatawan karena dinding stalakmit sangat membahayakan pengunjung. untuk itulah ada larangan yang tidak tertulis. Dari Pelabuhan Sodong kemudian dengan menggunakan kendaraan pribadi atau carteran menuju obyek wisata Goa Ratu. Dalam goa Ratu ini ada juga yang disebut Goa Merah. jarak dari pantai sekitar 400 m dengan mendaki bukit. Ditambah lagi goa ini sebagai pusat kerajaan gaib sehingga hal-hal gaib sangat mungkin terjadi disini. supaya dapat dikabulkan. maka suasana dalam goa sangat gelap bagi mereka yang akan masuk kedalam goa harus mengunakan penerangan petromak atau lampu senter. untuk menuju goa ini dapat menggunakan kapal / perahu Compreng dari Dermaga Lomanis / Sleko atau Dermaga Wijayapura dengan jarak tempuh sekitar 2 jam atau biasa lewat Majingklak dengn perahu Compreng sekitar 30 menit dilanjutkan denganjalan kaki sekitar 10 menit sampai ke mulut goa. Konon dalam goa yang relatip sulit dijangkau ini dulu pada jaman G 30 S/PKI di manfaatkan sebagai tempat pembantaian (ada yang menyebut sebagai lobang buaya Nusakambangan. Disebut goa Ronggeng konon menurut legenda zaman dulu ada kesenian rakyat pasundan yaitu Ronggeng atau Ledek yang mencari nafkah dengan cara mbarang / meminta – minta. Untuk menuju goa ini relatif sangat mudah. disebut Goa Merah karena batu yang mengelilinginya berwarna merah. maka mereka harus memeluk batu tersebut dan sambil berkata dalam hati yang diinginkan (lebih afdol lagi dibarengi dengan sesaji ).

Pada objek wisata ini terdapat Tempat Pelelangan Ikan Nelayan Tradisional  Pantai Singkil Indah Selain Pantai Ketapang Indah di Desa Sidaurip di Desa Karangpakis Kecamatan Nusawungu juga ada Pantai Singkil Indah letaknya kurang lebih 3 Km ke arah timur dari pantai Ketapang Indah . di dalamnya terdapat Stalaktit dan Stalakmit yang cukup indah dan ada Stalakmit yang mirip patung seorang penari putri dan stalaktit berupa selendang menghiasi di dalam goa.  copyright @ 2008 by Dinas Kebu CILACAP BAGIAN TIMUR  Pantai Jetis Pantai yang berbatasan langsung dengan obyek wisata Pantai Ayah Kebumen ini Terletak di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap bagian Timur menawarkan keindahan panorama ombak laut selatan dan pemandangan alam pegunungan serta keindahan arur Sungai Bodo. Obyek yang ditawarkan hampir sama dengan gugusan pantaipantai lain yang menghadap ke Samudra Indonesia  Pantai Ketapang Indah .Jatijajar .bambu tapi karena ombak terlalu besar penumpang tenggelam di Selat Indralaya dan hilang menjadi batu ronggeng.Gombong . maka goa tersebut disebut Goa Ronggeng. Di dalam goa ada beberapa coretan tangan manusia dengan nama khas orang – orang Belanda pada tahun 1840 an dan tempat tersebut konon ditempati juga para prajurit kraton Mataram untuk menjaga keluar masuknya kapal dan perahu ke perairan Segara Anakan. Pantai ini terletak + 40 km dari arah timur kota Cilacap. Tidak jauh dari Goa Ronggeng terdapat sumber air yang konon juga digunakan sebagai tempat mandi prajurit Belanda dan di atas arah utara naik ke bukit 100 m terdapat Goa Macan atau Goa Biru yang konon lorongnya masih dihuni binatang buas Harimau Hitam. Sayang batu ronggengnya telah dihancurkan oleh para penambang batu liar. ada tempat untuk tidur disamping itu juga ada ruangan di atas konon dulu ada tangganya untuk naik ke atas. dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum melalui jalur selatan-selatan jurusan Cilacap . sehingga pada malam – malam tertentu sering terdengar suara gamelan berbunyi sedang mengiringi penari ronggeng disekitar bukit. Namun sayang goa yang indah itu di dalamnya dipenuhi Lumpur yang sudah menjadi tanah sehingga perlu digali. Keindahan yang ditawarkan goa tersebut yang panjangnya sekitar 60 m dan lebar 10 s/d 20 mdan masih ada lobang yang konon tembus sampai ke laut.

Fasilitas yang ada di Pantai Indah Widarapayung: jalan yang beraspal. Gardu Pandang. Tempat Parkir. tempat berteduh dibawah pohon kelapa dan kios-kios cindera mata sudah tertata dengan baik. Kolam Renang. Obyek ini menawarkan panorama pantai yang indah di tumbuhi pohon kelapa dan gelombang laut yang bisa digunakan untuk Selancar Air jika ombak tidak terlalu besar. Kondisi pantainya sangat landai dengan dipagari pohon kelapa sehingga menjadikan pantai ini sejuk.  Pantai Indah Widarapayung Merupakan objek wisata pantai dengan luas seluruh areal pantai mencapai 500 hektar terletak di Desa Widarapayung Kecamatan Binangun atau terletak ± 35 km arah timur dari Kota Cilacap. Untuk menuju obyek wisata ini sangatlah mudah karena dapat dilalui kendaran roda dua maupun roda empat dengan menelusuri jalan beraspal jurusan CilacapGombong. Fasilitas yang ada tempat parkir yang bebas.Selain Pantai Widarapayung ke arah Timur ± 3 km ada Pantai yang lebih menarik lagi yaitu Pantai Ketapang Indah yang terletak di Desa Sidaurip Kecamatan Binangun. dan Kesenian Daerah. Pantai Ketapang Indah merupakan gugusan pantai – pantai lain yang menghadap Samudra Indonesia. Pada bulan syura dilakukan Upacara Ritual Adat Tradisional Sedekah Bumi untuk . Sedangkan luas kawasan yang ditetapkan sebagai Obyek Wisata Pantai Indah Widarapayung adalah sekitar 30 Ha (1000 m x 300 m) Untuk menuju Pantai Indah Widarapayung sangatlah mudah bisa menggunakan angkutan umum bus jurusan Cilacap – Gombong atau kendaraan pribadi karena letaknya di Jalan Lintas Selatan – Selatan. Warung Makan. dengan luas 10 Ha. Shelter (tempat berteduh).

2.- Layanan informasi : Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.500.2.Rp. Cilacap Telp.Rp.000.Hari Biasa Siang Malam Rp.Hari Libur Siang Malam Rp. 0282-534481 email : diparta_clp@yahoo. Harga Tiket* : Tarif Orang Dewasa Anak Pagi Rp. 4.go.000.id facebook: cilacap tourism Website : http://pariwisata. 5. keselamatan dalam sehari – harinya oleh Gusti kang Maha Agung.id. 3.000.3.Rp.000.000.000. 4. gelombang laut yang relatif teratur dan cocok untuk Selancar air. 3. upacara adat dan kesenian daerah. 4. Dari arah barat : dari Kota Cilacap – Adipala – ke arah timur menuju Kec.Rp.larungan sesaji ke laut dengan diiringi kesenian daerah dan Pakaian Adat.Rp.Rp.Pagi Rp. Upacara Sedekah Bumi adalah merupakan salah satu perwujudan ungkapan rasa syukur yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar Desa Widarapayung agar diberi keberkahan. Obyek ini menawarkan panorama pantai yang indah.000.cilacapkab. Binangun – mencapai lokasi di sebelah kanan jalan.co.000.Rp.500.000. 4. 3. Aksesibiltas : Dari arah timur : melewati perbatasan Kebumen (Pantai Ayah) – Cilacap (Pantai Jetis) dengan menyeberangi Jembatan Kali Bodo – ke arah barat – menuju lokasi di sebelah kiri jalan.000. *(KTM sesuai Perda Nomor 7 tahun 2008 tentang Retribusi Tempat Rekreasi di Kabupaten Cilacap) WISATA SPIRITUAL  Gunung Srandil . 3.Rp.

Disamping wisata alam dan budaya juga terdapat wisata spiritual atau religius antara lain di gunung srandil dan selok.tokoh orang sakti mandraguna. Gunung Srandil merupakan salah satu bukit yang ada di Glempangpasir Kecamatan Adipala jarak antara obyek wisata dengan Kota Cilacap 30 Km kearah timurlaut dan relatif mudah ditempuh dengan kendaraan penumpang bus umum jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen atau kendaraan pribadi karena jalannya sudah beraspal dan dekat dengan jalan lintas selatan-selatan. Dari . Makam kedua prajurit tersebut berada di sebelah timur Gunung Srandil dalam satu komplek yang dipagar keliling yang kemudian hari. Para peziarah biasanya berkunjung atau bertapa pada Malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon pada Bulan Syura. Kedatangan Sultan itu untuk bertapa namun Sultan Mukhriti murca (menghilang) yang ada tinggal petilasannya yang terletak di sebelah timur yang di kenal dengan Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti. mereka adalah prajurit Pangeran Diponegoro yang tidak mau menyerah kepada bala tentara Belanda. Mereka melarikan diri ke Gunung Srandil untuk bersembunyi dan meninggal di sini . Konon menurut cerita penghuni pertama Gunung Srandil adalah Sultan Mukhriti putra kedua dari Dewi Sari Banon Ratu Sumenep Jawa Timur . dan Sulawesi. Kalimantan. Kunci Sari dikenal dengan nama Sukma Sejati Di Gunung Srandil banyak petilasan orang-orang yang dianggap mempunyai kedigdayaan yang linuwih atau kemampuan melebihi orang lain yang dikenal sebagai tokoh. Selain itu juga ada legenda rakyat yang pertama bermukim di gunung Srandil adalah dua orang bernama Kunci Sari dan Dana Sari. maka yang berkunjung tujuannya bermacam-macam. Gunung Srandil setiap hari dikunjungi orang untuk berziarah oleh karena tempat tersebut tidak hanya dikenal oleh masyarakat sekitar saja tetapi sampai keluar Jawa seperti Sumatra. Bali.

Adapun petilasan-petilasan yang ada di Gunung Srandil adalah Mbah Kanjeng Gusti Agung. kesaktiannya itu maka tempat-tempat yang di singgahi dianggap keramat dan disakralkan. Padepokan Jambe Lima atau Cemara Seta yang di ketemukan oleh Eyang Mara Diwangsa yaitu saudara Patih Cakraningrat yaitu ayah kandung Cakrawerdaya Bupati Cilacap Pertama. Nyai Dewi Tanjung Sekarsari. Kanjeng Gusti Agung Akhmat atau Petilasan Langlang Buwana yang berada diatas bukit dan petilasan Hyang Sukma Sejati.kemampuannya. Wisatawan yang datang berkunjung biasanya mempunyai minat bersiarah atau ingin bersemedi di petilasan atau makam atau di goa-goa yang ada . Gunung selok merupakan wisata yang nyaman mengasyikan dan unik. Petilasan yang banyak di kunjungi dan dianggap keramat adalah Padepokan Jambe Lima dan Padepokan Jambe Pitu. 7 Ha yang merupakan sebuah bukit yang ada di wilayah Desa Karangbenda Kecamatan Adipala dengan ketinggian 0 sampai dengan 150 meter diatas permukaaan laut .  Gunung Selok Gunung selok sebenarnya merupakan area hutan yang di kelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur . Kaki semar Tunggul Sabdojati Dayo amongrogo. Juragan Dampo Awang. . padepokan yang terdapat di puncak bukit sangat baik untuk bersemedi . Seluas 236. karena lokasi ini menyajikan perpaduan keindahan alam berupa hutan bukit goa-goa alam Benteng peninggalan jepang yang konon ada 25 benteng dan pantai laut selatan . Untuk menuju gunung selok dapat dicapai dengan kendaraan penumpang bus atau angkutan pedesaan atau kendaraan pribadi dari terminal Adipala .

Kemudian Pangeran Adipati Anom mengangkat diri sebagai raja menggantikan ayahnya yaitu Sunan Amangkurat I yang meninggal di Ajibarang dan di makamkan di Tegal Arum . ketiga utusan tidak mau menerima keterangan Kyai Jambe Lima terjadi pertempuran yang menewaskan kelima pengawal bunga tersebut termasuk tiga utusan tersebut juga tewas. Kyai Jambe Lima mempunyai empat anggota seorang diantaranya sebagai wakil ketua yaitu Pak Cilik Sukmoyo Renggo sedang yang tiga anggota lainnya adalah Kyai Kampret Ireng (Tunggul Wulung ). Alkisah suatu hari pada tahu 1676 kerajaan Mataram jatuh ke Trunajaya . sebagai penghormatan dan peringatan maka oleh penduduk sekitar Gunung Selok dibangunlah Padepokan Jambe Lima. Selain Adipati Anom. Kyai Sambung Langu (Anggaswati ) Kyai Wesi Putih (Sang Hyang Jati ). Pangeran Puger (adik Adipati Anom) yang mengangkat dirinya sebagai raja Mataram mengutus tokoh sakti Ki Tambak Yudo Selain Adipati Anom dan Pangeran Puger juga Trunojoyo yang sudah merebut tahta kerajaan juga mengutus seorang yang bernama Gedug Gandamana untuk mendapatkan kembang Wijayakusuma Ketiga utusan tersebut datang dan di tolak oleh Kyai Jambe Lima dengan alasan belum waktunya.Menurut legenda masyarakat setempat konon Padepokan Jambe Lima dahulu dahulu merupakan markas pendekar-pendekar sakti pengawal bunga sakti Kembang Wijaya Kusuma yaitu sekuntum bunga lambang kebesaran raja-raja Jawa dimasa lampau . dan Jambe Pitu. Adipati Anom bergelar Amangkurat II yang mengutus seorang kepercayaannya bernama Ki Suropati untuk mencari kembang wijayakusuma untuk mengukuhkan kedudukanya sebagai raja mataram . Untuk mendapat bunga tersebut harus orang harus mendapat ijin dari ketua pengawal yang bernama Kyai Jambe Lima . Selain Padepokan Jambe Lima dan Jambe Pitu juga masih banyak tempat . Padepokan Jambe Pitu (pertapan Ampel Gading ) yang di renovasi oleh Presiden Soeharto dan banyak di kunjungi peziarah karena dianggap sangat keramat karena ada 3 petilasan Sang Hyang Wisnu Murti dan dua pusakanya yaitu Kembang Wijayakusuma atau Eyang Lengkung Kusuma dan Cakra Baskara atau Eyang Lengkung Cuwiri.

usahanya lancar dan sebagainya. Goa Grujugan. kemuliaan. kesehatan. Goa Putih.yang ramai dikunjungi peziarah pada hari hari tertentu seperti hari Jumat Kliwon dan hari Selasa Kliwon dan di bulan Syura yaitu Goa Rahayu. Untuk menuju goa ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau carteran dari arah terminal Adipala ke Timur menuju Gunung Selok kemudian ke selatan menelusuri jalan desa yang beraspal sampai pantai selok ke arah barat. Goa Tikus. Goa Naga Raja. Di Goa Rahayu ada 2 tempat ritual yaitu Dewi Kencanawati dan Dewi Suci Rahayu. Goa Paku Waja . GOA NAGARAJA Goa Nagaraja terletak masih di kaki gunung Selok di sebelah Barat goa . Menurut legenda Goa Rahayu adalah Raden Danang Sutawijaya atau Panembahan Senopati pendiri Keraton Mataram saat akan membabat alas Mentaok untuk bisa masuk dan membabat alas mentaok sebagai syarat harus membawa tanah yang ada di dalam goa yang dekat dengan batu. Dalam persemediannya ia bertemu dengan putrid cantik Nyi Sekar Jagat dan disarankan kalau mau membuat Kabupaten jangan melangkahi sungai Serayu atau tepatnya di dekat pegunungan Pageralang dan kesemuannya dilaksanakan oleh Eyang Jaring Bandayuda maka berdirilah Kabupaten Banyumas dekat Pegunungan Pageralang. Goa Bolong. dan Kaendran serta makam Kyai Sumolangu yang ada diatas benteng peninggalan jepang . Goa yang pintu masuknya telah dibuat tertutup dengan bangunan semen didalamnya ruangan yang petilasan cukup luas dengan ukuran 80 m2 terdapat riual. dengan tanah srana tersebut Danang Sutawijaya dapat masuk dan membabat alas Mentaok dengan selamat ( Rahayu ) sehingga goa tersebut disebut Goa Rahayu. Beberapa Gua dijelaskan sebagai berikut: GOA RAHAYU DAN GOA RATU Goa yang terletak di kaki Gunung Selok sebelah Selatan menghadap pantai Samudra Indonesia. ingin punya jodoh. Sedangkan goa Ratu yang letaknya berhimpitan dengan Goa Rahayu di dalamnya terdapat ritual Eyang Banda Yuda dan Dewi Sekar Jagat. Kedua goa ini setiap hari dikunjungi wisatawan untuk berziarah dengan tujuan yang beraneka ragam ada yang menginginkan pangkat. Goa ini konon ceritanya adalah bekas petilasan Eyang Jaring Bandayuda salah satu pendiri Kabupaten Banyumas. kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki atau naik perahu menuju goa tersebut atau dari gunung selok menelusuri jalan trap setapak menurun ke bawah menuju goa tersebut. Goa Lawa.

Goa Putih. Menurut legenda Pakuwaja adalah petilasan Pangeran Pakuwaja yaitu putra Mahkota Kerajaan Majapahit terakhir. Goa Putih. Goa Grujugan.Rahayu dan Goa Ratu ± 1 km ke arah barat dengan menelusuri alur sungai. Disamping goa – goa tersebut masih ada goa – goa yang lain dikunjungi para peziarah yang letaknya disebelah barat kaki Gunung Selok yaitu Goa Sri Bolong. pada masa runtuhnya Majapahit beliau berkehendak perang demi mempertahankan kerajaannya . Untuk menuju Goa tersebut dari depan Balai Desa Karangbenda ada jalan menuju selatan terus menelusuri jalan perhutani sampai ke Kaindran kemudian menuju Goa Sri Bolong. tempat ini banyak dikunjungi orang yang berziarah dan ada tempat untuk sholat dan di dekatnya ada air untuk berwudlu. Goa Nagaraja ini bersebelahan dengan Goa Lawa (karena banyak kelelawarnya). Goa Grujugan disebut Goa Grujugan karena di mulut goa terdapat air yang terus menerus mengalir dari atas kebawah. GOA PAKUWAJA Goa ini terletak di kaki Gunung Selok bagian Timur tenggara. BENTENG PENINGGALAN JEPANG Disamping goa – goa tersebut di Gunug Selok juga terdapat Benteng peninggalan Jepang yang konon sebagai tempat pertahanan Jepang dan tempat pengintaian musuh yang datang dari laut. Konon ceritanya ada 24 Benteng peninggalan bala tentara Jepang namun yang masih utuh tinggal satu yang sudah direnovasi dan di atas benteng peninggalan Jepang kea rah barat daya terdapat makam Kyai Sumolangu yang banyak dikunjungi para peziarah dari daerah Kebumen. Makam Kyai Sumolangu sementara ini masih ditutupi gubug dan disekelilingnya baru dibangun pondasi keliling. . Konon Kyai Sumolangu berasal dari daerah Kebumen dan meninggal di Selok.

Akan tetapi untuk mempersunting sang putri tidaklah mudah. Penggambaran benteng alamiah dari pagar bambu lapis tujuh itu dapat ditafsirkan bahwa si pembuat cerita hendak mengatakan bahwa pertahanan kerajaan Nusatembini terebut cukup kuat. Nusatembini diceritakan sebagai sebuah Kerajaan Siluman yang cukup besar. karena . Kecantikan sang putri menarik perhatian para penguasa dari kerajaan lain untuk menjalin kerjasama hingga mempersuntingnya sebagai permaisuri.LEGENDA CILACAP  Kerajaan Nusatembini Cerita tentang Kerajaan Nusatembini Cerita sejarah tentang Kerajaan Nusatembini mengambil setting di wilayah sekitar Pulau Nusakambangan. Kerajaan Nusatembini dipimpin oleh seorang penguasa wanita (raja putri) berparas cantik bernama Brantarara. Keraaan ini memiliki benteng alamiah berupa tanamana bambu hingga tujuh lapis (Baluwarti pring ori pitung sap). Kerajaan ini memiliki wilayah di sekitar pantai Cilacap hingga pulau Nusakambangan. Selain itu juga menunjukkan bahwa tanaman Bambu Ori merupakan tanaman yang biasa digunakan sebagai pagar atau pengamanan bagi masyarakat Cilacap terhadap gangguan keamanan.

Berbeda dengan Nusatembini. Banyak raja yang gagal hanya sekadar untuk dapat memasuki wilayah istana kerajaan Nusatembini. Tafsir bahwa latar belakang cerita tentang Kerajaan Nusatembini Nusatembini adalah Hindu Budha didukung dengan cerita lain yang terkait dengan kerajaan tersebut. Oleh karena Kerajaan Nusatembini sezaman dengan Kerajaan Galuh. Raja Pajajaran ini berusaha mencari cara untuk memecahkan masalah yang sedang melanda negerinya. Dengan demikian dapat ditafsirkan bahwa latar belakang sejarah Kerajaan Nusatembini sesungguhnya adalah masa Hindu dan Budha di wilayah Cilacap. yang ada hanya Primus Interpares. Raja Merasa sedih melihat penderitaan yang menimpa rakyat di seluruh negerinya. . Hal itu katanya dibuktikan dengan adanya peninggalan dua rumpun bambu ori yang merupakan peninggalan benteng Kerajaan Nusatembini. Segala usaha telah dilakukan untuk mengatasi wabah tersebut. kerajaan ini merupakan salah satu kerajaan Hindu yang amat berkuasa di wilayah tatar Sunda. bahkan dalam cerita itu melampaui kemampuan laki-laki. Pada masa pemerintahannya ia dicobai Tuhan dengan berkembangnya wabah penyakit yang menyerang rakyatnya. tetapi juga bukan pada masa pra sejarah. cerita tentang Kerajaan Nusatembini memang bukan mengambil zaman Islam. Cerita rakyat dalam masyarakat Cilacap menceritakan bahwa di sebelah barat dari Kerajaan Nusatembini adalah Kerajaan Galuh Pakuan Pajajaran. dan umumnya laki-laki tertua. penguasa Pakuan Pajajaran adalah seorang pria yang gagah berani. maka dapat dipastikan bahwa cerita tentnag adanya Kerajaan Nusatembini berasal dari zaman perkembangan Hindu dan Budha. Dalam catatan sejarah. Penulis sejarah dan hari jadi Cilacap versi Pemerintah Cilacap mengatakan bahwa Kerajaan Nusatembini berasal dari zaman pra sejarah. Dalam kebudayaan Cilacap ada nilai yang menganggap bahwa wanita juga memiliki kekuatan memerintah. Pada tahun 1970 peninggalan peninggalan yang dipercaya berasal dari masa pra sejarah itu masih ada yang berlokasi di kompleks dermaga Pelabuhan pasir Besi. Dengan demikian pandangan yang mengangap bahwa dalam budaya Jawa kaum wanita dipandang lebih rendah dibandingkan dengan kaum pria tidak terbukti dalam alam pikiran si pembuat cerita sejarah Kerajaan Nusatembini tersebut. Konsep kerajaan baru muncul pada masuknya kebudayaan Hindu dan Budha di Indonesia. tetapi sia-sia. akan tetapi pada sat ini peninggalan itu sudah hilang. dan semakin sedih lagi ketika putra dan putrinya juga terserang penyakit. Kerajaan Galuh Pakuan Pajajaran merupakan kerajaan besar. Persoalannya adalah kapan sesungguhnya asal cerita Kerajaan Nusatembini ini berasal. Akan tetapi rakyatnya menjadi sangat menderita karena banyak di antara mereka yang harus kehilangan anggota keluarga akibat ganasnya wabah penyakit tersebut. Zaman pra sejarah tidak dikenal konsep kerajaan.begitu ketatnya penjagaan dan pertahanan. Menurut hemat kami. Cerita tentang keberadaan penguasa Kerajaan dari kaum hawa ini sesungguhnya dapat dipandang sebagai simbol tentang kesetaraan laki-laki dan perempuan dalam hak-hak politik.

Tetapi untuk mencapai daerah itu serta mendapatkannya tidak mudah.Ketika raja sudah hampir putus asa dalam mengatasi wabah penyakit yang melanda negerinya. rasanya hamba memaklumi apa yang tengah Gusti hadapi pada saat ini karena adanya wabah penyakit yang menimpa para kawula Pajajaran. Setelah persiapan untuk berangkat menuju Kerajaan Nusatembini selesai. maka rombongan prajurit dari Pajajaran tersebut berangkat menuju kerajaan siluman di pantai selatan Cilacap tersebut. Di arah timur sanalah ada sebuah keratorn yang disebut Nusatembini dan disitulah obat obat tersebut akan didapatkan. Petinggi utusan jatuh pada Patih Harya Tilandanu yang dibantu oleh Adipati Gobog dan Adipati Sendang. Raja : ”Teramat gembira rasanya aku melihat kedatangan wiku saat ini sebab memang ada sesuatu yang kini tengah merisaukan pikiranku sebagai pimpinan pemerintahan di Kerajaan Pajajaran ini”. Apabila usaha mendapatkan airmata Kuda Sembrani itu berhasil. Maka seyogyanya Gusti Prabu Junjungan hamba mengutus para abdi dalem Pajajaran yang terpilih untuk menghadapi ratu putri yang memimpin keraton tersebut. Mereka harus melewati alam yang masih ganas berupa hutan belantara dan rawa-rawa yang membentang luas. perjalanan menuju Nusatembini ternyata tidak mudah. sebab lingkungan Kraton Nusatembini adalah sangat gawat. Raja Pajajaran merspon positif saran-saran dari sang wiku tersebut. Bahwasanya apa yang terjadi saat ini di lingkungan Kerajaan Pajajaran serta penyakit yang diderita oleh Tuanku Putri junjungan hamba. masih dapat disembuhkan dengan obat apa yang disebut ”Air Mata Kuda Sembrani”. Beberapa orang adipati yang berada di bawah kekuasan Pajajaran yang dianggap mampu ditugasi menuju kerajaan siluman diutus sang raja menuju Nusatembini. kedatangan hamba ini bermaksud untuk menyampaikan adanya ”wisik” atau ilham yang telah hamba terima. Haturkanlah segala maksud Gusti untuk memohon apa yang disebut ”Air Mata Kuda Sembrani” yang menjadi peliharaan sang ratu. Pendeta : ”Gusti Prabu Junjungan hamba. maka hal itu akan menjadi obat serta tumbalnya (Penolak) Kerajaan Galuh Pajajaran dari segala mara bahaya yang bakal datang. Raja tersebut kemudian mempersiapkan diri untu kmenuju Nusatembini. Tetapi apakah kiranya bapa wiku dapat memberikan jalan keluar untuk mengatasi kesemuanya ini?” Pendeta : ””Gusti Prabu Junjungan hamba. Dalam situasi alam yang demikian pra prajurit Pajajaran dengan semnagat . datanglah seorang pendeta (wiku). bahwa kerisauanku dan kecemasanku masih amat mencekam. Mereka mengerahkan prajurit pilihan agar segala rintangan di perjalanan dapat diatasi. ampunilah hamba ini akan segala kelancangan hamba menghadap Gusti tanpa panggilan dan dengan segala kemurahan Gusti Prabu. Meskipun berasal dari prajurit pilihan. kami mohonkan maaf atas segala kesalahan ini”. Pendeta tersebut menyampaikan maksud kedatangannya hingga terjadi dialog seperti kutipan berikut : Pendeta : ”Gusti Prabu junjungan hamba. Sampai pula Tuanku Putri saat ini terserang wabah penyakit itu”. Raja : ”Rasanya memang demikian wikut. Adapun obat itu hanya dapat diusahakan dari bagian timur Kerajaan Pajajaran ini.

Untuk dapat mengambil peluru tersebut mereka harus menebangi pohon bambu yang berlapis-lapis tersebut. dan ternyata selalu gagal. Dalam petunjuk gaib itu dikatakan bahwa benteng bambu yang mengelilingi Nusatembini akan dapat dihancurkan denganmenggunakan peluru emas. Usaha untuk memasuki istana Nusatembini berkali-kali dicobanya. Selain memproduksi peluru emas. Setelah mendapatkan ilham tersebut para prajurit tata sunda utusan raja Pajajaran tersebut mengubah taktik dalam memasuki Istana Nusatembini. Prajurit Pajajaran menyadari makna peluru emas ternyata sebagai alat memancing penduduk dalam kerajaan untuk membuka isolasi kerajaan dengan menebang pohon bambu yang menjadi benteng kerajaan. Sedikit demi sedikit akhirnya Prajurit Pajajaran semakin dapat bergerak maju setelah dapat melewati rumpun-rumpun bambu ori yang ditebangi oleh penduduk setempat. Akan tetapi kali ini usaha itu gagal karena adanya benteng rumpun bambu yang berlapis-lapis rapat yang mengellingi Kerajaan Nusatembini ibarat seperti pagar berlapis. Mereka singgah di suatu daerah di dekat istana tersebut selama berhari-hari. Kegagalan berkali-kali untuk memasuki Istana Nusatembini tidak membuat para prajurit Pajajaran putus asa. Prajurit Pajajaran akhirnya berhasil memasuki dalam istana setelah berhasil melampaui tujuh lapis pagar bambu yang telah habis ditebangi penduduk yang tergiur pada peluru emas yang berjatuhan di bawah pohon bambu. Setelah beberapa hari bersemedai akhirnya mereka memperoleh petunjuk gaib. Para prajurit berusaha memasuki istana kerajaan itu dengan berbagai cara. konsep senjata api dalam kisah tersebut menunjukkan bahwa latar belakang cerita itu adalah pada . Para prajurit utusan Pajajran tersebut akirnya sampai di wilayah Cilacap. Para penduduk Nusatembini yang melihat peluru emas berjatuhan di bawah pepohonan bambu berusaha mengambil peluru-peluru yang bernilai ekonomi tinggi pada masa itu. Pembuatan peluru emas dilakukan oleh rombongan prajurit Pajajaran di lokasi yang tidak jauh dari Istana Nusatembini. maka pada hari yang telah ditentukan rombongan prajurit Pajajaran melakukan serangan ke Istana Nusatembini.yang membara menuju Kerajaan Nusatembini agar memperoleh obat penyakit putri raja ” air mata kuda sembrani”. Serangan dilakukan oleh prajurit tangguh dengan menggunakan peluru emas yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dengan semangat membela sang Raja dan negaranya mereka selalu mencari cara untuk dapat memasuki Istana Nusatembini. Setelh rencana penyerangan diatur secara matang. Satu daerah tempat Andon (bersinggah). Pertama. Peluru-peluru itu ditembakkan dan berjatuhan dekat atau di bawah rumpun bambu yang membentengi Istana Nusatembini. Mereka membuat peluru emas yang berasal dari uang emas untuk menghancurkan bambu yang mengelilingi keraton dengan raja perempuan tersebut. Ketika sampai di wilayah Nusatembini mereka melihat adanya kekeuatan yan mengelilingi kerajaan tersebut yang amat kuat. mereka juga mengatur siasat untuk melakukan penyerangan. Certia tentang adanya peluru emas ini dapat ditafsirkan dua hal yang menyangkut fakta-fakta historis dibalik cerita itu. Mereka bersemedi untuk mendapatkan ilham dan jalan keluar agar dapat memasuki Istana Nusatembini. Adipati Sendang dan Patih Harya Tilandanu jalan lain diluar jalan perang. Di daerah tempat persiapan penyerangan ini dikenal dalam cerita rakyat Cilacap sebagai daerah Donan. Adipati Gobong.

Ketika sedang menjelajahi ruang-ruang tersebut. Sementara itu Adipati Sendang.masa Kerajaan Pajajaran akhir menjelang berkembangnya agana Islam di Nusantara. oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2006. Menurut keyakinan masyarakat setempat. sebelum berubah menjadi jalan Sudirman. ia menemukan seorang wanita yang snagat cantik. Boneka itu mengeluarkan warna berkilau yang menyebabkan sang patih mengalami kebutaan.)  Kerajaan Donan . Kecamatan Kesugihan. Akan tetapi mereka mengalami kesulitan. Melihat bahaya yang mengancam. putri terebut adalah Ratu Brantarara. Emas yang merupakan simbol kekayaan yang bernilai ekoomi tinggi telah menggoda rakyat Nusatembini sehingga dengan mudah dapat disusupi oleh pasukan asing. tunjukkan kesaktian dan kejantananmu. Para prajurit Pajajaran kemudian menetap di daerah Nusatembini. maka usaha utusan Pajajaran untuk mendapatkan air mata kud asembrani sebagai obat penyembuh putri raja mengalami kegagalan. Cerita Rakyat Cilacap mengatakan bahwa makamnya di desa Slarang. aku akan tunduk. pra prajurit Pajajaran menjadi tercengang dan tidak segera melakukan perlawanan. Raja Putri Nusatembini. tangkaplah aku. Sang Patih menjadi gemas dan berusaha untuk memegang golek tersebut. Para prajurit Pajajaran akhirnya dapat memasuki Istana Kerajaan Nusatembini. Kedua. sembari berucap ”Hai prajurit Pajajaran. tidak jauh dengan pasar seleko. termasuk Patih Harya Tilandanu. Mereka bermaksud untuk menangkap sang ratu. Cilacap. Kerajaan Nusatembini aku serahkan kepadamu. makamnya di Desa Donan. Lokasi makam itu sebelah selatan jalan Jenderal Sudirman. Raja Putri Nusatembini ini kemudian naik kuda sembrani terbang ke angkasa. sebab sang ratu memberikan perlawanan. tetapi belum sampai berhasil mendekat wanita itu lenyap dari pandangan matanya dan berubah menjadi ”golek kencana” (boneka emas). Mereka meninggal di wilayah ini dan dimakamkan di sebuah tempat yang terkenal dengan sebutan makam Adipati Gobog. kelemahan suatu negara sehebat apapun akan dapat dipatahkan dengan kekayaan. tetapi benda itu melejit dan mengenai tubuh sang patih hingga terjatuh. Kalau dapat menangkap diriku. Di bagian lain diceritakan bahwa Patih Harya Tilandanu memasuki ruang dalam istana Nusatembini . kemungkinan abad ke-15 dan ke-16.” Melihat keperkasaan sang ratu. Nama Adipati Gobog sempat diabadikan menjadi nama jalan. (Sumber: Buku Pengkajian dan Penulisan Upacara Tradisional di Kabupaten Cilacap. Dengan suara lantang sang putri menantang para prajurit pendatang terebut. Sang Patih berusaha untuk mendekati wanita tersebut. Adipati Gobog juga menjadi penghuni menetap di wilayah Nusatembini. Dengan adanya peristiwa itu. Hal itu dapat dijelaskan karena senjata api diperkenalkan oleh orang-orang Portugis dan kemudian Belanda pada abad-abad tersebut. Akan tetapi paa prajurit Pajajaran juga tidak berani kembali pulang ke Pajajaran dengan tangan hampa karena takut ancaman hukuman yang berat akibat kegagalannya. Bahkan Patih Harya Tilandanu ini meninggal dunia di Cilacap dan dimakamkan di Gunung Batur.

Berkat petunjuk dari ahli nujumnya yang mengatakan bahwa burung tersebut dapat dimusnahkan dengan pusaka Kesultanan Demak. seorang putri yang cantik jelita. Dengan kegagalan para Adipati Anom dalam mengikuti sayembara menangkap Garuda Beri. Dalam suasana kesedihan tersebut . maka ia menghadap ke Kesultanan Demak untuk meminjam pusaka Demak yang bernama Kyai Tilam Upih. Penduduknya hidup dalam kecukupan. Untuk mengatasi persoalan itu sang adipati berusaha mengerahkan segala kekuatan rakyatnya untuk membunuh binatang tersebut. Sang Adipati selalu merenung untuk mencari cara bagaimana mengalahkan binatang yang meresahkan rakyat Donan tersebut. sekarang masuk sekitar Kota Cilacap. Raden Songgosengoro beserta rombongannya akhirnya menetap di wilayah itu. Akan tetapi ternyata para adipati tersebut tak satupun yang berhasil menaklukan garuda Beri. Daerah itu mulai dibuka menjadi daerah pemukiman migrasi orangorang Banyumas. tetapi di daratan bagian utara. Dalam cerita itu dikatakan bahwa Donan pada mulanya merupakan daerah hutan.Jika cerita tentang Kerajaan Nusatembini berasal dari masa Hindu Budha. Sayembara itu ternyata menarik perhatian para Adipati Anom di daerah lain. tidak kekurangan sandang maupun pangan. Keamanan terjamin sehingga penduduk tidak merasa cemas tinggal di wilayah Donan. Donan tidak berlokasi di dekat pantai selatan Cilacap. Oleh karena selalu gagal dalam memusnahkan binatang berbahaya itu. Mereka berharap sekali dapat menangkap binantang itu karena hadiahnya yang cukup menggiurkan. Bahkan juga menerkam manusia yang berusaha mempertahankan binatang kesayangannya yang hendak diterkam oleh si burung raksasa tersebut. Kegagalan menangkap binatang yang meresahkan masyarakat Donan tersebut mengusik sang adipati untuk mencari cara lain. Permintaan sang adipati meminjam pusaka Demak tersebut ternyata dikabulkan oleh Sultan Demak. dan sebagian lagi mengurungkan niatnya mengikuti sayembara. Burung raksasa ini konon sering menerkam hewan-hewan milik penduduk Donan. Mereka berdatangan untuk menunjukkan kesaktiannya dalam menangkap binatang berbahaya tersebut. Gangguan itu berupa seekor burung raksasa yang oleh orang setempat disebutnya sebagai ”Garuda Beri”. Sebagian dari mereka mengalami cedera. Di bawah kepemimpinan Adipati Ronggosengoro daerah Donan secara berangsur-angsur berubah menjadi daerah yang ramai dan makmur. seorang menantu dari Adipati Wirasaba. Sayang sekali setelah pusaka itu berhasil dipinjam. maka sang Adipati Donan menjadi putus harapan. Salah satu kelompok pendatang adalah rombongan Raden Ronggosengoro utusan dari Adipati Mrapat. Kondisi Donan yang aman dan tenteram menjadi terusik ketika ada gangguan makhluk aneh ke wilayah Donan. Burung raksasa itu bersarang di Pulau Nusakambangan. diceritakan bahwa Adipati Donan menggelar sayembara. namun tidak seorang pun yang mampu menggunakannya dengan baik untuk membunuh Garuda Beri. Ia pandai memimpin rakyat dengan mengubah daerah Donan yang semula sepi menjadi pemukiman yang ramai. Dalam sayembara tersebut sang Adipati menjanjikan hadiah putrinya bagi siapapun yang berhasil menangkap dan membunuh Garuda Beri tersebut. Ronggosengoro kemudian diangkat menjadi Adipati di Donan oleh Adipati Wirasaba. Para petarung menjadi takut dan lari terbirit-birit akibat serangan ganas dari binatang siluman tersebut. maka cerita tentang Kadipaten Donan diperkirakan pada periode awal perkembangan Islam di Tanah Jawa. tetapi selalu gagal.

ia terlebih dahulu meminta dibuatkan ”lubang yang dalamnya setinggi manusia”. Bagus Santri kemudian mempersiapkan untuk menangkap Garuda Beri. Di hadapan Sang Adipati Donan. Tidak jauh dari lokasi itu juga terdapat sebuah lubang setinggi manusia yang digunakan sebagai tempat untuk melawan Garuda Beri. menumpas Garuda Beri. permintaan Bagus Snatri segera dikabulkan oleh sang adipati. Kedua. bahkan menerimanya dengan senang hati dengan syarat ia sanggup membunuh binatang Garuda Beri yang telah meresahkan rakyatnya. Setelah bersembahyang dan membaca doa selamat. Ketiga. Setelah perlengkapan yang diperlukan tersedia. Berpakain seperti itu merupakan taktik Bagus Santri agar Garuda Beri yang melihat dari angkasa mengira benda putih yang terlihat adalah sapi dengan begitu garuda Beri akan segera menerkamnya. Santri Undig tidak serta merta menangkap Garuda Beri. Sesungguhnya Bagus Santri adalah seorang utusan dari Demak. Tidak lama . Peristiwa akan adanya pertarungan antara Bagus Santri dengan burung raksasa mengundang khalayak untuk melihatnya.datanglah seorang pemuda dengan wajah yang tampan dan halus perangainya. Menunggu kedatangan makhluk aneh. Dengan mengenakanpakaian itu. Dengan dikabulkannya semua permintaan. Bgaus Santri bersila di panggok sambil bersemedi seraya memohon pertolongan Tuhan Yang Maha Kuasa agar dapat berhasil menjalankan misi sucinya. Pemuda itu adalah seorang perjaka ”Santri Undig” yang disebut pula sebagai Bagus Santri. ia meminta agar disediakan kain kain putih selebar hasta. Meskipun Bagus Santri mengetahui bahwa syaratnya cukup berat. sebelum membunuh Garuda Beri. santri Undig mengenakan kain putih pemberian Adipati Donan. Setelah beberapa waktu tinggal di Donan. namun tekadnya yang bulat membuat menerima tawaran Sang Adipati Donan tersebut. Para warga Donan dengan penuh ketegangan menantikan detik-detik terjadinya pertarungan tersebut. Pertama. ia akan bekerja apa saja demi Donan dan akan melaksanakan titah baginda dengan penuh kepatuhan. ia diperkenankan meminjam pusaka Cis Tilam Upih. maka ia berharap pusaka Demak tersebut dapat diambil kembali. Dengan diniati memberantas kejahatan dan kekejaman. Dalam posisi seperti itu ia menuju ke tempat terbuka tempat dibangunnya sebuah pondok bertiang tinggi. Untuk sementara waktu ia harus tinggal di Kadipaten Donan untuk mempelajari situasi dan kondisi bahaya tersebut. Sang Adipati yang mendengar permohonan Bagus Snatri tersebut menyatakan tidak keberatan. Sementara itu permintaan ketiga baru bisa dikabulkan setelah ia berkali-kali meyakinkan sang adipati bahawa burung tersebut baru dapat dibunuh dengan Cis Tilam Upih. ia menyampaikan niatnya untuk mengabdikan diri di Kadipaten Donan. maka tidak tampak manusian jika dipandang dari jarak jauh. Dari kejauhan lebih mirip sapi dengan kulit putih. Kain putih itu digunakan untuk membungkus dirinya hingga tidak kelihatan badannya dan membentuk gumpalan putih. ia menghadap sang Adipati untuk menyampaikan uneg-unegnya. ”Cis Tilam upih” yang sudah lama tidak ada di istana. Mereka melihat akan adanya pertarungan antara Garuda Beri dengan Bagus Santri. Bagus Santri mengambil air wudhu dan sholat sembari berdoa agar dikabulkan oleh Allah SWT dalam melaksanakan tugas berat tersebut. maka Bagus Santri memiliki motivasi yang kuat untuk membunuh Garuda Beri. Dengan diterima menjadi hamba Adipati Donan dan berhasil menangkap Garuda Beri. Ia diutus Sultan demak untuk mengambil kembali pusaka Demak yang cukup ampuh. Kecuali permintaan ketiga.

Bagus Santri yang berbalut kain putih. hingga rupanya ia berkeyakinan bahwa yang dihadapi adalah magsa yang lezat. maka rasa mencekam yang mereka rasakan tiap hari telah hilang. Sukacita terlihat sekali diraut wajah sang Adipati yang kemudian menekati Bagus Santri dan memluknya erat-erat. Sementara itu Sang Adipati juga merasa telah berhasil menyelamatkan penduduknya dari marabahaya. seorang Adipati di Limbangan. dan kerena tubuhnya telah terluka parah maka ia hanya dapat melayang-layang pada ketinggian yang rendah. Garuda Beri beberapa kali mengitari dan mengamati benda putih itu. Binatang itu kemudian hinggap di pohon ketapang yang amat besar di tepian sebuah pantai Cilacap. Dengan sigap Garuda Beri itu kemudian menyambar mangsanya. akan tetapi Bagus Santri tidak segera menerima hadiah putri tersebut. Artinya pemukiman tempat pohon ketapang yang begkok akibat tidak ampu menahan beratnya Burung Garuda Beri yang sedang sakit menjelang ajalnya. . Keberhasilan Bagus Santri membunuh Garuda Beri disambut sukacita di seluruh Kadipaten Donan. Orang percaya bahwa cerita tentang matinya Burung Garuda Beri ini dibuktikan dengan peninggalan sejarah berupa suatu tempat di Cilacap yang dikenal dengan nama ”Grumbul Ketapang Dengklok”. Penduduk yang melihatnya menjadi ketakutan dan bertanya-tanya dalam hati apa yang akan terjadi. Sementara itu Bagus Santri sudah siap untuk memberikan perlawanan. Nusakambangan) terlihat bayangan hitam yang terlihat di angkasa. Kegembiraan rakyat Donan bisa dipahami karena dengan terbunuhnya garuda Beri. Bagus Santri dengan sigap menancapkan pusaka Cis Tilam Upih pada bagian paha dari burung raksasa itu. Goresan luka akibat tusukan pusaka Demak iyu menyebabkan daya tahan tubuh Garuda Beri menurun tajam dan akhirnya jatuh ke tepian anak sungai yang tidak jauh dari Sungai Donan bagian timur. dari arah selatan (P.kemudian. dengan demikian. Adipati Donan tidak ingkat janji. Alasan Bagus Santri tidak menerima sang putri karena Bagus Snatri belum berkeinginan menikah dan masih senang berkelana menyebarkan agama Islam. Garuda Beri kemungkinan menganggap bahwa gumpalan warna putih itu adalah seekor sapi atau kambing besar yang bisa dimangsa. Sementara itu rakyat bersorak-sorai mengelu-elukan kepahlawanan Bagus Santri. Ketika Garuda Beri menukik ke bawah.. ia segera menyerahkan putrinya nan cantik jelita kepada Bagus Santri. Ia mendapat tugas dari Sultan Demak untuk mencari dan mengambil kembali pusaka Demak Cis Tilam Upih. Bagus Santri yang cukup cerdik tersebut ternyata adalah Sunan Kalijaga. Burung itu meraung kesakitan dan terbang kembali ke angkasa. Ketika cakar Garuda Beri berdiri di atas lubang. Garuda Beri yang telah mengalami luka di bagian pahanya itu sudah tidak memiliki keseimbangan dalam mengayunkan tubuhnya di angkasa. Bagus Snatri masuk ke dalam lubang tanah yang telah dipersiapkan itu. cerita tentang peristiwa di Kadipaten Donan tersebut adalah dapat dianggap sebagai masa awal penyebaran Islam di telatah Cilacap. Garuda beri hendak terbang kembali. Bayangan itu makin mendekati posisi Bagus Santri. Bagus Santri justru menyerahkan putri tersebut untuk menjadi istri Adipati Bagong. Pohon raksasa itu tidak mampu menahan beban berat dari tubuh burung raksasa itu hingga rantingnya bengkok hampir menyentuh tanah.

Ajibarang).25. 2. tinggi 2. Kemudian beliau digantikan Putrnya dan bergelar Amangkurat II (1677-1703). 9. BAHAN UKURAN : a. BANGUNAN PERIODISASI KONDISI STATUS KEPEMILIKAN INFORMAN DESKRIPSI SINGKAT : : : : : : : : .75 m Tahun 1873. lebar 60 m Panjang 15 m. INVENTARISASI LOKASI : : : Makam Panembahan Daun Lumbung 432. 8. pasir Panjang 80 m. Terawat Umum dengan Juru kunci Tirtameja Dana Miharja (Juru Kunci) Pada waktu Sunan Amangkurat I diserang oleh pasukan Madura (Trunajaya) beliau lari ke Barat menuju Tegal.(Sumber: Buku Pengkajian dan Penulisan Upacara Tradisional di Kabupaten Cilacap. Namun ditengah perjalanan beliau meninggal yaitu di Desa Pasiraman (Pakuncen. semen. 7. Sebelum neneruskan perjalanan beliau memerintahkan pembantunya yaitu Ki Pranataka untuk mencari bunga Wijayakusuma yang berada di Nusakambangan. bata. Sebelum ke Nusakambangan Ki Prantaka minta bantuan Panembahan Purbasari seorang 3. oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2006 SITUS BERSEJARAH DAN BENDA CAGAR BUDAYA  Makam Panebahan Daun Lumbung NAMA OBYEK 1. 4. 5. LUAS AREAL b. 6. NO.15 Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Batu. lebar 10 m.

NO.Kepala Desa Daun Lumbung untuk menemaninya. semen. Sesampai di Daun Lumbung beliau menetap bersama pengikutnya.25. 2. 7. 6. Sehingga beliau dikenal dengan Santri Undig (Santri yang pandai). 9. 8. INVENTARISASI LOKASI : : : Makam Santri Undig 432. kayu. Setelah berhasil P. lebar 6 m. setelah meninggal P. P. BAHAN UKURAN : a. BANGUNAN PERIODISASI KONDISI STATUS KEPEMILIKAN INFORMAN DESKRIPSI SINGKAT : : : : : : : : .16 Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Batu. tinggi 3 m Tahun 1873. 4. 5. Purbasari adalah putra Panembahan Danakeling.  Makam Santri Undig NAMA OBYEK 1. pasir Panjang 20 m. Terawat Umum dengan Juru kunci Ki Candra Wikrama Dana Miharja (Juru Kunci) Pada waktu Sunan Kalijaga ditugaskan untuk mencari pusaka kerajaan Demak. 3. beliau menunaikan sholat bersama. Purbasari dimakamkan di Daun Lumbung. lebar 14 m Panjang 6 m. LUAS AREAL b. selama perjalanan memberikan pengajian-pengajian. Sebelum melaksanakan sayembara yang diselenggarakan oleh Adipati Donan untuk membunuh burung Rajawali Raksasa. Purbasari agar tetap menjaga/pemohon Wijayakusuma. bata. Setelah berhasil beliau meneruskan perjalanan dan pengikutnya yang meninggal dimakamkan di Daun Lumbung.

pasir Panjang 15 m. 8. semen. lebar 10 m Panjang 4 m. NO. 2. Makam Adipati Gobog NAMA OBYEK 1.25. 4. kemudian menetap didaerah sekitar Nusatembini sampai ajalnya dan dimakamkan didaerah Gobog sehingga dikenal dengan Makam Adipati Gobog 3. INVENTARISASI LOKASI : : : Makam Adipati Gobog 432. Karena tidak berhasil. 9. tinggi 2. BANGUNAN PERIODISASI KONDISI STATUS KEPEMILIKAN INFORMAN DESKRIPSI SINGKAT : : : : : : : : . Terawat Umum / Masyarakat lingkungan Sukarsono (Juru Kunci) Adipati Gobog adalah salah seorang utusan dari Kerajaan Pajajaran . 7.17 Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Batu. lebar 1 m. bata. LUAS AREAL b. 6. Air mata tersebut akan digunakan sebagai penawar/ penolak wabah penyakit yang merajalela di Kerajaan Pajajaran. BAHAN UKURAN : a. Sang Adipati tidak berani pulang.5 m Tahun 1873. yang ditugaskan untuk mencari air mata Kuda Sembrani milik Ratu Nusatembini di Cilacap (sekarang). kayu. 5.

7. burung tersebut terluka terkena pusaka keris tilam upih. BAHAN UKURAN : PERIODISASI KONDISI STATUS KEPEMILIKAN INFORMAN DESKRIPSI SINGKAT : : : : : : :  Makam Adipati Wiling . 2. 6. Setelah tempat tadi dinyatakan sebagai petilasan maka Pemerintah melarang untuk dijadikan kuburan. 4. Karena burung Beri Raksasa merasa sakit maka burung Beri tadi hinggap di pohong ketapang. Makam Ketapang Dengklok NAMA OBYEK 1.18 Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Batu. 9. 8. 3. Menurut legenda bahwa pada waktu santri Undik bertempur melawan burung Beri Raksasa. bata. NO. Tempat itu dinamakan Makam Ketapang Dengklok dan dijadikan sebagai tempai ziarah. lebar 412 cm Terawat Baik Umum / Masyarakat lingkungan Mbah Kisam/San Wikrama (Juru Kunci) Di tempat ini tumbuh pohon ketapang yang doyong/dengklok. 5. pasir Panjang 517 cm. karena burung tersebut sangat besar dan berat maka pohon ketapang tadi doyong/dengklok.25. semen. Tempat itu dimanfaatkan tempat tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kuburan. INVENTARISASI LOKASI : : : Makam Ketapang Dengklok 432.

O 8. tinggi 2. lebar 10 m Panjang 9 m. INVENTARISASI LOKASI : : : Makam Adipati Wiling 432.NAMA OBYEK 1. Setelah keduanya meninggal dunia makamnya dinamakan Makam Panembahan Wiling 3. 5. 2. pasir Panjang 15 m.25. lebar 6 m. Pengeran Cakra Ningrat dan Pengeran Suryo Diningrat tidak henti-hentinya memberikan weling/nasehat agar rakyat tambah dan senatiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terawat Umum / Masyarakat lingkungan Pak Samsi (Juru Kunci) Ketika jaman Jepang rakyat menderita karena di landa pageblug. LUAS AREAL b.5 m Jaman Pendudukan Jepang. N U M E N BAHAN UKURAN : a. NO. BANGUNAN PERIODISASI KONDISI STATUS KEPEMILIKAN INFORMAN DESKRIPSI SINGKAT : : : : : : : : MONUMEN BERSEJARAH  Monumen Dharma Pusaka 1945 . 4. M 7.19 Kelurahan Donan Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap Batu. 9. semen merah. bata. 6. kayu jati.

Pasir a. oleh Danrem 071 Wijayakusuma Bp Kolonel Lintang Waluyo Dihadiri mantan Bupati Cilacap Pudjono Pranyoto Baik (terawat) Pemerintah Kabupaten Cilacap Selama kurun waktu tahun 1945 – 1995 di Kec Majenang terjadi pertempuran antara pejuang masyarakat Majenang dengan belanda. 4. 7. 2.1. Periodesasi : 6. Cigaru Desa Jenang Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. 8. jumlah pahlawan yang menjadi korban 79 orang. didirikan monumen  Monumen Juang Gumilir . Kemudian 8 pahlawan lagi tidak dikenal identitasnya. Bahan Ukuran : : 5. Kondisi Status Kepemilikan Deskripsi : : : Jl. Achmad Gozali adalah ahli waris dan sekaligus pemrakarsa Monumen ini. Batu. termasuk orang tua dari Bapak Achmad Gozali. Lokasi Panjang : 200 cm Lebar : 10 meter b. bangunan Panjang : 5 meter Lebar : 5 meter Tinggi : 9 meter Dirancang Tahun 1989 Diresmikan 12 Desember 1995. Untuk mengenang peristiwa tersebut. Nomor Inventarisasi Lokasi : : 3. Semen. Batu Bata.

2.1 Kelurahan Gumilir Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap Batu.1. Periodesasi Kondisi Status Kepemilikan Diskripsi : : : : 432. 6. Pasir a. 7. 8. Bangunan : Panjang : 85 Cm Lebar : 75 Cm Tinggi : 150 Cm Tahun 1975 Baik (terawat) Pemerintah Kabupaten Cilacap Didaerah ini (Gumilir) pada tanggal 4 Agustus 1947 telah terjadi pertempuran antara Tentara Republik Indonesia melawan Belanda yang banyak menimbulkan korban  Monumen Juang Soma Bren . Nomor Inventarisasi Lokasi : : 3. Bahan Ukuran : : 5. Semen. 4.24. Luas Areal : Panjang : 180 Cm Lebar : 190 Cm b. Batu Bata.

dengan hiburan wayang orang yang diperankan oleh para pejuang bertempat dirumah Bapak Somadiharja. diakses pada tanggal 21 Maret 2012 pukul 09. Nomor Inventarisasi Lokasi : : 432.3 Kelurahan Gunungsimping Kecamatan Cilacap Tengah Kabupaten Cilacap. korban meninggal 27 orang. 6.24.com. Bangunan : Panjang : 80 Cm Lebar : 50 Cm Tinggi : 190 Cm 10 Nopember 1976 Baik Pemerintah Kabupaten Cilacap Di tempat ini pada tanggal 1 Agustus 1949. 7. 8. 2. Batu Bata. maka museum tersebut dinamakan Monumen Juang SOMA BREN 3. 4.10 .google. Bahan Ukuran : 5. Periodesasi Kondisi Status Kepemilikan Diskripsi : : : : DAFTAR PUSTAKA: www. Pada acara itu datanglah pasukan Belanda yang mengepung dan membrondong pengunjung dengan senjata jenis bren. Hari Selasa Pahing berlangsung pernikahan pejuang yang bernama Sopawi dengan Rodiyem.1. Luas Areal : Panjang : 200 Cm Lebar : 200 Cm b. Pasir a. Batu. Karena peristiwa itu bertempat di rumah Bapak Soma (Somadikarjo) dan menggunakan senjata jenis brent. Semen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful