P. 1
Guru

Guru

|Views: 279|Likes:
Published by Inka Nack Parizz

More info:

Published by: Inka Nack Parizz on Mar 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2014

pdf

text

original

Guru, demikian kata yang sering kita gunakan untuk menyebut mereka yang mendidik kita, tapi telah

tuntaskah kita memahami istilah guru? Sedikit artikel ini, bisa menjadi bahan referensi tentang definisi seorang guru. Seperti apasih guru itu? …

Dalam paradigma Jawa, pendidik diidentikkan dengan guru, yang mempunyai makna "Digugu dan ditiru" artinya mereka yang selalu dicontoh dan dipanuti. Sedangkan dalam kamus besar bahasa Indonesia adalah seorang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Dalam bahasa Arab disebut mu‟allim dan dalam bahasa Inggris disebut Teacher. Itu semua memiliki arti yang sederhana yakni "A Person Occupation is Teaching Other" artinya guru ialah seorang yang pekerjaannya mengajar orang lain.· Menurut Ngalim Purwanto bahwa guru ialah orang yang pernah memberikan suatu ilmu atau kepandaian kepada seseorang atau sekelompok orang.· Ahmad Tafsir mengemukakan pendapat bahwa guru ialah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi afektif, kognitif maupun psikomotorik.· Sedangkan menurut Hadari Nawawi bahwa pengertian guru dapat dilihat dari dua sisal. Pertama secara sempit, guru adalah ia yang berkewajiban mewujudkan program kelas, yakni orang yang kerjanya mengajar dan memberikan pelajaran di kelas. Sedangkan secara luas diartikan guru adalah orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang ikut bertanggung jawab dalam membantu anak-anak dalam mencapai kedewasaan masingmasing.· Pengertian-pengertian diatas menurut Muhibbin Syah masih bersifat umum, dan oleh karenanya dapat mengundang bermacam-macam interpretasi dan bahkan juga konotasi (arti lain). Pertama adalah kata "seorang (A Person) bisa mengacu pada siapa saja asal pekerjaan sehari-harinya (profesinya) mengajar. Dalam hal ini berarti bukan hanya dia yang sehariharinya mengajar disekolah yang dapat disebut guru, melainkan juga dia-dia yang lainnya yang berprofesi (berposisi) sebsagai Kyai di pesantren, pendeta di gereja, instruktur di balai pendidikan dan pelatihan, kedua adalah kata "mengajar" dapat pula ditafsirkan bermacammacam misalnya:
  

Menularkan (menyampaikan) pengetahuan dan kebudayaan kepada orang lain (bersifat kognitif) Melaih keterampilan jasmani kepada orang lain (psikomotorik) Menanamkan nilai dan keyakinan kepada orang lain (afektif)

Akan tetapi terlepas dari bermacam interpretasi tadi guru yang dimaksud dalam pembahasan ini ialah tenaga pendidik yang pekerjaannya mengajar seperti yang tersebut dalam UUSPN tahun 1989 Bab VII pasal 27 ayat 3. · Dari beberapa pengertian diatas dapat diambil sebuah konklusi bahwa yang dimaksud guru adalah seorang atau mereka yang pekerjaannya khusus menyampaikan (mengajarkan) materi pelajaran kepada siswa disekolah.

Menurut pepatah jawa. dan tidak mau terbuka dengan kemajuan teknologi. Gambar guru. jujur dan baik hati. Tugas guru sekolah luar biasa. Defenisi guru menurut para ahli. Sudah tidak waktunya lagi guru yang kaku. mengajar. pendidikan dasar. Artikell guru. Pengertian pendidik. Pengertian guru olahraga. Definisi guru. Devinisi pendidik. Guru. Pengertian guru profesional menurut para ahli. Defenisi guru. Pengetian guru. dan pendidikan menengah # ZAKIYAH DARADJAT Guru adalah pendidik profesional karena secara implisit ia telah merelakan dirinya menerima dan memikul sebagian tanggung jawab pendidikan yang terpikul di pundah paa orang tua # POERWADARMINTA Guru adalah orang yang kerjanya mengajar # SUPRIYADI. Defenisi profesi guru menurut para ahli. Guru adalah digugu lan ditiru yang berarti bahwa guru merupakan sosok yang menjadi panutan bagi siswanya dan masih ada banyak pepatah yang berhubungan dengan guru lainnya walaupun intinya sama. Arti guru. Guru dituntut untuk memiliki ilmu pengetahuan yang selalu berkembang dan mengikuti kemajuan jaman. Berikut ini adalah pengertian dan definisi guru: # UU RI NO 14 TAHUN 2005 Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik. Penertian guru. . Pengertian guru profesional. menilai. Definisi guru adalah. 2003 Guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam merencanakan dan menuntun murid-murid untuk melakukan kegiatan-kegiatan belajar guna mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang diinginkan # SYAIFUL BARI DJAMARAH & ASWAN ZAIN Guru adalah seseorang yang menjadi salah satu sumber belajar yang erkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar anak didik di kelas Pengertian guru. Pengertian pengajar. mengarahkan. NGALIM PURWANTO Guru adalah seorang yang berjiwa besar terhadap masyarakat dan negara # OEMAR HAMALIK. disegani. memiliki pengetahuan terbatas. 1999 Guru adalah orang yang berilmu. Definisi pendidik. serta menjadi teladan bagi masyarakat # WILLIAM Guru adalah pemegang kendali dalam "kendaraan" pendidikan # MOHAMAD SURYA Guru adalah orang tua di sekolah dan orang tua adalah guru di rumah. # SYAIKH MUHAMMAD Guru adalah tauladan dalam akhlaknya yang baik dan perangainya yang mulia # UMAR TIRTA & LA SULA Guru adalah orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dan sasaran peserta didik # M. dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal. Pengertian guru dan pendidik. Saat ini sosok guru sudah ikut "ter-reformasi". melatih. membimbing. berakhlak.

Pengetian guru menurut oemar hamalik. Pengertian guru adalah pendidik. Tugas guru menurut ahli mendidik membimbing mengajar. Pengrtian guru. Guru panutan. Pengertian panutan. Definisi profesi guru menurut para ahli. . Pemgertian guru. Pengertian guru besar profesional. Pengertian guru profesional menurut ahli. Defenisi pengetahuan guru. Definisi guru menurut uud. Definisi profesi pendidik guru menurut para ahli. Istilah guru. Foto guru. Pengertian tugas utama guru. Pengertian upervisi pendidikan ngalim purwanto. Pengertian guru sekolah. Pengertain pendidik dan pengajar. Pengertian guru berdasarkan undang undang. Gambar guru mengevaluasi. Definisi tugas guru mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai mengevaluasi. Pengertian mengarahkan. Apa pengertian geguritan contohnya gimana utk anak paud. Pegertian guru. Pengertian guru besar. Contoh tugas guru paud mendidik mengajar membimbing dan melatih. Pengertian guru menurut. Pengertian pendidik dan pengajar. Pengertian guru besar profesional menurut para ahli. Guru yang jujur dan frpfesional. Pengertia pendidik. Contoh geguritan model definisi. Pengertian tentang guru. Arti pendidik. Pengertian sekolah luar biasa. Pengertian profesi guru menurut para ahli. Pengertian guru menurut undang undang. Pengertian geguritan menurut para ahli. Pngertiam guru. Gambar guru dan pengertiannya. Penegrtian guru. Definis pendidik. Pepatah. Pengertian pendidik (guru) menurut para ahli. Pengertian guru adalah. Guru definisi. Pengertia n guru. Definisi guru olahraga. Defvinisi guru. Apa pengertian guru. Definisi tugas guru menurut para ahli. Pengertian tugas guru. Pengertian guru menurut uud. Maksud pundah. Istilah profesi guru menurut zakiah darajat.Geguritan model definisi. Guru adalah. Definisi pendidik (guru). Pengertian pedadodik. Contoh tugas guru paud dalam mendidik mengajar membimbing dan melatih. Arti sekolah. Arti guru olahraga. Definisi mengarahkan. Pengertian melatih menilai dan mengevaluasi. Pengertian mengajar membimbing melatih menilai mengevaluasi. Jelaskan pengertian profesi guru menurut para ahli. Pengertian pendidik dan pendidikan. Pengertian guru mengajar. Defenisi artinya. Pepatah tentang mengajar. [pengertian guru. Jelaskan konsep guru profesional. Definisi tugas utama guru. Ppengertian profesi guru menurut pakar. Devinisi guru. Pengertian dari guru. Tugas guru olahraga. Makalah apa saja tentang pengertian guru.

