Pondasi Batu Kali

1)1, Ukur tanah yang akan di pasang pondasi, kemudian pasanglah bowplang untuk menggetahui ketinggian muka tanah setelah itu pasang benang agar pondasi bisa tegak dan lurus. 2) 3)2. Gali tanah yang akan di buat pondasi dengan kedalaman sekitar setengah meter karena pondasi tersebut dibuat untuk pagar tembok yang mempunyai ketinggian 3 meter saja 4). 5)3. Landasan tanah tersebut diberi anstamping dengan ketinggian sekitar 20cm, dengan posisi batu tegak. 6) 7)4. Pasir dan semen di campur dengan menggunakan perbandingan 1:5 kemudian campur dengan air secukupnya sebagai pengikat dengan menggunakan alat pengaduk molen. 8) 9)5. Susun batu kali tersebut diatas anstamping setinggi 80cm. 10) 11)6. Setelah semuanya tercampur dengan baik tuangkan campuran tersebut ke dalam batu kali yang tersusun tadi sambil di padatkan dengan menggunakan tongkat besi agar campuran tersebut memadati lobang-lobang yang berada di podasi batu kali tersebut. 12) 13)7. Setelah itu tunggu pasangan batu kali tersebut hingga mengeras dan siap untuk di beri beban di atasnya.

9. 7.Pemasangan Lantai Keramik ● Langkah kerja 1. 10. 3. Disetiap sudut tembok atau jalur pemasangan di beri tali agar pekerjaan tersebut menjadi lurus dan rata air. Pasir di campur dengan semen dengan perbandingan 1:8 dan di tambahkan dengan air secukupnya untuk bahan pengikat. 6. Pekerjaan tersebut dilakukan sampai selesai. Keramik tersebut di keto-ketok dengan menggunakan cetok secara perlahan-lahan agar tidak ada udara di dalam pemasangan tersebut. . Kemudian keramik tersebut dipasang di atas campuran yang sudah diratakan tadi. 2. 4. 8. Setelah pekerjaan tersebut dirasa telah selasai maka bersihkanlah sisa-sisa spesi yang berada di atas permukaan keramik. Bahan campuran yang sudah jadi tersebut di masukkan kedalam ember dan dituangkan di purmukaan lantai yang akan di pasang keramik dengan menggunakan cetok kira-kira dengan ketebalan sekitar 3cm dan di ratakan. Disela-sela keramik ada nat selebar 4mm. 5. Pasir di ayak untuk menghilangkan batu-batu kecil. Kemudian setelah semua bahan itu tercampur dengan baik maka campuran tersebut di taruh di ember untuk memudahkan pekerjaan.

4. Pasang kayu penahan kayu utama dengan menggunakan paku.Pemasangan Bekisting 1. 5. Pasang kayu awal pada tempat kerja. Ukur lebar dan tinggi begisting menggunakan meteran. Siapkan kayu untuk pembatas. 8. 10. Pasang kayu seterusnya dengan mengunakan paku. 3. Ukur bagian yang akan dikerjakan. 6. Periksa kembali pasangan kayu tadi agar pas ukuran. 7. 2. . Pasang tali pada batas begisting tadi sepanjang tempat yang dikerjakan. Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. pakailah unting-unting untuk mendapatkan kelurusan ( vertikal ). 9.

Periksa kembali agar tidak terjadi kesalahan . Jangan lupa pasang begel sesuai dengan ukuran yang ditandai tadi. 6.Pembuatan begel kolom dan pondasi telapak 1. Siapkan begel yang hendak dipasang pada kolom. Ukur bagian yang akan dikerjakan. 7. Siapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan. 2. 5. Ukur dan beri tanda untuk mengetahui jarak antar sengkang. 9. 3. Gunakan catut untuk mengencangkan bendrat. 4. Pasang begel kedalam tulangan kolom. Ikat ujung-ujung begel dengan menggunakan bendrat 8.

Siapkan air secukupnya. 2. 4. 7. . Aduk terus sampai menjadi adonan luluh yang benar ( tidak terlalu encer dan tidak terlalu keras juga ). 5. Setelah keduanya tercampur. Adonan luluh sudah siap untuk digunakan. Tambahkan air secukupnya kedalam lubangan tersebut. 3. buat lubangan ditengahnya. Siapkan semen sesuai yang dibutuhkan. 8. Siapkan pasir sesuai yang dibutuhkan. 9. Campur semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 5 ( 1 semen : 5 pasir ) untuk maximal dan 1: 8 ( 1 semen : 8 pasir ) untuk minimal.Pembuatan adonan beton 1. 6. Aduk pelan-pelan sampai semua adonan tersebut tercampur rata.

Pasang paving satu persatu sesuai dengan kelurusan benang yang sudah di pasang tadi. Pasang benang untuk menyamakan kedataran dan kelurusan dari pasangan paving tersebut. Kemudian di padatkan. 4.Pemasangan paving stone ● 1. 6. 3. 2. 7. Bersihkan sisa-sisa pasir tersebut. ● ● ● ● ● ● . Tanah di ratakan terlebih dahulu. 5. Setelah semuanya padat tuanggi tanah tersebut dengan pasir setebal 5 cm. Kalau pekerjaan semua paving telah selesai di lakukan maka taburi sela-sela paving tersebut dengan pasir halus untuk mengisi sela-sela tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful