P. 1
Pengertian Dan Definisi Negara

Pengertian Dan Definisi Negara

|Views: 164|Likes:
Published by Edy Pratamaputra

More info:

Published by: Edy Pratamaputra on Mar 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/18/2014

pdf

text

original

Pengertian Negara menurut para ahli : Hal 46. 1.

George Jellinek Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. 2. George Wilhelm Friedrich Hegel Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal. 3. Krannenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. 4. Roger F. Soltau Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

Hal 47. 5. Prof. R. Djokosoetono Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. 6. Prof. Mr. Soenarko Negara ialah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan. Pendapat menurut penulis : 1. Negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, social maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut.

Who wants to be the next president?: A-Z informasi politik dasar & pemilu 2009 Oleh J. Kristiadi,Gugun El-Guyanie,Ranggabumi Nuswantoro

Yogyakarta 55281 Tahun 2009 .Penerbit Kanisius jl. Cempaka 9. deresan.

George Wilhelm Friedrich Hegel Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal. Hugo de Groot (Grotius) Negara merupakan ikatan-ikatan manusia yang insaf akan arti dan panggilan hukum kodrat. George Jellineck Negara ialah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. Aristoteles Negara (polis) adalah persekutuan dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan yang sebaik-baiknya. harus ditinjau secara sosiologis agar dapat dijelaskan dan dipahami. 1. 3. Soltau Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. Mr. 4. 7. Hal 15. Roger F. Krannenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. Prof Nasroen Negara adalah suatu bentuk pergaulan hidup. 5. Oleh sebab itu. Djokosoetono Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama. 6. 2. Prof. . R.Pengertian Negara menurut para ahli : Hal 14. 8.

10. Prof. dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah souvereign (kedaulatan). 12. Mr. 11.9.Jean Bodin Negara adalah suatu persekutuan dari keluarga-keluarga dengan segala kepentingannya yang dipimpin oleh akal dari suatu kekuasaan yang berdaulat. Jawa Barat Tahun 2006 .Hans Kelsen Negara adalah suatu susunan pergaulan hidup bersama dengan tata paksa. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Kelas X Oleh Aim Abdulkarim Penerbit Grafindo Media Pratama.Logemann Negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang bertujuan dengan kekuasaannya itu mengatur serta menyelenggarakan suatu masyarakat. 13. Bandung.Woodrow Wilson Negara adalah rakyat yang terorganisasi untuk hukum dalam wilayah tertentu. Soenarko Negara ialah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu.

1. Pendapat menurut penulis : 1. Laski Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan dan mempunyai wewenang yang bersifat memaksa. Relasi dengan Sesama: Character Building II Oleh : Antonius Atoshoki.Pendapat menurut para ahli : Hal 60. dkk Penerbit PT Elex Media Komputindo Tahun 2003 . Roger F. Harold J. dan yang secara sah lebih agung dari pada individu atau kelompok. yang merupakan bagian dari masyarakat itu. Negara merupakan wadah yang terbentuk atas dasar perjanjian (kontrak sosial) antar warganya guna membangun dan mengembangkan kerjasama di antara sesame mereka. 2. sehingga tujuan bersama dapat terwujud. Soltau Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.

Pendapat menurut para ahli : Hal 13. Hans Kelsen Negara adalah suatu susunan pergaulan hidup bersama dengan tata paksa. yang masing-masing orang berjanji untuk memakainya sebagai alat keamanan dan perlindungan. Thomas Hobbes Negara adalah suatu bentuk tubuh yang dibuat oleh orang banyak. Plato Negara adalah suatu tubuh yang senantiasa maju. 7. atau lapangan kerja) dalam masyarakat melalui kekuasaannya. Rousseau Negara adalah perserikatan dari rakyat yang melindungi dan mempertahankan hak dan harta benda masing-masing. 2. dan terdiri dari orang-orang (individu-individu). 6. Roger F. J.H. 3. Soltau Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. Logemann Negara adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang mempunyai tujuan mengatur serta menyelenggarakan sesuatu (berkaitan dengan jabatan. Karl Marx Negara adalah suatu alat kekuasaan bagi manusia (penguasa) untuk menindas kelas manusia yang lain. Hugo de Groot (Grotius) Negara adalah ibarat suatu perkakas yang dibuat manusia untuk melahirkan keberuntungan dan kesejahteraan umum. J. R. 4. 1. 5.A. 8. berevolusi. Kranenburg . fungsi lembaga kenegaraan. tetapi tetap hidup dengan bebas merdeka.J. 9.

Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia yang disebut bangsa. Jakarta Tahun 2008 . Tubuh manusia mengalami masa lahir dan tumbuh (groei). Ada masa tua dan mati (vergaan). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMK dan SMA Kelas X Oleh Retno Listyarti dan Setiadi Penerbit Erlangga.Ibnu Khaldun Negara merupakan suatu tubuh yang persis seperti tubuh manusia. Ada masa muda dan dewasa (bloei). 10.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->