MATA KULIAH FISIKA DASAR

OLEH : EDI SURIADI, S.Pd, M.Sc

Akademi Kebidanan Kharisma Binjai

Apa pentingnya Fisika ?
 Bisakah

kita terlepas dari fisika dalam kehidupan sehari-hari?  Kalau bisa berikan contohnya??  Kalau tidak ada, berarti fisika memegang peranan penting dalam kehidupan kita  Itulah sebabnya fisika menjadi penting dan harus diupayakan untuk mempelajarinya. T.A. Edison “Keberhasilan itu dibangun oleh 99 % praktek dan 1% teori”

.

.

.

teori. Menjelaskan tentang pengertian konsep. hukum.Standar Kompetensi: Menjelaskan ilmu fisika secara umum dan penerapannya dalam ilmu pengetahuan lain khsusnya dalam sarana dan metoda diagnosis 1. prinsip. Mendeskripsikan keterkaitan ilmu fisika dengan ilmu lainnya . Menjelaskan ilmu fisika sebagai ilmu dasar 2. dan model 3.

struktur atom. karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda. Getaran. materi ini tergolong dalam fisika modern dan fisika kuntum . Listrik dan Magnet semua materi ini tergolong dalam fisika klasik  Topik lain seperti Relativitas. Cahaya (Optika). fisika zat padat. zat Alir (Fluida). Panas (thermodinamika).Fisika Sebagai Ilmu Dasar (Basic Science)  Fisika adalah ilmu yang paling mendasar. fisika nuklir partikel elementer dan astrofisika. Gelombang.  Bidang fisika biasanya dibagi menjadi: Gerak (mekanika).

Sains dan Kreativitas Tujuan dari semua sains umumnya adalah usaha untuk mengungkap/mencari keteraturan dalam pengamatan manusia pada alam sekitarnya. Sains merupakan pengamatan peristiwa (fenomena) yang memerlukan imajinasi dan intuisi serta anlisa untuk mengungkapkan fakta yang didukung oleh data pengamatan .

Dia banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan.Stetoskop Stetoskop berasal dari bahasa yunani: stethos. meskipun dia juga digunakan untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan "vein" René-Théophile-Marie-Hyacinthe Laennec (lahir di Quimper 17 Pebruari 1781 Meninggal di Floare 13 Agustus 1826 pada umur 45 tahun) Perancis . dada dan skopeein. Stetoskop adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. memeriksa.

.

Model. model merupakan gagasan dari orang yang berusaha untuk menjelaskan fakta.Konsep. Teori dan Hukum  Konsep adalah penjelasan ringkas untuk mengemukakan suatu fakta  Model adalah media pendekatan yang analogi dengan kenyataan sebenarnya.  Teori adalah uraian terperinci yang dapat memberikan prediksi yang dapat diuji secara kuantitatif dengan ketepatan tinggi terhadap suatu fenomena .

Kedudukan matematika dalam fisika merupakan alat praktis untuk menjelaskan dan mempelajari fisika. sehingga proses matematik menjadi penting  Hukum adalah pernyataan-pernyataan  Sayangnya tetapi berlaku secara umum yang singkat banyak orang merasa sulit ketika fisika diuraikan dengan penjelasan matematis? mengenai perilaku alam. atau persamaan is the quin of the science” . Pernyataan  Matematika tersebut kadang kadang berupa hubungan “Mathematic antara besaran-besaran. angkaangka kuantitatif menjadi sangat penting untuk melakukan proses ilmiah.  Perbedaan kuantitatif berhubungan dengan ketelitian dalam pengmatan.

Kimia Fisika Matematik Biologi Teknik Medic . sehingga antara fisika dengan ilmu pengetahuan lainnya saling keterkaitan.Fisika dan hubungan dengan Bidang lain Mengapa ada keterkaitan Fisika dengan bidang lainnya?  Mulanya sains merupakan satu kesatuan ilmu yang dikenal dengan “filosofi alam”.

Metode Ilmiah Langkah – Langkah Metode Ilmiah Menyusun Rumusan Masalah  Menyusun Kerangka Teori  Merumuskan Teori  Melakukan Eksperimen  Mengolah dan Menganalisis Data  Menarik Kesimpulan  Mempublikasikan Hasil  .

padat dan jelas .MENYUSUN RUMUSAN MASALAH Hal-hal yang harus diperhatikan:  Masalah menyatakan adanya keterkaitan antara beberapa variabel atau lebih  Masalah tersebut merupakan masalah yang dapat diuji dan dapat dipecahkan  Masalah disusun dalam bentuk pertanyaan yang singkat.

MENYUSUN KERANGKA TEORI Mengumpulkan keterangan-keterangan dan informasi. baik secara teori maupun data-data fakta di lapangan Dari keterangan-keterangan dan informasi tersebut diperoleh penjelasan sementara terhadap permasalahan yang terjadi .

Merumuskan Hipotesis Hipotesis = jawaban sementara yang masih perlu dicari kebenarannya Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan hipotesis: Ditulis dalam pernyataan  Sederhana dan jelas  Berdasarkan keterangan-keterangan atau informasi yang dikaji baik dari sumber bacaan maupun fakta  .

.

Metode Diagnosis Langkah langkah metode diagnosa  Lakukan tanya jawab perihal yang dialami  Telusuri penyebab prihal yang dialami  Buat dugaan yang telah dicocokan dengan ciriciri /data yang sudah diketahui gejala dan efek yang terjadi  Lakukan pemeriksaan fisik  Lakukan Pemeriksaan penunjang Laboratorium terhadap variabel yang mengindikasikan suatu permasalahan  Tarik kesimpulan diganosa dan lakukan tindakan sesuai standar .

Latihan  Bentuk Kelompok menjadi 4 bagian  Diskusikanlah apa keterkaitan antara masing-masing disiplin ilmu dan jelaskan produk yang dihasilkan dari keterkaitan tersebut!  Diskusikanlah apa persamaan dan perbedaan metode ilmiah dengan metode diagnosa!  Lakukan presentase masing-masing kelompok .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful