Seminar Akuntansi

Perbedaan SAK GAAP US dan SAK IFRS

Tirta Arum Bhakti T. (A 311 09 296)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin 2012

Dalam metode penilaian persediaan. terlepas dari berbagai hambatan yang dipastikan akan dihadapi pada . akuntansi untuk aset tetap relatif tidak menimbulkan banyak masalah. sedangkan IFRS berbasis prinsip saja. karena standar akuntansi aset tetap berdasar US GAAP menggunakan basis nilai historis. 3. sedangkan IFRS berfokus pada Laporan Posisi Keuangan (neraca) dan Laporan Laba Rugi. GAAP mengenal metode FIFO. 4. GAAP menilai menggunakan nilai historis.Perbedaan GAAP dengan IFRS terletak pada : 1. Dalam mengukur nilai aset. GAAP berbasis aturan. sedangkan Laporan Keuangan IFRS tidak terdapat pos luar biasa. 2. Secara konseptual IFRS menawarkan standard akuntansi yang lebih ideal untuk diterapkan. Dalam Laporan Keuangan versi GAAP terdapat pos luar biasa. sedangkan IFRS menilai menggunakan nilai wajar. Fokus Laporan keuangan pada GAAP adalah Laporan Laba Rugi. mengingat basis nilai historis berimplikasi pada penyajian laporan keuangan yang dipandang kurang relevan dengan kebutuhan nyata pengguna informasi karena tidak mampu menggambarkan nilai riil aset tetap yang disajikan di dalam laporan keuangan. LIFO dan avarege. sedangkan IFRS hanya mengenal metode FIFO dan avarage saja. tetapi diganti dengan pendapatan komprehensif lainnya. IFRS tidak menggunakan basis nilai historis. 5. Dalam standar akuntansi yang mengacu ke Amerika (US GAAP).

terdapat sejumlah kesamaan dan juga sejumlah perbedaan. Masalah saat pengakuan aset tetap. yaitu dengan dimasukkannya dismantling costs. Hal-hal yang berbeda dalam IFRS pada dasarnya sudah lama menjadi wacana dalam perumusan US GAAP. Masalah pengukuran nilai perolehan aset tetap. manfaat. terdapat perbedaan antara US GAAP dengan IFRS. decommissioning costs. Dalam hal standard akuntansi untuk aset tetap. dan tidak dimasukkannya wacana standar akuntansi ke dalam US GAAP adalah karena faktor pertimbangan biaya. maka pengguna standar harus terampil di dalam menerapkannya sehingga tujuan ideal dari IFRS benar-benar bisa dicapai. tidak terdapat perbedaan antara US GAAP dan IFRS. terutama dengan perlunya dimasukkan unsur dismantling costs dan decommissioning costs. Dengan demikian. dan revaluasi aset tetap. Hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian dan dikaji ulang secara lebih komprehensif dalam kaitannya dengan standard akuntansi untuk aset tetap adalah sebagai berikut: 1. 2. Masalah pengukuran nilai depresiasi aset tetap. terdapat perbedaan antara US GAAP dengan IFRS.saat standard tersebut diterapkan. 3. jika pada akhirnya wacana standar akuntansi yang tidak dimasukkan ke dalam US GAAP sekarang justru dimasukkan ke dalam IFRS. dan risiko. pengukuran nilai residu. .

4. terdapat perbedaan antara US GAAP dan IFRS. Masalah penyajian nilai aset tetap di dalam laporan posisi keuangan. Dengan memahami perbedaan pokok antara US GAAP dan IFRS. Pembandingan antara US GAAP dan IFRS memegang peran penting dalam proses pemahaman mengingat US GAAP adalah standar akuntansi yang sudah dikenal dan diterapkan secara luas selama puluhan tahun. yaitu berdasarkan nilai historis untuk US GAAP dan berdasarkan fair value untuk IFRS. serta memahami pemikiran yang melatarbelakangi masing-masing standard. Perbedaan Element Laporan Keuangan US GAAP Aset IFRS Aset Kewajiban Ekuitas Investasi pemilik Distribusi kepada pemilik Kewajiban Ekuitas Pemeliharaan modal (diperoleh dari revaluasi asset dan kewajiban) Laba (Pendapatan dan keuntungan) Laba komprehensif Beban (beban dan kerugian) Pendapatan Keuntungan Beban Kerugian . akan menjadi lebih mudah di dalam memetakan permasalah stadard akuntansi untuk aset tetap serta di dalam menerapkannya di dalam dunia praktik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful