P. 1
Definisi Belajar Menurut Para Ahli

Definisi Belajar Menurut Para Ahli

|Views: 872|Likes:

More info:

Published by: BajakLaut SayatanHearts'erhad on Mar 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2013

pdf

text

original

DEFINISI BELAJAR MENURUT PARA AHLI 1. Menurut Doris Lessing (dalam buku Pembelajaran.

Andrias Harifa,2001 : 1)  Belajar adalah mengerti sesuatu yang telah diketahui sepanjang hidup tetapi dengan pemahaman yang berbeda.
2. Menurut Drs. Ahmad Mudzalir (1997 : 33)

 Belajar adalah syarat mutlak untuk menjadi pandai dalam segala hal baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun keterampilan. 3. Menurut Hilgard & Bowner (1987 : 12)  Belajar sebagai suatu proses yang mana suatu kegiatan berasal atau berubah lewat reaksi dari suatu situasi yang dihadapi dengan karakteristik-karakteristik dari perubahan-perubahan aktifitas tersebut tidak dapat dijelaskan dengan dasar kecenderungan-kecenderungan reaksi asli,kematangan atau perubahan-perubahan sementara dari organisme.
4. Menurut teori ilmu jiwa Gestalt (dalam buku Psikolog Pendidikan. Alisuf Sabri,1996 : 72)

 Belajar bukan hanya sekedar proses asosiasi antara stimulus dengan respon yang diperkuat dengan koneksi-koneksi atau conditioning dengan melalui latihan-latihan atau ulangan-ulangan.
5. Menurut Dr. Nana Sudjana (1998 : 28)  Belajar adalah proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada disekitar individu.

Belajar adalah proses yang diarahkan kepada tujuan , proses berbuat melalui berbagai pengalaman, proses melihat, mengamati, memahami sesuatu. Inilah hakikat belajar sebagai inti proses pengajaran.  Kesimpulan : Menurut Saya Belajar adalah suatu proses yang dimulai dengan adanya perubahan pada diri seseorang, perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuannya, pemahamannya, sikap dan tingkah lakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya dan lain-lain aspek yang ada pada individu melalui pengalaman yang telah dialaminya sendiri.

com/2011/07/03/definisi-belajar. Alisuf. Psikologi Pendidikan. (1998:28) Bakulatz. . (2006). Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya Dr. (1996). Jakarta: Bumi Aksara Mudzalir. Pembelajaran.wordpres. Pembelajaran Metode Kasus. Bandung: Bonoma Sabri.DAFTAR PUSTAKA Harifa. A. (1997). Psikologi Pendidikan dalam Kurikulum Nasional. Jakarta: Pustaka Setia Hilgard. Nana Sudjana. A. (2001).

Tugas Pembelajaran Terpadu (Permen no.19 thn 2005 & Definisi Belajar) Oleh: RISNA (A1B309041) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Haluoleo Kendari 2012 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->