Warna dan Kepribadian

Yuliani Setiadi 27-04-2007 Pastinya kamu punya yang namanya warna kesayangan, apa hayo? Biru, merah, hijau, kuning, pelangi? Tetapi tidak bisa dipungkiri warna pilihan kamu bisa mencirikan pilihan dan kepribadian kamu dibidang yang lain. Coba kita lihat, apakah warna favoritmu seimbang dengan kepribadianmu. Merah Warna sang pemberani, namun penuh dengan semangat dan amarah. Sebagai warna primer (utama, red.), merah menandakan hasrat yang menggebu-ngebu tetapi juga regal dan berwibawa. Hanya saja orang-orang merah ini suka bertindak tanpa berpikir dua kali, yang penting apa yang dimaui saat itu juga! Jingga Oranye memang bukan warna yang paling gampang untuk dipakai kecuali kalau kamu fans bola Belanda atau lagi merayakan Hari Ratu (sebentar lagi nih pas tanggal 30 April, red.). Jarang juga yang memilih jingga sebagai warna favorit mereka tetapi para pecinta jingga itu lumayan sexy, berisikan dengan ambisi, dan kasih sayang. Baca: merah yang penuh dengan hasrat tapi lebih lembut dan terkontrol. Kuning Kuning merupakan warna matahari, penuh dengan vitalitas, kekuatan, dan ego. Sayangnya warna ini sangat egois, hanya memikirkan dirinya sendiri, it’s all about me, me, and me! Nah memang harus ada strategi nih kalau teman atau pacar kamu adalah pecinta kuning, kamu harus berani untuk bercerita tetantang dirimu juga karena kalau tidak bisa-bisa cuma soal dia. Bagi si pribadi kuning, kurangi sedikit “ke-aku-anmu” karena bisa-bisa kamu dianggap ego-centric. Hijau Kalau soal asmara, hijaulah warna percintaan. Lihat saja tumbuh-tumbuhan dan pepohonan disekitarmu, hijau adalah warna pertumbuhan, kehidupan, humanisme, dan penerimaan apa adanya. Biasanya orang-orang ini memiliki integritas yang kuat namun janga lupa untuk lebih egois yah? Nggak semuanya perlu didahulukan loh.

Warna favorit adalah warna yang secara pribadi kita sukai. 16 Juli 2008 Warna dan Kepribadian Warna bisa menggambarkan kepribadian kita। Seperti halnya manusia. menggoda. warna kulit dan bahkan rambut. atau seragam pemadam kebakaran berubah warna menjadi hijau. dan hobi ngayal! Tetapi si biru juga merupakan komunikator yang baik dan jelas. warna. tetapi bukannya kesucian. Buruknya lagi mereka jadi lebih memilih untuk hidup di dunia khayalannya sendiri. Seringkali sulit untuk diajak bicara tetapi begitu dekat. Sorotan Pekan Ini . Merah Penyuka warna merah menginginkan kesenangan dan suka menikmati hidup yang ada saat ini. dan playful. lepas dari pengaruh siapa dan apa pun. Seseorang yang romantis. Kita pasti tidak mungkin mengecat tembok rumah dengan warna merah misalnya. Ungu Ungu membawa energi ilusi. Karena imajinasi dan fantasi itu pula si ungu sering dikecewakan oleh pengharapannya yang berlebihan. dan fantasi. tanyakan saja warna favoritnya kemudian cocokan dengan keterangan berikut ini. ia mudah sekali merasa bosan karena itu si merah paling suka menyelesaikan segala sesuatu . teratur. wah kamu nggak bakal nyesel deh. setiap warna memiliki karakter tersendiri yang unik dan berbeda satu sama lain. imaginasi. Karakter yang dimiliki masing-masing warna diyakini dapat mewakili kepribadian yang ada pada diri kita. Putih Ringan sebagai kombinasi seluruh warna.Biru Berdaya tarik tinggi. Putih bukan merupakan warna seksi. si biru mudah terombang-ambing dalam membuat pilihan. Di lain pihak. SEBAR. cenderung mudah depresif. Yuliani Setiadi. hitam juga merupakan kombinasi seluruh warna. warna ini adalah yang paling misterius. Jadi apabila ingin mengenali kepribadian seseorang secara tidak langsung. Namun jangan samakan warna favorit dengan warna yang sehari-hari kita pakai atau terapkan pada baju dan rumah। Karena kadang warna yang kita gunakan itu adalah warna hasil kompromi dengan lingkungan. dan bersih. Kata Kunci: kepribadian. Putih melambangkan kesucian. Warna dan kepribadian. Hitam Seperti putih. tetapi tidak salahnya bukan karena hubungan dengan mereka lebih tahan lama dan sehat. Zona Pelajar Rabu. dan memang orang yang menyukai putih adalah orang-orang yang sederhana.

ramah dan memiliki kepribadian yang manis. Ungu Pencinta warna ungu adalah seorang negosiator yang punya keinginan kuat untuk menyenangkan diri dan orang lain. teratur dan dapat dipercaya. dan tentu saja kenyamanan adalah faktor utama dalam hidupnya. Oranye Ia yang menyenangi warna ini adalah orang yang terbuka. Abu-abu Ia yang menyukai warna abu-abu adalah tipe orang yang cenderung menarik diri dari perhatian orang. Namun kalau sudah menyangkut ke masalah-masalah penting. Secara alami. Ia juga mempunyai selera yang bagus pada hidup dan makanan. sebesar spontanitas yang dimilikinya. ia akan berusaha merubahnya secepat mungkin. ia bisa bersikap kaku. Pink / merah mudaPenggemar warna pink adalah orang yang sensitif. mereka hanya punya sedikit teman dekat yang bisa mereka ajak curhat. Beberapa jenis warna biru memiliki karakter yang berbeda. jadi tidak masalah baginya untuk tampil berbeda. Putih Penyuka warna putih adalah tipe orang yang tulus dalam segala hal dan mereka paling tidak suka kalau dibohongi dan bagi mereka kejujuran adalah nomor satu. ia memiliki sifat flamboyan atau tidak membosankan. Ia juga sangat menghargai loyalitas pada sesama. Selain itu mereka biasanya agak tertutup. dan tidak suka kegiatan aktif secara langsung. optimis dan ceria. Kuning Pada dasarnya orang yang menyukai warna cerah ini memiliki sifat riang. Rumah dan keluarga merupakan hal terpenting baginya. Coklat Penyuka warna coklat memiliki sifat yang ‘membumi’ atau tidak dibuat-buat. Biru langit mewakili tipe orang yang menyukai kesenangan dan hidup santai. Kalau ada sesuatu yang salah pada dirinya.dengan cepat. Hitam Orang yang suka warna hitam adalah orang yang cuek dan tidak memikirkan omongan orang terhadap . Ia sangat menyukai masa kanak-kanak yang menyenangkan dan menginginkan kehidupan yang romantis. sedangkan biru navy (biru langit di malam hari) menggambarkan sifat serius dan konservatif. Karena sifatnya yang ragu-ragu. maka ia sering memutuskan sesuatu hingga saat-saat terakhir. Walaupun umumnya disukai orang. tapi mereka akan jadi tempat curhat yang baik bagi seluruh temannya. Hijau Penggemar warna hijau adalah tipe orang yang mendambakan perasaan aman dan ingin menciptakan dunia yang lebih baik bagi sesama. Biru Penggemar warna biru adalah tipe orang yang tenang. Ia adalah teman yang dapat diharapkan dan sangat loyal. Garis besarnya. Rasa ingin tahunya juga besar. dinamis dan menyenangkan untuk dijadikan teman. Ia juga memiliki sifat bijaksana dalam mengatur waktu dan tujuan hidup. ia tidak mudah bersikap terbuka dan suka menikmati suasana yang sedikit misterius. penyuka merah adalah orang yang memiliki antusias dan semangat hidup yang tinggi.

1. Reflective Kamu lebih sering dan fokus terhadap diri dan lingkungan sendiri daripada berinteraksi dengan orang lain. Kamu membenci kedangkalan. Bentuk-bentuk ini mewakili sembilan tipe kepribadian dasar. yang telah diuji secara luas di dunia selama beberapa tahun. Bagaimanapun itu bukan masalah bagimu untuk menyendiri untuk beberapa waktu tanpa menjadi bosan. Kamu memiliki bakat artistik dalam kerjaanmu dan aktifitas luangmu. 2. Sensitif . yang memberikanmu ketenangan dan keserasian yang kamu butuhkan untuk merasa baik. Baginya asal dia nyaman dia akan melakukan apapun yang mereka suka. disisi lain . Diposkan oleh ariyanto di 12:06 Psikologi : Warna & Kepribadian admin on Sun Nov 18.dirinya. Mandiri . lebih senang menyendiri daripada terluka karena bisikan orang. Gaya hidupmu sangat individual. Tapi hubunganmu dengan teman-temanmu sangat intensif. Warna warnanya telah mengalami perbaikan dan diuji lagi sampai didapatkan satu set bentuk yang terbaik. 2007 7:25 am Pilih sebuah bentuk dibawah ini yang paling kamu senangi lalu baca kepribadianmu dibawahnya Seorang psikologis mengembangkan bentuk-bentuk ini. Dalam pergaulan mereka cukup enak diajak berteman karena dapat memberikan solusi dalam masalah teman-temannya.Tidak biasa (tidak konvensional) . Kamu tidak akan meniru secara buta apa yang sedang "in". Introspektif.Tak tertekang Kamu menginginkan kebebasan dan ketidakterikatan hidup yang membiarkanmu menentukan jalan kamu sendiri. Desakan untuk bebas kadang menyebabkan kamu melakukan perbuatan yang sangat berlawanan dengan apa yang kamu inginkan.

Aktif . Rutin.Tidak Agresif Kamu menanggap hidup mudah karena bijaksana. dan menghargai hidup dan apa yang dunia tawarkan.harmonis Kamu menghargai gaya dan cinta alami yang tidak rumit. 5. Professional . Kamu diberi tanggung jawab yang besar dalam pekerjaan.Sangat teguh pendirian . cenderung berefek melumpuhkanmu. 7. Kamu tidak akan pernah benar-benar merasa puas sampai semua cita-citamu 6. Dinamis . berlawanan.Dalam melakukannya.menyenangkan Kamu menyukai kehidupan yang bebas dan spontan.Percaya diri Kamu bertanggung jawab pada hidupmu. meletakkan lebih kecil keberuntunganmu dan lebih kepada perbuatanmu sendiri. kamu berkembang dengan perubahan.Mementingkan hal-hal lahir Kamu sungguh berkeinginan untuk menerima beberapa resiko dan berkomitmen kuat dalam menukar ketertarikan dan pekerjaan yang bervariasi.Suka bermain/melucu. inisiatifmu lebih kuat.Pragmatis . Kamu mendapatkan teman tanpa kesukaran karena menikmati keprifasianmu dan kemandirianmu. Kekuatan tegasmu terhadap kemauan akan memproyeksikan keyakinanmu terhadap orang lain.Kamu memecahkan masalah dengan tindakan yang praktis dan tidak rumit. Kamu membutuhkan tempat untuk persembunyian yang indah. tapi kamu tidak seoarang penyendiri. Kamu sering menjauh darinya dan menyendiri dari waktu ke waktu untuk merenungi arti kehidupan dan menikmati sendiri. Dan kamu berusaha menikmatinya secara penuh karena memegang moto " KAmu hanya hidup sekali. Orang mengagumimu karena kamu memiliki kemampuan bertanan kuat dan mereka bergantung padamu. . bahkan bila harus berenang melawan pasang. karena orang tahu bahwa kamu dapat diandalkan. Kamu memberikannya pada orang yang dekat perlindungan dan jarak. Bagimu pakaian harus praktis dan bagus yang tidak menonjol.Bijaksana. Kamu menganggap lingkunganmu serbaguna dan selalau memberikan kejutan. Bersahaja.kamu mencari kehidupan yang sesuai dengan cita cita dan dan pendirianmu. Kamu cenderung ragu pada tingkah/perubahan trend mode. Tenang/Damai . Kamu tenang terhadap diri sendiri dan dunia. Apa yang paling kamu sukai adalah bisa memainkan peran dalam banyak bidang. 3. Kamu memandang secara realistis sesuatu dalam hidupmu dan menanganinya dengan baik.Riang. Kamu merasa hangat dan manusiawi. 4. Kamu menolak segala sesuatu yang mencolok dan usang.Keingin tahuanmu besar dan terbuka trhadp segala sesuatu yang baru.

Berikut ini adalah beberapa contoh dari arti kepribadian seseorang menurut WARNA:   MERAH Perfeksionis. Tidak hanya untuk terapi.Percaya diri Senstifitas sebentarmu mewakili kualitas dan ketahanan yang tinggi. kamu mendasarkan kehidupanmu. Amat posesif dan mencintai dengan sangat. Kamu telah temukan kehidupanmu sendiri. Lalu. Kamu menolak utnuk membiarkan sesuatu membatasi keragaman kekayaan mood dan emosimu. Analitis. Kenyataanya. Selalu ingin didengarkan dan menjadi pusat perhatian dan sedikit agak egois. yaitu elegan/luwes dan eksklusif. Energik. Idealmu. admin Kepribadian Menurut Warna +>W A R N A<+ WARNA dapat merubah segalanya. amat peka dan cengeng. kamu suka menyelimuti dirimu dengan " mutiara kecil " yang kamu temukan dimanapun orang lain mengabaikannya. lebih memuja keindahan fisik. Kamu menolak orang yang mencemoohkan romantisme dan hanya dikendalikan oleh rasionalitas. . MERAH BATA Menyukai keintiman dan kasih sayang. Kamu merasa penting untuk memiliki mimpi-mimpi dalam hidup. hanya dilihat dari sesukaannya terhadap WARNA. ambisius. Kamu menolak melihat sesuatu dari sudut pandang kesederhanaan dan tasionalitas. berani tapi amat sensitif dan mudah tersinggung. adalah dibudayakan kesenangan. lebih cenderung mengikuti kata hati dan akan mengejar sesuatu yang disukainya.Emosional Kamu sangat sensitif. terbuka.Pemimpi . Romantis.Konsekuensinya.8. itulah kata yang tepat untuk menggambarkan bahwa WARNA mempunyai daya tarik terhadap kehidupan di sekitar kita.Terpercaya . 9.Kamu menilai tingkatan budaya seseorang pada siapa kamu berbicara. Mempunyai fantasi erostik yang tinggi dan suka berpetualang dalam hal seks. Budaya sangat mempengaruhi kehidupanmu. Apa yang perasaanmu katakan sangat penting untukmu. tapi WARNA juga dapat menggambarkan kepribadian seseorang. bebas dari pengaru mode.

Sangat telaten dan mengagumi keindahan. . matang. memandang hidup dengan riang. merah dan biru terang. gemar mengalah. setia dan keras dalam kemauan. dan penuh dengan ide . kukuh dalam janji. Setia. realistis. BIRU Romantis dan sensitif. KUNING Menyenangkan.          [color=dark red]MERAH KEHITAMAN[/color] Cenderung tertutup.ide kreatif. dan mampu mengendalikan emosi. amat hemat. amat perhatian. tak bisa berdiam diri. HIJAU Misterius. BIRU TUA Keras. rasa curiga yang berlebihan. pembersih dan agak pesolek. berpetualang sehingga kurang setia. Untuk pria cocok dengan penyuka warna putih. gampang tersentuh. Erotik dengan daya khayal luar biasa. luar biasa kreatif dan jarang fokus. Menyukai tantangan. tak pernah diam. Agak otoriter. Tak suka berkhayal. ORANGE Praktis. pengamat gaya yang baik. Cocok dengan penyuka warna hitam. agak penyendiri. Mudah tersentuh hatinya dan setia kawan. posesif dan agak sulit bergaul. Lebih mementingkan hubungan yang lama. pemikiran rasional. pemimpin dan motivator. Naluri kuat dan berspekulasi. susah ditebak dan amat pandai menyimpan rahasia dan kejutan. kreatif tapi agak sensitif. PUTIH Terbuka. Tak mudah percaya atau mempercayakan sesuatu kepada orang lain. Dengan kepercayaan diri yang tinggi dan menonjolkan diri sehingga suka bekerja sendiri dibandingkan dalam kelompok. tapi mempunyai banyak kawan. terbuka dan bisa menjaga rahasia. mampu menjaga rahasia karena sifatnya pencuriga. dengan daya khayal seks yang tinggi. Watak petualang yang tinggi. optimis. Penganalisa dengan kesimpulan yang cukup kuat. matematis dan materialistis. gampang tersentuh. MERAH MUDA Cenderung tak tegas. dan serius. tak bisa melupakan persoalan dengan mudah dan pengkhayal. Sedikit romantis. sangat mementingkan urusan orang lain sampai urusan sendiri terlupakan. Senang dengan kegiatan sosial. jarang mau mengalah. Ia tak pandai memuji dan memanjaukan pasangan dan tidak terlalu cemburu. pemuji yang hebat malah terkesan penjilat. penuh rasa ingin tahu dan melibatkan diri dengan masalah. setia dan rela berkorban. Menyukai pasangan pria yang pandai memuji dan mengutamakan keromantisan (penyuka warna hitam dan biru). sangat cemburu dan menyukai pasangan yang tenang dan matang dan tidak terlalu memuja seks. Tak sabar. Cenderung kekanakan dengan kepribadian lemah dan selalu mebutuhkan dukungan.gampang melanggar janji / komitmen. setia. HITAM Kokoh dalam pendirian. Gampang mengaku salah dan memuji lawan. menyukai pemikiran yang rumit. Cocok dengan penyuka warna putih. hangat dan tak mengebu-gebu. Dengan kharisma yang kuat mempengaruhi orang sekitar. modis. menarik. Cocok dengan penyuka warna merah dan biru. serba cepat. [color=royal blue]BIRU MUDA[/color] Lebih sensitif.

boros Oranye : berarti energy. penting. impersonal. perubahan yang hangat. terang. gembira. power Pink : berarti manis. Warna merah. seperti mulai dari optimism hingga kekerasan yang kuat. sehat. Termasuk Cool color : Biru : berarti kuat. iklan. Termasuk dalam Warm color :      Merah : berarti love. harmoni Warm color. koran. kuning. pink atau oranye dapat membuat kegemparan ataupun kemarahan. panas. Warna yang muncul dari perpaduan keduanya. dan seperti antiseptic. seperti biru dan merah atau biru dengan kuning. lembut. kenyamanan. Warna boleh dikatakan sebagai komunikasi non-verbal yang dapat membentuk reaksi physical dan emosional kepribadian. lingkungan. Terdapat tiga jenis warna :    Cool color. romantis. layout website dan publikasi lainnya. menyenangkan. tradisional.Adakah yang cocok dari Anda ?! 4 Jenis Warna Dasar Kepribadian Author: adminWarna dapat digunakan sebagai alat interaksi yang penting dalam percetakan atau desain dengan pesan yang bagus. cerdas Hijau : berarti tumbuh. lucu Kuning : berarti ceria. dingin. biasanya memadukan ketenangan dan keramaian. nafsu. biasanya untuk brosur. kesehatan Perpaduan Cool dan Warm color. damai. menyenangkan. kenangan Emas : berarti kaya. biasanya membawa sisi emosional. kegembiraan. biasanya akan memancarkan efek ketenangan. Untuk . sifat pemeliharaan dan.

simple. Termasuk perpaduan Warm dan Cool color :      Ungu : berarti royal.com . cerdas Silver : berarti halus. emas. glamour. coklat. kaya Putih : berarti murni. friendly. sedangkan putih. lembut. elegan. beige lebih ke warna warm color. indah. lingkungan. elegan. feminin Hijau : berarti tumbuh. pintar. sehat Beige : berarti konservatif. santai sumber: beritanet. Untuk Warm dan Cool color tersebut. misterius. biasanya akan membantu memfokuskan warna lain atau menurunkan warna yang mungkin sangat kuat melebihi yang lain. Untuk warna hitam. dan abu-abu lebih mengarah ke cool color. pintar Abu-abu : berarti formal. Termasuk Neutral color :        Hitam : berarti konservatif. suci Lavender (lembayung muda) : berarti anggun. lebih kepada perpaduan dari Cool dan Warm color. lebih fleksibel daripada merha ataupun biru. harmoni Turquoise (biru-hijau) : berarti feminine. sehat. romantis. konservatif. santai Neutral color. kelembutan Gading : berarti sunyi. polos. silver. kemunduran Beige (abu-abu – coklat) : berarti konservatif. menyenangkan Coklat : berarti membumi.hijau di bawah ini.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.