P. 1
MAKALAH PENCIPTAAN MANUSIA

MAKALAH PENCIPTAAN MANUSIA

|Views: 6,714|Likes:
Published by Laily Munawarah
perbandingan antara teori evolusi dan pandangan islam dalam Al Quran
perbandingan antara teori evolusi dan pandangan islam dalam Al Quran

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Laily Munawarah on Mar 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

05/23/2015

$4.99

USD

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG Diantara sekian banyak penemuan manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian canggih, masih ada satu permasalahan yang hingga kini belum mampu dijawab dan dijabarkan oleh manusia secara eksak dan ilmiah. Masalah itu ialah masalah tentang asal usul kejadian manusia. Banyak ahli ilmu pengetahuan mendukung teori evolusi yang mengatakan bahwa makhluk hidup (manusia) berasal dari makhluk yang mempunyai bentuk maupun kemampuan yang sederhana kemudian mengalami evolusi dan kemudian menjadi manusia seperti sekarang ini. Hal ini diperkuat dengan adanya penemuanpenemuan ilmiah berupa fosil seperti jenis Pitheccanthropus dan Meghanthropus. Di lain puhak banyak ahli agama yang menentang adanya proses evolusi manusia tersebut. Hal ini didasarkan pada berita-berita dan informasi-informasi yang terdapat pada kitab suci masing-masing agama yang mengatakan bahwa Adam adalah manusia pertama. Kita sebagai umat islam yang mengakui dan meyakini rukun iman, maka sudah sepantasnya kita mengakui bahwa Al Qur’an adalah satu-satunya literatur yang paling benar dan bersifat global bagi ilmu pengetahuan. "Kitab (Al Qur’an) itu tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib....." (QS. Al Baqarah (2) : 2-3) Dengan memperhatikan ayat tersebut maka kita seharusnya tidak perlu berkecil hati menghadapi orang-orang yang menyangkal kebenaran mengenai asal usul manusia.

1

TUJUAN DAN MANFAAT 1. Apakah sebenarnya manusia itu ? 4. 2. Mengetahui penjelasan Alquran mengenai asal-usul manusia. Metode pustaka dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari buku referensi dan penunjang yang beredar seputar tema yang dibahas. 4. Mengetahui pengertian manusia sebenarnya. Bagaimanakah penjelasan Alquran mengenai asal-usul manusia ? 3. RUMUSAN MASALAH 1. Mengetahui darimana sebenarnya manusia berasal. Berasal dari manakah sebenarnya manusia itu ? 5. Mengetahui pendapat para ilmuwan mengenai asal-usul manusia. dan juga mengambil sumber penunjang dari internet dengan klasifikasi pengambilan sumber dari website resmi. Apa sajakah tahapan-tahapan yang terjadi hingga manusia terbentuk? C. Bagaimanakah pendapat para ilmuwan mengenai asal-usul manusia ? 2.B. 5. Mengetahui tahapan-tahapan terbentuknya manusia. METODE PENULISAN Metode penulisan yang digunakan dalam menyusun makalah ini adalah metode pustaka. D. 3. 2 .

