Main Course

Main Course Main Course/hidangan utama adalah makanan berat yang mengenyangkan, makanan ini biasanya terbuat

dari daging/beef, ayam, atau ikan yang biasanya disertai dengan kentang goreng (french fries), butter rice/pilaf rice dan sayuran. Contoh Main Course: 1. Chickern Steak 2. Tenderloin Steak 3. Chicken Cordon Bleu Tata Cara Makan Hidangan Utama 1. Biasanya alat yang dipergunakan yaitu: Dinner Fork dan Dinner Knife. Cara menggunakan Dinner Fork, yaitu dengan posisi tengkurap dengan menggunakan tangan kiri, sedangkan Dinner Knife menggunakan tangan kanan. 2. Duduk tetap tegak. 3. Kedua siku lengan tidak boleh tertumpu pada ujung meja. 4. Jangan mulai makan apabila teman satu meja belum kebagian hidangan. 5. Bila hidangan utama tersaji, jangan terlibar pembicaraan yang serius. 6. Tunjukkan sikap bahwa kita senang terhadap hidangannya. 7. Potonglah hidangan utama, mulai dari yang terdekat. 8. Meskipun hidangan bertulang, tetap harus menggunakan pisau dan garpu, tidak boleh menggunakan tangan. 9. Tidak boleh memindahkan tulang ke piring yang lain atau ke dalam asbak. 10. Bila ada sauce sebaiknya dituangkan di pinggir daging, sedikit dahulu. 11. Bila makan sudah selesai, tetapi ada sisa makanan, sebaiknya dikumpulkan saja di tengah piring. 12. Waktu makan jangan berbicara terlalu serius, tapi jangan pula diam seribu bahasa. 13. Jangan bicara ketika di dalam mulut ada makanan.

Penggolongan ini berdasarkan pada perbedaan suhu. Hidangan Penutup Dingin (Cold dessert) . 1. baik pada proses pengolahan maupun suhu penyajiannya. terkadang ada yang berasa asin atau kombinasinya. Seiring dengan perkembangan zaman. cream atau perpaduan antara bahan dasar. sehingga menciptakan hidangan dessert yang lezat dan menarik. Pada awalnya hidangan dessert yang disajikan berupa buah-buahan yang segar tanpa proses pengolahan. Seperti untuk hidangan teman tea. Jenis hidangan yang digunakan sebagai dessert dapat dihidangkan secara tersendiri diluar dari susunan menu. hidangan dessert mulai bervariasi dengan mengambil dasar (basic) dari beberapa hidangan seperti cake. pie. Macam-macam Hidangan Penutup (Dessert) Secara garis besar hidangan penutup (dessert) dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu hidangan penutup dingin (cold dessert) dan penutup panas (hot dessert). syrup. Dessert biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan. ice cream dan sebagainya yang dipadukan dengan sauce.Dessert Hidangan penutup (desser)t adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. petit four. buah. sebagai snack. dan lain sebagainya. hantaran. Fungsi dessert dalam giliran hidangan (courses) adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama (main course) yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang amis serta menghilangkan rasa enak.

Contoh : Ice Cream. dengan memasukkan kedalam almari pendingin Penyajian dessert dalam suhu dingin harus benar-benar disajikan pada suhu dingin tak terkecuali alat hidangnya. Contoh : Banana Flambé. 2. Apple Pie. Sesuai dengan namanya hot dessert maka proses akhirnya harus dipanaskan terlebih dahulu. Fruit Pie. Souffles Diposkan oleh iQuuN di 02:26 0 komentar Continental Breakfast . Hidangan Penutup Panas (Hot dessert) Adalah dessert yang disajikan pada temperatur panas atau hangat. Penyajian hot dessert harus benar-benar panas atau hangat termasuk alat hidang yang dipergunakan harus dipanaskan dahulu. Walaupun disajikan pada suhu dingin tidak menutup kemungkinan proses pengolahannya melalui proses pemanasan sebelum disajikan secara dingin. Pudding. Mousses.Adalah dessert yang disajikan pada suhu dingin. Cake dan lain sebagainya.

Contoh Fruit juice Fresh fruit * Cereal Eggs Pancake or wafel Bacon & ham ham & Sausage Toast or roll Honey & Butter Preserved & Butter Eggs * Coffe or tea Coffe or tea .Paket menu makanan pagi yang popular dibelahan dunia yang selalu ada di hotel terdiri atas pilihan salah satu dari : a. Juice atau slice of fresh fruit b. Tea/ Coffe/ Chocolate disajikan dengan jeruk nipis dan kopi disajikan dengan susu. Bread/ Danish pastry/ Croisant/ Toast/ Breakfast Roll disajikan dengan mentega dan selai c. (Soekresno. 2005 : 78) American Breakfast Susunan hidanganya lebih kompleks dan biasanya selalu diikuti dengan hasil olahan daging (meat product) atau bubur sereal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.