terhimpun dalam satu pengertian. sukses anaknya adalah sukses orang tua juga. yaitu karena orang tua ditakdirkan bertanggungjawab mendidik anaknya. Hanya saja. atau guru yang mengajar di rumah. menunjukkan adanya perbedaan arti secara subtansial. instructor (pelatih) dan lecturer (dosen). Selanjutnya kata mu’allim yang juga berarti teacher (guru). pamong belajar. memuji. widyaswara.4 Kata-kata yang bervariasi tersebut di atas. mengajar dan melatih peserta didik.3 Kesemua term-term ini. misalnya mengatakan bahwa pendidikan dalam Islam. sama dengan teori di Barat. yaitu siapa saja yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik. Dalam A Dictionary of Modern Written Arabic dikatakan bahwa kata ustāz. karena kodrat. di rumah-rumah secara pribadi disebut tutor. menghukum. Mendidik sebagai tugas guru menurut Ahmad Tafsir. memberi dorongan. pelatih. Jika pengetahuan dan keterampilan tersebut diberikan di perguruan tinggi disebut lecturer (dosen) atau professor. trainer (pemandu). karena kepentingan kedua orang tua. memberi contoh. dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. mu’addib. Juga kata mu’addib berarti educator (pendidik) atau tecaher in Koranic School (guru dalam lembaga pendidikan al-Quran).1 Dalam bahasa Inggris dijumpai beberapa kata yang berdekatan artinya dengan pendidik.7 . Ia mengetahui. tutor. konselor. menunjukkan adanya perbedaan ruang gerak dan lingkungan di mana guru secara umum diartikan sebagai pen-transfer pengetahuan dan keterampilan di sekolah.Pengertian Guru sebagai Pendidik Pendidik adalah orang yang melakukan kegiatan dalam bidang mendidik. berarti teacher (guru). Tugas guru sebagai pendidik tidak hanya terbatas pada usaha mencerdaskan otak peserta didiknya saja. membiasakan dan sebagainya. Adapun kata mudarris berarti teacher (guru). Ahmad Tafsir. jenjang di bidang intelektual. di pusat-pusat latihan disebut instruktor atau trainer dan di lembaga-lembaga pendidikan yang mengajarkan agama disebut ustaz. bahwa mendidik merupakan tugas guru yang amat luas dan sebagian dilakukan dalam bentuk mengajar. yaitu orang tua ber-kepentingan terhadap kemajuan perkembangan anaknya. dan penyair.5 Tugas-tugas utama guru adalah mendidik. instruktur. Kedua. dosen. telah disepakati oleh kalangan para ahli pendidikan Islam maupun Barat.2 Dalam bahasa Arab dijumpai kata ustāz. Tanggungjawab itu disebabkan sekurang-kurangnya oleh dua hal. Pertama. pasilitator. bila dilihat dari medan penggunaan term-term tersebut. sehingga dapat menjadi manusia dewasa yang memiliki kemampuan menguasai ilmu pengetahuan dan mengembangkannya untuk kesejahteraan hidup umat manusia. Adapun pengertian pendidik menurut istilah yang lazim digunakan di masyarakat telah dikemukakan oleh para ahli pendidikan.Dalam undang-undang No. professor (gelar akademik). penulis. yakni pendidik yang lazimnya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan sebutan “guru”. melainkan juga berupaya membentuk seluruh kepribadiannya. mu’allim dan mudarris. Kata tersebut seperti teacher yang diartikan guru atau pengajar dan tutor yang berarti guru pribadi. dikemukakan bahwa pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru. 20 tahun 2003.

Wirawan. Pekerjaan Penuh Suatu profesi merupakan pekerjan penuh dalam pengertian pekerjaan yang diperlukan oleh masyarakat atau perorangan. Salah satu persyaratan ilmu pengetahuan adalah adanya teori. Ilmu pengetahuan Untuk melaksanakan suatu profesi diperlukan ilmu pengetahuan. maka seharusnya philein + sophos = ĥubb + al-ĥikmah (mencintai hal-hal yang bijaksana) philos + sophia = śâĥib + al-ĥikmah (teman kebijaksanaan) ♦Berfilsafat = philosophize ♦Filosof = philosopher = Pengertian Filsafat :Terminologis ♦Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis ♦Filsafat adalah suatu proses kritik atau kepercayaan terhadap kepercayaan dan sikap yang sangat kita junjung tinggi ♦Filsafat adalah sebagai analisa logis dari bahasa serta penjelasan tentang kata dan konsep ♦ Filsafat adalah sekumpulan problema-problema yang lengsung mendapat perhatian dari manusia dan dicarikan jawabannya oleh ahli-ahli filsafat Syarat-syarat Profesi Guru Suatu pekerjaan dapat menjadi profesi harus memenuhi kriteria atau persyaratan tertentu yang melekat dalam pribadinya sebagai tuntutan melaksanakan profesi tersebut. Fungsi dari suatu teori adalah untuk menjelaskan dan . bukan hanya kumpulan pengetahuan dan pengalaman. fungsi. Contohnya profesi guru cabang ilmu utamanya adalah ilmu pendidikan dan cabang ilmu pembantunya masalah psikologi. Cabang ilmu utama adalah cabang ilmu yang menentukan esensi suatu profesi.Pengertian Filsafat : Etimologis dan terminologis Pengertian Filsafat : Etimologis ♦Dalam Islam. kebutuhan.A (dalam Dirjenbagais Depag RI. ♦Jika demikian adanya. Menurut Dr. Ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan profesi terdiri dari cabang ilmu utama dan cabang ilmu pembantu. 2003) menyatakan persyaratan profesi antara lain : a. Sp. Profesi merupakan pekerjaan yang mencakup tugas. aspek atau bidang tertentu dari anggota masyarakat secara keseluruhan. b. Tanpa menggunakan ilmu tersebut profesi tidak dapat dilaksanakan. Profesi guru mencakup khusus aspek pendidikan dan pengajaran di sekolah. Tanpa pekerjaan tersebut masyarakat akan menghadapi kesulitan. kadang diidentikkan dengan filsafat. yang juga berarti kebijaksanaan. istilah ĥikmah.

Sehingga peran lembaga pendidikan tinggi sebagai pencetak sumber daya manusia harus betul-betul memberikan pemahaman dan pengetahuan yang mantap pada calon pendidik. Lembaga pendidikan Profesi Ilmu pengetahuan yang diperlukan oleh guru untuk melaksanakan profesinya harus dipelajari dari lembaga pendidikan tinggi yang khusus mengajarkan.meramalkan fenomena. f. Profesi merupakan penerapan ilmu pengetahuan untuk mengerjakan. Aplikasi Ilmu Pengetahuan Ilmu pengetahuan pada dasarnya mempunyai dua aspek yaitu aspek teori dan aspek aplikasi. mengerjakan sesuatu atau memecahkan sesuatu yang diperlukan. d. 3) Pengendalian prilaku diri sendiri dengan mepergunakan kode etik. Aspek aplikasi ilmu pengetahuan adalah penerapan teori-teori ilmu pengetahuan untuk membuat sesuatu. bukan perilaku pribadi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat atau kebiasaan pribadi. guru tidak hanya ilmu pengetahuan yang harus dikuasai oleh guru tetapi juga pola penerapan ilmu pengetahuan tersebut sehingga guru dituntut untuk mengusai keterampilan mengajar. Teori ilmu pengetahuan juga mengarahkan profesional dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam melaksanakan profesi. Dengan mempergunakan teopri ilmu pengetahuan. menyelesaikan atau membuat sesuatu. Prilaku profesional merupakan perilaku yang harus dilaksanakan oleh profesional ketika melakukan profesinya. 5) Salah satu aspek dari perilaku profesional adalah otonomi atau kemandirian dalam melaksanakan profesinya. Standar profesi . 2003). perilaku profesional harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1) Mengacu kepada ilmu pengetahuan 2) Berorientasi kepada insterest masyarakat (klien) buka interest pribadi. c. menerapkan dan meneliti serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan ilmu keguruan. Prilaku profesi Perilaku profesional yaitu perilaku yang memenuhi persyaratan tertentu. e. Kaitan dengan profesi. 4) Imbalan atau kompensasi uang atau kehormatan merupakan simbol prestasi kerja bukan tujuan dari profesi. profesional dapat menjelaskan apanyang dihadapinya dan apa yang akan terjadi jika tidak dilakukan intervensi. Menurut Benard Barber (1985) (dalam Depag RI.

2) Agar guru-guru dapat bercermin diri mengenai tingkah lakunya. 2) Guru mengetahui materi ajar yang mereka ajarkan dan bagaimana mengajar materi tersebut kepada siswa. Kode etik profesi Suatu profesi dilaksanakan oleh profesional dengan mempergunakan perilaku yang memenuhi norma-norma etik profesi. 3) Agar guru-guru dapat menjaga (mengambil langkah prefentif). 4) Agar guru selekasnya dapat kembali (mengambil langkah kuratif).Kode etik guru adalah suatu norma atau aturan tata susila yang mengatur tingkah laku guru. Kode etik adalah kumpulan norma-norma yang merupakan pedoman prilaku profesional dalam melaksanakan profesi. apakah sudah sesuai dengan profesi pendidik yang disandangnya ataukah belum. dan oleh karena itu haruslah ditatati oleh guru dengan tujaun antara lain : 1) Agar guru-guru mempunyai rambu-rambu yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam bertingkah laku sehari-hari sebagai pendidik. Dibeberapa negara telah memperkenalkan “Standar Profesional untuk guru dan Kepala sekolah”. g. 5) Guru adalah anggota dari masyarakat belajar Standar di atas menunjukkan bahwa profesi guru merupakan profesi yang membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebab guru akan selalu berhadap dengan siswa yang memiliki karakteritik dan pengetahuan yang berbeda-beda maka untuk membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara tepat berubah sebagai ciri dari masyarat abad 21 sehingga tuntutan ini mengharuskan guru untuk memenuhi standar penilaian yang ditetapkan. 4) Guru berfikir secara sistematik tentang apa-apa yang mereka kerjakan dan pelajari dari pengalaman.Standar profesi adalah prosedur dan norma-norma serta prinsip-prinsip yang digunakan sebagai pedoman agar keluaran (out put) kuantitas dan kualitas pelaksanaan profesi tinggi sehingga kebutuhan orang dan masyarakat ketika diperlukan dapat dipenuhi. misalnya di USA dimana National Board of Professional teacher Standards telah mengembangkan standar dan prosedur penilaian berdasarkan pada 5 (lima) prinsip dasar (Depdiknas. 3) Guru bertanggung jawab untuk mengelola dan memonitor belajar siswa. 2005) yaitu : 1) Guru bertanggung jawab (committed to) terhadap siswa dan belajarnya. . jangan sampai tingkah lakunya dapat menurunkan martabatnya sebagai seorang profesional yang bertugas utama sebagai pendidik. jika ternyata apa yang mereka lakukan selama ini bertentangan atau tidak sesuai dengan norma-norma yang telah dirumuskan dan disepakati sebagai kode etik guru.

Selasa 6/3/2012 lalu membuat SMA Negeri 3 Karimun kehilangan satu-satunya guru pembina/ pengajar Mata Pelajaran (MP) Olahraga di sekolah ini. Kebetulan harus berlaku di sekolah tempat saya berdinas. Mereka yang menjadi alternatif adalah guru-guru PPKn. s Tanggung Jawab di Luar Tanggung Jawab Guru MEMIKUL tanggung jawab yang memang menjadi tanggung jawab (dalam tanggung jawab) kita. Karena tak ada guru olahraga selain Pak Iwan (begitu dia disapa) maka alternatifnya hanyalah guru-guru di luar guru olahraga. Tergantung bagaimana menyikapinya. Yang menganggap sebagai tantangan pasti akan menjadikan tugas tambahan ini sebagai tambahan bukti integritas dan profesionalitasnya dalam tugas. Baginya. . misalnya pasti Kepala Sekolah akan memperhitungkan setiap tugas tambahan itu. Kepri. ialah sebagai seorang pendidik. Tapi Tuhan malah menjemput satu-satunya guru yang mau mengampu MP Olahraga walaupun sebenarnya dia bukan berijazah Pendidikan Olahraga tapi ijazah S1 Pendidikan Ekonomi. dengan 14 rombel (rombongan belajar) itu sejatinya memiliki dua orang guru MP Olahraga jika melihat rasio murid dan guru. Kepala Sekolah pasti akan mempunyai pernilaian tersendiri dalam pemberian tugas tambahan kepada seorang guru. Yang tentu saja menjadi pertanyaan adalah bagaimana tanggung jawab guru yang kualifikasi ijazahnya bukan olahraga namun harus mengajar bidang olahraga ini? Bagi seorang guru yang diberi tanggung jawab walaupun bukan tanggung jawabnya sebenernya itu bisa merupakan dan akan menjadi tantangan dan bisa juga menjadi alangan. salah satu SMA di Kabupaten Karimun. senantiasa selaras atau paling tidak. Tapi memikul tanggung jawab yang bukan beban (di luar tanggung jawab) kita haruskah dipikul juga? Inilah sedikit ulasannya. Untuk menjadi Wakil Kepala Sekolah. Biologi atau guru Mulok (Muatan Lokal). Kini (sementara) tak ada lagi guru yang akan membina pembelajaran yang lebih banyak praktik. Begitu pula dalam pemberian tugas tambahan sebagai guru pengganti walaupun bukan MP sendiri. Bagaimanapun. itu toh pembelajarannya tidak mungkin terhenti. Kepergian guru pengampu Penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan) atau Olahraga. Kepala Sekolah tentu harus mengatasi „kehilangan‟ guru itu –walau untuk sementara– dengan guru yang ada sampai kelak ada pengganti guru olahraga lainnya. Muhammad Ridwan untuk selamanya.5) Agar segala tingkah laku guru. Ketiadaan guru pengampu MP yang banyak disukai anak-anak muda itu. Sekolah tidak boleh berhenti beroperasi oleh kepergian guru itu. membuat Kepala Sekolah tetap harus mencari guru lain sebagai guru pengganti. Bahkan ini bisa menjadi point tersendiri dalam pembinaan karier. setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan Kepala Sekolah itu adalah tugas yang sama pentingnya untuk dilaksakana. Sekolah tempat saya mengabdi. Lebih lanjut dapat diteladani oleh anak didiknya dan oleh masyarakat umum. Wali Kelas atau sebagai Kepala Instalasi tertentu. itu lumrah. seperti juga melaksanakan tugas yang sesuai dengan kualifikasi ijazah yang dimiliki. tidak bertentangan dengan profesi yang disandangnya.

. Guru memainkan multi peran dala . Yang pasti.Guru secara pribadi dab bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan profesinyaGuru memelihara hubungan sejawat keprofesian. tugas yang amat bervariasi.Guru memiliki dan melaksanakan kejujuran profesionalGuru dalam berusaha memperoleh informasi tentang peserta didik sebagai bahan bimbingan dan pembinaanGuru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya untuk menunjang berhasilnya pembelajaran..... kekeluargaan dan kesetiakawanan social.Guru sebagai organisator (penyelenggara)Guru sebagai komunikatorGuru sebagai fasilitatorGuru sebagai motivatorSebagai penilai (evaluator)Pemahaman atas tugas dan peran guru dalam penyelenggaraan system pembelajaran seyogianya menjadi kerangka dalam berfikir dalam bahasa tentang penerapan Kode Etik Guru sebagaimana mestinya. Justeru kemungkinan dia akan cenderung menolak menerima pemberian tugas tambahan itu. Jika seorang guru telah berpegang dengan ketentuan dan amat bervariasi sehingga di dapatkan guru dapat mewujudkan suasana yang belajar dan mengajar. kekeluargaan dan kesetiakawanan social. Guru memainkan multi peran dalam proses pembelajaran yang menyelenggarakan dengan tuga .. Akhirnya.Kode Etik Guru Indonesia dalam plaksanaan tugasnya sesuai dengan AD/ART PGRI 1994Guru berbakti membimbing peserta didik untuk membentuk manusia Indonesia yang berjiwa pancasila. Semoga!*** Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran Jum'at 09 Sep 2011 12:49 AM peran tersebut sehingga dapat terjadi arena pembelajaran yang dengan tujuan bahwa guru dapat menciptakan suasana yang dan sitasi yang dapat diterima dalam belajar.Guru sebagai konservator (pemelihara)Guru sebagai tramitor (pener . jika seorang guru memahami dan melaksanakan kewajiban kompetensi yang mesti dimiliki sebagai guru maka tanggung jawab seperti apapun yang diberi Kepala Sekolah. Guru memainkan multi peran dalam proses pembelajaran yang menyelenggarakan dengan tugas yang amat bervariasi.Guru secara bersama-sam . akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. memang personal masing-masing gurulah yang akan menentukan bagaimana akhrinya menerima tanggung jawab yang dianggap di luar tanggung jawab tersebut. Jika pun terpaksa menerimanya. Akan tetapi dari kedua peran tersebut sehingga dapat terjadi arena pembelajaran yang dengan tujuan bahwa guru dapat menciptakan suasana yang dan sitasi yang dapat diterima dalam belajar. tanggung jawab terhadap pendidikan.Guru memelihara hubungan baik dengan orang tua murid dan masyarakat seitarnya untuk membina peran serta dan tanggung jawab terhadap pendidikan..Guru secara pribadi dab bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu . semangat. kemungkinan juga tidak akan melaksanakan tugas itu dengan baik... Jika seorang guru telah berpegang dengan ketentuan dan amat bervariasi sehingga di dapatkan guru dapat mewujudkan suasana yang belajar dan mengajar. semangat..Guru secara pribadi dab bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu dan profesinyaGuru memelihara hubungan sejawat keprofesian.Namun bagi yang menganggap itu sebagai „alangan‟ pasti akan menjadi tugas tambahan yang tidak bermanfaat bagi dirinya. Akan tetapi dari kedua peran tersebut sehingga dapat terjadi arena pembelajaran yang dengan tujuan bahwa guru dapat menciptakan suasana yang dan sitasi yang dapat diterima dalam belajar.Guru sebagai konservator (pemelihara)Guru sebagai tramitor (penerus)Guru sebagai transformator (penerjemah)Guru sebagai perencana (planner)Guru sebagai manajer proses pembelajaranGuru Sebagai Pemandu (direktur). jawab terhadap pendidikan. pendidik dan sebagai pengajar.. Tugas guru dalam profesinya bahwa guru sebagai pendidik dan sebagai pengajar..Guru secara bersama-sama memelih . .

dan penyusuaian diri. 2005). lebih-lebih dalam masyarakat kita yang multikultural dan multidimensional.Peran dan tugas guru Senin 08 Aug 2011 03:40 AM peranan yang sangat strategis terutama dalam membentuk watak bangsa serta mengembangkan potensi siswa.Dalam proses belajar mengajar. Kehadiran guru tidak tergantikan oleh unsur yang lain. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam segala fase dan proses perkembangan siswa. Profesionalisme guru sebagai ujung tombak di dalam implement . dimana peranan teknologi untuk menggantikan tugas-tugas guru sangat minim. .. dan memberi fasilitas belajar bagi siswa untuk mencapai tujuan. Guru memegang peranan yang sangat strategis terutama dalam membentuk watak bangsa serta mengembangkan potensi siswa. Guru yang profesional diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam segala fas .Membantu perkembangan aspek aspek pribadi seperti sikap.Guru memiliki perana yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Profesionalisme guru sebagai ujung tombak di dalam implementasi kurikulum di kelas yang perlumendapat perhatian(Depdiknas. Secara lebih terperinci tugas guru berpusat pada:Mendidik dengan titik berat memberikan arah dan motifasi pencapaian tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang. tugas-tugas guru sangat minim.Memberi fasilitas pencapaian tujuan melalui pengalaman belajar yang memadai. guru mempunyai tugas untuk mendorong.Guru memiliki perana yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan pendidikan. Profesionalisme guru sebagai ujung tombak di dalam implementasi kurikulum di kelas yang perlumendapat perhatian(Depdiknas. Guru yang profesional diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas.. demikianlah dalam proses belajar mengajar guru tidak terbatas sebagai penyampai ilmu pengetahuan akan tetapi lebih dari itu ia bertanggung jawab akan keseluruhan perkembangan kepribadian siswa ia harus mampu .. Guru mempunyai tanggung jawab uuntuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa.. 2005). lebihlebih dalam masyarakat kita yang multikultural dan multidimensional. .. Penyampaian materi pelajaran hanyalah merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar sebagai suatu proses yang dinamis dalam s . membimbing. nilai-nilai.....Dalam proses belajar mengajar.. tanggung jawab uuntuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. dimana peranan te .. Guru yang profesional diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kehadiran guru tidak tergantikan oleh unsur yang lain.. jawab uuntuk melihat segala sesuatu yang terjadi dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. pendidikan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->