ia menguraikan 3 . Pada abad ke -19 sampai sekarang. TEORI EVOLUSI MENURUT PARA ILMUWAN Secara umum. Sekitar 1 juta tahun yang lalu. Beragam penemuan telah dilakukan. Species itulah yang nantinya berkembang menjadi Homo sapiens. yakni membuka fakta bahwa manusia terdiri dari kode-kode genetis yang ternyata juga dimiliki oleh semua bentuk kehidupan lainnya. dan Eropa. Para peneliti juga pernah menemukan lukisan gua di Perancis Selatan yang diperkirakan sudah ada sejak 30. Sekitar 4 juta tahun yang lalu muncul suatu species di Afrika yang merupakan percabangan dari kera. kita berhadapan dengan suatu periode waktu yang sangat panjang dan tidak bisa begitu saja dipastikan. ada berbagai perdebatan tentang apakah manusia modern sekarang ini berkembang di Afrika. Homo erectus hidup di Afrika.BAB II ASAL-USUL KEJADIAN MANUSIA A. Dalam hal ini. Paparan tersebut menyatakan bahwa terdapat problem fundamental di dalam penelitian ilmiah tentang asal usul manusia. yakni bahwa suatu bukti fisik yang kecil seringkali dijadikan suatu fondasi bagi teori besar tentang perkembangan dan proses migrasi manusia purba. Asia. Tumbuh-tumbuhan primitif dan daratan kering mulai terbentuk kira-kira 410 juta tahun yang lalu. Australopithecus yang ditemukan pertama kali di Ethiopia hidup sekitar 4 juta tahun yang lalu. Pada tahun 1871 Darwin akhirnya merasa sudah waktunya untuk mengemukakan kepada publik topik tentang asal usul manusia. Jadi.000 tahun sebelum Masehi. atau manusia sekarang ini. teori evolusi telah banyak mengalami perkembangan. Dengan kata lain. Pemahaman umum tentang evolusi menempatkan manusia dalam perspektif yang lebih global. dan kemudian menyebar ke seluruh dunia atau berkembang dari manusia Neanderthal di Eropa. pada awal bumi ini terbentuk di dalamnya hanya ada air dan belum ada kehidupan. satu batu kecil bisa jadi titik awal bagi suatu teori masif tentang asal usul manusia. Beragam analisis baru juga telah diajukan. Bumi terbentuk kira-kira 5 milyar tahun yang lalu. terutama tentang proses evolusi manusia yang terjadi selama berjuta-juta tahun.

hingga bukti genetika yang menunjukkan kesamaan antara berbagai makhluk hidup. tumbuhan. Evolusi menjelaskan sejarah makhluk hidup. Kini evolusi telah menjadi teori sentral dalam biologi modern. tidak peduli bagaimanapun anehnya. Sampai saat ini. Walaupun teori Darwin ini menuai banyak protes dari kebanyakan ilmuwan yang beranggapan bahwa manusia sebagai mahluk yang terpisah dari dunia hewan. Ahli genetika Theodosius Dobzhansky berkata. Secara umum penemuan fosil manusia dari zaman ke zaman terbagi atas tiga kelompok. namun sebenarnya biologi evolusi telah berakar sejak zaman Aristoteles. fungi. hewan. fosil-fosil yang menunjukkan bahwa kehidupan di masa lalu berbeda bentuknya dengan kehidupan masa sekarang. Bukti pendukungnya amat banyak dan berasal dari berbagai cabang biologi: hierarki taksonomi sebagaimana ditemukan Linnaeus dan para penerusnya. Sebagian dari para ilmuwan tersebut teguh dengan keyakinannya bahwa asal usul manusia terjadi secara bertahap dan melalui tahap seleksi alamiah sendiri. seperti dalam migrasi. Sifat-sifat yang menjadi dasar dari evolusi ini dibawa oleh gen yang diwariskan pada keturunan suatu makhluk hidup. teori Darwin tentang evolusi yang terjadi karena seleksi alam dianggap oleh mayoritas masyarakat sains sebagai teori terbaik dalam menjelaskan peristiwa evolusi. semua telah berevolusi melalui serangkaian langkah yang bertahap. manusia purba dan manusia modern. Evolusi pada dasarnya berarti proses perubahan dalam jangka waktu tertentu. yaitu manusia kera. atau antar spesies seperti yang terjadi pada bakteria. 4 . transfer gen antar populasi. "Nothing in biology makes sense except in the light of evolution". evolusi berarti perubahan sifat-sifat yang diwariskan dalam suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Darwin adalah ilmuwan pertama yang mencetuskan teori evolusi yang telah banyak terbukti mapan menghadapi pengujian ilmiah. Meskipun teori evolusi selalu diasosiasikan dengan Charles Darwin. Namun demikian.alasan untuk mempercayai bahwa manusia dan kera memiliki leluhur jauh yang sama dan memiliki semua ciri manusia. mikroba. Sifat baru dapat diperoleh dari perubahan gen oleh mutasi. serta kombinasi gen mealui reproduksi seksual. Dalam konteks biologi modern.

Kedua fosil menusia kera tersebut disebut Australopithecus. Pithecanthropus erectus hidup di jaman pleistosin atau kira-kira 300. 2. Sinanthropus pekinensis Sinanthropus pekinensis adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Australopithecus africanus Australopithecus africanus ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. serta sebagian tulang tengkorak. B.A. 1. Manusia Purba / Homo erectus 1. Homo sapiens/Manusia Modern 5 .000 hingga 500. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip serta hidup di era zaman yang bersamaan.1000 cm3. Meganthropus palaeojavanicus/Manusia Raksasa Jawa Meganthropus palaeojavanicus ditemukan di Sangiran di pulau Jawa oleh Von Koningswald pada tahun 1939 . Volume otak Pithecanthropus erectus diperkirakan sekitar 770 . Pithecanthropus erectus Pithecanthropus erectus adalah manusia purba yang pertama kali fosil telang belulang ditemukan di Trinil Jawa Tengah pada tahun 1891 oleh Eugene Dubois. Manusia Heidelberg Manusia Heidelberg ditemukan di Jerman 4.5 meter.1941. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang. serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1. beberapa gigi. C.000 tahun yang lalu. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja. Paranthropus robustus dan Paranthropus transvaalensis Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm3. hidup di lingkungan terbuka. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm3. 3. Manusia Kera dari Afrika Selatan 1.

4. Manusia Shanidar . Seluruh dunia akan penuh dengan fosil makhluk tersebut. yang menjadi kekalahan telak bagi teori evolusi. seharusnya jumlahnya banyak sekali. bahkan bermiliar-miliar. catatan fosil menunjukkan bahwa makhluk hidup muncul secara tiba-tiba dan dalam wujud sempurna.Ditemukan di gua-gua Tabun serta Skhul Palestina 6. 6 . tidak ada satu pun bentuk antara (bentuk peralihan) yang ditemukan. Manusia Swanscombe . yang telah dilangsungkan sejak abad ke-19. Manusia Cro-Magnon / Cromagnon / Crogmanon .Berasal dari Jerman Catatan fosil pun menyajikan fakta lain. Jika makhluk seperti itu ada.Fosil dijumpai di negara Irak 5. meskipun pencarian telah dilakukan dengan penuh semangat selama 150 tahun. Lebih dari itu.000 tahun yang lalu. bukan melalui sebuah proses dari bentuk primitif menuju tahap yang lebih maju. Dicurigai sebagai campuran antara manusia Neandertal dengan manusia Gunung Carmel.Pengertian atau arti definisi manusia modern adalah manusia yang termasuk ke dalam spesies homo sapiens dengan isi volum otak kira-kira 1450 cm3 hidup sekitar 15. sama sekali tidak ditemukan jejak-jejak makhluk perantara ini. seperti yang dinyatakan oleh teori evolusi. Manusia modern disebut modern karena hampir mirip atau menyerupai manusia yang ada pada saat ini atau sekarang. Singkat kata. seperti yang dinyatakan teori evolusi. sisa dan kerangka makhluk semacam itu haruslah ada dalam catatan fosil.Ditemukan di gua CroMagnon. Kalau bentuk-bentuk antara ini benar-benar ada. Manusia Steinheim . Dari seluruh fosil yang telah ditemukan selama ini. berjuta-juta. yang seharusnya ada jika makhluk hidup berevolusi tahap demi tahap dari spesies yang sederhana menjadi spesies yang lebih kompleks. Akan tetapi. Para evolusionis mencari bentuk-bentuk antara ini di semua penelitian fosil yang menggebu-gebu. 1. Manusia Gunung Carmel .000 hingga 150. jumlahnya akan melebihi jumlah spesies binatang yang kita kenal di masa kini.Berasal dari Inggris 2. Lascaux Prancis. Manusia Neandertal .Ditemukan di lembah Neander 3.

Tidak hanya ilmuwan muslim yang mengeksplor Alquran dan menjadikannya rujukan ilmu pengetahuan dan sains. karena manfaatnya akan dirasakan oleh semua manusia sampai akhir jaman. 7 .” (QS. mereka justru telah membuktikan bahwa proses evolusi adalah mustahil. Segala yang ada di dalam Alquran adalah sudah pasti benar. ilmu pengetahuan modern mengungkapkan fakta yang tak mungkin disangkal berikut ini: “Kemunculan makhluk hidup bukanlah akibat faktor kebetulan yang buta. dengan tangannya sendiri. Bagaimana ketika manusia pertama diciptakan dan bagaimana mekanisme terbaik pembentukan jasad manusia di rahim ibunya. tapi juga ilmuwan-ilmuwan barat yang mengembangkan teori. Hal ini dikarenakan kandungan Alquran yang luar biasa banyak yang menjelaskan ilmu pengetahuan dan sains yang baru terungkap oleh alat-alat canggih zaman sekarang. Alquran adalah mukjizat terbesar sepanjang masa. yang mendirikan shalat. Tidak masuk akal jika menyebutkan bahwa Alquran adalah buatan Nabi Muhammad. sperma. PENJELASAN ALQURAN MENGENAI PENCIPTAAN MANUSIA “Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya. B. Kesimpulannya. pembentukan ovum. hukum. Salah satu yang Alquran jelaskan adalah mengenai teori penciptaan manusia. Bahkan banyak persoalan pada suatu ilmu pengetahuan yang baru terpecahkan dari Alquran. Pembentukan manusia ini baru terbukti oleh sains pada akhir-akhir abad ini oleh teknologi mutakhir. dan lain sebagainya telah dijelaskan secara rinci dan detail.Kaum evolusionis telah berusaha keras untuk membuktikan kebenaran teori mereka. petunjuk bagi mereka yang bertaqwa (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib. melainkan hasil ciptaan Tuhan”. Namun nyatanya. Alquran diturunkan kepada seorang Rasul yang buta huruf dan pada negeri yang cukup tertinggal dari ilmu pengetahuan. Kebenaran Alquran ini telah banyak terbukti oleh ilmu pengetahuan manapun. dan fenomena-fenomena alam yang tidak bisa dipecahkan. Al Baqarah (2) : 2-3) Ayat di atas jelas menerangkan pada kita bahwa Alquran tidak ada yang bisa diragukan lagi. dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.

4. Keempat: Di surah As Sajadah ayat 7: "Dan Allah membuat manusia berasal dari pada tanah". termasuk mengenai teori penciptaan manusia pertama yaitu Adam adalah tidak melalui proses evolusi seperti yang dilontarkan oleh Darwin. Pertama: Di surah Ar Rahman ayat 14: "Dia menjadikan manusia seperti tembikar (tanah yang dibakar)". 6. lalu berbentuk manusia". Di ayat ini. karena Alquran sudah pasti benar. Proses penciptaan manusia yaitu sebagai berikut: 1. Kelima: Di Surah Ash Shaffaat ayat 11: "Sesungguhnya Aku (Allah) menjadikan manusia daripada tanah liat". 5. tersebut juga "shal-shal" telah saya terangkan. Terdapat 7 macam unsur pembentuk jasad manusia yaitu: 1. Alquran bukan yang harus dibuktikan oleh sains dan teknologi. Kedua: Di ayat itu disebutkan juga kata "Fakhkhar" yang maksudnya ialah "zat arang" atau karbon. tapi sains dan teknologilah yang harus dibuktikan oleh Alquran. sedangkan kata "Hamaa-in" di ayat tersebut ialah "zat lemas" atau nitrogen. ayat 28: "Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang manusia dari tanah kering dan lumpur hitam yang berbentuk". 8 . 3. 2. Yang dimaksud dengan kata "turab" (tanah) di ayat ini ialah: "Unsur-unsur zat asli yang terdapat di dalam tanah" yang dinamai "zat-zat anorganis".Maka tidak ada yang bisa diragukan dari Alquran. Ketiga: Di surah Al Hijr. Yang dimaksud dengan kata "lazib" (tanah liat) di ayat ini ialah "zat besi" atau ferrum. Keenam: Di Surah Ali Imran ayat 59: "Dia menjadikan Adam daripada tanah kemudian Allah berfirman kepadanya "jadilah engkau. Yang dimaksudkan dengan kata "Shal-shal" di ayat ini ialah: Tanah kering atau setengah kering yakni "zat pembakar" atau oksigen. Proses Kejadian Manusia Pertama (Adam) Di dalam Al Qur’an dijelaskan bahwa Adam diciptakan oleh Allah dari tanah yang kering kemudian dibentuk oleh Allah dengan bentuk yang sebaikbaiknya. Yang dimaksud dengan kata "thien" (tanah) di ayat ini ialah "atom zat air" atau hidrogen.

kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orangorang yang benar!” (Al-baqarah:31) “Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau. Al Hijr (15) : 28-29) Di dalam sebuah Hadits Rasulullah saw bersabda : “Sesunguhnya manusia itu berasal dari Adam dan Adam itu (diciptakan) dari tanah”. Maka apabila Aku telah menyempurnakan kejadiannya.” (A-lbaqarah:32) “Allah berfirman: “Hai Adam. dan telah meniupkan kedalamnya ruh (ciptaan)ku. Bukhari) “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya. (HR. “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat : Sesungguhnya Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. beritahukanlah kepada mereka namanama benda ini. Al Hijr (15) : 26) Disamping itu Allah juga menjelaskan secara rinci tentang penciptaan manusia pertama itu dalah surat Al Hijr ayat 28 dan 29 . Setelah sempurna maka oleh Allah ditiupkan ruh kepadanya maka dia menjadi hidup. maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud” (QS. tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Ketujuh: Di surah Al Hijr ayat 28: "Maka setelah Aku sempurnakan (bentuknya). bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan ?” (Al-baqarah:33) 9 . lalu Kutiupkan ruh-Ku kepadanya".7. (QS.” Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu. sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana . (QS. As Sajdah (32) : 7) “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk”. Hal ini ditegaskan oleh Allah di dalam firman-Nya : “Yang membuat sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah”. Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku katakan kepadamu.

Hal ini dijelaskan oleh Allah dalam salah satu firman-Nya : “Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya. 3. baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui” (QS. Dengan perkawinan itu maka akan lahirlah keturunan yang akan meneruskan generasinya. maka secara tak langsung hubungan manusia laki-laki dan perempuan melalui perkawinan adalah usaha untuk menyatukan kembali tulang rusuk yang telah dipisahkan dari tempat semula dalam bentuk yang lain. dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang sangat banyak…” (QS. kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang berbangkit itu). sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu). An Nisaa’ (4) : 1) Di dalam salah satu Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dijelaskan : “Maka sesungguhnya perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk Adam” (HR. Allah berkehendak menciptakan lawan jenisnya untuk dijadikan kawan hidup (isteri).s. Demikian halnya dengan manusia. bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri.” (Al-An’am:2) 2. Proses Kejadian Manusia Kedua (Siti Hawa) Pada dasarnya segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah di dunia ini selalu dalam keadaan berpasang-pasangan. 10 . Proses Kejadian Manusia Ketiga (semua keturunan Adam dan Hawa) Kejadian manusia ketiga adalah kejadian semua keturunan Adam dan Hawa kecuali Nabi Isa a. Dalam proses ini disamping dapat ditinjau menurut Al Qur’an dan Al Hadits dapat pula ditinjau secara medis. dan dari padanya Allah menciptakan isterinya.“Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah. dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendirilah mengetahuinya). Yaasiin (36) : 36) Adapun proses kejadian manusia kedua ini oleh Allah dijelaskan di dalam surat An Nisaa’ ayat 1 yaitu : “Hai sekalian manusia. Bukhari-Muslim) Apabila kita amati proses kejadian manusia kedua ini.

Di dalam Al Qur’an proses kejadian manusia secara biologis dejelaskan secara terperinci melalui firman-Nya : “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia itu dari suatu saripati (berasal) dari tanah. embrio manusia belum mempunyai ruh.” (HR. sari-sari makanan yang kita makan yang semua berasal dan hidup dari tanah. Kemudian berproses hingga mewujudkan bentuk manusia yang sempurna (seperti dijelaskan dalam ayat diatas). dan buruk baik (nasibnya). Yang kemudian melalui proses metabolisme yang ada di dalam tubuh diantaranya menghasilkan hormon (sperma). Kemudian diutuslah beberapa malaikat untuk meniupkan ruh kepadanya (untuk menuliskan/menetapkan) empat kalimat (macam): rezekinya. lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging. amalnya. Pencipta Yang Paling Baik. Ruh itu baru ditiupkan ke dalam janin setelah berumur 4 bulan (3x40 hari). kemudian hasil dari pernikahan (hubungan seksual). maka terjadilah pembauran antara sperma (lelaki) dan ovum (sel telur wanita) di dalam rahim. Sesungguhnya seorang diantara kamu dikumpulkannya pembentukannya (kejadiannya) dalam rahim ibunya (embrio) selama empat puluh hari. Kemudian dalam salah satu hadits Rasulullah SAW bersabda : “Telah bersabda Rasulullah SAW dan dialah yang benar dan dibenarkan. kita dapat mengetahui bahwa ketika masih berbentuk janin hingga berumur 4 bulan. ajal (umurnya). Kamudian Kami jadikan ia makhluk yang (berbentuk) lain. Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah.. Kemudian selama itu pula (empat puluh hari) dijadikan sepotong daging. dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang.” (QS. Al Mu’minuun (23) : 12-14). 11 . Selanjutnya yang dimaksud di dalam Al Qur’an dengan “saripati berasal dari tanah” sebagai substansi dasar kehidupan manusia adalah protein. Maka Maha Sucilah Allah . Kemudian selama itu pula (empat puluh hari) dijadikan segumpal darah. Bukhari-Muslim) Dari ungkapan Alquran dan Hadist diatas.

sehingga tampaklah tonjolan-tonjolan dan celah (rongga-rongga) dari bekas kunyahan tersebut. pertama. Inilah deskripsi yang dekat dengan kebenaran. Tidak diragukan lagi. Lubang-lubang itulah yang nantinya akan menjadi organ-organ tubuh dan anggota-anggotanya. bahkan bagian lain belum terbentuk. karena terdapat berbagai penampakan-penampakan dan lubang-lubang (rongga-rongga) di atasnya. Meskipun begitu kecil. ungkapan Al-Quran lebih mendalam. menjelasnya lipatan kepala. Al’Alaq: 2) Selanjutnya.“ Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dari air mani yang bercampur” (QS.” (QS 96. Setelah itu. Ia terbentuk sebelum sebelum bagian tubuh ujung belum terbentuk. Di dalam Al-Quran disebutkan bahwa embrio terbagi dua. Realitanya. embrio dalam fase perkembangannya seperti tidak sempurna dalam susunan organ tubuhnya. terbentuk (sedikit-demi sedikit ) kepingan-kepingan benih. namun para ahli embriologi mengamati proses membanyaknya selsel yang begitu cepat dan aktivitasnya dalam membentuk organ-organ tubuh. Penafsiran dari ayat tersebut adalah: Secara ilmiah. Mulailah tampak pertumbuhan syaraf dalam pada ujung tubuh bagian belakang embrio.Mulbry stage adalah kata dari bahasa Latin yang artinya embrio (janin) yang berwarna murberi (merah tua keunguunguan). Contoh. Sebagian organ (seperti kepala) tampak lebih besar dari tubuhnya dibandingkan dengan organ tubuh yang lain. kepala. sebagai persiapan perpindahan fase ini (`alaqah kepada fase berikutnya yaitu mudhgah (mulbry stage)). Karena bentuknya pada fase ini menyerupai biji murberi. Lebih penting dari itu. Addahr: 2) “Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. sebagian anggota tubuh embrio tercipta lebih dulu dari yang lainnya. seperti kedua lengan dan kaki. secara perlahan mulai tampaklah lengan dan kaki tersebut. ini adalah I’jâz `ilmiy 12 . sempurna (mukhallaqah) dan kedua tidak sempurna (ghair mukhallaqah). fase segumpal darah (`alaqah) berlanjut terus dari hari ke-15 sampi hari ke-24 atau ke-25 setelah sempurnanya proses pembuahan. karena embrio menyerupai sepotong daging yang dikunyah dengan gigi.

dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan. Kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina. demikian pula ide tentang perkembangan yang dihasilkan dari perencanaan genetik dari kromosom zygote belum ditemukan sampai akhir abad ke-19. Kesemuanya itu belum diketahui oleh Spalanzani sampai dengan eksperimennya pada abad ke-18.(mukjizat sains) yang terdapat di dalam Al-Quran. “Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah. Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka . dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka. Tetapi jauh sebelumnya Al Qur’an telah menegaskan dari nutfah Dia (Allah) menciptakannya dan kemudian (hadits menjelaskan bahwa Allah) menentukan sifat-sifat dan nasibnya. Keith Moore. penglihatan dan hati. Karena menurut Dr. beliau mengatakan : “Saya takjub pada keakuratan ilmiah pernyataan Al Qur’an yang diturunkan pada abad ke-7 M itu”. (At thuur:21)”  Interpretasi Para ahli dari barat baru menemukan masalah pertumbuhan embrio secara bertahap pada tahun 1940 dan baru dibuktikan pada tahun 1955. Ahmad Syauqiy al-Fanjary. “Dari ungkapan Al Qur’an dan hadits banyak mengilhami para scientist (ilmuwan) sekarang untuk mengetahui perkembangan hidup manusia yang diawali dengan sel tunggal (zygote) yang terbentuk ketika ovum (sel kelamin betina) dibuahi oleh sperma (sel kelamin jantan). tetapi dalam Al Qur’an dan Hadits yang diturunkan 15 abad lalu hal ini sudah tercantum. Tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.” Sebagai bukti yang konkrit di dalam penelitian ilmu genetika (janin) bahwa selama embrio berada di dalam kandungan ada tiga selubung yang 13 . Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran. Selain iti beliau juga mengatakan. Ini sangat mengagumkan bagi salah seorang embriolog terkemuka dari Amerika yaitu Prof. Dr. (As sajadah:7-9)” “Dan orang-oranng yang beriman. kata `alaqah tidak digunakan kecuali di dalam Al-Quran. (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

Bentuk udang berubah menjadi seperti manusia .Bagian tubuh kaki dan tangan terbentuk .Jantung dan susunan syaraf pusat terbentuk 2.Sel telur ibu berhasil dibuahi oleh sperma ayah .Organ-organ vital terbentuk di akhir bulan .Telinga mulai terlihat 14 .Muncul bagian tubuh tangan dan kaki .Wajah bayi mulai terbentuk dengan ukuran kepala yang besar . kegelapan dalam rahim.menutupinya yaitu dinding abdomen (perut) ibu. Bulan Ke-1 (Pertama) .Tumbuh otot-otot 3. Inilah teori penciptaan manusia dalam Islam. dan lapisan tipis amichirionic (kegelapan di dalam perut. Az Zumar (39) : 6).Jantung terbentuk sempurna . dan kegelapan dalam selaput yang menutup anak dalam rahim)…” (QS. Bulan Ke-3 (Ketiga) . dan kegelapan dalam selaput yang menutup/membungkus anak dalam rahim).Bola sel telur berkembang seperti bentuk udang dengan ukuran kecil .Terdapat bola yang menempel pada dinding rahim . Hal ini ternyata sangat cocok dengan apa yang dijelaskan oleh Allah di dalam Al Qur’an : “…Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan (kegelapan dalam perut.Jantung mulai berdetak .Ekor bayi hilang . dinding uterus (rahim). kegelapan dalam rahim. Bulan Ke-2 (Kedua) . Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia mengendalikan alam semesta menurut kehendak-Nya sesuai fungsi dan peran yang spesifik.Jari-jemari yang tadinya lengket menyatu jadi terpisah .Tali pusat dan plasenta terlihat jelas . C. PROSES PERKEMBANGAN EMBRIO DALAM RAHIM 1.

Janin dapat membuka dan munutup kelopak mata .Janin tumbuh cepat dengan panjang bisa mencapai 13 cm 6. 9. Bulan Ke-8 (Kedelapan) .Janin berkembang dengan cepat 5. Bulan Ke-7 (Ketujuh) . Bulan Ke-4 (Keempat) .Organ vital selain paru-paru sudah berfungsi dengan baik. 15 .Lidah bayi dapat merasakan rasa asam dan manis.Tumbuh rambut halus pada seluruh tubuh .Kuku jari-jemari kaki dan tangan terbentuk .Fisik janin bayi telah terbentuk sempurna . 8.Janin dapat melakukan kontrol gerakan tubuhnya .Sistem pencernaan mulai bekerja dengan mengeuarkan air seni .Tubuh janin telah terbentuk .Organ dalam tubuh janin terbentuk .Tiap minggu akan tumbuh kurang lebih 225 gram. Bulan Ke-5 (Kelima) .Otak mengalami perkembangan pesat. . .Tubuh janin dapat membentuk selaput putih pelapis tubuh dan kulit .Gerakan janin bayi telah terkoordinasi . Bulan Ke-6 (Keenam) . Bulan Ke-9 (Kesembilan) .Sistem kekebalan tubuh semakin mantap .4.Bayi siap lahir kapan saja. .Tumbuh alis.Ibu dapat merasakan gerakan bayi dalam perut 7. bulu mata dan rambut .Panca indera berkembang .Lapisan lemak tebal tumbuh di bawah kulit janin.

2011 Anonim d.2011 Anonim b.2011 Anonim c.Anonim a.2011 16 .

KESIMPULAN Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. dan lain sebagainya. 2. kemudian berkembang menjadi embrio dalam rahim. B. sperma. 17 . maka hendaknya hal tersebut semakin mengokohkan keimanan kita kepada Allah yang telah menurunkan Alquran kepada Rasulullah saw. 3. pembentukan ovum.BAB III PENUTUP A. Penciptaan manusia terjadi melalui beberapa proses. dan terus mengalami perkembangan menjadi bayi manusia hingga dilahirkan ke dunia setelah dikandung selama ± 9 bulan. semuanya telah dijelaskan secara rinci dan detail dalam Alquran. di mulai dari bagaimana manusia pertama diciptakan dan bagaimana mekanisme terbaik pembentukan jasad manusia di rahim ibunya. Marilah bersyukur kepada Allah atas nikmatNya yang luar biasa ini dengan cara meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah. Setelah mengetahui betapa luar biasanya Allah menciptakan manusia. Terus mencari dan meneliti rahasia-rahasia yang Allah tetapkan pada alam semesta ini dengan terus belajar dan berlatih.. seperti yang dinyatakan dalam teori evolusi Darwin. Dan jelas bukan berasal dari seekor kera yang berevolusi menjadi manusia. Allahlah yang menciptakan manusia dari tanah lalu meniupkan ruh ke dalam jasad manusia sehingga manusia bisa ada hingga saat ini. SARAN 1. Dimulai dari bertemunya sel sperma dengan sel ovum.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->