TREND, ISU DAN ASPEK ETIS KEPERAWATAN KRITIS

Keperawatan Kritis Merupakan salah satu spesialisasi di bidang keperawatan yang menangani respon manusia terhadap masalah yang mengancam hidup. .

Trend dan Isu Keperawatan Kritis Perkembangan yang pesat di bidang teknologi dan pelayanan kesehatan cukup berkontribusi dalam mempersingkat waktu perawatan pasien di rumah sakit. .

(Rufo. Merupakan paradigma baru dalam model pemberian perawatan saat ini telah bergeser ke arah perbaikan kualitas hidup pasien dan keamanan perawatan pasien.Using the Tele-ICU Care Delivery Model to Build Organizational Performance. 2011). . Tele-health terintegrasi adalah salah satu contohnya.

Dengan menggunakan perangkat mobile dan keahlian dari dokter yang berpengalaman dapat dihubungkan ke lokasi terpencil. sehingga pemberi asuhan keperawatan didaerah terpencil sekarang dapat menerima bantuan untuk manajemen pasien secara langsung melalui metode ini. .

Tele-ICU adalah salah satu contoh dari penerapan model teknologi yang mempercepat pemecahan masalah klinis dan pengambilan keputusan. sehingga mempercepat pemberian perawatan kritis dan akhirnya meningkatkan hasil yang diharapkan. .

A second set of eyes: an introduction to tele-ICU (Goran. Dalam artikel ini dijelaskan bahwa Tele-ICU. sedangkan yang lain tetap skeptis meskipun rasio biaya perawatan yang bisa ditekan dan manfaat yang didapat. dengan perluasan berbagai program dan publikasi hasil klinis dan fiskal. Namun. Meskipun di beberapa tim perawatan tetap belum terbiasa untuk aplikasikan metode baru ini. virtual ICU. atau pusat ICU terpencil telah diterapkan dalam perawatan pasien ICU oleh dokter di 28 negara. dan lebih dari 200 rumah sakit. 2010). eICU. lebih dari 40 sistem perawatan kesehatan. tele-ICU menjadi lebih diperhatikan dan mengubah wawasan tentang perawatan klinis .

tim ICU dan tele-ICU dapat berbagi pengalaman. berkolaborasi untuk menemukan solusi. Saat pasien kritis keluarga. . dan pemahaman melalui teleICU. tidak untuk mengendalikan atau mengganggu.Konsep tele-ICU memberikan manfaat bagi tim perawatan untuk memperoleh kemudahan dalam pengawasan pasien jarak jauh. tetapi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas perawatan. serta belajar bagaimana bersama tim dapat meningkatkan perawatan pasien.

ketika tindakan tersebut dapat dikatakan sebagai bantuan untuk meringankan penderitaan dari individu yang akan mengakhiri hidupnya. EUTHANASIA adalah tindakan mengakhiri hidup seorang individu secara tidak menyakitkan. .Isu dalam keperawatan kritis 1.

1994)  Jujur terhadap pasien  Menghargai pasien  Beradvokasi atas nama pasien . perilaku atau karakter Etika keperawatan merujuk pada standar etik yang menentukan dan menuntun perawat dalam praktek sehari-hari (Fry. kebiasaan.Aspek Etik dalam Keperawatan Kritis   Ethics berasal dari bahasa yunani “etos” yang berarti adat.

Essentials of Critical Care Nursing.2007: 9) .Aspek advokasi dibagi menjadi 3 model yaitu: • • • Right protection Model merupakan peran perawat dalam menjaga hak pasien selama mendapatkan perawatan Value Based Decision Model merupakan peran perawat dalam memberikan informasi pada pasien dalam proses pengambilan keputusan Respect for Persons Model merupakan peran perawat dalam menjaga kehormatan dan privasi pasien dalam proses keperawatan (Jaya Kuruvilla.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful