P. 1
Penentuan Jenis Kelamin

Penentuan Jenis Kelamin

|Views: 73|Likes:
Published by Putri Nuraini

More info:

Published by: Putri Nuraini on Mar 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2013

pdf

text

original

Penentuan Jenis Kelamin

Jenis Kelamin   Penentuan jenis kelamin pada manusia ditentukan oleh pasangan kromosom yang berjumlah 46 buah atau 23 pasang kromosom. (kromosom sex/kromosom kelamin) . Hanya pasangan kromosom ke-23 yang dapat menentukan jenis kelamin pada manusia.

.Lanjutan…  Pada pembentukan jenis kelamin dapat ditentukan saat terjadinya pertemuan sel sperma dengan sel ovum. Jika yang membuahi sel ovum adalah sel sperma yang membawa kromosom X maka akan terbentuk individu dengan jenis kelamin wanita ( X X ). Tetapi jika yang membuahi sel ovum adalah sel sperma yang membawa kromosom Y maka akan terbentuk individu dengan jenis kelamin pria ( X Y ).

Dalil Al-Qur’an  “Dan Dialah (Alloh) yang menciptakan berpasang-pasang pria dan wanita. dari air mani yang di pancarkan”(An-Najm : 45-46). .

. sel kelamin pria memproduksi dua sperma yang berbeda.Segragasi Bebas  Saat proses ovulasi kedua bagian sel tersebut membelah menjadi dua yang masing-masing berkromosom X saja. Sebaiknya. dan yang lain berkromosom X. satu berkromosom Y.

jalannya lebih cepat.Karakteristik Sperma X-Y  Sperma Y berbentuk bundar. Sedangkan sperma X ukurannya lebih besar. . bersinar terang. dan dapat bertahan hidup lebih lama serta lebih tahan suasana asam. dan usianya lebih pendek serta kurang tahan dalam suasana asam. bentuknya lebih panjang. berjalan lamban. ukurannya lebih kecil atau sekitar sepertiga kromosom X.

hubungan intim sebaiknya dilakukan sebelum ovulasi terjadi.Maka…   jika ingin memperoleh anak laki-laki maka hubungan intim harus dilakukan bertepatan atau segera setelah terjadi ovulasi (saat keluarnya sel telur dari indung telur atau masa subur). untuk mendapatkan anak perempuan. .

berarti saat itulah ovulasi sedang terjadi. seperti suhu ruang harus normal dan wanita tidak dalam keadaan sakit. hasil pengukuran itu dicatat dalam sebuah tabel.Kendala  untuk mengetahui hal itu seorang wanita harus mengukur suhu basal tubuhnya selama 3 bulan berturut-turut dengan meletakkan termometer khusus di mulut setiap pagi sebelum turun dari tempat tidur. Bila suatu hari. suhu tubuh menunjukkan peningkatan dibanding suhu basal. .

. Untuk mengetahui jenis kelamin bayi laki-laki atau perempuan dapat dilihat melalui USG pada usia 15 minggu.

com/evyanggrae ny/HEREDITAS%2520MANUSIA.132/search?q=cache:A fVDKL92qgJ:www.235.freewebs.com/portal/?pilih=ne ws&mod=yes&aksi=lihat&id=56 http://72.melanicyber.14.doc+pemb entukan+jenis+kelamin&cd=1&hl=id&ct=clnk &gl=id .   http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->