PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN

PROPOSAL
Disusun oleh: Azhar Syahid, S.Pd. Dra. Maizar Dra. Aznimiwati Dra Kasniar Syaiful Bahri, S.Pd :Ketua : Sekretaris : Bendahara : Anggota : Anggota

MGMP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KABUPATEN AGAM PERIODE 08/09-10/11

Kadisdik Agam Drs.” telah diteliti dan disahkan Dibuat di : Banuhampu Pada Tanggal : 6 Agustus 2008 Kepala Sekolah Penyelenggara Mengetahui. Kepala SMA Negeri 1 IV Koto Kabubaten Agam.Pd NIP. yang berjudul. Sufyarma Marsidin. H. dengan ini menyatakan bahwa Proposal Kegiatan MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia. Azwir Herdiman NIP. ”Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa dan Sastra Indonesia melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran. M. 131129397 .PENGESAHAN Yang bertanda tangan di bawah ini. Dr. 131610891 Prof.

Kritik dan saran kontributif sangat diharapkan demi kesempurnaan selanjutnya.KATA PENGANTAR Berkat Rahmad Nya. Disamping itu. Terima kasih. Akhir kata. semoga proposal ini dapat terrealisir dan terlaksana seperti yang diharapkan. Harapan kami tentunya semoga usulan kegiatan ini terlaksana dengan optimal. selesainya proposal ini tak lepas dari bantuan dan dorongan dari berbagai pihak terutama rekan-rekan guru seprofesi pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia. Tim Penyusun PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA DAN SASTRA INDONESIA . Dorongan dan motivasi itu berlandaskan kesadaran akan perlunya terus-menerus untuk menambah kompetensi kita sebagai tenaga pendidikan di kabupaten Agam. Tujuan akhir dari semua itu adalah berhasilnya kita sebagai ujung tombak pembangunan bidang pendidikan dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia umumnya dan kualitas pendidikan di kabupaten Agam khususnya. proposal ini berhasil selesai seperti harapan kami yang tergabung dalam Tim Penyusun Proposal MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia. sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

diharapkan para guru bahasa dan sastra Indonesia di kabupaten Agam dapat saling berbagi. Disadari atau tidak disadari. bahwa sosialisasi keberadaan KTSP dalam hal Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) tarasa amat kurang. . Dengan MGMP. Latar Belakang Kegiatan Mobilitas MGMP dilatarbelakangi oleh kenyatan yang mengindikasikan bahwa performan guru dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan kegiatan pembelajaran sangat bervariasi. saling tukar informasi dan saling isi-mengisi dalam menyikapi dan merespon perkembangan fenomena pendidikan dan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kabupaten Agam. Hal ini tergantung kemampuan finansial dari masing-masing pemerintah daerah Kabupaten/ Kota masing-masing.MELALUI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN PROPOSAL A. Aktifitas MGMP juga dilandasi oleh kebutuhan akan peningkatan kompetensi guru bidang studi terutama dalam hal menyikapi keberadaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang dicanangkan pemerintah melalui Departeman Pendidikan Nasional pada pertengahan tahun 2006 yang lalu. termasuk kualifikasi pendidikan formal yang dijalani melalui jalur pendidikan tinggi yang bervasriasi pula.

Meningkatkan kualitas Out-put pendidikan di kabupaten Agam Meningkatkan kemampuan dan kejelian guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam membaca dan menelaah KTSP mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Sasaran Kegiatan Sasaran yang ingin dicapai adalah: 1.Berdasarkan kenyataan di atas. Menyamakan visi dan misi guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah tempat bertugas 2. Meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia 3. Tujuan Kegiatan Beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan MGMP ini adalah sebagai berikut: 1. Guru bahasa dan sastra Indonesia yang professional. berinisiatif mengajukan proposal ini. maka Forum Komunitas Guru Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat SMA/MA/SMK Negeri dan Swasta sekabupaten Agam yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa dan Sastra Indonesia Kabupaten Agam. 4. B. C. bertanggungjawab dan bermoral .

3. bermakna dan bermutu 2. terciptanya nuansa belajar yang menyenangkan. E. Mamfaat Kegiatan 1. melaksanakan pembelajaran. meningkatkan kompetensi. Guru bahasa dan sastra Indonesia yang mampu membaca dan menelaah kurikulum. kompetitif serta sesuai dengan standar nasional. Terhadap guru. profesionalitas. Peserta Kegiatan Peserta kegiatan adalah seluruh guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia se kabupaten Agam negeri dan swasta. yang diperkirakan sebanyak 90 (sembilan puluh) orang. . D. Guru bahasa dan sastra Indonesia yang mampu bekerja sama antara satu sama lain dalam hal saling memberi dan bertukar informasi demi meningkatkan kualitan Out-Put bagi siswanya. Terhadap siswa.2. 4. Rinciannya adalah masing-masing tingkat/kelas diikuti oleh 30 (tiga puluh) orang. yang dibagi menjadi 3 (tiga) tingkat/kelas. menyusun perangkat pembelajaran dan mampu mengevaluasi tingkat keberhasilan pembelajaran yang telah dilaksanakan di sekolah masing-masing. Guru bahasa dan sastra Indonesia yang mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi siswanya.

Pertemuan Guru Inti/ Fasilitator/ Pengurus Rp Biaya 2. Pemerintah. S.000.Pd. Terhadap sekolah.Pd. Perkiraan Biaya Kegiatan No 1 Kegiatan Persiapan a.. Hamdani Kegiatan Pembentukan dan Pengukuhan Nara sumber/ Fasilitator MKKS Keterangan G. S. 4. Drs. 10 Psikomotorik dan Afektif Mulyadi.. F. Drs. Harmena Dra.000 Ket . telah memiliki guru yang kompeten di bidangnya dan bertanggung jawab dengan tugas dan amanah yang diembannya.3. Dra. Hasnelti Risman. M. M.Pd. S. Dasmir Suardi.Pd. Tahapan Rencana Kegiatan Pertemuan 1 pengurus MGMP Penentuan KKM 2 dan 3 Pemetaan KD Penyusunan Program Tahunan. 4 dan 5 Program Semester dan RPP Menyusun Bahan ajar/ 6 dan 7 Modul Merancang Media dan 8 dan 9 Identifikasi Metode Pembelajaran Sistem Penilaian Kognitif.Pd. Telah memiliki tenaga pendidikan yang profesional dalam mengemban tugas negara sebagai ujung tombak pembangunan bidang pendidikan.

h.000 3 4 Rp 160. Penggandaaan Makalah 7 Narasumber @ 12.j. semoga niat dan nawaitu kami dari pihak penyelenggara terlaksana dengan optimal. Pembuatan proposal 2 Pelaksanaan a.000.500.894. S.000 1.e.c.000 1.f.000 1.000 2.000.000 150.000. Atk 5 orang Panitia @ 30.000.b.000.400.000 2. Penutup Demikianlah proposal ini kami buat dan kami ajukan.d.Pd SMA Negeri 1 Palupuh SMA Negeri Tilkam SMA Negeri 2 Lb. Penyelenggara/Penanggungjawab Bidang Akademis Ketua Sekretaris Bendahara Anggota Anggota Azhar Syahid.000 Perkiraan Jumlah Biaya Rp 21.000 (terbilang: dua puluh satu juta delapan ratus sembilan puluh empat ribu rupiah) H.000 3.000.800. Penggandaan Hasil Kerja dan Diskusi g.000.250. Maizar Dra. Transportasi 7 orang Narasumber @ 200.000.000. Kebersihan dan sewa gedung 10 x pertemuan @ 250.000 84.000. Supervisi dan pemantauan dari provinsi Pelaporan Biaya tak terduga Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 50.Basung SMA Negeri 1 Maninjau SMA Negeri 1 IV Angkek I. Dra. Supervisi dan pemantauan Kepala Sekolah Penyelenggara @ 75.000 2. Insentif 7 orang Narasumber @ 750.b.000 Rp 500. Untuk lebih jelasnya tentang rincian kegiatan ini kami bersedia dipanggil untuk penjelasan lebih lanjut .Pd. S. Supervisi dan pemantauan Kepala Dinas i.000. Aznimiwarti Dra Kasniar Syaiful Bahri. Atk 90 orang peserta @ 20.000 5.

Drs. M. Azwir Herdiman. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Agam Prof.Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan selanjutnya. Menyetujui/ Mengesahkan. H. S. M. Sufyarma Marsidin.Pd NIP. Sekretaris.Pd NIP. Dr. Maizar NIP. 131129397 .Pd NIP. 132185443 Dra. Dibuat di Pada Tanggal : Banuhampu : 6 Agustus 2008 Pengurus MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia/ Tim Penyusun: Mengetahui Kepala Sekolah Penyelenggara Ketua. 131610891 Azhar Syahid. Terima kasih.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful