Seni memliki manfaat bukan hanya pada manusia tetapi juga makhluk lain seperti tumbuhan dan hewan

. Contohnya saja seni musik, bagi manusia musik dapat menyehatkan jantung, meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stress, meningkatkan kreatifitas, meningkatkan produksi hormon, dll. Bahkan menurut Dedekusn (nama panggilan di blognya) yang

menyebutkan bahwa musik klasik dapat dikhususkan untuk kesehatan janin dalam kanungan, ibumenyusui, bayi yang baru lahir, meningkatkan kecerdasan anak, relaksasi, dll.

Fungsi Seni dalam Kehidupan Manusia
Manusia sepanjang hidupnya tidak bisa dipisahkan dengan seni sebab seni adalah bagian dari kehidupan manusia yang sama pentingnya dengan kebutuhan primer – lainnya.

Suatu karya seni dapat berfungsi baik secara individual bagi penciptanya dan penikmatnya, maupun secara sosial dalam kehidupan sehari hari

1. Fungsi Individual Seni

a. Fungsi individual seni untuk memenuhi kebutuhan rohani Setiap individu pasti memiliki emosi dan tuntutan emosi itu perlu disalurkan supaya tidak terjadi menjadi beban bagi dirinya. Bagi seorang seniman emosi itu dapat disalurkan melalui kegiatan seni, seperti melukis mematung dan lain – lain. Karena seni adalah suatu kegiatan yang melibatkan ekspresi yang mendalam, dan mengekspresikan perasaan merupakan kegiatan rohaniah Sedangkan bagi individu – individu lain yang bukan seniman seni dapat berfungsi pula untuk memenuhi kebutuhan rohani yaitu dengan cara menikmati (mengekspresikan) hasil karya seni, misalnya menonton film, menyaksikan pertunjukan drama, mendengarkan musik atau mengunjungi pameran. Kegiatan – kegiatan seperti itu dapat menimbulkan rasa keindahan atau kesenangan batin secara individu

b. Fungsi individual seni untuk memenuhi kebutuhan jasmani Selain karya seni murni, juga banyak karya seni pakai yang diciptakan oleh para seniman atau pengrajin, seperti pakaian meubel, alat – alat dapur, perkakas dan perhiasan. Secara individual

karena hasilnya dapat kita pergunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup sehari – hari 2. komunikasi. Misalnya informasi tentang wajib belajar sembilan tahun disispkan lewat drama himbauan melestariakn lingkungan dituangkan dengan lagu. Fungsi Sosial Seni Suatu karya seni memiliki nilai sosial apabila: a. Fungsi sosial seni dalam bidang rekreasi Fungsi ini yaitu. Misalnya suatu peristiwa dalam sejarah disampaikan dengan film . Seperti.karya seni tersebut dapat berfungsi fisik. pendidikan dan bidang agama a. orkes. kritik sosial digambarkan dengan karikatur dan sebaginya c. yaitu bidang rekreasi. karya seni yang sengaja di sajikan sebagai sarana hiburan untuk memberikan kesenangan atau kebahagiaan kepada masyarakat luas. Dapat mempengaruhi tingkah laku atau tindakan masyarakat secara kolektif b. Fungsi sosial seni dalam bidang komunikasi Apabila karya seni digunakan sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Diciptakan untuk dilihatdan digunakan dalam suasana umum c. Fungsi sosial seni dalam bidang pendidikan Peranan seni dalam bidang pendidikan yaitu sebagai alat peraga untuk memperlancar proses belajar supaya anak didik lebih mudah dan mengerti menerimanya. sandiwara dll b. Mencetuskan atau melukiskan aspek – aspek eksistensi yang bersifat sosial atau kolektif sebagai kebalikan dari sesuatu pengalaman individual Dalam kehidupan sehari – hari dapat kita jumpai karya seni diterapkan diberbagai bidang. seni pertunjukan atau pementasan wayang. Maka karya seni tersebut memiliki fungsi sosial dalam bidang komunikasi.

Misalnya memuja roh – roh nenek moyang atau para Dewa diwujudkan dengan patung. stel music yang lembut selama meninggalkannya. Menyampaikan dakwah Islam dengan pertunjukan wayang atau drama atau dengan nasyid. Contoh lain adalah permainan doger atau topeng monyet yang menampilkan beberapa atraksi monyet dengan diiringi musik. Contohnya saja ada kuda yang bisa berjoget dan manggutmanggutkan kepalanya sesuai dengan irama musik ketika mendengarkan musik seperti di acara pacuan kuda daerah Ciamis Selatan Jawa Barat. Kemudian turunnya agama – agam pun mejadi seni sebagai kegiatan yang tak terpisahkan dari kegiatan keagamaan. Penulis berkata “Mendengarkan music dengan binatang peliharaan. Fungsi Seni dalam Kehidupan Hewan Hewan pun dapat menikmati musik. Manusia percaya terhadap adanya kekuatan – kekuatan gaib dilakukan dengan seni. Selain itu kesenian tradisional Kabupaten Sumedang “kuda renggong” menampilkan atraksi kuda yang menikmati musik. Puji – pujian terhadap Yesus dengan paduan suara di Gereja – Gereja. Dan begitu pula dengan atraksi binatang lainnya dalam sirkus. . dan anda mempunya binatang peliharaan. Artikel lain tentang manfaat seni pada hewan adalah musik dapat menyembuhkan hewan. Fungsi sosial seni dalam bidang agama Sejak lahirnya kebudayaan. Dengan fakta bahwa binatang pun dapat menikmati musik. Maka kemungkinan besar dampak positif mendengarkan musik pada manusia pun dialami oleh hewan.d. Jika anda harus berada di luar rumah dalam waktu yang lama dalam sehari. Hal ini dapat membuat perbedaan positif pada binatang tersebut. seni sudah berkaitan dengan fungsi sacral.

Musik yang luar biasa dikenal memiliki efek menggembirakan dan penyembuhan pada jiwa manusia.” . kesepian. karena jiwa menanggapi harmoni dan keindahan terlepas dari tempatnya istirahat sementara. Rasa sakit yang diderita binatang adalah akibat dari kontak dengan aspek positif “peradaban”. seperti manusia dengan hubungan pekerjaannya. Saya telah menemukan bahwa binatang juga menanggapi musik yang indah. Selain itu. pengabaian. Mereka terlihat bahagia saat mendengarkan hanya seperti yang saya lakukan. Berbagai gangguan fisik yang umum dalam hewan dan banyak gangguan mental dan emosional yang dibawa oleh kesedihan. Saya telah sering menggunakan musik untuk menyembuhkan hewan sakit . trauma dan berpikir negatif bentuk dapat berkurang dengan sering bermain musik yang indah untuk binatang. dan bahwa jiwa mereka menyentuh dan terangkat oleh musik yang sama bahwa menyentuh dan uplifts jiwa-jiwa manusia. kekhawatiran akan pekerjaan dan stress karena keadaan financial. penyalahgunaan. Efek ini telah mengalami melintasi batas-batas budaya. Kita akan sangan membantu dalam mengurangi stress yang dialami binatang dengan memberikan mereka”peradaban” yang baik yaitu music indah yang membangkitkan semangat.Binatang yang merasakan sakit yang parah dan tidak mengerti akan keadaanya. kecenderungan banyak jenis hewan untuk menyerap emosi dan penyakit manusia dengan siapa mereka hidup dapat menjadi sangat lega dengan musik yang indah Selama bertahun-tahun saya telah menyaksikan binatang bangun dari mana pun mereka berada untuk mendekati speaker ketika saya bermain musik.

terus-menerus. . Ada sebuah studi terkenal dari awal 1970-an. dilakukan oleh Dorothy Retallack di College wanita Colorado di Denver. Sementara Dorothy memang memiliki bias pribadi dan akhir penelitiannya dia percaya tanaman bisa merasakan dan mampu ESP. Dan tumbuhan yang satu lagi diberikan musik keras setiap paginya. tanaman di laboratorium di mana nada Fconstantly selama 8 jam sehari-hari meninggal dalam waktu dua minggu percobaan awal.Fungsi Seni dalam Kehidupan Tumbuhan Begitupun dengan tumbuhan. Dorothy juga bereksperimen dengan musik country (seperti Jonny Cash) dan dan hasilnya tidak tumbuh menuju atau menjauh dari speaker dan tampak netral. Namun. Artikel yang dibuat oleh Dorothy di blognya: Banyak penelitian ilmiah telah dilakukan mengenai efek musik pada tanaman. Dia mencoba musik rock asam dengan Led Zeppelin. vanili Fudge. Berbagai jenis musik yang digunakan dalam percobaannya. Hendrix. nada suara f dimainkan setiap hari selama tiga jam sehari. sebentar-sebentar dalam satu laboratorium. 'Asam rock musik' tanaman yang sakit-sakitan dan kecil dibandingkan dengan kelompok kontrol 'semi populer' musik (sekarang disebut soft rock). dan kelompok kontrol telah tidak ada suara diperkenalkan. Tanaman tumbuh besar dan sehat. Tanaman tersebut di mana nada f dimainkan 3 jam sehari tumbuh dua kali lebih besar. dan India (Ravi Shankar). Jawaban yang sederhana adalah bahwa studi telah menyarankan hard rock atau musik metal tampaknya memiliki efek yang merugikan pada pertumbuhan tanaman. Dalam satu serangkaian studi. dimainkan selama delapan jam sehari. Dimainkan untuk satu kelompok tumbuhan dan semi-pop musik (tahun 1970-an) yang lain. seperti mereka membungkuk terhadap sinar matahari. Hasilnya tumbuhan yang pertama (didengarkan musik klasik) pertumbuhannya lebih cepat dan bagus dibanding denan tumbuhan yang kedua (didengarkan musik keras). Dia merasa mungkin itu lirik yang tanaman tidak suka dengan musik rock asam. jazz (dia menggunakan Louis Armstrong dan yang lain). Pernah dilakukan penelitian terhadap dua tumbuhan yang diperlakukan secara sama. Genre musik yang dia eksperimenkan adalah musik klasik (Debussy). tetapi salah satu dari tumbuhan tersebut didengarkan musik klasik dan musik pelan setiap paginnya.

com/articles/oth-sharon/animal-music.anaflora.com/peace/hewan-dan-tumbuhan-dapat-menikmati-musik/ http://egistrian.com/2010/03/fungsi-seni-dalam-kehidupan-manusia.com/Q/What_are_the_effects_of_music_on_plants .blogspot.html http://wiki.html http://www.DAFTAR PUSTAKA http://dedekusn.answers.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.