P. 1
Bahan Kuliah-01

Bahan Kuliah-01

|Views: 55|Likes:
Published by esuriadi

More info:

Published by: esuriadi on Mar 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/13/2012

pdf

text

original

MATA KULIAH FISIKA DASAR

OLEH : EDI SURIADI, S.Pd, M.Sc

Akademi Kebidanan Kharisma Binjai

Apa pentingnya Fisika ?
 Bisakah

kita terlepas dari fisika dalam kehidupan sehari-hari?  Kalau bisa berikan contohnya??  Kalau tidak ada, berarti fisika memegang peranan penting dalam kehidupan kita  Itulah sebabnya fisika menjadi penting dan harus diupayakan untuk mempelajarinya. T.A. Edison “Keberhasilan itu dibangun oleh 99 % praktek dan 1% teori”

.

.

.

Mendeskripsikan keterkaitan ilmu fisika dengan ilmu lainnya . teori. hukum. Menjelaskan tentang pengertian konsep.Standar Kompetensi: Menjelaskan ilmu fisika secara umum dan penerapannya dalam ilmu pengetahuan lain khsusnya dalam sarana dan metoda diagnosis 1. Menjelaskan ilmu fisika sebagai ilmu dasar 2. dan model 3. prinsip.

zat Alir (Fluida). materi ini tergolong dalam fisika modern dan fisika kuntum . Getaran.  Bidang fisika biasanya dibagi menjadi: Gerak (mekanika). fisika nuklir partikel elementer dan astrofisika. karena berhubungan dengan perilaku dan struktur benda. struktur atom. Listrik dan Magnet semua materi ini tergolong dalam fisika klasik  Topik lain seperti Relativitas. Gelombang. Cahaya (Optika). Panas (thermodinamika).Fisika Sebagai Ilmu Dasar (Basic Science)  Fisika adalah ilmu yang paling mendasar. fisika zat padat.

Sains dan Kreativitas Tujuan dari semua sains umumnya adalah usaha untuk mengungkap/mencari keteraturan dalam pengamatan manusia pada alam sekitarnya. Sains merupakan pengamatan peristiwa (fenomena) yang memerlukan imajinasi dan intuisi serta anlisa untuk mengungkapkan fakta yang didukung oleh data pengamatan .

Stetoskop Stetoskop berasal dari bahasa yunani: stethos. meskipun dia juga digunakan untuk mendengar intestine dan aliran darah dalam arteri dan "vein" René-Théophile-Marie-Hyacinthe Laennec (lahir di Quimper 17 Pebruari 1781 Meninggal di Floare 13 Agustus 1826 pada umur 45 tahun) Perancis . Dia banyak digunakan untuk mendengar suara jantung dan pernapasan. Stetoskop adalah sebuah alat medis akustik untuk memeriksa suara dalam tubuh. memeriksa. dada dan skopeein.

.

Model.  Teori adalah uraian terperinci yang dapat memberikan prediksi yang dapat diuji secara kuantitatif dengan ketepatan tinggi terhadap suatu fenomena . Teori dan Hukum  Konsep adalah penjelasan ringkas untuk mengemukakan suatu fakta  Model adalah media pendekatan yang analogi dengan kenyataan sebenarnya. model merupakan gagasan dari orang yang berusaha untuk menjelaskan fakta.Konsep.

atau persamaan is the quin of the science” . Pernyataan  Matematika tersebut kadang kadang berupa hubungan “Mathematic antara besaran-besaran.  Perbedaan kuantitatif berhubungan dengan ketelitian dalam pengmatan. sehingga proses matematik menjadi penting  Hukum adalah pernyataan-pernyataan  Sayangnya tetapi berlaku secara umum yang singkat banyak orang merasa sulit ketika fisika diuraikan dengan penjelasan matematis? mengenai perilaku alam.Kedudukan matematika dalam fisika merupakan alat praktis untuk menjelaskan dan mempelajari fisika. angkaangka kuantitatif menjadi sangat penting untuk melakukan proses ilmiah.

Fisika dan hubungan dengan Bidang lain Mengapa ada keterkaitan Fisika dengan bidang lainnya?  Mulanya sains merupakan satu kesatuan ilmu yang dikenal dengan “filosofi alam”. Kimia Fisika Matematik Biologi Teknik Medic . sehingga antara fisika dengan ilmu pengetahuan lainnya saling keterkaitan.

Metode Ilmiah Langkah – Langkah Metode Ilmiah Menyusun Rumusan Masalah  Menyusun Kerangka Teori  Merumuskan Teori  Melakukan Eksperimen  Mengolah dan Menganalisis Data  Menarik Kesimpulan  Mempublikasikan Hasil  .

padat dan jelas .MENYUSUN RUMUSAN MASALAH Hal-hal yang harus diperhatikan:  Masalah menyatakan adanya keterkaitan antara beberapa variabel atau lebih  Masalah tersebut merupakan masalah yang dapat diuji dan dapat dipecahkan  Masalah disusun dalam bentuk pertanyaan yang singkat.

baik secara teori maupun data-data fakta di lapangan Dari keterangan-keterangan dan informasi tersebut diperoleh penjelasan sementara terhadap permasalahan yang terjadi .MENYUSUN KERANGKA TEORI Mengumpulkan keterangan-keterangan dan informasi.

Merumuskan Hipotesis Hipotesis = jawaban sementara yang masih perlu dicari kebenarannya Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan hipotesis: Ditulis dalam pernyataan  Sederhana dan jelas  Berdasarkan keterangan-keterangan atau informasi yang dikaji baik dari sumber bacaan maupun fakta  .

.

Metode Diagnosis Langkah langkah metode diagnosa  Lakukan tanya jawab perihal yang dialami  Telusuri penyebab prihal yang dialami  Buat dugaan yang telah dicocokan dengan ciriciri /data yang sudah diketahui gejala dan efek yang terjadi  Lakukan pemeriksaan fisik  Lakukan Pemeriksaan penunjang Laboratorium terhadap variabel yang mengindikasikan suatu permasalahan  Tarik kesimpulan diganosa dan lakukan tindakan sesuai standar .

Latihan  Bentuk Kelompok menjadi 4 bagian  Diskusikanlah apa keterkaitan antara masing-masing disiplin ilmu dan jelaskan produk yang dihasilkan dari keterkaitan tersebut!  Diskusikanlah apa persamaan dan perbedaan metode ilmiah dengan metode diagnosa!  Lakukan presentase masing-masing kelompok .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->