5 4 3 2 1

smktamansiswarck@yahoo.com 1

DI PT. CISARUA MOUNTAIN DAIRY BOGOR

PENGUJIAN FISIKA DAN KIMIA SUSU SAPI SEGAR DAN SUSU PASTEURISASI

Oleh Rahman Fauzi 9944831887

PEMERINTAHAN KABUPATEN CIANJUR DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 PACET
JLN. HANJAWAR PACET NO. 25 DESA CIBODAS KEC. PACET – CIANJUR 43253 E mail : smkn1_pacet@yahoo.co.id Website : smkn1pacet.sch.id

tapi bisa menggunakan susu impor.00 ). Jika hal ini tidak di tangani dengan baik. Pak Bambang Sutantio sebagai pemilik PT. . lemak susu / AMF ) dikarenakan kualitasnya lebih dapat di prediksi dan dipertanggung jawabkan. Cisarua Mountain Dairy melihat fenomena tersebut dan mencoba membuat sebuah cara sebagai permulaan. 8. Dengan adanya peraturan tersebut.500. Produk tersebut adalah susu Pasteurisasi. susu segar lokal semakin tidak menarik ( khususnya ketika dolar mencapai Rp. Pada saat itu produksi belum berjalan tapi baru berjalan pada pada tanggal 06 Februari 2006. Sebagai akibatnya. Adanya peraturan dari WTO yang menyatakan bahwa WTO tidak melarang lagi Indonesia untuk terikat pada pemakaian susu segar lokal sebagai bahan baku perusahaan pengolahan susu. Cisarua Mountain Dairy didirikan pada tanggal 30 September 2005 oleh Pak Bambang Sutantio.SEJARAH PT. industri susu segar akan semakin terpuruk. perlahan namun pasti. CISARUA MOUNTAIN DAIRY PT. perusahaan susu besar semakin banyak menggunakan bahan dasar susu impor ( seperti susu bubuk. dengan membuat produk yang menggunakan susu segar lokal sebagai produk yang bisa dipasarkan.

Ruang proses ruang filling. 435 Km.kantin. cimory resto. ruang menimbang bahan baku sekaligus ruang mixing. kantor. Cisarua Mountain Dairy terdiri dari beberapa bagian. CISARUA MOUNTAIN DAIRY PT. Bogor. serta lapangan parkir. yaitu laboratorium mikrobiologi. ruang pendingin. ruang pelebelan. kimi fisika. . Gedung PT. Cisarua Mountain Dairy terletak di jalan raya Puncak No.LOKASI PT. 77 Cisarua.

Departemen Pemasaran 2. Departemen Personalia 3. Departemen Produksi 4. merupakan perusahaan yang berbadan hukum perseroan terbatas. Departemen Mekanisasi 5. diantaranya : 1. CISARUA MOUNTAIN DAIRY. Departemen Keuangan 7. CISARUA MOUNTAIN DAIRY PT.STRUKTUR ORGANISASI PT.Struktur organisasi yang di terapkan dan di susun dengan dasar target yang akan di capai.Pada perusahaan ini ada beberapa departemen yang mempunyai tugas khusus. Departemen RIQA 6.PT. Departemen Gudang . CisaruaMountain Dairy mempunyai pimpinan yaitu seorang Presiden Direktur. dan dikepalai oleh seorang manager.

Laboratorium PT. produk setengah jadi dan produk jadi mempunyai seorang pimpinan yang membawahi supervisor yaitu bagian kimia.ADMINISTRASI LABORATORIUM Laboratorium yang merupakan tempat untuk menganalisis bahan baku penunjang. yaitu Laboratorium Fisika dan Kimia dan Mikrobiologi. Cisarua Mountain Dairy terdiri dari dua bagian. Data – data hasil analisis dimasukan dalam masing – masing buku laporan dan list. begitu pula penggunaan bahan kimia. . fisika dan mikrobiologi.

Menurut SNI 01-3141-1982. susu merupakan sekresi fisiologi kelenjar ambing sebagai makanan dan proteksi imunologis ( immunological protection ) bagi bayi mamalia. susu segar merupakan cairan yang berasal dari ambing sapi sehat dan bersih yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun. . DESKRIPSI SUSU SEGAR Susu umunnya didefinisikan sebagai cairan bergizi yang di hasilkan oleh kelenjar mamae ( susu ) dari mamalia betina.1. Sedangkan secara biologis.

4 4. 1 3. 1987 .Tabel 1.72 Sumber : Buckle. Komposisi kandungan gizi dalam susu sapi segar Komposisi Gizi Susu Sapi Air Lemak 87.8 0.9 Kandungan ( % ) Protein Laktosa Kadar Abu 3.

Faktor – faktor yang mempengaruhi komposisi susu  JENIS TERNAK DAN KETURUNANNYA UMUR TERNAK  INFEKSI / PERADANGAN PADA AMBING  NUTRISI / PAKAN TERNAK  LINGKUNGAN  PROSEDUR PEMERAHAN .2.

Sifat Fisika susu WARNA SUSU RASA DAN FLAVOUR BERAT JENIS ( BJ ) PENGGUMPALAN SUSU TITIK BEKU DAN TITIK DIDIH PH ( DERAJAT KEASAMAN ) 01 .3.

4. Sifat Kimia susu LEMAK SUSU PROTEIN SUSU KARBOHIDRAT KEASAMAN MINERAL VITAMIN AIR .

Teknik ini di gunakan untuk mengawetkan bahan pangan yang tidak tahan suhu tinggi. Dengan tujuan membunuh mikroorganisme Patogen. khususnya susu. . merupakan perlakuan panas yang di berikan pada bahan baku dengan suhu di bawah titik didih.SUSU PASTEURISASI Pasteurisasi. Kebanyakan bakteri patogen ini Merupakan bakteri mesofilik dan Dapat mati pada suhu diatas 700C. Selain itu proses pasteurisasi pada Susu dapat menginaktifkan enzim Fospatase dan katalase.5. yang dapat Menyebabkan susu cepat rusak.

.  Pasteurisasi LTLT ( Low Temperature Long Time ). yaitu pasteurisasi susu pada suhu 610C selama 30 menit. Akan tetapi PT. namun mereka mempunyai metode lain yaitu Pasteurisasi HTST ( High Temperature Short Time ) dengan suhu 80 – 850C selama 25 detik. Cisarua Mountain Dairy tidak mengacu pada kedua metode di atas. yaitu pasteurisasi dengan suhu 72 – 750C selama 15 detik atau 880C selama 1 detik.METODE PASTEURISASI Metode Pasteurisasi yang umum di gunakan adalah:  Pasteurisasi HTST ( Hight Temperature Short Time ).

FLAVOUR. 2. YANG DIDAPAT DARI PARA PETERNAK SEKITAR KEC. 5. 4. GULA.BAHAN BAKU PEMBUATAN SUSU PASTEURISASI 1. BAHAN KEMASAN. SUSU BUBUK SKIM ( SKIM MILK POWDER ). . SUSU SEGAR. 3. AIR. CISARUA BOGOR. 6.

PENYIAPAN BAHAN BAKU PENCAMPURAN ( MIXING ) PASTEURISASI PADA SUHU 800C SELAMA 25 DETIK HOMOGENISASI PROSES PEMBUATAN PENDINGINAN VACUM STORAGE VAT PENGEMASAN FILLING DAN PEMBERIAN FLAVOUR DAN COLOUR .

Suhu susu segar yang baik adalah di bawah 80C. kemudian di catat di form fresh milk. • Alat : Termometer. • Cara kerja : 1) Diambil contoh sample sebanyak 1000 ml dan mengaduknya.PENGUJIAN FISIKA DAN KIMIA 1. UJI TEMPERATUR • Prinsip : Temperature susu mempengaruhi tingkat perkembang biakan mikroorganisme dengan semakin naiknya suhu. 2) Diukur temperaturnya. .

70 %. • Prinsip : . dan gun test. kemudian di alkohol bersifat amati apabila terbentuk dehidrasi.sehingga kestabilan endapan maka susu emulsi susu terganggu.2. • Peraksi : Alkohol 70 %. Hal ini dikarenakan 2) Di homogenkan. Uji Alkohol • Cara kerja : Terbentuknya endapan susu 1) Dicampurkan susu segar dan alkohol 70 % dengan yang memilikikualitas rendah perbandingan di dalam gun pada saat ditambahkan alkohol test. berkualitas rendah. • Peralatan : Tabung reaksi.

Dengan asam rosilic gun test.Uji Karbonat • Prinsip : Cara kerja : Uji kualitatif yang berdasarkan 1) Dicampurkan alkohol dan susu segar dengan kepada reaksi ion Karbonat ( perbandingan 1:1 ke dalam CO32.). 2) Ditambahkan 3 tetes asam rosilic. apabila terdapat 2) Pipet tetes.3. karbonat maka akan terben • Pereaksi : tuk warna merah bata. • Peralatan : 1) Tabung reaksi atau gun test 3) Diamati perubahan yang terjadi. 1) Asam rosalat / rosilic acid 2) Alkohol 70 %. yang akan membentuk warna merah. • .

2) 3) 4) Buffer pH 7 Air bilasan Contoh • 1) Cara kerja : Ambil elektroda. 2) • Peralatan 1) 2) 3) : pH meter Labu semprot Piala gelas 100 ml. • 1) Pereaksi : Buffer pH 4 .7. Ditunggu beberapa saat. kemudian di baca nilai pH.6 – 6. Ph air susu normal antara 6. Masukan elektroda ke dalam sample.Penetapan PH • Prinsip : Cara pengukuran ph menggunakan ph meter merupakan pengukuran secara potensiometri.4. kemudian di bilas menggunakan tissu. akan tetapi dapat berubah tergantung lamanya susu di biarkan dan pengaruh temperatur karena adanya aktifitas bakteri.

• 1) 2) Cara kerja : Dimasukan 10 ml larutan H2SO4 90 % ke dalam butyrometer. dan amyl alkohol. Ditambahkan contoh melalui dinding butyrometer. Kemudian diamati persen kadar lemak yang terbaca melalui skala.75 ml Pipet volume 10 ml Pipet volume 1 ml. asam sulfat pekat merombak dan melarutkan kasein dan protein lainnya. Di kocok secara perlahan.5. . sehingga hilangnya bentuk dispersi lemak. lalu tutup menggunakan sumbat karet sekencang mungkin. Butyrometer + sumbat karet. Sentrifuge Gerber. Lemak menjadi cair oleh panas. Uji Kadar Lemak Metode Gerber • Prinsip : • 1) 2) Pereaksi : Larutan H2SO4 90 % Larutan amil alkohol. 3) •Perlatan 1) 2) 3) 4) 5) : 4) 5) 6) Pipet volume 10. Prinsip uji ini. Dimasukan ke dalam Sentrifuge Gerber selama 5 menit. Ditambahkan 1 ml amil alkohol. Centrifugasi menyebabkan lemak terkumpul di bagian atas skala dari butyrometer.

Dimasukan ke dalam gelas ukur 250 ml sebanyak 200 ml. • Peralatan : 1) 2) Gelas ukur 250 ml Laktodensimeter. Alat ini bekerja atas hukum archimedes. Penetapan BJ • Prinsip : 4) Bj susu ditetapkan dengan menggunakan alat bernama laktodensimeter. • 1) 2) 3) Cara kerja : Dipanaskan contoh sampai suhu 270C. Ditunggu alat laktodensimeter stabil.lalu baca berat jenisnya pada skala. kedalam gelas ukur.6. Di masukan alat laktodensimeter .

.7. Penentuan Padatan Tanpa Lemak ( SNF ) • Prinsip 2) Diuji berat jenis ( RD 270C ) susu segar seperti biasa. • Cara Penentuan : 1) Diuji kadar lemak susu segar seperti biasa. Uji ini bertujuan untuk mengetahui 3) Dilihat tabel hubungan kadar dengan cepat kadar bahan lemak dengan BJ atau keringtanpa lemak susu. kerjanya menggunakan rumus Fleischmann yaitu: : Atau dari table hubungan kadar lemak dan BJ. Prinsip perhitungan.

setelah pemanasan dianggap sebagai 3) Ditimbang + 3 gr contoh susu total padatan yang terdapat dalam pada cawan dan catat bobot contoh. lalu kemudian residu yang tertinggal timbang berat kosong ( catat ). lalu timbang berat cawan + residu ( catat ). 2) Cawan timbang. selama 4 jam. selama 15 menit. • Cara kerja : Perhitungan : 1) Dimasukan cawan timbang ke % TS = Bobot Residu X 100 % dalam oven pada suhu 1050C Bobot Contoh selama 30 menit. Penetapan TS Metode Gravimetri • Prinsip Didingkinkan cawan timbang yang sudah dipanaskan tadi pada Contoh dipanaskan pada suhu 1050C desikator selama 15 menit. 5) Dinginkan cawan dalam desikator 3) Neraca analitik.9. • Peralatan : 4) Di masukan ke dalam oven 1050C 1) Oven temperatur (1050C ) + 10C. : 2) . cawan + contoh.

3) Erlenmayer 300 ml Pipet volumetrik 9 ml Buret mikro Dipipet 9 ml contoh.8.dengan menggunakan indikator PP dan alkali NaOH. • Perlatan : 1) 2) 3) • 1) 2) Pereaksi : NaOH 0.1 N sampai titik akhir berwarna merah muda seulas.1 N Indikator PP ( fenolpthalein) Perhitungan : % Keasaman: ml penitar x N NaOH x fk 9 ml . dan di masukan ke dalam erlenmayer 300 ml.titik akhir dari penitaran ini 2) berwarna merah muda seulas. Penetapan Keasaman Murni • Prinsip : • Cara Kerja : Penetapan ini menggunakan metode 1) titrasi alkalimetri. Ditambahkan indikator PP. Dititar dengan NaOH 0.

Uji Aroma Mencium aroma susu segra secara langsung.10. • Peralatan : 1) 2) 3) Gelas Sendok Tabung reaksi 3) • 1) Cara kerja : Uji warna . lalu amati dengan latar belakang putih. dapat diketahui adanya pemalsuan atau penyimpangan susu oleh supplier yang merugikan. adanya bau yang menyimpang menandakan susu tidak memenuhi kriteria. kemudian dipanaskan dan dicium lagi aromanya. Dengan uji organoleptik. 2) Memasukan 5 ml susu ke dalam tabung reaksi. Uji Rasa Menuangkan sejumlah kecil contoh ke dalam sendok lalu mencicipi dan rasakan perbedaanya. Uji Organoleptik • Prinsip : Uji organoleptik adalah pengujian yang menggunak alat tubuh atau indera.

untuk itu di sarankan agar pedoman pembuatan laporan di buat sedetail mungkin. ada beberapa tempat yang di jadikan sebagai sala – satu tempat pengolahan yang di rasa kurang bersih.Kritik dan Saran Untuk Sekolah :  Kritik Dan Saran : Untuk buku pedoman pembuatan laporan di rasa kurang detail. agar adanya keseragaman dalam pembuatan laporan. .  Untuk Perusahaan :  Kritik Dan Saran : Untuk absen agar lebih di tingkatkan lagi pengawasannya.

CIANJUR UCAPAN TERIMA KASIH PT. CISARUA MOUNTAIN DAIRY KEPADA KELUARGA GURU TPHP SMK NEGERI 1 PACET TEMAN – TEMAN . CISARUA MOUNTAIN DAIRY Oleh Rahman Fauzi Asal sekolah SMK NEGERI 1 PACET . CISARUA MOUNTAIN DAIRY SELURUH KARYAWAN PT.PENGUJIAN FISIKA DAN KIMIA DI PT.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful