P. 1
Metode Penelitian PPT

Metode Penelitian PPT

|Views: 70|Likes:
Published by Iink Anak Sekolahan

More info:

Published by: Iink Anak Sekolahan on Mar 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/07/2012

pdf

text

original

SISTEM PAKAR

Aris Setiawan
2010140252
Page 1

Definisi Sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk mengambil keputusan seperti keputusan yang diambil oleh seorang atau beberapa orang pakar. Page 2 .

 Modul Penjelasan(Explanation Mode) Modul ini menjelaskan proses pengambilan keputusan oleh sistem (sebagaimana suatu keputusan dapat diperoleh).  ModulKonsultasi(ConsultationMode) Pada saat sistem berada pada posisi memberikan jawaban atas permasalahan yang diajukan oleh user. pada saat ia menerima pengetahuan dari pakar. sistem pakar berada dalam modul konsultasi.Modul Penyusun Sistem Pakar  Modul Penerimaan Pengetahuan (Knowledge Acquisition Mode) Sistem berada pada modul ini. Page 3 .

Struktur Sistem Pakar  Basis Pengetahuan (Knowledge Base) Basis pengetahuan merupakan inti dari suatu sistem pakar. Page 4 .  Antarmuka Pemakai (User Interface) Fasilitas ini digunakan sebagai perantara komunikasi antara pemakai dengan sistem. dimana fakta-fakta tersebut digunakan untuk memenuhi kondisi dari kaidah-kaidah dalam sistem. yaitu berupa representasi pengetahuan dari pakar. berdasarkan pada basis pengetahuan yang tersedia. Mesin inferensi berfungsi untuk memandu proses penalaran terhadap suatu kondisi.  Basis Data (Database) Basis data terdiri atas semua fakta yang diperlukan.  Mesin Inferensi (Inference Engine) Mesin inferensi berperan sebagai otak dari sistem pakar.

Obyek adalah elemen data yang terdiri dari data dan metoda (proses)  Case-Base Reasoning Pengetahuan direpresentasikan dalam bentuk kesimpulan kasus (cases) Page 5 . Bentuk representasi ini terdiri atas premise dan kesimpulan  Frame-Based Knowledge Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk hirarki atau jaringan frame  Object-Based Knowledge Pengetahuan direpresentasikan sebagai jaringan dari obyekobyek.Teknik Representasi Pengetahuan  Rule-Based Knowledge Pengetahuan direpresentasikan dalam suatu bentuk fakta (facts) dan aturan (rules).

Basis pengetahuan memasukkan dua elemen (1) fakta (facts) seperti situasi masalah dan teori dari area masalah dan (2) heuristic khusus atau rule-rule yang menghubungkan penggunaan pengetahuan untuk pemecahan masalah spesifik dalam sebuah domain khusus. Subsistem akuisisi pengetahuan 2. formulasi dan pemecahan masalah.Kesimpulan  Sistem pakar adalah sistem yang mempekerjakan pengetahuan manusia yang ditangkap dalam komputer untuk memecahkan masalah yang biasanya membutuhkan keahlian manusia. Adapun komponen-kompenen yang mungkin ada dalam sebuah sistem pakar adalah: 1. Informasi dalam basis pengetahuan tergabung dalam basis pengetahuan tergabung dalam sebuah program komputer oleh proses yang disebut dengan representasi pengetahuan. Basis pengetahuan Basis pengetahuan berisi pengetahuan penting untuk pengertian. Page 6 .

dan dalam beberapa kasus user interface ditambahkan dengan menu-menu dan grafik. Rule 6. 1993 adalah: 1. Kemampuan memberikan penjelasan HYPERLINK "http://kmp. Mesin iferensi 4. Transfer keahlian 4. Pakar ( Expert ) 3.Kesimpulan 3. Inferensi 5.htm/" \t Page 7 "right“ . User interface Sistem pakar berisi bahasa prosesor untuk komunikasi yang bersahabat. berorientasi pada masalah antara pengguna dan komputer. Komunikasi ini dapat secara baik dibawa oleh natural language. Subsistem penjelasan 7. Keahlian ( Expirtise ) 2. Blackboard ( Wilayah kerja ) 5. 6. Sistem penyaringan pengetahuan  Sedangkan konsep dasar dalam sistem pakar menurut Turban.

Sumber-sumber pengetahuan potensial termasuk pakar manusia. database. laporan penelitian khusus.Akuisisi Pengetahuan  Akuisisi pengetahuan adalah akumulasi.  Pengakuisisian pengetahuan dari pakar adalah tugas kompleks yang sering membuat kemacetan dalam konstruksi sistem pakar sehingga dibutuhkan seorang knowledge engineer untuk berinteraksi dengan satu atau lebih pakar dalam membangun basis pengetahuan. Page 8 . textbook. dan gambar-gambar. transfer dan transformasi dari keahlian pemecahan masalah dari beberapa sumber pengetahuan ke program komputer untuk konstruksi atau perluasan basis pengetahuan.

Aris Setiawan 2010140252 Page 9 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->