Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP

Sekolah : SMK Taufik Mubarok Kelas / semester : X/I Mata Pelajaran Alokasi waktu : Akuntansi :4 x pertemuan

Standar Kompetensi :Mengerjakan persamaan akuntansi Kompetisi Dasar:Memahami Dasar-dasar Akuntansi Tujuan Pembelajaran :Peserta Ddik Dapat: 1. Menjelaskan pengrtian akuntansi 2. Mengidentifikasi indikator spesalisasi dalam akuntansi 3. Mendrskripsikan tugas-tugas jabatan dalam bidag akuntansi 4. Mengidentifikasikan pihakpihak yang membutuhkan informasi 5. Menjelaskan prinsp-prinsip akuntansi Karakter siswa ang di harapkan :- Disiplin -Rasa hormat dan perhatian -Tekun -Tanggung jawab -Ketelitian Materi Pmbelajaran : Memahami dasar-dasar akuntansi Metode pembelajaran : Model -Direct Instruction (DI) -Cooperatif Learnng Metode -Diskusi kelompok Lankah-langkah kegiatan

lingkungan dan sumber belajar lainnya. Elaborasi -Dalam kegiatan elaborasi guru: . Kegiatan pendahuluan -Motivasi dan Apersepsi -mengapa akunntansi diperlukan dalam pengambilan kepuusan dalam perusahaan -mengapa ada pengkhususan di bidang akuntansi -mengapa tugas-tugas dalam akuntansi berbeda -pihak-pihak mana saja yang membutuhkan informasi akuntansi -Prasyarat pengetahuan -apa yang di maksud dengan akuntansi -sebutkan bidang-bidang akuntansi berdasarkan tujuannya -sebutkan bidang-bidang akuntansi berdasarkan profesinya B. Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi guru -menjelaskan sejarah akuntansi -menjelaskan pengertian akuntansi -memberikan informasi spesialisasi akutansi berdasarkan tujuan dan profesinya -memberikan pengertian tugas-tugas dalam bidang akuntansi -membedakan tugas-tugas masing-masing bidang akuntansi -memberikan penjelasan pihak-pihak yang membutuhkan informasi akuntansi -melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang materi yang dipelajari -menggunakan beragam pendekatan pembelajaran.A. -melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. media pembelajaran dan sumber belajar lain -memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta peserta didik dengan guru.

menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut -memfaslitasi peserta didik dalam pembelajran koopratif dan kolaboratif.-memasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. -secara kelompok peserta didik mendiskusikan materi yang dipelajari. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup guru -bersama-sama dengan peserta didik /sendiri membuat rangkuman pelajaran -melakukan penilaian /refleksi terhadap kegiatan yang sudah di laksanakan. -memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar. -memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah di lakukan. menganalisis. -memfaslitasi peserta didik melakukan kegiatan yng membutuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peerta didik. -Konfirmasi -Dalam kegiatan konfirmasi guru: -memberikan umpan balik positit terhadap keberhasilan peserta didik. -guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. C. - .diskusi dll untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan. -memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melaui berbagai sumber. -memberi kesempatan untuk brfikir. -merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas baik sendiri maupun kelompok sesuai dengan hasil belajarpesrta didik. -memfasilitasi peserta didik untuk mmperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar. -memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

Mengidentifikasi bentuk-bentuk persamaan akuntansi 3.Mengidentifikasi tansaksi keuangan 2.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Sekolah Kelas/ semester Mata Plajaran Alokasi Waktu Kompetisi Dasar Akuntansi : SMK Taufik Mubarok :X/I :Akuntansi :10 x pertemuan : I.2 Mencatat Transaksi dalam persamaan Tujuan pembelajaran : Peserta Didik Dapat 1.Membukukan transaksi ke dalam persamaan akuntansi Karakter iswa yang diharapkan : -Disiplin -Rasa hormat dan perhatian -Tekun -Tanggung jawab -Ketelitian Materi Pelajaran : Mencatat transaksi dalam persamaan akuntansi Metode pembelajaran : Model -Direct Insuction -Cooperatif Learning Metode .

. Kegiatan Inti -Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi guru -Mengidentifikasikan transaksi keuangan -Mengidentifikasikan bentuk-bentuk persamaan akuntansi -Membukukan transaksi ke dalam persamaan akuntansi -Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi guru -memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. -memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber. -memfasilitasi pesra didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif -memfasilitasi peserta didk melakukan kegiatan yang membutuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut.-Diskusi kelompok Langkah langkah kegiatan A. -guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok -secara kelompok peserta didik mengerjakan pembukuan persamaan akuntansi -memberi kesenpatan untuk berfikir. -Konfirmasi -Dalam kegatan konfirmasi guru -memberkan umpan balik terhadap keberhasilan peserta didik. Kegiatan pendahuluan -Motivasi dan apersepsi -Presyarat pengetahuan B. menganalisis. diskusi dll untuk memunculkan gagasan baru baik lisan maupun tertulis.

-memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yg bermakna dalammencapai kompetisi dasar. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN RPP Sekolah Kelas / semester Mata pelajaran Alokasi waktu : SMK Taufik Mubarok :X/I : Akuntansi : 2 x pertemuan kompetisi dasar : 1.-memfasiitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.menyusun laporan keuangan . C. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup guru -bersama-sama dengan peserta didik /sendiri membuat rangkuman pelajaran -melakukan penilaian / refleksi terhadap kegiatan yg sudah dilaksanakan -memberikan umpan balik terhadap proes dan hasil pembelajaran . Kewajiban dan Ekuitas .3 Menyusun laporan keuangan dari persamaan dasar akuntansi Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat -mengelompokan Aktiva. -merencanakan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas bai indifidu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful