Untuk nomor 1 sampai 20, pilihlah pasangan kata yang paling tepat, agar antarbagian kalimat tersebut memiliki analogi

hubungan yang sama!

1. Kertas berhubungan dengan.... sebagaimana...berhubungan dengan jari. a. Gambar—lengan b. Koran—tangan c. Pulp—tangan d. Putih—cincin e. Buku—kuku 2. tertawa berhubungan dengan..., sebagaimna... berhubungan dengan sedih. a. lucu—derita b. senang – menangis c. puas – kecewa d. gembira – kesal e. emosi – perasaan 3. Daun berhubungan dengan..., sebagaimana ..... berhubungan dengan biru. a. Hijau—Laut b. batang—hitam c. tangkal—jawa d. Dikotil—samudra e. akar—sungai 4. Cuka berhubungan dengan..., sebagaimana...berhubungan dengan manis. a. manis—jamu b. asam—toples c. sambal—basa d. masam—madu e. botol—pahit 5. Bus berhubungan dengan..., sebagaimana...berhubungan dengan becak. a. helicak—gerobak b. motor—roller blade c. mobil—bajaj d. kereta—gerobak e. van—sepeda

6. Laut berhubungan dengan..., sebagaimana...berhubungan dengan apel a. sungai—jeruk b. ikan—pohon c. kapal—mobil d. dalam—merah e. biru—hijau 7. Kepercayaan berhubungan dengan..., sebagaimana ... berhubungan dengan Kesalahan. a. Kekuatan—kecerobohan b. keyakinan—ketidakmampuan c. penghianatan—kesempurnanaan d. ketakutan—ketelitian e. kebaikan—kelemahan 8. Dompet berhubungan dengan ... sebagaimana ... berhubungan dengan benang. a. Kulit—kain b. foto—sutra c. uang—kapas d. wadah—jarum e. uang—pakaian 9. Marah berhubungan dengan...,sebagaimana...berhubungan dengan ledakan. a. tidak puas—teror b. hawa nafsu—tekanan c. emosi—bom d. amuk—letupan e. kerusakan—ledakan 10. kuda berhubungan dengan..., sebagaimana... berhubungan dengan garasi. a. kusir—rumah b. tapal—motor c. rumput—tempat d. pelana—perkakas e. istal—mobil

sebagaimana. Pecah berhubungan dengan . a.... kerugian—individu baru b. Indonesia—Sultan c. asah—tajam 19.. a. Kaku berhubungan dengan. pilot—benang 16.sebagaimana. bajaj—empuk d... psikopat—geografi d. Kaki lima—membaca b.. a. konflik—suami istri d. lempar—terbang d. air—kutub b. Pelukis berhubungan dengan. psikometri—gempa bumi 12. gelas—sendok ... Perang berhubungan dengan. a..... Tarik berhubungan dengan ... sapi—mobil d.sebagaimana.sebagaimana. besi—lentur d.. Amerika—presiden b. sebagaimana .. aspal—kertas c. sebagaimana . Tolak—jauh b..... Kanselir berhubungan dengan. panci—salju c. sumber—muatan d.... Desibel—usaha c. api berhubungan dengan. a. permusuhan—terlambat menstruasi 18. retak—patah d. a. kutub—panas e.. jauh—cuci e. siram—basah c. a. tongkat—besi b.sebagaimana. salah paham—kekompakan c.berhubungan dengan dingin... mewarnai—merancang c. keropos—tangan e.... Tinta—benang b.. besi—masam 15. pedagang—majalah 17.. panas—es 13. Jakarta—menteng d..berhubungan dengan jarum. Bunyi berhubungan dengan .. kejiwaan—geologi e.. Psikologi berhubungan dengan..berhubungan dengan bumi. kerusuhan—pernikahan e.. Pejalan kaki berhubungan dengan..... kayu—lateks e... kaki—fleksibel c. a. Soekarno—kenedy 14. berhubungan dengan bengkok.berhubungan dengan karet. a.berhubungan dengan kehamilan.. berhubungan dengan Joule. rapuh—tulang c. Jerman—Perdana menteri e.. kuas—penjahit e. rumah sakit jiwa—rumah tahan gempa c. kebisingan—cahaya 20.. seismik—kejiwaan b.. lukisan—kain d.sebagaimana. sebagaimana .11. merah—putih e.berhubungan dengan Australia. trotoar—buku e. sebagaimana.. a...berhubungan dengan perpustakaan. hancur—reumatik b. berhubungan dengan kotor. Suara—penemu b.

kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. Pada hari libur nasional. jika cangkul dipakakai maka sarung tangan dipakai sabit 24. jika laut tidak pasang. Jika laut pasang. jika laut tidak pasang. kecuali pada hari kamis d. ada radio yang tidak memakai antena panjang memakia baterai c. semua kapal tidak dapat merapat d. ibu tidak pernah pergi dengan ayah ketika pergi dengan kakak c. sayur tumis tidak lebih enak dan lebih mahal dari sayur lodeh. jika sarung tangan dikenakan. kegiatan belajar mengajar dilaksanakan. sayur tumis sama enak dengan sayur lodeh e. semua radio memakai baterai. memakai antena panjang b. Sayur lodeh lebih bergizi daripada sayur tumis. jika laut tidak psang. di sebuah kebun. ibu selalu berpergian dengan kakak a. jika laut pasang. maka cangkultidak dikai . maka kakak pergi e. semua kapal dapat merapat 26. Jika dermaga tenggelam. jika cangkul dipakakai maka sarung tangan tidak dipakai b. dermaga tenggelam. maka cangkul dipakai e. tidak ada kegiatan belajar mengajar kecuali kegiatan ekstrakulikuler. sebagian kapal dapat merapat c. maka ayah tidak pergi b.Untuk soal nomor 21 sampai dengan 35. a. kegiatan belajar mengajar tidak ada pada hari ini 22. jika sarung tangan tidak digunakan. sayur tumis lebih enak dan lebih mahal dari sayur lodeh d. a. Hari Kamis adalah salah satu hari libur nasional. semua kapal dapat merapat e. tidak memakai baterai d. Memakai sabit selalu disertai sarung tangan. jika ibu pergi ayah selalu tinggal di rumah 25. kegiatan belajar mengajar tidak dilaksanakan. maka cangkul tidak dipakai c. kecuali hari kamis b. sayur yang lebih bergizi lebih enak dan lebih mahal harganya. ayah selalu pergi dengan ibu. kegiatan belajar mengajar dan ekstrakulikuler tidak dilaksanakan pada hari kamis c. ada radio yang tidak memakai antena panjang. sebagian kapal tidak bisa merapat. ada radio memakai antena panjang menggunakan sel surya e. jika laut tidak pasang. jika ayah dan ibu tidak pergi. sebagian radio tidak memakai antena panjang a. sayur tumis lebih enak dan mahal dari sayur apapun c. pilihlah kesimpulan yang paling tepat dari pernyataan yang tersedia pada setiap soal! d. meskipun hari kamis e. a. sayur tumis lebih mahal dan tidak lebih murah dari sayur lodeh 23. di sebuah keluarga . jika kakak tidak pergi maka ayah pergi dengan teman d. b. semua kapal tidak dapta merapat b. ada radio tidak pakai baterai dan antena 21. ada radioa yang tidak pakai baterai. jika kakak tidak pergi. cangkul selalu dipakai dengan sabit. a. jika sarung tangan tidak dikenakan.

Semua mahasiswa pandai Mekanika Fluida dan tidak suka demo. a. anda berada bukan di candi d. semua yang rasanya tidak manis adalah biji c. sebagian yang bulat rasanya tidak manis e. anda di candi tidak berkubah e. dan atlet yang pandai berlari gemar melompat. semua yang tidak bulat tidak manis 30. tetapi pandai Mekanika Fluida. atlet yang tidak pandai memasak. Semua candi bergapura dan menjulang. a. 28. Daniel adalah seorang mahasiswa yang pandai Mekanika Fluida c. Semua atlet pandai berlari. Daniel suka demo. atlet yang tidak pandai memasak. atlet yang tidak pandai memasak. anda berada di candi berkubah b. Daniel adalah bukan seorang mahasiswa yang suka demo . semua yang bulat rasanya manis b. anda berada di candi menjulang c. tidak pandai berlari b. Daniel adalah seorang mahasiswa yang suka demo d. pandai berlari dan tidak gemar melompat d. Semua yang bulat adalah biji. Sebagian biji rasanya manis. atlet yang tidak pandai memasak. semua biji manis d. Anda berada di tempat yang tidak berkubah dan tidak menjulang. gemar melompat dan tidak pandai pandai berlari c. Atlet yang gemar melompat tidak pandai memasak. atlet yang tidak pandai memasak. Daniel adalah bukan seorang mahasiswa meskipun pandai Mekanika Fluida b. a. Daniel adalah seorang mahasiswa yang pandai Mekanika Fluida dan suka demo e. a. anda berada di candi tidak berkubah dan tidak menjulang. pandai berlari 29. tidak pandai berlari dan tidak gemar melompat e.27.

30. 16. 13.kunci nomor 1-30 1. 23. 12. 4. 21. 3. 15. 6. 2. 28. 24. 10. 5. 26. 18. 8. 14. 22. 29. E B A D C B C A D E D E D C D D D D B C C A B A E B C E D A . 27. 7. 25. 11. 17. 9. 19. 20.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful