Kriteria Seorang Muadzin Posted on 06/04/2010 by Fadhl Ihsan Orang yang beradzan (muadzin) memiliki keutamaan yang sangat

mulia di sisi Allah Azza wa Jalla, hal ini berdasarkan keterangan dari Rasulullah shallallahu „alaihi wasallam dalam hadits-haditsnya yang shahih. Di antara keutamaan muadzin adalah: 1. Seluruh makhluk yang mendengar adzan akan menjadi saksi pada hari kiamat. 2. Muadzin akan dipanjangkan lehernya [1] nanti pada hari kiamat. 3. Syetan lari terbirit-birit mendengar suara adzan dan iqamat. 4. Muadzin akan diampuni dosa-dosanya. 5. Muadzin akan mendapat pahala dari seluruh jama‟ah yang hadir di masjid tersebut. 6. Muadzin akan mendapat balasan surga dan keluar dari neraka. Lebih utama mana, muadzin atau imam? Terjadi perselisihan di antara ulama tentang mana yang lebih utama dari perkara ini. Sebagian ulama mengatakan bahwa kedudukan muadzin lebih utama dari imam. Mereka yang berpendapat seperti ini adalah Imam Asy Syafi‟i dalam kitabnya Al Umm, Imam An Nawawi dan juga Asy Syaikh Ibnu Utsaimin. Sebagian ulama mengatakan bahwa kedudukan imam lebih tinggi. Di antara mereka (dari kalangan mutaakhirin) adalah Asy Syaikh Yahya bin Ali Al Hajury. Di antara bukti yang menunjukkannya, Rasulullah shallallahu „alaihi wasallam dan Khulafaur Rasyidin (yang mereka adalah imam) tidak ada satupun yang menjadi muadzin. Golongan yang mengutamakan muadzin menjawabnya bahwa Nabi Muhammad shallallahu „alaihi wasallam dan khulafaur rasyidin tidak beradzan disebabkan sibuk dengan urusan umat dan memimpin kaum muslimin, sedangkan muadzin dituntut untuk selalu siaga, cermat, dan berlaku amanah dalam menentukan waktu-waktu shalat sehari semalam. Sehingga menggabungkan ke-imam-an dan adzan bagi seorang pemimpin/khalifah adalah perkara yang berat. Dalam hal ini Umar bin Al Khaththab radhiyallahu „anhu berkata: “Andaikata saya mampu untuk beradzan sekaligus memegang pemerintahan niscaya saya akan beradzan.” Penulis simpulkan, bahwa dalil-dalil yang berkenaan dengan keutamaan adzan lebih banyak. Namun kedua amalan ini masing-masing mempunyai keutamaan. Ada keutamaan adzan yang tak didapat oleh imam dan ada pula keutamaan imam yang tidak didapat oleh muadzin. Wallahu a‟lam. Kriteria Seorang Muadzin Seorang muadzin hendaknya memiliki sifat-sifat berikut:

1. Muslim dan berakal. Para ulama menyebutkan bahwa di antara syarat sahnya adzan adalah Islam dan berakal. Sehingga tidak sah adzannya orang kafir atau orang gila. Dalil yang menunjukkan tentang masalah ini adalah firman Allah: “Dan kalaulah mereka berbuat syirik niscaya gugurlah amalan mereka semuanya.” (Al An‟am: 88) Dan sabda Nabi shallallahu „alaihi wasallam: “Terangkat pena (pencatat amal) dari tiga jenis manusia. Anak kecil sampai baligh, orang yang tertidur hingga dia bangun dan orang gila sampai dia sadar.” (HR. Ahmad dan Ashhabus Sunan) 2. Baik agamanya. Hendaklah muadzin bersifat adil. Adapun jika muadzin adalah orang yang menampakkan kemunafikan maka para ulama berbeda pendapat. Pendapat yang rajih adalah yang menyatakan sahnya. Namun jika ada orang yang adil maka tentunya orang tersebut yang diutamakan. Allah berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman jika datang kepada kalian orang fasiq membawa berita maka hendaklah dia memeriksa dengan teliti.” (Al Hujurat: 6) Dan dalam riwayat lain dengan lafadz “ujilah kebenaran beritanya”. 3. Baligh. Syarat yang ketiga, hendaknya muadzin telah baligh. Namun bila keadaan terpaksa, adzan anak kecil yang belum baligh tetap dinilai sah. Pernah terjadi di zaman Nabi, seorang shahabat bernama Amr bin Abu Salamah Al Jurmy menjadi imam pada suatu kaum sementara umurnya baru 6 tahun. Bila anak kecil sah menjadi imam maka sudah selayaknya sah pula untuk jadi muadzin. Begitupun Anas bin Malik tidak mengingkari adzannya anak kecil. 4. Memiliki sifat amanah. Hendaknya muadzin adalah seorang yang amanah/bisa dipercaya, sebab adzan berkaitan dengan waktu sholat. Adzannya orang yang tidak amanah sulit dipercaya, apakah tepat waktunya atau tidak. Rasulullah shallallahu „alaihi wasallam bersabda: “Imam adalah penanggung jawab sedangkan muadzin adalah orang yang bisa dipercaya…” (HR. Ahmad (6872), dll dari Abu Hurairah) 5. Bersuara lantang dan bagus.

Hendaknya suara muadzin itu bersuara lantang dan bagus. Demikianlah yang dituntunkan oleh Nabi. Sebagaimana perintah Nabi shallallahu „alaihi wasallam kepada Abdullah bin Zaid: “Lakukanlah bersama Bilal, ajarkan kepadanya apa yang kamu lihat dalam mimpimu. Dan hendaklah dia beradzan karena dia lebih tinggi dan bagus suaranya dari kamu.” (HR. Tirmidzi (174) dan Ibnu Majah (698) dari Abdullah bin Zaid) Dan juga sabda beliau: “Jika kalian adzan, angkatlah suara kalian karena tidaklah ada makhluk Allah yang mendengar adzan kalian, baik jin, manusia, atau apa saja kecuali masing-masing mereka akan menjadi saksi pada hari kiamat.” (HR. Bukhari (574) dari Abu Said Al Khudri) Mana yang diutamakan, suara keras atau bagus? Sebagaimana dibahas pada bab sebelumnya, Rasulullah shallallahu „alaihi wasallam memilih Bilal untuk melakukan adzan, padahal yang melihat dalam mimpi adalah Abdullah bin Zaid dan Umar bin Al Khaththab yang tentunya mereka lebih tahu caranya daripada Bilal. Adapun tentang suara, maka suara Umar juga keras/lantang. Namun demikian Rasulullah shallallahu „alaihi wasallam memilih Bilal daripada Umar. Ini menunjukkan bahwa suara Bilal disamping jeras juga lebih merdu dibandingkan keduanya sebagaimana dalam hadits: “Sesungguhnya dia (Bilal) lebih lantang dan merdu suaranya dibandingkan engkau (Abdullah bin Zaid).” (HR. Tirmidzi dari Abdullah bin Zaid) Berdasarkan hadits ini maka disimpulkan bahwa suara yang bagus lebih diutamakan daripada suara yang keras. Jika dua orang sama-sama memiliki suara bagus dan keras maka yang diutamakan adalah yang paling mengerti waktu-waktu shalat, dan begitu seterusnya. Bolehkah muadzin meminta upah dari pekerjaannya? Hendaknya bagi muadzin tidak mengambil upah dalam beradzan, karena Allah menjanjikan pahala besar bagi seorang muadzin. Bahkan secara tegas Nabi shallallahu „alaihi wasallam bersabda: “Jadikan muadzin yang tidak mengambil upah dalam adzannya.” (HR. Abu Dawud (447) dari Utsman bin Abil Ash) Sebab bila tujuan dari adzan bukan untuk Allah dan hanya mengharapkan dunia semata, maka selain tidak mendapat pahala, orang tersebut akan mendapat siksa dari Allah Subhanahu wa Ta‟ala, sebagaimana firman-Nya: “Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan amalan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak dirugikan. Mereka itulah orang-orang yang di akhirat tidak akan memperoleh apa-apa kecuali neraka dan lenyaplah semua yang mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang mereka usahakan.” (Hud: 15-16) Itulah balasan orang yang tujuannya hanya mencari dunia tanpa mengharap pahala di akhirat.

Bila terpaksa dilakukan dalam keadaan junub maka hukumnya makruh namun adzannya tetap sah. Abu Dawud. ketika mereka membaca Qur‟an.” (HR.” (HR. Kuwait dll. Sudah selayaknya seorang muadzin dalam keadaan suci dari hadats besar maupun kecil. Negara-negara tersebut menggaji para muadzin.” (Al Baqarah: 222) Dan dalam hadits disebutkan: “Suatu hari aku (bilal) berwudlu kemudian aku berdiri untuk melakukan adzan shalat. Disunnahkan pula bagi orang yang adzan untuk menghadap kiblat. Ibnul Mundzir telah menukilkan ijma‟ dalam hal ini. Wallahu a‟lam. Dan amalan para ulama salaf. Suci dari hadats besar dan kecil. Sebagaimana hal ini dinukilkan oleh Ibnu Qudamah. Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah mencintai orang yang gemar bertaubat dan mensucikan diri. 2. Tirmidzi (175) dari Abdullah bin Zaid) Sebagian ulama mengatakan bahwa kata “Qum” (berdirilah) adalah perintah untuk menunaikan adzan dan bukan perintah untuk berdiri. bermajelis ta‟lim. dan tidak ada ulama yang mengingkarinya. Adzan dengan berdiri. Terlebih jika dalam negara tersebut terdapat Baitul Mal seperti Saudi. Demikian pula pendapat Imam Malik. dan lain-lain. muraja‟ah hadits. Menghadap kiblat. hasan shahih) Syaikh Yahya bin Ali Al Hajuri menyatakan bahwa hadits ini menunjukkan disyariatkannya wudlu ketika hendak adzan. Disunnahkan bagi seorang muadzin untuk adzan denan berdiri. Imam Asy Syafi‟i.Adapun seorang muadzin yang melakukan adzannya dengan ikhlas untuk Allah namun di lain sisi ia juga meminta upah dari adzannya maka hal ini diperbolehkan. dzikir dan sebagainya mereka enggan untuk menghadap selain arah kiblat. Ketentuan dan Tata Cara Adzan Seorang muadzin hendaknya memperhatikan perkara-perkara berikut: 1. . Sesuai dengan sabda Nabi shallallahu „alaihi wasallam: “Berdirilah wahai Bilal kemudian serukanlah adzan untuk shalat. Emirat. 3. Maka para ulama mengatakan bahwa disunnahkan bagi muadzin untuk berdiri tapi jika ia melakukan dengan duduk maka adzannya sah.

Asy Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadi‟y. Ada pula yang berpendapat bahwa yang lebih utama adalah mengikuti kaidah tajwid yaitu sekitar 6 harakat. Seorang muadzin hendaknya memperlambat bacaan adzan dan mempercepat bacaan iqamah. Asy Syaikh Rabi‟ bin Hadi dan sebagainya. Dan tidak ada ulama zaman ini yang mengingkari hal tersebut seperti Asy Syaikh Ibnu Baz. Jumhur ulama mengatakan sunnah bagi muadzin untuk meletakkan jari tangannya ke dalam dua lubang telinganya ketika adzan. Adzan yang semacam ini sah. Bukhari (598).Arah kiblat mempunyai keutamaan. Disunnahkan pula untuk adzan di tempat yang tinggi sesuai dengan hadits yang diriwayatkan dari seorang wanita Bani Najjar ia berkata: “Adalah rumahku paling tinggi di antara rumah-rumah yang berada di sekeliling masjid. Namun menghadap kiblat bukanlah syarat sahnya adzan. Meletakkan jari-jari di telinga ketika adzan.” (HR. Menengok ke kanan dan ke kiri ketika haya‟alatain. oleh karenanya kita dilarang untuk meludah ke arah kiblat waktu shalat sesuai dengan sabda Nabi shallallahu „alaihi wasallam: “Jika kalian dalam keadaan shalat maka janganlah kalian meludah ke arah kiblat. Asy Syaikh Ibnu Utsaimin. Dan hendaknya pula seorang muadzin benar-benar menguasai ilmu tajwid. Memperhatikan tajwid. 6. kini suara adzan bisa dikuatkan dengan mikrofon sehingga suara lebih keras dan menjangkau berbagai penjuru. Dia datang waktu sahur kemudian duduk di atas rumah untuk melihat fajar. Namun dengan kemajuan teknologi. 5. Para ulama berbeda pendapat. Dan waktu itu Bilal beradzan subuh.” (HR. . Abu Dawud (404) dari Thariq bin Abdillah Al Muhariby) Sehingga kaum muslimin hendaknya pun melakukan dzikir kepada Allah menghadap kiblat begitu pun tatkala menyerukan adzan yang merupakan syariat yang mulia. “Aku melihat Bilal adzan dan aku ikuti bibirnya ke arah sini dan ke arah situ dan jari tangannya berada di dalam kedua lubang telinganya. Abu Dawud 435) Tujuan adzan di tempat tinggi adalah agar suaranya bisa terdengar di segala penjuru. Menerapkan tajwid dalam adzan adalah kewajiban sebagaimana dalam bacaan Al Qur‟an. Salah satu cara agar suara adzan bisa keras dan bagus adalah dengan memasukkan jari ke lubang telinga. Muslim (777) dari Abu Juhaifah) 7. Kalau dia sudah melihat maka dia berjalan untuk beradzan. Ada yang menyatakan bahwa yang afdhal adalah 10 harakat atau 14 harakat. sehingga adzan tetap dinilai sah meskipun muadzin tidak menghadap arah kiblat. Adzan di tempat yang tinggi. Sesuai dengan sabda hadits berikut: Dari Abu Juhaifah ia berkata.” (HR. Wallahu a‟lam. Hanya saja ukuran panjang dari mad far‟i (Mad Ja‟iz Munfashil) pada bacaan adzan ada ketentuan tersendiri. 4.

“Tidak sepantasnya bagi muadzin setelah mengucapkan hayya‟alatain baru menengok. Demikian pula ketika salam dalam shalat. penerbit: Daarul Atsar. Ini tidak ada asalnya. Wallahu a‟lam bish-shawab. mulut. Bukhari Muslim dari Abu Juhaifah) Disebutkan oleh Asy-Syaikh Al-‟Utsaimin dalam Asy Syarhul Mumti‟. di antara mereka ada yang keringatnya sampai mata kaki. 21-23.com/2010/04/06/kriteria-seorang-muadzin/ Keutamaan Sang Muadzin 17:36 Galih Satriya Praptama Share .” (HR. mengucapkan ke kanan dan kiri hayya „alash shalah – hayya „alal falaah. b) Sebagian lagi mengatakan bahwa tatkala manusia berkeringat dan tergenang dalam keringatnya. Wallahu a‟lam.wordpress. pinggang. d) Sebagian lagi mengatakan bahwa para muadzin paling banyak mendapat pahala pada hari kiamat. dan 74-76] ____________________ [1] Para ulama berselisih paham dalam memaknakan lafazh “panjang lehernya”. e) Sebagian lagi mengatakan bahwa para muadzin termasuk golongan yang paling mulia kedudukannya di akhirat nanti. a) Sebagian ulama memaknai sesuai dhahirnya. [Diambil dengan diringkas dari buku "Adzan Keutamaan. c) Sebagian lagi mengatakan bahwa para muadzin paling banyak pengikutnya pada hari kiamat. https://fadhlihsan. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu „alaihi wasallam: “Saya berusaha mengikuti bibirnya. 49-59. bahkan sebagian lagi tenggelam dalam keringatnya. bahwa pada hari kiamat para muadzin lehernya paling panjang di antara makhluk Allah yang lain (secara hakiki). hal. 17-18. maka di saat itulah Allah selamatkan para muadzin dengan dipanjangkan lehernya sehingga mereka tidak ditimpa madlarat sedikitpun. Ketentuan dan 100 Kesalahannya" karya Al Ustadz Abu Hazim Muhsin bin Muhammad Bashori.Disunnahkan bagi muadzin ketika mengucapkan haya‟alatain untuk menengok ke kanan dan kiri tanpa diikuti badannya. Jika ia lupa menengok ke kanan atau ke kiri karema lupa atau tidak tahu hukumnya maka adzannya sah dan bagi yang sudah tahu hendaklah dia mengamalkannya.

Jika kamu sedang mengembala kambingmu atau berada di lembah. "Aku lihat kamu suka kambing dan lembah (pengenmbalaan). lalu kamu mengumandangkan adzan shalat. di antaranya : 1. bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jika panggilan shalat (adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil mengeluarkan kentut hingga ia tidak mendengar suara adzan. Dan bila iqamat dikumandangkan setan kembali berlari dan jika iqamat telah selesai dikumandangkan dia kembali lagi. lalu menyelinap masuk kepada hati seseorang seraya berkata. mereka akan lari terbirit-birit untuk menjauhinya Ibnu Bathol berkata : hadits yang menerangkan tentang larinya setan dari kumandang adzan merupakan peringatan agar kita tidak keluar dari masjid setelah muadzin mengumandangkan adzan agar tidak terjadi tasyabuh (kesamaan) dengan setan yang senantiasa lari di saat mendengar adzan. Demikianlah Alloh memberikan banyak keistimewaan kepada mereka sehingga mereka layak untuk mendapat kedudukan itu. 'Ingatlah ini dan itu'. Karena tidak ada yang mendengar suara mu'adzin." [HR Bukhori Muslim] dalam keterangan lain : Suara paling ditakuti setan adalah adzan.Bismillahirrahmanirrahim Anugerah bagi para muadzin Syaikh Muhammda Sholih Ustaimin demikian juga Imam Nawawi berpendapat bahwa kedudukan muadzin lebih tinggi daripada imam. maka keraskanlah suaramu. Mereka tidak ingin dijadikan saksi pada hari kiamat atas setiap kumandang adzan yang mereka dengar : Dari Abdurrahman bin Abdullah bin 'Abdurrahman bin Abu Sha'sha'ah Al Anshari Al Mazini dari Bapaknya bahwa ia mengabarkan kepadanya. Membuat setan ketakutan Dari Abu Hurairah. Apabila panggilan adzan telah selesai maka setan akan kembali. Dan terus saja dia melakukan godaan ini hingga seseorang tidak menyadari berapa rakaat yang sudah dia laksanakan dalam shalatnya. bahwa Abu Sa'id Al Khudri berkata kepadanya. baik . Kenapa setan melarikan diri ketika mendengar kumandang adzan ??? A.

Jika kamu sedang mengembala kambingmu atau berada di lembah. Karena tidak ada yang mendengar suara mu'adzin. "Aku mendengarnya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. 'Saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda. bahwa Abu Sa'id Al Khudri berkata kepadanya. 'Para mu'adzdzin adalah orang yang paling panjang lehernya (ungkapan bahwa mereka mulia di akhirat pent) pada hari kiamat' [HR Muslim] . jin atau apapun dia. "Aku mendengarnya dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Mendapat kesaksian dari seluruh makhluq pada hari kiamat Dari Abdurrahman bin Abdullah bin 'Abdurrahman bin Abu Sha'sha'ah Al Anshari Al Mazini dari Bapaknya bahwa ia mengabarkan kepadanya." Abu Sa'id berkata. baik manusia." Abu Sa'id berkata. jin atau apapun dia. maka keraskanlah suaramu. Ketakutan setan terhadap lafadz adzan Sehingga bila kita menemukan penampakan setan maka di anjurkan untuk mengumandangkan adzan sebagaimana sabda nabi shollallohu alaihi wasallam : Apabila hantu beraksi manakut-nakuti kamu." [HR Bukhori] B. maka serukanlah adzan [HR Ahmad] Sebegitu takutnya hingga dalam riwayat disebutkan ada setan yang melarikan diri dari Madinah sampai akhirnya mendapatkan tempat yang tidak terdengar adzan yaitu di Rouha’ yang jaraknya dari Madinah mencapai 36 mil Demikian takutnya hingga disebutkan dalam sebuah riwayat mereka lari sampai ke Rauha karena di sana tidak terdengar adzan padahal tempat itu berjarak 36 mil dari kota Madinah 2. Memiliki leher panjang pada hari kiamat Dari Mu'awiyah berkata.manusia. lalu kamu mengumandangkan adzan shalat. "Aku lihat kamu suka kambing dan lembah (pengenmbalaan)." [HR Bukhori] 3. kecuali akan menjadi saksi pada hari kiamat. kecuali akan menjadi saksi pada hari kiamat.

. Hayya 'alash sholah (2 kali) "Mari menunaikan salat" 5. Mendapat doa khusus dari rosululloh shollallohu alaihi wasallam Dari Abu Hurairah dia berkata. Dikumandangkan oleh seorang muadzin setiap salat 5 waktu.4.com/2011/04/keutamaan-sang-muadzin.1 Asal muasal adzan berdasar hadits o 1. Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah (2 kali) "Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah" 4. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Imam itu menjamin (bertanggung jawab terhadap shalat makmumnya). Mulanya..2 Asal muasal iqamah 2 Adab adzan 3 Menjawab azan 4 Pustaka 5 Catatan 6 Lihat pula [sunting] Sejarah adzan dan iqamah Adzan mulai disyariatkan pada tahun kedua Hijriah. berilah petunjuk kepada para imam dan ampunilah para muadzin [HR Ahmad.blogspot. Ashsalatu khairum minan naum (2 kali) "Shalat itu lebih baik daripada tidur" (hanya diucapkan dalam azan Subuh) 7.. Allahu Akbar. Lailaha ilallah (1 kali) "Tiada Tuhan selain Allah" Daftar isi [sembunyikan]       1 Sejarah adzan dan iqamah o 1. Lafadz adzan terdiri dari 7 bagian: 1. Allahu Akbar (1 kali) "Allah Maha Besar. Ya Allah. artinya: "Allah Maha Besar. Asyhadu alla ilaha illallah (2 kali) "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah" 3. Allah Maha Besar" 2. Allahu Akbar (2 kali). pada suatu hari Nabi Muhammad SAW mengumpulkan para sahabat untuk memusyawarahkan bagaimana cara .html Azan (ejaan KBBI) atau adzan (Arab: ‫ )ناذأ‬merupakan panggilan bagi umat Islam untuk memberitahu masuknya salat fardu. http://mukminofislam. sedangkan muadzin orang yang dipercaya. Allah Maha Besar" 8. Allahu Akbar. Abu Daud dan Tirmidzi] Wallahu a'lam bisshowab. Hayya 'alal falah (2 kali) "Mari meraih kemenangan" 6.

suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Kemudian saran ini agaknya bisa diterima oleh semua orang dan Nabi Muhammad SAW juga menyetujuinya. SAW. Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja. (KYP3095) Lantas. maka segera dinyalakan api pada tempat yang tinggi dimana orang-orang bisa dengan mudah melihat ketempat itu. SAW. dia diam sejenak. kami dapat memanggil kaum muslim untuk menunaikan salat." Orang itu berkata lagi. kemudian Nabi Muhammad. ada seorang sahabat yang menyarankan bahwa manakala waktu salat tiba. berkata. "Itu mimpi yang sebetulnya nyata. Apabila benderanya telah berkibar. atau setidak-tidaknya asapnya bisa dilihat orang walaupun ia berada ditempat yang jauh. "Maukah kau kuajari cara yang lebih baik?" Dan aku menjawab "Ya!" Lalu dia berkata lagi dan kali ini dengan suara yang amat lantang:        Allahu Akbar Allahu Akbar Asyhadu alla ilaha illallah Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah Hayya 'alash sholah (2 kali) Hayya 'alal falah (2 kali) Allahu Akbar Allahu Akbar La ilaha illallah Ketika esoknya aku bangun. [sunting] Asal muasal adzan berdasar hadits Lafal adzan tersebut diperoleh dari hadits tentang asal muasal adzan dan iqamah: Abu Dawud mengisahkan bahwa Abdullah bin Zaid berkata sebagai berikut: "Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk salat dimusyawarahkan. mimpi serupa dialami pula oleh Umar ia juga menceritakannya kepada Nabi Muhammad. hendaklah orang yang melihatnya memberitahu kepada umum. Ada yang mengusulkan supaya dikibarkan bendera sebagai tanda waktu salat telah masuk. Ada lagi yang mengusulkan supaya dibunyikan lonceng seperti yang biasa dilakukan oleh orang Nasrani. lalu berkata: "Kau katakan jika salat akan didirikan: ." Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal." Rupanya.memberitahu masuknya waktu salat dam mengajak orang ramai agar berkumpul ke masjid untuk melakukan salat berjamaah. aku menemui Nabi Muhammad. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. Di dalam musyawarah itu ada beberapa usulan. tetapi beliau menukar lafal itu dengan assalatu jami‟ah (marilah salat berjamaah).SAW. ada usul dari Umar bin Khattab jikalau ditunjuk seseorang yang bertindak sebagai pemanggil kaum Muslim untuk salat pada setiap masuknya waktu salat. "Bahwa dengan membunyikan lonceng itu. dan menceritakan perihal mimpi itu kepadanya." Untuk apa? Aku menjawabnya. Ada juga yang mengusulkan supaya ditiup trompet seperti yang biasa dilakukan oleh pemeluk agama Yahudi. [sunting] Asal muasal iqamah Setelah lelaki yang membawa lonceng itu melafalkan adzan. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu. Orang tersebut malah bertanya. Yang melihat api itu dinyalakan hendaklah datang menghadiri salat berjamaah. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Semua usulan yang diajukan itu ditolak oleh Nabi.

sungguh aku telah memimpikan apa yang dimimpikannya. Ibnu Jarud. dan yang lainnya. 6. ketika membaca hayya ‘ala as-salah muazin menghadapkan muka dan dadanya ke sebelah kanan dan ketika membaca hayya ‘ala al-falah menghadapkan muka dan dadanya ke sebelah kiri. al-Bukhari dalam Khalq Af'al al-Ibad. ad-Darimi (1187). muazin harus suci dari hadas besar. muazin menghadap ke arah kiblat ketika mengumandangkan azan. setelah selesai azan. Allahu Akbar La ilaha illallah Begitu subuh. 7. orang-orang yang mendengar azan hendaklah menyahutnya secara perlahan dengan lafal-lafal yang diucapkan oleh muazin. al-Baihaqi. aku mendatangi Rasulullah SAW kemudian kuberitahu beliau apa yang kumimpikan." HR Abu Dawud (499). at-Tirmidzi (189) secara ringkas tanpa cerita Abdullah bin Zaid tentang mimpinya. 8. . dan Takhrij al-Misykah (I: 650). Dia berkata: "Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar. an-Nawawi. Ibnu Majah (706). Kemudian dia keluar dengan selendangnya yang menjuntai." Kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Maka bagi Allah-lah segala puji. muazin memasukkan dua anak jarinya ke dalam kedua telinganya. muazin hendaknya tidak menerima upah dalam melakukan tugasnya. ati Muhammadan al-wasilah wa al-fadilah wab’ashu maqaman mahmuda allazi 5. Allahu Akbar Asyhadu alla ilaha illallah Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah Hayya 'alash sholah Hayya 'alal falah Qod qomatish sholah (2 kali). lalu aku ajarkan kepadanya dan dia yang berazan. artinya "Salat akan didirikan" Allahu Akbar. [sunting] Adab adzan Adapun adab melaksanakan azan menurut jumhur ulama ialah: 1. muazin dan yang mendengar azan hendaklah berdoa: Allahumma rabba hazihi ad-da’wah at-tammah wa as-salati al-qa’imah. dan najis. 4. adz-Dzahabi. suara muazin hendaknya nyaring.        Allahu Akbar. Shahih Abu Dawud (512). Ia berkata: Hal tersebut terdengar oleh Umar bin al-Khaththab ketika dia berada di rumahnya. Bangkitlah bersama Bilal dan ajarkanlah kepadanya apa yang kau mimpikan agar diadzankannya (diserukannya). muazin tidak boleh berbicara ketika mengumandangkan azan. insya Allah. 9." Ia berkata: Maka aku bangkit bersama Bilal. dan Ahmad (16043-redaksi di atas). Beliaupun bersabda: "Sesungguhnya itu adalah mimpi yang benar. kecuali pada kalimat hayya ‘ala as-salah dan hayya ‘ala al-falah yang keduanya disahut dengan la haula wa la quwwata illa bi Allah (tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah). At-Tirmidzi berkata: "Ini hadits hasan shahih". seperti al-Bukhari. 3. 2. Juga dishahihkan oleh jamaah imam ahli hadits. karena sesungguhnya suaranya lebih lantang darimu. hadas kecil. Demikian diutarakan al-Albani dalam al-Irwa (246). ad-Daruquthni.

Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve. kecuali apabila muazin mengucapkan "Hayya alash shalah". berikanlah kepada Muhammad karunia dan keutamaan serta kedudukan yang terpuji.[1] [sunting] Catatan 1. disunnahkan menjawabnya dengan lafazh "Shadaqta wa bararta wa ana 'ala dzalika minasy syahidin" yang artinya "Benarlah engkau dan baguslah ucapanmu dan saya termasuk orangorang yang menyaksikan kebenaran itu". Kejadian dalam hadits tersebut terjadi di Madinah pada tahun pertama Hijriah atau 622 M. ^ (Indonesia)Saiyid Sabiq. Do’a setelah Adzan Posted: 5 Juni 2011 in Uncategorized 2 Mungkin bagi kita seorang muslim tidak asing lagi dengan satu do`a ini. Bukhari]). yang telah Engkau janjikan untuknya [HR. dan "Ashsalatu khairum minan naum" {dalam azan Subuh). Fikih Sunnah 1. Alma'arif. Karena sejak kecil kita sudah diajarkan do`a ini oleh guru-guru TPA. Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. (KYP3095) [sunting] Menjawab azan Apabila kita mendengar suara azan. kalaupun tidak ada TPA biasanya pelajaran agama di SD juga disuruh menghafal. kita disunnahkan untuk menjawab azan tersebut sebagaimana yang diucapkan oleh muazin. Bandung. dan salat yang sedang didirikan. disunnahkan menjawabnya dengan lafazh "La haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim" yang artinya "Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah". 1974.wa’adtahu (Wahai Allah. Bila muazin mengucapkan "Hayya alash shalah" atau "Hayya alal falah". Di sini kembali kita ingat agar apa yang kita panjatkan bisa paham artinya apa. h. Dan bila muazin mengucapkan "Ashsalatu khairum minan naum" dalam azan Subuh. Berikut lafal adzan tersebut: . 197. PT. [sunting] Pustaka  Ensiklopedia Islam. "Hayya alal falah". Cetakan Pertama. Tuhan yang menguasai seruan yang sempurna ini. 1997.

Dan apa yang kitapanjtakan kita bener-bener paham sehingga bisa menghayati. 88. I. Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa tambahan itu tidak ditetapkan dalam hadits yang kuat dan haditsnya cacat. Dzat yang tidak akan mengubah janji.” * Mohon maaf. WASHOLAATIL QOOIMAH. Wab‟abtsul maqaamal mahmuudalladzii wa‟adtahu innaka laa tukhliful mii-aada. yang tidak akan diberikan selain kepada Nabi Shallallahu „alaihi wasallam) dan fadhilah kepada Muhammad. 410 dan lihat Fatawa Al-Lajnah. Di antara ulama ada yang berpendapat bahwa sanad hadits ini shahih dan kalimat itu dibaca pada doa setelah adzanserta tidak bertentangan dengan hadits selainnya. dan derajat yang tinggi. Di antara ulama yang berpendapat seperti ini dan yang menyahihkan hadits ini adalah Syaikh Abdul Aziz bin Baaz dan berkata bahwa sanad hadits ini adalah shahih yang ditakhrij oleh Al-Baihaqi dengan sanad shahih. VI. Sesungguhnya Engkau ya Allah.wordpress.364-365. Rabb Pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan.” Arti Doa Sesudah Adzan “Ya Allah. Rahimahullah.ALLOOHUMMA ROBBA HAADZIHIDDA‟ WATITTAMMAH. mestinya tidak boleh dihilangkan karena posisinya sebagai doa dan pujian. karena kebanyakan perawi hadits yang meriwayatkan hadits ini tidak mencantumkan kalimat itu. Tuhan yang memiliki panggilan yang sempurna dan shalat yang didirikan. untuk teks / tulisan Arab untuk saat ini belum bisa ditampilkan. maka tidak boleh kalimat itu dihilangkan karena itu digunakan untuk beribadah.com Doa berikut ini dibaca setelah kita mendengar adzan berkumandang. kemuliaan. X.Ditakhrij oleh Al-Baihaqi dalam As-Sunan.” mengenai tambahan do`a di akhir yaitu “Innaka Laa Tukhlifu Al-Mi‟aad” ada khilafiyah di antara ulama.http://edymas. dan Fatawa Samahatuhu. Tapi insya'allah tulisan bacaan di atas sudah sesuai dengan bacaan bahasa Arab-nya. keutamaan. Allahu`alam bishshowab. AATI MUHAMMADA NILWASIILAH. Berilah Al-Wasilah (derajat di Surga. WAL FADHIILATA WAB‟ATSHU MAQOOMAM MAHMUUDANILLADZII WA‟ADTAH(Innaka Laa Tukhlifu Al-Mi‟aad) artinya:”Ya Allah. Karuniakanlah kepada junjungan kami Nabi Muhammad wasilah. Dan bangkitkan beliau sehingga bisa menempati maqam terpuji yang telah Engkau janjikan. termasuk . Bacaan Doa Sesudah Adzan “Allaahumma rabba haadzihid da‟watid taammati. [Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji]. Aati Muhammadanil wassilata wal fadhilah Wasy syarafa waddarajatal‟Aaliyatar rafii‟ata. Jika itu bagian dari doa dan pujian. wash shalaatil qaa imati. Seandainya kalimat itu bagian dari doa. Semoga bisa menjadi pengingat kita kembali tentang do`a yang penting tersebut. Dan angkatlah ia ke tempat yang terpuji sebagaimana telah Engkau janjikan.

atau setidak-tidaknya asapnya bisa dilihat orang walaupun ia berada ditempat yang jauh. Semua usulan yang diajukan itu ditolak oleh Nabi. Di dalam musyawarah itu ada beberapa usulan. maka segera dinyalakan api pada tempat yang tinggi dimana orang-orang bisa dengan mudah melihat ketempat itu. artinya: " Allah Maha Besar. Allahu Akbar (1 kali) " Allah Maha Besar. Dikumandangkan oleh seorang muadzin setiap salat 5 waktu.com/doa-sesudah-adzan. Kemudian saran ini agaknya bisa diterima oleh semua orang dan Nabi Muhammad SAW juga menyetujuinya. pada suatu hari Nabi Muhammad SAW mengumpulkan para sahabat untuk memusyawarahkan bagaimana cara memberitahu masuknya waktu salat dam mengajak orang ramai agar berkumpul ke masjid untuk melakukan salat berjamaah. Mulanya. harap disampaikan pada form komentar di bawah. hendaklah orang yang melihatnya memberitahu kepada umum. Apabila benderanya telah berkibar. Ada lagi yang mengusulkan supaya dibunyikan lonceng seperti yang biasa dilakukan oleh orang Nasrani. Allah Maha Besar" Asyhadu alla ilaha illallah (2 kali) "Aku bersaksi bahwa tiada sesembahan selain Allah" Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah (2 kali) "Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasul Allah" Hayya 'alash sholah (2 kali) "Mari menunaikan salat" Hayya 'alal falah (2 kali) "Mari meraih kemenangan" Ashsalatu khairum minan naum (2 kali) "Shalat itu lebih baik daripada tidur" (hanya diucapkan dalam azan Subuh) Allahu Akbar. tetapi beliau menukar lafal itu dengan assalatu jami'ah (marilah salat berjamaah). Allahu Akbar (2 kali). Allah Maha Besar" Lailaha ilallah (1 kali) "Tiada sesembahan selain Allah" Sejarah adzan dan iqamah Adzan mulai disyariatkan pada tahun kedua Hijriah. . (KYP3095) Lantas. ada seorang sahabat yang menyarankan bahwa manakala waktu salat tiba. Apabila ada kesalahan. http://kumpulandoa. Yang melihat api itu dinyalakan hendaklah datang menghadiri salat berjamaah. Lafadz adzan terdiri dari 7 bagian: Allahu Akbar. ada usul dari Umar bin Khattab jikalau ditunjuk seseorang yang bertindak sebagai pemanggil kaum Muslim untuk salat pada setiap masuknya waktu salat. Ada yang mengusulkan supaya dikibarkan bendera sebagai tanda waktu salat telah masuk. Ada juga yang mengusulkan supaya ditiup trompet seperti yang biasa dilakukan oleh pemeluk agama Yahudi.panjang pendek dan tajwid-nya.htm Tata Cara Adzan Dan Sejarahnya Azan merupakan panggilan bagi umat Islam untuk memberitahu masuknya salat fardu.

lalu berkata: "Kau katakan jika salat akan didirikan: Allahu Akbar. mimpi serupa dialami pula oleh Umar ia juga menceritakannya kepada Nabi Muhammad. "Itu mimpi yang sebetulnya nyata. Asal muasal iqamah Setelah lelaki yang membawa lonceng itu melafalkan adzan. "Bahwa dengan membunyikan lonceng itu. kami dapat memanggil kaum muslim untuk menunaikan salat. kemudian Nabi Muhammad. berkata. suatu malam dalam tidurku aku bermimpi. Aku dekati orang itu dan bertanya kepadanya apakah ia ada maksud hendak menjual lonceng itu." Rupanya.SAW. Berdirilah disamping Bilal dan ajarilah dia bagaimana mengucapkan kalimat itu. Orang tersebut malah bertanya. Dia harus mengumandangkan adzan seperti itu dan dia memiliki suara yang amat lantang. Allahu Akbar Asyhadu alla ilaha illallah Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah Hayya 'alash sholah Hayya 'alal falah Qod qomatish sholah (2 kali).Asal muasal adzan berdasar hadits Lafal adzan tersebut diperoleh dari hadits tentang asal muasal adzan dan iqamah: Abu Dawud mengisahkan bahwa Abdullah bin Zaid berkata sebagai berikut: "Ketika cara memanggil kaum muslimin untuk salat dimusyawarahkan. aku menemui Nabi Muhammad. "Maukah kau kuajari cara yang lebih baik?" Dan aku menjawab "Ya!" Lalu dia berkata lagi dan kali ini dengan suara yang amat lantang: Allahu Akbar Allahu Akbar Asyhadu alla ilaha illallah Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah Hayya 'alash sholah (2 kali) Hayya 'alal falah (2 kali) Allahu Akbar Allahu Akbar La ilaha illallah Ketika esoknya aku bangun. Aku melihat ada seseorang sedang menenteng sebuah lonceng. dan menceritakan perihal mimpi itu kepadanya. dia diam sejenak. Jika memang begitu aku memintanya untuk menjual kepadaku saja. SAW. SAW." Orang itu berkata lagi." Untuk apa? Aku menjawabnya." Lalu akupun melakukan hal itu bersama Bilal. artinya "Salat akan didirikan" .

insya Allah. Juga dishahihkan oleh jamaah imam ahli hadits." Ia berkata: Maka aku bangkit bersama Bilal. Adab adzan Adapun adab melaksanakan azan menurut jumhur ulama ialah: muazin hendaknya tidak menerima upah dalam melakukan tugasnya. al-Bukhari dalam Khalq Af'al al-Ibad. dan najis. muazin harus suci dari hadas besar. setelah selesai azan. Demikian diutarakan al. muazin dan yang mendengar azan hendaklah berdoa: Allaahumma rabba haazihid da'watit taammah wassalatil qaa'imah. lalu aku ajarkan kepadanya dan dia yang berazan. Bangkitlah bersama Bilal dan ajarkanlah kepadanya apa yang kau mimpikan agar diadzankannya (diserukannya). ketika membaca hayya 'ala as. Ibnu Jarud.falah menghadapkan muka dan dadanya ke sebelah kiri.Allahu Akbar. Ia berkata: Hal tersebut terdengar oleh Umar bin al.Dzahabi.salah muazin menghadapkan muka dan dadanya ke sebelah kanan dan ketika membaca hayya 'ala al. Allahu Akbar La ilaha illallah Begitu subuh. at-Tirmidzi (189) secara ringkas tanpa cerita Abdullah bin Zaid tentang mimpinya. an-Nawawi. aku mendatangi Rasulullah SAW kemudian kuberitahu beliau apa yang kumimpikan. dan Takhrij al. dan yang lainnya. karena sesungguhnya suaranya lebih lantang darimu. kecuali pada kalimat hayya 'ala as-salah dan hayya 'ala alfalah yang keduanya disahut dengan la haula wa la quwwata illa bi Allah (tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah). ad-Darimi (1187).Daruquthni. Ibnu Majah (706).Albani dalam al-Irwa (246). Kemudian dia keluar dengan selendangnya yang menjuntai. Shahih Abu Dawud (512).Misykah (I: 650). adz. At-Tirmidzi berkata: "Ini hadits hasan shahih"." HR Abu Dawud (499). al-Baihaqi. suara muazin hendaknya nyaring. orang-orang yang mendengar azan hendaklah menyahutnya secara perlahan dengan lafallafal yang diucapkan oleh muazin. muazin menghadap ke arah kiblat ketika mengumandangkan azan. Dia berkata: "Demi Dzat yang telah mengutusmu dengan benar. dan Ahmad (16043-redaksi di atas). ad.Khaththab ketika dia berada di rumahnya. Beliaupun bersabda: "Sesungguhnya itu adalah mimpi yang benar. sungguh aku telah memimpikan apa yang dimimpikannya. aati sayyidana . muazin memasukkan dua anak jarinya ke dalam kedua telinganya." Kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Maka bagi Allah-lah segala puji. seperti al-Bukhari. muazin tidak boleh berbicara ketika mengumandangkan azan. hadas kecil.

Fikih Sunnah 1. "Hayya alal falah". Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. h. kita disunnahkan untuk menjawab azan tersebut sebagaimana yang diucapkan oleh muazin. Menjawab azan Apabila kita mendengar suara azan. Dan bila muazin mengucapkan "Ashsalatu khairum minan naum" dalam azan Subuh.Muhammadanil wasilata wal fadilah wassarafa waddarajatal aaliatar rafii'ah wab'as hul maqaa mal mahmudal lazii wa'ad tah innaka laa tukh liful mii'aad download do'a. PT. 197. disunnahkan menjawabnya dengan lafazh "La haula wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim" yang artinya "Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah". dan "Ashsalatu khairum minan naum" {dalam azan Subuh). Cetakan Pertama. Kejadian dalam hadits tersebut terjadi di Madinah pada tahun pertama Hijriah atau 622 M. disunnahkan menjawabnya dengan lafazh "Shadaqta wa bararta wa ana 'ala dzalika minasy syahidin" yang artinya "Benarlah engkau dan baguslah ucapanmu dan saya termasuk orang-orang yang menyaksikan kebenaran itu". kecuali apabila muazin mengucapkan "Hayya alash shalah". 1974.[1] Catatan [1] ^ (Indonesia)Saiyid Sabiq. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve. 1997. Alma'arif. Pustaka  Ensiklopedia Islam. Bila muazin mengucapkan "Hayya alash shalah" atau "Hayya alal falah". . Bandung.

s." (QS. ya Tuhan kami perkenankanlah doaku. H�d ayat 48). Nabi Nuh a. karena dia tidak shalih dan beriman kepada Allah. .(H�d ayat 46). Setelah diperingatkan Allah. aman dan anak turunannaya diselematkan dari menyembah berhala. Penjelasan: Doa diatas baik sekali dibaca dalam berbagai kesempatan.. niscaya aku akan termasuk golongan orang-orang yang merugi." (QS. Nabi Nuh a..s. (QS." (QS. jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. dan Engkau sendiri berjanji akan menyelamatkan keluargaku dan menenggelamkan kaumku.. Padahal yang akan diselamatkan dari banjir besar adalah mereka-mereka yang beriman kepada Allah. Lebih detail tentang kisah nabi ibrahim bisa dilihat dalam Al-Ouran Surah Ib�h�m ayat 35-42. posted by Faisal @ 1:56:00 PM 0 comments go to the top Do'a Keluarga Maslahah Artinya: "Ya Tuhanku.. Dalam Al-Quran dikisahkan. bahwa doa tersebut dibaca oleh Nabi Ibrahim a. Kemudian Allah memberikan jawaban: "bahwa dia (Kan'an) bukan termasuk keluargamu yang dijanjikan akan diselamatkan. agar diri kita dan keluarga kita serta turunan kita senantiasa taat dan rajin beribadah kepada Allah Swt. Ya Tuhan kami berikanlah ampunan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). berdoa dengan lafazh doa diatas. Dan sekiranya Engkau tidak memberi ampunan serta tidak menaruh belas kasihan kepadaku. H�d ayat 45). perotes kepada Allah Swt. Ibr�h�m: 41-42). H�d: 47).Do'a Mohon Perlindungan Artinya: "Ya Tuhanku. "kenapa anaknya (kan'an) ikut dihancurkan padahal dia adalah bagian dari keluargaku. yaitu ketika kaumnya termasuk anaknya (kan'an) ikut dihancurkan oleh Allah Swt. khususnya ibadah shalat yang telah diwajibkan.s. Kemudian Allah mengabulkan doanya. ketika ia baru saja memohon agar kota Mekkah dijadikan kota tentram. sungguh aku berlindung kepada-Mu dari memohon sesuatu yang aku tidak mengetahui hakikatnya. Penjelasan: Doa ini merupakan doanya Nabi Nuh a. melalui banjir besar.s.

Dan Allah Swt. Penjelasan: Doa diatas baik sekali dibaca oleh para pejuang muda yang menegakkan agama Allah agar mendapatkan keberhasilan dan kesuksesan. Dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong. Al-Kahfi: 10). Doa ini dibaca oleh mereka ketika akan masuk gua sebagai persembunyiannya untuk menyelamatkan agama yang hak. yakni sekelompok pemuda yang beriman kepada Allah Swt. Demikian Al-Qurthubi menjelaskan dalam tafsirnya. berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini. mengabulkan doa mereka Kisah Ashh�bu al-Kahfi dapat dibaca dalam Surah Al-Kahfi dari ayat 9-26. Karena doa tersebut adalah doa yang dibaca pemuda Ashh�b al-Kahfi." (QS. posted by Faisal @ 1:49:00 PM 1 comments go to the top Do'a Mohon diberi Kemudahan Artinya: "Ya Tuhan kami.posted by Faisal @ 1:52:00 PM 3 comments go to the top Do'a Mohon Tempat yang Baik Artinya: "Ya Tuhanku. Penjelasan: Doa di atas dibaca bukan hanya dikhususkan ketika kita akan pergi. hingga mendapatkan petunjuk yang sempurna dari sisi-Nya. memohon agar ditempatkan pada tempat yang layak setelah meninggal." (Al-Isr�': 80). posted by Faisal @ 1:47:00 PM 8 comments go to the top . Doa di atas dibaca agar kita mendapatkan pemimpin yang jujur dan bijaksana. Tetapi dalam berbagai keadaan yang sering kali berubah sangat dianjurkan untuk dibacanya seperti akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih pemimpin. agama yang mereka pegangi dari fitnah-fitnah dan orang-orang zhalim. masukkanlah aku secara masuk yang benar. Baik juga doa di atas dibaca ketika kita akan meninggalkan tempat yang kita huni (dunia). dan keluarkanlah pula aku secara keluar yang benar.

posted by Faisal @ 9:00:00 AM 7 comments go to the top . janganlah Engkau membiarkan aku hidupku seorang diri. mudahkanlah segala urusanku. 38-41.Do'a Kelapangan hati Artinya: "Ya Tuhan.s. dan penguasa. Ali-'Imron. Ali 'Imron: 38). berilah aku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Kedua ayat diatas merupakan doanya Nabi Zakariya a." (QS. kelompok. Al-Anbiyai': 89)." (QS. kemudahan dalam berdakwah. Penjelasan: Doa di atas baik sekali dibaca oleh orang-orang yang belum mempunyai keturunan dan pasangan hidup..s. dan Engkaulah pewaris yang paling baik. agar diberi keturunan sebagai pelenjut perjuangannya menegakkan agama Allah. ketika mendapat perintah dari Allah Swt. Artinya: "Ya Tuhanku. Doa ini pula yang sering dibaca oleh para mubaligh." (QS. bahwa doa tersebut dibaca oleh Nabi Musa a. bisa dilihat dalam Al-Quran Surah Al-kahfi dari ayat 24-36.s. 89-90. mengabulkan permintaan Nabi Musa a. Kisah Nabi Zakaria bisa dilihat dalam AlOur'an Surah Al-Anbiya' ayat. dan lepaskanlah kekakuan lidahku. Dan akhirnya Allah Swt. Thaha: 27) Penjelasan: Doa di atas balk sekali dibaca ketika menghadapi kezhaliman seseorang. lapangkanlah dadaku. Al-Quran mengisahkan. agar menyampaikan risalah kepada Fir'aun. Juga dibaca agar mendapatkan kelancaran. Juga baik sekali dibaca oleh setiap muslim agar diberi keturunan yang shalih. agar mereka mengerti perkataanku. Sungguh Engkau Maha Pendengar doa. posted by Faisal @ 1:45:00 PM 0 comments go to the top Do'a Mohon Jodoh dan Keturunan yang Baik Artinya: "Ya Tuhanku.

Do'a Mohon Terlepas dari Musibah Artinya: "Ya Tuhanku. Al-Mukmin�n ayat 93-94)." (QS.com/ DO‟A ARWAH ILA HADRATIN NABIYIL MUSTAFA RASULULLAHI SAW WA ALA ALIHI WASOHBIHI WAZURIYATIHI SAI UL LILLAHUMUL. (QS. jauhkanlah adzab Jahanam dari kami.blogspot. Dan doa diatas merupakan perintah Allah agar kita memperbanyak membacanya ketika terjadi musibah. posted by Faisal @ 8:57:00 AM 2 comments go to the top Do'a Mohon Kemuliaan Artinya: "Ya Tuhan kami. Al-Furq�n: 74). Mereka senantiasa berpegang teguh pada etika Islam. beramal shalih. bahwa doa tersebut dibaca oleh orang-orang yang senantiasa memuji dan menyucikannya. aku berlindung kepada-Mu dari bisikan-bisikan setan." (OS. http://doa-doa. ( AL – FATIHAH ) SUMMA ILA ARWAH MIN JAMI‟IL AHLIL KUBUR . dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa. Penjelasan: Dalam Al-Quran dikisahkan. Penjelasan: Doa di atas dibaca dalam berbagai keadaan agar selamat dari tipu daya syathan. Dan aku berlindung pula kepada-Mu. anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati. memperbanyak dzikir dan doa dalam segala kesempatan. Sungguh 'adzab itu adalah kebinasaan yang kekal. Al-Furq�n: 65). AlMukmin�n: 97-98)." (QS. baik dalam beramal maupun dalam pergaulan. Artinya: "Ya Tuhan kami. ya Tuhan kami dari kedatangan mereka kepadaku.

FALAG 4. BISMILLAHIRRAHMANIRROHIM ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN. AL – IKHLAS ( 3 X ) 3. AL. WATUBALLGHUNA BIHA AQSOL KHOIRAT MIN JAMI‟IL KHOIRAT FIL HAYATI WABA‟ DAL MAMAT. AL. AL. WA ALA ALIHI WASOHBIHI TASLIMAN KASIRA BIRAHMATIKA YA ARRAHAMARROHIMIN. WATARFA UNA BIHA INDAKA A‟LADDARAJAT. WASAWABAM MISLASAWABI ZALIKA LI ARWAHI MIN IBADIKAS SHOLIHIN. WASAWABAM MISLASAWABI ZALIKA LI ARWAHI ASHABI RASULILLAHI AJMA‟IN. YA RABBANA LAKALHAMDU KAMA YANBAGHI LIJALALI WAJHIKAL KARIMI AZIMI SULTHONIK. WATAQDILANA BIHA MIN JAMI‟IL HAJAT WATUTAHHIRUNA BIHA MIN JAMI‟IL SAI‟ AT.MINAL MUSLIMINA WAL MUSLIMAT WALMUKMINI NA WAL MUKMINAT KHUSUSAN ILA ARWAH MIN UMAT MUHAMMAD ( Sebut nama Arwahnya beserta Binti ) SAIUL LILLAHUMUL ( AL – FATIHAH ) 1.FATIHAH 6.FATIHAH 2. HAMDAN SAKIRIN WAYUKAFI MAZIDAH.NAAS 5. WASAWABAM MISLASAWABI ZALIKA LI ARWAHI HAZIHIL AHLIL KUBUR ………………… . DO‟A ARWAH ALLAHUMMA QARAKNA WAMA HALALNA HADIYATAL LIRUHI MUSTAFA RASULULLLAHI SAW WASAWABAM MISLASAWABI ZALIKA LI ARWAHI ANBIYA IWAL MURSALIN. SOLATAN TUN JINA BIHA MIN JAMI‟IL AHWALI WAL AFAT. AN. ALLAHUMMA SALLI ALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMAD. ALIF LAM MIM ALLAHUMMA SALLI WA SALIM ALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMAD SAIDIL AWALIN WAL AKHIRIN SALLIM WASSALLIM WARODIYAALLAHU TABAROKA WATA ALA ANKULLI SOHABATINA RASULILLAHI AJAMAIN.

ALLAHUMMA RABBANA TAQABBAL MINNA INNAKA ANTAS SAMI „UL ALIM WAMINZURRIYATINA UMMATAN MUSLIMATALAK WA ARINA MANA SIKANA . BIRAHMATIKA YA ARRAHAMARROHIMIN. IRJI‟I ILA RABBIKI MARDIYATAM MARDIYAH FADKHULI FI IBADI WAD KHULI JANNATI. WALI JAMI‟IL MUSLIMINA WAL MUSLIMAT WALMUKMINI NA WAL MUKMINAT. ALLAHUMMA FIRLI ZUNUBI WALIWALI DAIYA WARHAMHUMA KAMA RABBAYANI SAGHIRO. RABBANA ATINA FIDDUNYA HASANAH WAFIL AKHIRATI HASANAH WAQINA AZABANNAR. BIRAHMATIKA YA ARRAHAMARROHIMIN. ALLAHUMMA FIRLAHA WARHAMHA WA‟AFIHI WA‟ FU ANHA WAJANNATA MA‟A SIWAHA ALLAHUMMA FIRLAHU WARHAMHU WA‟AFIHI WA‟ FU ANHU WAJANNATA MA‟A SIWAHU ALLAHUMMA FIRLAHUM WARHAMHUM WA‟AFIHI WA‟ FU ANHUM WAJANNATA WASIWAHUM RABBANA FIRLANA WALI IKHWA NINAL LAZI NA SABAQUNABIL IMAN WALA TAJ „AL FI QULUBINA KHILAL LAZI NA AMANU RABBANA INNAKA RO UFURROHIM. AMIN YA ALLAH ( 3 X ) YA RAHMAN ( 3 X ) YA RAHIM ( 3 X )YA ARHAMARROHIMIN.MINAL MUSLIMINA WAL MUSLIMAT WALMUKMINI NA WAL MUKMINAT WARHAMHUM MIN KASSALIMA. YA AI YA TUHAN NAFSUL MUTMAINNAH. WASALLAHUALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMMAD SUBHANA RABBIKA RABBIL IZZATI AMMA YASIFUN WASSALAMUN ALAL MURSALIN WAL HAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN ( AL – FATIHAH ) DO‟A KEDUA AMIN. AMIN.

AL. . AL – IKHLAS 3. WATARFA UNA BIHA INDAKA A‟LADDARAJAT. WATAQDILANA BIHA MIN JAMI‟IL HAJAT WATUTAHHIRUNA BIHA MIN JAMI‟IL SAI‟ AT.FATIHAH 2. ALLAHUMMA SALLI ALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMAD. ( AL – FATIHAH ) SELAMAT SUMMA ILA HAJAT AHLIL BAIT ( AL – FATIHAH ) 1. AL. HAMDAN SAKIRIN WAYUKAFI MAZIDAH. ALIF LAM MIM ALLAHUMMA SALLI WA SALIM ALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMAD SAIDIL AWALIN WAL AKHIRIN SALLIM WASSALLIM WARODIYAALLAHU TABAROKA WATA ALA ANKULLI SOHABATINA RASULILLAHI AJAMAIN. DO‟A SELAMAT ILA HADRATIN NABIYIL MUSTAFA RASULULLAHI SAW WA ALA ALIHI WASOHBIHI WAZURIYATIHI SAI UL LILLAHUMUL.FALAG 4. AN. YA RABBANA LAKALHAMDU KAMA YANBAGHI LIJALALI WAJHIKAL KARIMI AZIMI SULTHONIK. SOLATAN TUN JINA BIHA MIN JAMI‟IL AHWALIL WAL AFAT. BISMILLAHIRRAHMANIRROHIM ALHAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN.WATUB ALAINA INNAKA ANTAT TAUWABURRAHIM. DA‟ WA HUMFIHA SUBHANAKALLAHUMMA WATAH YATUHUM FIHA SALAM WA AKHIRU DA‟ WA HUM ANIL HAMDULILLAHIRABBIL ALAMIN. WASALLAHUALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMMAD. AL.FATIHAH 6.NAAS 5.

BIRAHMATIKA YA ARRAHAMARROHIMIN ALLAHUMMAF TAHLANA ABWABAL BAROKAT. RABBANA ZOLAMNA ANFUSANA WA ILLAM TAGHFIRLANA WATARHAMNA LANAKUNNA MINAL KHOSIRIN. WA ALA ALIHI WASOHBIHI TASLIMAN KASIRA BIRAHMATIKA YA ARRAHAMARROHIMIN. WA ABWABAL NIKMAT. BIRAHMATIKA YA ARRAHAMARROHIMIN. RABBANA ATINA FIDDUNYA HASANAH WAFIL AKHIRATI HASANAH WAQINA AZABANNAR. WALI JAMI‟IL MUSLIMINA WAL MUSLIMAT WALMUKMINI NA WAL MUKMINAT.WATUBALLGHUNA BIHA AQSOL KHOIRAT MIN JAMI‟IL KAHOIRAT FIL HAYATI WABA‟ DAL MAMAT. DO‟A SELAMAT ALLAHUMMA INNA NAS ALUKA SALAMATAN FIDDINA WA AFIYATAN FIL JASADINA WAZIYADATAN FIL ILMINA WABARAKATAN FI RIZKINA WATAUBATAN QABLAL MAUT WARAHMATAN INDALMAUT. WANNA JATA MINANNARI WAL AFWA INDAL HISAB. WA ABWABAL JANNAH. WA ABWABAL RIQKI. WA ABWABAL AFIAT. WA ABWABAL SIHAT. WAMAGH FIRATAN BA‟DAL MAUT. WA ABWABAL SALAMAT. WA ABWABAL KUAT. RABBANA FIRLANA WALI IKHWA NINAL LAZI NA SABAQUNABIL IMAN WALA TAJ „AL FI QULUBINA KHILAL LAZI NA AMANU RABBANA INNAKA RO UFURROHIM. WASALLAHUALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMMAD SUBHANA RABBIKA RABBIL IZZATI AMMA YASIFUN WASSALAMUN ALAL MURSALIN WAL HAMDULILLAHI RABBIL ALAMIN ( AL – FATIHAH ) . ALLAHUMMA FIRLI ZUNUBI WALIWALI DAIYA WARHAMHUMA KAMA RABBAYANI SAGHIRO. ALLAHUMMA HAUWIN ALAINA FISAKARATIL MAUT.

Utamanya. Perhatikan maknanya. insya-Allaah *dikutip dari Bonus Majalah alKisah Edisi 10/2009 – Doa Para Sufi* Bagian Satu . AMIN. Raih ijabahnya. AMIN YA ALLAH ( 3 X ) YA RAHMAN ( 3 X ) YA RAHIM ( 3 X )YA ARHAMARROHIMIN.DO‟A KEDUA AMIN. ALLAHUMMA BIHAQIL FATIHAH WASIRIL FATIHAH YA FARIJAL GHAM YA KASIFAL GHAM YA MAN LI IBADIHI YAGHFIRU WAYADA FI‟A BALA YA ALLAH WAYADA FI‟A BALA YA RAHMAN WAYADA FI‟A BALA YA RAHIM ALLAHUMMA RABBANA TAQABBAL MINNA INNAKA ANTAS SAMI „UL ALIM WAMINZURRIYATINA UMMATAN MUSLIMATALAK WA ARINA MANA SIKANA WATUB ALAINA INNAKA ANTAT TAUWABURRAHIM. pada pujian-pujian kehadirat Allaah Ta‟aala yang kebetulan sedang berjodoh dengan masalah Anda sebagai solusinya. hunjamkan dalam qalbu tepat saat lisan Anda mengucapkannya. DA‟ WA HUMFIHA SUBHANAKALLAHUMMA WATAH YATUHUM FIHA SALAM WA AKHIRU DA‟ WA HUM ANIL HAMDULILLAHIRABBIL ALAMIN. WASALLAHUALA SAIDINA MUHAMMAD WA ALA ALI SAIDINA MUHAMMMAD. Doa Hasan al-Bishri – Pembuka Doa untuk Mencapai Ijabah Posted on 12 Oktober 2011 Gunakan kalimat-kalimat pujian kepada Allaah Ta‟aala di bawah ini sebagai pembuka doa Anda.

.Wahai Dzat yang menahan tangan Ibrahim dari menyembelih anaknya. Wahai Dzat yang menyayangi Daud. Wahai Dzat yang mendatangkan kafilah bagi Yusuf di negeri yang tandus dan menjadikannya seorang nabi dan raja setelah sebelumnya menjadi budak. dan kegelapan berada dalam perut ikan. kegelapan malam. Wahai Dzat yang mendengar bisikan Dzun Nun (Nabi Yunus) yang berada dalam tiga kegelapan: kegelapan dasar laut. Wahai Dzat yang menghilangkan kesedihan Nabi Ya‟qub.

Wahai Dzat yang melepaskan kesulitan Nabi Ayyub. dan aku memohon kepada-Mu agar Engkau memperbuat terhadapku (… sebutkan hajat dan kebutuhan …) Bagian Dua Wahai Dzat yang senantiasa melimpahkan nikmat. . Wahai Dzat yang menghilangkan kedukaan orang-orang yang sedang bersedih Limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarganya. Wahai Dzat yang menyingkirkan tindakan (berupa ganjaran buruk bagi mereka yang melanggar perintah-Nya). Wahai Dzat yang menolakkan kezhaliman Wahai Dzat yang paling adil diantara yang menetapkan ketentuan. Wahai Dzat yang mengabulkandoa orang-orang yang sedang berada dalam keadaan terdesak. Wahai Dzat yang senantiasa melepaskan kesulitan.

http://adyutawardhana. 13:16 WIB. Amin..wordpress.. aku posting aja di sini :D . Ndalem Blunyah.Wahai Dzat yang akan memperhitungkan orang yang berbuat zhalim. Biar gak lupa-lupa lagi. Wahai Dzat yang Maha-akhir tanpa penghabisan. ____ Selamat mencapai puncak kenikmatan seorang hamba yang berdoa. Ahmad Rahma Wardhana.com/2011/10/12/doa-hasan-al-bishri-pembuka-doauntuk-mencapai-ijabah/ Doa keselamatan 21:58 | Author: Yeni Anistyasari Tadi subuh aku dapat SMS potongan doa.. Berikanlah aku keterbukaan dan jalan keluar dalam urusanku. yakni doa yang bukan hanya sebatas gerak lidah dan bibir namun juga mampu mencapai dalamnya jiwa serta mampu bertransformasi menjadi optimisme dalam amal perbuatan...eh ternyata potongan doa selamat.setelah kupikir-pikir. Wahai Dzat yang Maha-awal tanpa pendahuluan.. 12 Oktober 2011.

and repentance before death. dan mendapat maaf ketika dihisab. and fortune blessed. buka mata –> lingkaran satu terlepas baca doa bangun tidur –> lingkaram kedua kelepas duduk –> lingkaran ketiga kelepas berdiri –> lingkaran keempat kelepas ambil wudhu deh –>lingkaran setan males totally kelepas tapi koq ya susah ya ngimplementasiinnya…ckckckck . 5. dan kesehatan jasmani. 4. dan lepaskanlah kami dari api neraka. dan rahmat ketika mati. dan rezeki yang barokah . Kalo diinggriskan kurang lebih kayak gini Ya Allah. we pray to You Religious safety.. and forgiveness after death. and physical health.bilang aja kamu males haduh… gimana ya caranya ngilangin males padahal dah dikasih tw langkah2 ngusir setan males: 1. and give us sorry when brought to account. Dan tambahan ilmu . O Allah make it easy when we were at death's door. and grace when dead. dan taubat sebelum mati . dan ampunan sesudah mati.Allahumma inna nas‟aluka salamatan fid diini Wa „afiyatan fil jasadi Wa ziyaadatan fil „ilmi Wa barakatan fir rizqi Wa taubatan qablal mauti Wa rahmatan „indal mauti Wa maghfiratan ba‟dal mauti Allahumma hawwin „alainaa fii sakaraatil mauti Wannajaata minan naari Wal „afwa „indal hisaab Artinya: Ya Allah sesungguhnya kami mohon kepadaMu keselamatan Agama. and save us from fires of hell. 2. 2010 by ceria89 hmmm… kamu males banget sih lin…seharian tidur pake alesan ga enak badan segala. and additional knowledge. Ya Allah mudahkanlah kami pada saat sakaratul maut. 21 agustus 2010 Posted on August 22. 3.

Ya Allah. Posted in Uncategorized | Leave a comment my first post Posted on August 18. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah...koq ya kamu pinter bgt sih goda manusia… nah lho koq nyalahin setan. keluarganya dan sahabatnya.setan…setan. 3. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menyesatkannya. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diriku dan keburukan amalku. aku mengesakanNya dan tidak mempersekutukanNya.tekadkan diri JANGAN MALES !!! BISMILLAH….. 2.ndok…ndok…ckckckck malai sekarang. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan rosulNya..” ya itulah awal dari tulisan pertamaku sekaligus PR buatku untuk menghafalnya…ayo lin semangaaaaaaaat!!! bismillahirrahmanirrahiim…. di tulisan pertamaku ini. dan mohon ampun kepada Nya. aq akan membuat beberapa targetan atau to do list yang akan di evaluasi tiap harinya… bismillah… 1. selesein tugas kuliah beresin tugas amanah tilawah 1 juz per hari qiyamullail . tidak ada nabi setelah Dia. salam dan kebaikan atas nabi Muhammad. 2010 by ceria89 “Segala puji milik Allah. 4.wong yg salah itu kan dirimu sendiri yg gbs ngendaliin dirimu. berikan sholawat.. Kami memohon pertolonganNya. dan barang siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menunjukinya.

shalat berjamaah 9. nabung 7. olahraga 20 menit per hari 15.. sedekah 6.com. silahturahmi kalo lagi dapet…       tilawah–>hafalan 1 baris qiyamulail–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shalat dhuha–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shalat berjamaah–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shalat rawatib–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shaum–>baca buku yg bermanfaat 20 menit tiap poin sama dengan 1 * jadi tiap harinya aq harus punya 15* tiap poin yg ga terlakasana iqobnya apa ya… aq tau BENDING 10X keringanan sebenarnya si…tapi ya udahlah. shalat rawatib 12. baca buku yg bermanfaat 20 menit 11.kalo kpikiran y bagus ru ganti.hehe abis gitu apa ya…. 2010 by ceria89 Welcome to WordPress. shaum 14. dah ah…dah malem…c u tom n_n Posted in Uncategorized | Leave a comment Hello world! Posted on August 17. al ma’tsurat 10. hafalan 1 baris per hari 13.5.. Edit or delete it and start blogging! Posted in Uncategorized | 1 Comment Newer posts → . This is your first post. shalat dhuha 8.

koq ya kamu pinter bgt sih goda manusia… nah lho koq nyalahin setan.. buka mata –> lingkaran satu terlepas baca doa bangun tidur –> lingkaram kedua kelepas duduk –> lingkaran ketiga kelepas berdiri –> lingkaran keempat kelepas ambil wudhu deh –>lingkaran setan males totally kelepas tapi koq ya susah ya ngimplementasiinnya…ckckckck setan…setan.. 3. Kami memohon pertolonganNya.wong yg salah itu kan dirimu sendiri yg gbs ngendaliin dirimu. dan mohon ampun kepada Nya..21 agustus 2010 Posted on August 22.tekadkan diri JANGAN MALES !!! BISMILLAH…. 4. 5.. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menyesatkannya.bilang aja kamu males haduh… gimana ya caranya ngilangin males padahal dah dikasih tw langkah2 ngusir setan males: 1.. 2010 by ceria89 “Segala puji milik Allah.ndok…ndok…ckckckck malai sekarang. dan . Posted in Uncategorized | Leave a comment my first post Posted on August 18. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diriku dan keburukan amalku. 2. 2010 by ceria89 hmmm… kamu males banget sih lin…seharian tidur pake alesan ga enak badan segala..

beresin tugas amanah 3. shaum 14. tidak ada nabi setelah Dia. baca buku yg bermanfaat 20 menit 11. selesein tugas kuliah 2. keluarganya dan sahabatnya. silahturahmi kalo lagi dapet…       tilawah–>hafalan 1 baris qiyamulail–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shalat dhuha–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shalat berjamaah–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shalat rawatib–>baca buku yg bermanfaat 20 menit shaum–>baca buku yg bermanfaat 20 menit tiap poin sama dengan 1 * jadi tiap harinya aq harus punya 15* tiap poin yg ga terlakasana iqobnya apa ya… aq tau BENDING 10X . nabung 7. berikan sholawat. sedekah 6. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. aq akan membuat beberapa targetan atau to do list yang akan di evaluasi tiap harinya… bismillah… 1. al ma’tsurat 10.” ya itulah awal dari tulisan pertamaku sekaligus PR buatku untuk menghafalnya…ayo lin semangaaaaaaaat!!! bismillahirrahmanirrahiim…. Ya Allah. shalat berjamaah 9. shalat dhuha 8.barang siapa yang disesatkan Allah maka tidak ada siapapun yang dapat menunjukinya. di tulisan pertamaku ini. aku mengesakanNya dan tidak mempersekutukanNya. salam dan kebaikan atas nabi Muhammad. hafalan 1 baris per hari 13. shalat rawatib 12. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan rosulNya. qiyamullail 5. olahraga 20 menit per hari 15. tilawah 1 juz per hari 4.

.kalo kpikiran y bagus ru ganti.hehe abis gitu apa ya….. dah ah…dah malem…c u tom n_n http://ceria89. sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari setan laki-laki dandari setan perempuan.wordpress..com/page/2/ DOA MASUK KAMAR MANDI ‫ا‬ ‫ا‬ ‫ا‬ ‫ا‬ ‫ا‬ “Ya Allah ya Tuhan kami.keringanan sebenarnya si…tapi ya udahlah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful