Pengertian Uang dan Jenis-Jenis Uang

Uang merupakan alat tukar dan alat pembayaran yang sah. pada masa-masa sebelumnya, pembayaran dilakukan dengan cara barter, yaitu barang ditukar dengan barang secara langsung. Sejarah Uang Pada jaman dahulu, jual beli dilakukan dengan sistem barter. Barter adalah perdagangan yang dilakukan dengan cara tukar menukar barang, setelah barter orang mulai menggunakan alat pembayaran yang disepakati. Sebelum menggunakan uang, orang menggunakan barang yang tertentu sebagai alat pembayaran, misalnya kulit kerang, mutiara, batu permata, tembaga, emas, perak , manikmanik, dan gigi binatang. Pada zaman modern uang digunakan sebagai alat pembayaran. dengan menggunakan uang, manusia berusaha memenuhi kebutuhannya. Jenis-Jenis Uang Jenis-Jenis uang di bagi menjadi dua yaitu:

Uang kartal

Uang kartal adalah uang yang digunakan sebagai alat pembayaran dalam kehidupan seharihari. Uang kartal berupa uang logam dan uang kertas, mata uang negara kita adalah Rupiah, uang pertama yang dibuat oleh Indonesia adalah Oeang Republik Indonesia. Lembaga yang bertugas dan mengawasi peredaran uang rupiah adalah Bank Indonesia, sedangkan perusahaan yang mencetak uang rupiah adalah Perum Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia).

Uang Giral

Uang giral adalah surat berharga yang dapat diuangkan di bank atau dikantor pos. Contoh uang giral, cek, giro pos, wesel dan surat berharga.Uang giral biasanya digunakan untuk transaksi dengan nilai uang yang sangat besar. Kegunaan uang ialah Uang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, alat penukar, alat penentu harga, dan dapat pula di tabung. Dibawah ini adalah daftar mata uang di dunia yang berlaku saat ini, diantaranya sebagai berikut :

Abbesinia : Dollar Afghanistan : Afgani Afrika Selatan : Rand Afrika Tengah : Franc Albania : Lek Aliazair : Dinar Amerika Serikat : Dollar Angola : Kwanza Argentina : Peso Australia : Dollar Austria : Shilling Bangladesh : Taha Belanda : Gulden Belgia : Franc Bolivia : Boliviarnus Brazil : Cruzeiro Brunei Darussalam : Dollar Bulgaria : Lev Canada : Dollar Cekoslovakia : Koruna Ceylon : Rupee Chad : Franc Chili : Peso Cina : Yuan Denmark : Krone Dominika : Peso EI Salvador : Kolon Emirat Arab : Dirham .

13/1968. Uang Bank adalah uang yang dikeluarkan oleh Bank Sentral berupa uang logam dan uang kertas. sejak berlakunya Undang-undang No. terdapat dua jenis uang kartal. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1. Daftar isi [sembunyikan] • • 1 Uang Kartal o 1. Bank Indonesia mempunyai hak tunggal untuk mengeluarkan uang logam dan kertas.Jenis uang yang beredar dimasyarakat dapat dikelompokan menjadi dua.1 Jenis Uang Menurut Lembaga Yang Mengeluarkannya o 1. Menurut Undang-undang Bank Sentral No.2 Keuntungan menggunakan uang giral 3 Uang Kuasi • Uang Kartal Uang kartal terdiri dari uang kertas dan uang logam. Uang negara adalah uang yang dikeluarkan oleh pemerintah. Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib diterima oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari.2 Jenis Uang Kartal Menurut Bahan Pembuatnya 2 Uang Giral o 2. Ciri-cirinya sebagai berikut. yaitu uang kartal dan uang giral. 11/1953. Jenis Uang Menurut Lembaga Yang Mengeluarkannya Menurut Undang-Undang Pokok Bank Indonesia No. uang negara dihentikan peredarannya dan diganti dengan Uang Bank. Hak tunggal untuk mengeluarkan uang yang dimiliki Bank Indonesia tersebut disebut hak oktroi. yaitu uang negara dan uang bank. . terbuat dari kertas yang memiliki ciri-ciri : • • • • Dikeluarkan oleh pemerintah Dijamin oleh undang undang Bertuliskan nama negara yang mengeluarkannya Ditanda tangani oleh mentri keuangan Namun.1 Terjadinya uang giral o 2.

Oleh karena itu.000. Karena harga emas dan perak yang cenderung tinggi dan stabil. Uang logam Uang logam biasanya terbuat dari emas atau perak karena emas dan perak memenuhi syarat-syarat uang yang efesien. namun dari nilai nominalnya. Di zaman sekarang. 500. yaitu nilai nominal dan nilai tukar. misalnya berapa nilai emas dan perak yang digunakan untuk mata uang. 10. Jenis Uang Kartal Menurut Bahan Pembuatnya A. emas dan perak tidak mudah musnah. 500. emas dan perak mudah dikenali dan diterima orang.00). Menurut penjelasan UU No. uang logam tidak dinilai dari berat emasnya. atau lima ratus rupiah (Rp. • . sedangkan Rp. uang kertas hanya memiliki dua macam nilai.00 dapat ditukarkan dengan semangkuk bakso).00 hanya dapat ditukarkan dengan sebuah permen. 100. Emas dan perak juga mudah dibagi-bagi menjadi unit yang lebih kecil. Misalnya uang Rp.00). nilai tukar adalah kemampuan uang untuk dapat ditukarkan dengan suatu barang (daya beli uang). Di samping itu. Nilai nominal itu merupakan pernyataan bahwa sejumlah emas dengan berat tertentu terkandung di dalamnya. Uang kertas mempunyai nilai karena nominalnya. Nilai Intrinsik yaitu nilai bahan untuk membuat mata uang. yaitu uang kertas yang dikeluarkan oleh pemerintah dan alat pembayaran yang sah dengan jumlah yang terbatas dan ditandatangani mentri keuangan. Ada 2(dua) macam uang kertas : Uang Kertas Negara (sudah tidak diedarkan lagi). Menurut sejarah.• • • • Dikeluarkan oleh Bank Sentral Dijamin dengan emas atau valuta asing yang disimpan di bank sentral Bertuliskan nama bank sentral negara yang bersangkutan (di Indonesia : Bank Indonesia) Ditandatangani oleh gubernur bank sentral. uang emas dan perak pernah dipakai sebagai uang. • Nilai Tukar. yang dimaksud dengan uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas atau bahan lainnya (yang menyerupai kertas). Uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah. Uang logam memiliki tiga macam nilai. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Ada beberapa alasan mengapa emas dan perak dijadikan sebagai bahan uang antara lain : Tahan lama dan tidak mudah rusak (Rp.

yaitu uang yang dikeluarkan oleh bank sentral. Cara di atas disebut primary deposit. • • Simpanan uang di bank dapat berbentuk giro[rekening koran] yang boleh diambil sewaktu-waktu.dan pemindahan telegrafis[telegraphic transfer]. definisi uang giral adalah tagihan yang ada di bank umum. 7 tentang Perbankan tahun 1992. bank yang berhak menciptakan uang giral adalah bank umum selain Bank Indonesia. . Penerimaan piutang itu oleh bank dibukukan dalam rekening koran orang yang bersangkutan.• Uang Kertas Bank. Uang tersebut sewaktu-waktu dapat diambil atau penyetor menerima pembayaran utang dari debitur melalui bank. praktis dan aman. Uang giral bukan merupakan alat pembayaran yang sah. Karena transaksi surat berharga. masyarakat boleh menolak dibayar dengan uang giral. yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran. Terjadinya uang giral Uang giral dapat terjadi dengan cara berikut.giro bilyet. Uang giral dapat diciptakan dengan cara menjual surat berharga ke bank. Pembayaran dengan uang giral dapat dilakukan dengan menggunakan cek. penyetor menerima buku cek dan buku giro bilyet. Cara ini disebut dengan loan deposit. lalu bank membukukan hasil penjualan surat berharga tersebut sebagai deposit dari yang menjual. atau telegrafic transfer. giro. Di Indonesia. Cara ini disebut derivative deposit Mendapat kredit dari bank yang dicatat dalam rekening koran dan dapat diambil sewaktu-waktu. Beberapa keuntungan penggunaan alat tukar (uang) dari kertas di antaranya : Penghematan terhadap pemakaian logam mulia Ongkos pembuatan relatif murah dibandingkan dengan ongkos pembuatan uang logam. Bentuk uang giral dapat berupa cek. Menurut UU No. • Penyetoran uang tunai kepada bank dan dicatat dalam rekening koran atas nama penyetor. Artinya. • Peredaran uang kertas bersifat elastis (karena mudah dicetak dan diperbanyak) sehingga mudah diseusaikan dengan kebutuhan akan uang • Mempermudah pengiriman dalam jumlah besar • • Uang Giral Uang giral tercipta akibat semakin mendesaknya kebutuhan masyarakat akan adanya sebuah alat tukar yang lebih mudah.

Keuntungan menggunakan uang giral Keuntungan menggunakan uang giral sebagai berikut. • Uang Kuasi Uang kuasi adalah surat-surat berharga yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran. Biasanya uang kuasi ini terdiri atas deposito berjangka dan tabungan serta rekening valuta asing milik swasta domestik. Soal pertanyaan dan jawaban . • • Memudahkan pembayaran karena tidak perlu menghitung uang Alat pembayaran yang dapat diterima untuk jumlah yang tidak terbatas. nilainya sesuai dengan yang dibutuhkan (yang ditulis oleh pemilik cek/bilyet giro) Lebih aman karena risiko uang hilang lebih kecil dan bila hilang bisa segera dilapokan ke bank yang mengeluarkan cek/bilyet giro dengan cara pemblokiran.

ada kalanya ketertarikan manusia akan uang di deskribsikan dengan "mata ijo" kalau melihat uang Uang giral (Giro bilyet.. karna fungsi uang itu bnyaaa c. hehehhhh b.. Mungkin kerena Uanglah akhirnya Kita mau bekerja dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan... karena segala kebutuhan jasmani semuanya membutuhkan UANG . dengan uang kita dapat perempuan. Telegraphic transfer) . dan akhirNya para pemimpi Korup tak kalah beda dengan mereka meraup keuntungan dari ladang tempat mereka bekerja.pertanyaan : kenapa uang sangat menarik di mata manusia? Jawaban : a. .. Padahal kita semua menyadari kalo Ketamakan akan harta dan tahta lah yang akan mengakhiri species manusia itu sendiri.. . karena dengan uang manusia berpikir bisa mendapatkan semuanya yang dia inginkan. modalnyaPun dapet pinjem lagi dari Bank. d. karena segala kebutuhan jasmani semuanya membutuhkan UANG sob. berarti gara-gara kita juga para penjahat mau bekerja jadi penjahat karena ada uang kita dimata mereka.kenapa uang sangat menarik di mata manusia? ada yang bilang ..1. wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk (Uang memang gila) untung Ane cuma buka usaha.. Cek.

1) Seseorang menitipkan sejumlah uang kartal kepada sebuah bank. Uang giral dapat ditarik dengan menggunakan cek. Cukup dengan menggunakan selembar kertas cek (untuk pembayaran tunai) atau bilyet giro (untuk pembayaran nontunai). Uang pinjaman yang belum dikeluarkan itu merupakan uang giral. Sponsor tulisan ini masih sama yakni DutaPulsa dan Okrek. Bank mencatat dalam bukunya sebagai rekening orang yang menitipkan uang. b) Cek adalah surat perintah dari seseorang yang mempunyai rekening di bank agar bank membayar sejumlah uang kepada orang yang namanya disebutkan dalam cek tersebut atau orang yang membawa cek. c) Telegraphic transfer.com Uang giral adalah uang yang dimiliki masyarakat dalam bentuk simpanan (deposito) yang dapat ditarik setiap saat sesuai kebutuhan. ya jangan lupa ya. bilyet giro. Uang tersebut tidak diambilnya. Berikut ini proses terjadinya uang giral. Bank mencatat uang tersebut pada buku sebagai rekening si peminjam. sehingga masyarakat mempunyai hak untuk menolak jika ia tidak mau barang atau jasa yang diberikannya dibayar dengan uang ini. Titipan semacam ini dinamakan primary deposits. kali ini kita baca kembali tentang uang giral ini. bilyet giro. Giro sangat bermanfaat bagi pengusaha. Dengan kejadian tersebut uang kartal yang dititipkan berubah menjadi uang giral. Orang yang berutang sekaligus menjadi orang yang berpiutang. sekalian kamu bisa tampilkan nama kamu kan. . Oh. kasih komentar di bawah. yang berarti uang titipan. dan perintah pembayaran (telegraphic transfer). 2) Seseorang meminjam uang pada sebuah bank. atau giro? Baiklah. atau sarana perintah pembayaran lainnya dengan cara transfer uang. a) Giro bilyet adalah simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek. karena dengan giro berbagai pembayaran untuk berbagai transaksi dalam jumlah besar tidak perlu dilakukan dengan tunai. tetapi dititipkan di bank agar sewaktu-waktu dapat diambil. Orang yang mempunyai rekening di bank dan mendapat buku cek dari bank disebut client (nasabah).Masih ingat tentang uang giral. Titipan semacam itu disebut loan deposits yang berarti uang pinjaman yang dititipkan. pembayaran menggunakan telegraphic transfer dilakukan dengan memindahkan sebagian atau seluruh rekening di bank kepada seseorang yang ditunjuk yang bertempat di daerah lain. Uang ini hanya beredar di kalangan tertentu saja.

KARTAL.3) Uang giral dapat pula diciptakan dengan cara seseorang menjual surat berharga ke bank dan bank membukukan hasil penjualan surat berharga itu sebagai deposit dari yang menjual (derivative deposit). PENGERTIAN UANG. GIRAL .

singkatnya.A. mereka mencari orang yang mau menukarkan barang yang dimiliki dengan barang lain yang dibutuhkan olehnya. mutiara pernah dijadikan sebagai alat tukar sebelum manusia mengenal uang. orang banyak menggunakan logam seperti 2 Teori Organisasi Umum 2 . Pada mulanya setiap orang berusaha memenuhi kebutuhannya dengan usaha sendiri. Untuk memperoleh barang-barang yang tidak dapat dihasilkan sendiri. Namun barangbarang tersebut memiliki kelemahan diantaranya belum mempunyai pecahan dan tidak tahan lama . Akhirnya mereka melakukan pertukaran barang yang disebut barter untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia berburu jika ia lapar. Perkembangan selanjutnya menghadapkan manusia pada kenyataan bahwa apa yang diproduksi sendiri ternyata tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhannya. maka manusia memikirkan suatu barang yang dapat digunakan sebagai perantara dalam pertukaran. Sehubungan dengan hal tersebut. Pengertian Uang Kebutuhan manusia yang semakin tidak terbatas membuat manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Akhirnya. Pertukaran secara barter memiliki kekurangan seperti sulit menemukan barang yang sesuai kebutuhan. apa yang diperolehnya itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya. membuat pakaian sendiri dari bahan-bahan yang sederhana. sulit menentukan nilai tukar barang dan sulit menyimpan barang yang akan ditukarkan. orang berusaha memikirkan barang yang lebih cocok dan lebih baik sebagai barang perantara. Barang-barang yang dianggap indah dan bernilai seperti kerang. intan. mencari buah-buahan untuk konsumsi sendiri.

praktis dan aman. Lembaga yang bertugas dan mengawasi peredaran uang rupiah adalah Bank Indonesia.Uang giral biasanya digunakan untuk transaksi dengan nilai uang yang sangat besar. Menurut UU No. Uang adalah sesuatu yang dapat dipergunakan untuk mempermudah pertukaran. Di Indonesia. giro. cek. atau telegrafic transfer. Jenis-Jenis Uang Uang Kartal Uang kartal terdiri dari uang kertas dan uang logam. dan dapat pula di tabung. Jadi.emas dan perak karena barang-barang tersebut disukai masyarakat dan dapat dibentuk menjadi uang. B. alat penukar. . definisi uang giral adalah tagihan yang ada di bank umum. 7 tentang Perbankan tahun 1992. Uang Giral Uang giral tercipta akibat semakin mendesaknya kebutuhan masyarakat akan adanya sebuah alat tukar yang lebih mudah. Uang giral adalah surat berharga yang dapat diuangkan di bank atau dikantor pos. sedangkan perusahaan yang mencetak uang rupiah adalah Perum Peruri (Percetakan Uang Republik Indonesia). Bentuk uang giral dapat berupa cek. alat penentu harga. Uang kartal adalah alat bayar yang sah dan wajib diterima oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli seharihari. Contoh uang giral. giro pos. bank yang berhak menciptakan uang giral adalah bank umum selain Bank Indonesia. yang dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran. 3 Teori Organisasi Umum 2 Kegunaan uang ialah Uang dapat digunakan sebagai alat pembayaran. wesel dan surat berharga.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.