P. 1
Sesaji Menurut Umat Islam

Sesaji Menurut Umat Islam

|Views: 156|Likes:
Published by Hilal Permana

More info:

Published by: Hilal Permana on Mar 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/16/2015

pdf

text

original

SESAJI MENURUT UMAT ISLAM PENGERTIAN AYAT AKIBAT HUKUM MACAM .

penunggu. lelembut. . dll) dengan harapan agar yang diberi persembahan tersebut tidak mengganggu atau mencelakakan. lalu berharap dengannya keberuntungan dan kesuksesan. Dimana kesyirikan menjadi sebuah keyakinan yang baik dan benar. umat islam akan marah kalau islam di hina begitu juga dengan mereka. sesajen berarti sajian atau hidangan. jin. untuk memperbaikinya hal demikian membutuhkan waktu yang sangat panjang. Adalah mempersembahkan sesuatu kepada makhluk halus (roh. sebagaimana kita membela agama kita.PENGERTIAN SESAJI  Menurut artikel yang ditulis oleh Abu Abdillah Ahmad. pantas di yakini dan sangat kuat membelanya.  Kebiasan ini sudah ada sejak zaman Jahiliyah sebelum Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menegakkan tauhid dan memerangi syirik dalam segala bentuknya. terhadap apa yang mereka yakini. begitu kokohnya pendirian mereka.

persimpangan) dan lain-lain yang mereka yakini dapat mendatangkan keberuntungan dan menolak kesialan. terkena kutukan). batu. Sehingga diyakini pula apabila suatu tempat atau benda keramat yang biasa diberi sesaji lalu pada suatu pada saat tidak diberi sesaji maka orang yang tidak memberikan sesaji akan kualat (celaka. roh tertentu atau penunggu tempat (pohon.  Anehnya perbuatan yang sebenarnya pengaruh dari ajaran Animisme dan Dinamisme ini masih marak dilakukan oleh orang-orang pada jaman modernisasi yang serba canggih ini. Sesajen merupakan warisan budaya Hindu dan Budha yang biasa dilakukan untuk memuja para dewa. BACK .  Banyak kaum muslimin berkeyakinan bahwa acara tersebut merupakan hal biasa bahkan dianggap sebagai bagian daripada kegiatan keagamaan.

 Mempersembahkan kurban yang berarti mengeluarkan sebagian harta dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala[3]. adalah suatu bentuk ibadah besar dan agung yang hanya pantas ditujukan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Mereka meyakini makhluk halus tersebut punya kemampuan untuk memberikan kebaikan atau menimpakan malapetaka kepada siapa saja. .HUKUM SESAJI  Ritual mempersembahkan tumbal atau sesajen kepada makhuk halus/jin yang dianggap sebagai penunggu atau penguasa tempat keramat tertentu adalah kebiasaan syirik (menyekutukan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan makhluk) yang sudah berlangsung turun-temurun di masyarakat kita. sehingga dengan mempersembahkan tumbal atau sesajen tersebut mereka berharap dapat meredam kemarahan makhluk halus itu dan agar segala permohonan mereka dipenuhinya.

yaitu perbuatan syirik. yang berarti terkena ancaman dalam firman-Nya.  Oleh karena itu. adalah perbuatan dosa yang sangat besar.  Setelah kita mengetahui bahwa melakukan ritual jahiliyyah ini adalah dosa yang sangat besar. yang dikenal dengan istilah tumbal atau sesajen. jika disertai dengan pengagungan dan ketakutan dalam hati kepada selain-Nya. adalah termasuk dosa yang sangat besar. bahkan termasuk perbuatan syirik kepada Allah. karena termasuk tolong-menolong dalam perbuatan maksiat yang sangat besar kepada Allah. maka ini juga termasuk perbuatan syirik besar. maka ikut berpartisipasi dan membantu terselenggaranya acara ini dalam segala bentuknya. Maka mempersembahkan ibadah ini kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala (baik itu jin. meskipun kurban yang dipersembahkan sangat kecil dan remeh. bahkan seekor lalat sekalipun. . makhluk halus ataupun manusia) dengan tujuan untuk mengagungkan dan mendekatkan diri kepadanya. bahkan merupakan perbuatan syirik besar yang bisa menyebabkan pelakunya keluar dari agama Islam (menjadi kafir).

jika makanan tersebut berupa hewan sembelihan. adalah pendapat yang dikemukakan oleh Syaikh Abdul ‘Aziz bin Baz yang membolehkan pemanfaatan makanan dan harta tersebut. maka dagingnya haram dimakan dan najis. maka tidak boleh dimanfaatkan dalam bentuk apapun. karena hukum asal makanan/harta tersebut adalah halal dan telah ditinggalkan oleh pemiliknya.  Akan tetapi pendapat yang lebih kuat dalam masalah ini. Hukum memanfaatkan makanan yang digunakan sesajen. insya Allah. baik untuk dimakan atau dijual. karena hewan sembelihan tersebut dipersembahkan kepada selain Allah Subhanahu wa Ta’ala. sama hukumnya dengan daging bangkai. BACK . selain sembelihan.

 Upacara Nglarung (membuang kesialan) ke laut yg masih banyak dilakukan oleh mereka yang tinggal di pesisir pantai selatan pulau Jawa tepatnya di tepian Samudra Indonesia yang terkenal dengan mitos Nyi Roro Kidul. jagung dan lain-lain yg masih utuh dengan tangkainya. tentram dan tidak membawa sial. kemudian diletakkan pada tiang atau kuda-kuda rumah yang baru di bangun supaya rumah tersebut aman.  Menyediakan berbagai jenis tanaman dan biji-bijian seperti padi.MACAM SESAJI  Upacara menjelang panen yang dipersembahkan kepada Dewi Sri (dewi padi dan kesuburan) yang mungkin masih dipraktekkan di sebagian daerah Jawa. tebu. .

 Menyembelih kerbau atau sapi. supaya proyek pembangunan berjalan lancar dan bangunannya membawa berkah. BACK . Menyembelih ayam dengan ciri-ciri khusus untuk kesembuhan penyakit atau untuk menolak kecelakaan. lalu kepalanya di tanam ke dalam tanah yang di atasnya akan dibangun sebuah gedung atau proyek.

Barangsiapa yang mempersekutukan Allah. َ  ‫إِنَُّ َُّ ال يغفِ ُ أَنإُ يشركَُ ب ُ ويغفِ ُ ما دونَُ ذلِكَُ لِمنإُ يش ُ ومنإُ يشركإُ ب َُّ فق ُ افترى إِ إثمًا‬ ‫ّللا َ إ ر‬ ِ ِ ِ َ َ ‫َ َ َ اء َ َ إ ِ ِاّلل َ َد إ‬ َ ‫إ َ ِه َ َ إ ر‬ َ ‫عظيمًا‬ ِ َ “Sesungguhnya. meminta pertolongan dan lain-lain. . Allah tidak akan mengampuni (dosa) perbuatan syirik (menyekutukan-Nya). ‫َ ه َ ِ َ ال ِ إ‬ ًَ َ ‫م‬ َ َ ‫ِ ِ َ ال ِ إ ِن‬ ‫وأ ََّن ُ كانَُ رج ُ منَُ اْلِ إنسُِ َيعوذونَُ برج ُ منَُ الج ُ فزادوه ُ رهقا‬ ‫إ‬ Artinya. maka sungguh ia telah berbuat dosa yang sangat besar. dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu. seperti menyembelih hewan kurban (sebagai tumbal).AYAT MENGENAI SESAJI  Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman. bernadzar. bagi siapa yang dikehendaki-Nya. orang-orang di zaman Jahiliyah meminta perlindungan kepada para jin dengan mempersembahkan ibadah dan penghambaan diri kepada para jin tersebut.” (Qs an-Nisaa’: 48).

‘Sesungguhnya shalatku.” (Tafsir Ibnu Katsir surat Ad Dzariyat. hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah. Adz Dzariyat: 56). al-An’aam: 162-163). lbnu Katsir menerangkan ayat ini bahwa. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya): “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali agar menyembah-Ku. sembelihanku (kurbanku). BACK . Dia berfirman.’” (Qs. dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).  Fitrah ini akan tetap terjaga dengan cara menghambakan diri kepada Allah sepenuhnya. َ ِ َ ‫َ َ َ ِ ّلل َ ب إ َ ِ ال َ ِ ه‬ ‫إ‬ ‫ق ُ إِنَُّ صالتي ونسكي ومحإ َيايَُ ومماتي ِ َُّ ر ُ العالَمينَُ َ ُ شريكَُ لَ ُ وبذلِكَُ أمرإ ُ وأَ َنا‬ ‫ل‬ َ ‫ِ ت‬ ِ َ َ ِ َ ِ َ َُ‫أَوَّ ُ المسإ لِمين‬ ِ ‫ل إ‬ “Katakanlah. tiada sekutu baginya. Rabb semesta alam.: 56). Allah Ta'ala memerintahkan kepada Rasulullah SAW untuk menyelisihi orang- orang musyrik yang beribadah dan menyembelih karena selain Allah. Inilah yang disebut dengan tauhid ibadah. “Allah menciptakan manusia dan jin agar mereka menyembah-Nya.” (QS.

AKIBAT SESAJI  Menjerumuskan ke Neraka Kemusyrikan merupakan penyebab utama untuk masuk neraka. .” (QS. Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman. kisah-kisah yang sama sekali tidak bisa diterima oleh akal sehat dan tidak dapat dibenarkan oleh hati nurani manusia. 5:72)  Membenarkan Khurafat Dari keyakinan syirik inilah muncul berbagai khurafat yang tersebar di masyarakat. tidaklah ada bagi orang-orang zhalim itu seorang penolong pun. “Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah. maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga. mitos dan legenda yang penuh dengan takhayul. dan tempatnya ialah neraka.

sehingga hidupnya penuh dengan kegelisahan. khurafat dan takhayul. jiwanya labil dipermainkan oleh klenik." (Lukman: 13) Adakah kazhaliman yang lebih besar daripada sikap seseorang yang diciptakan oleh Allah tetapi justru menyembah kepada selain Allah? Atau orang yang diberi rizki oleh Allah namun justru bersyukur dan memuja kepada selain Allah?  Syirik Menimbulkan Rasa Takut Orang musyrik tidak memiliki keteguhan dan rasa percaya kepada Allah. "Sesungguhnya kemusyrikan itu adalah kezhaliman yang besar. Dia selalu diliputi ketakutan. . Syirik adalah Kezhaliman Terbesar Allah Subhannahu wa Ta'ala berfirman. takut akan segalagalanya. dan inilah kehidupan yang sangat buruk.

maka apakah layak dan pantas seorang yang berakal dan terhormat menyembah dan merendahkan diri di hadapan patung. maka berarti telah menjatuhkan martabat kemanusiaannya ke tempat yang terendah. keris. Allah telah memuliakan manusia dan menga-runiai akal kepada mereka. pohon. jin. Merupakan Pelecehan Terhadap Martabat Manusia Apabila seseorang menyembah kepada sesama makhluk. yang tidak dapat memberikan manfa’at dan menimpakan bahaya. Maka tidak ada pelecehan terhadap martabat manusia yang lebih parah daripada kemusyrik-an. batu dan yang semisalnya. . khadam.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->