P. 1
RPP PEWARISAN SIFAT

RPP PEWARISAN SIFAT

|Views: 682|Likes:
Published by Suten Aji

More info:

Published by: Suten Aji on Mar 28, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2014

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP

)

Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Semester Alokasi Waktu

: : : :

SMP 1 SUKAMULYA IPA Terpadu IX / 1 2 x 40 menit ( 1x Pertemuan )

Standar Kompetensi 2 : Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup. Kompetensi Dasar 2.3 : Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat mendeskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen dan kromosom) 2. Siswa dapat membedakan pengertian sifat resesif, dominan, dan intermediet 3. Siswa dapat menjelaskan persilangan antara dua individu dengan satu sifat beda atau lebih. 4. Siswa dapat menentukan rasio hasil persilangan monohibrid dan dihibrid melalui bagan Disiplin ( Discipline ) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness)

 Karakter siswa yang diharapkan :

B.

Materi Pembelajaran Pewarisan sifat. Metode Pembelajaran 1. Pendekatan : 2. Metode 3. Model Pembelajaran

C.

: Pembelajaran Kontekstual. : Tanya jawab, Informasi : Pembelajaran langsung

D.

Langkah-langkah Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan a. Pra pembelajaran - Membaca doa - Memeriksa kehadiran siswa - Memeriksa kesiapan siswa b. Apersepsi - Mengajukan pertanyaan/menggali informasi kepada siswa pada materi Pewarisan sifat c. Motivasi -Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai d. Pengetahuan prasyarat - Siswa telah memahami sifat morfologi makhluk hidup

Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.2.  melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Kegiatan Inti :  Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi. Buku IPA Terpadu 2.  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru. dan sumber belajar lainnya.  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan. dan  Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi. . dan sumber belajar lain. guru:  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. media pembelajaran. guru:  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema pewarisan sifat dari aneka sumber. guru:  Siswa diminta untuk memberikan contok perkawinan monohibrid dan dihibrid melalui bagan  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggan dan rasa percaya diri  Memberi kesempatan untuk berpikir. Media Pembelajaran Alat dan bahan Sumber Belajar 1. 3. Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup. guru:  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber. dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar. dan bertindak tanpa rasa takut  Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. menganalisis.  membantu menyelesaikan masalah.  siswa dapat menjelaskan materi genetis yang bertanggungjawab dalam pewarisan sifat (gen dan kromosom)  Siswa dapat Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran.  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. menyelesaikan masalah. E.  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. F. lingkungan.  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal  Menentukan gamet dari genotip tetua/induk  Tes tertulis  Isian  Bila induk bergenotif Mm maka gamet yang bersifat dominan adalah . NIP : 196305121989031008 . HARIS SUHAILY .Pd.S..M.Ag. NIP : 197112151999031008 DODY NIRWANTO NIM : 2224070700 Kepala SMPN 1 Sukamulya PARDI .S.. Guru Pamong Sukamulya 17 November 2011 Guru Mapel IPA Ir.  Organisme yang bergenotif BB di silangkan dengan sesamanya yang bergenotif bb. Buatlah bagan persilangannya hingga F2!  menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan  Tes tertulis  Uraian Mengetahui..G.Pd..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->