ucapan-ucapan buruk yang bisa menyakiti dan mengganggu orang lain sebagaimana dalamhadits berikut: Dari shahabat

Abu Musa Al Asy„ari , ia berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah : “Wahai Rasulullah, siapakah orang Islam yang paling utama?” Rasulullah menjawab: “Seorang muslim yang kaum muslimin selamat dari gangguan lisan dan tangannya.” ( Muttafaqun „Alaihi )Tidakkah kamu bercita-cita menjadi seorang muslim yang paling utama? Tentunyakamu menginginkannya bukan? Maka dari itu jagalah lisanmu dari ucapan-ucapan burukkarena orang yang bisa menjaga lisannya akan dijamin untuk masuk Al Jannah. 12 Rasulullah pernah bersabda (artinya): “Dan sesungguhnya orang yang paling aku benci dan paling jauh tempat duduknya dariku pada hari kiamat adalah orang yang banyak bicara, suka mengobrol, dan bermulut besar.” Jagalah lisanmu, semoga Allah memasukkankita semuanya ke dalam Jannah-Nya. b. Menyebarkan Salam Seorang muslim dengan muslim yang lainnya adalah bersaudara. Maka sudahsepantasnya untuk saling mencintai satu dengan yang lainnya, karena Allah menjadikandiantara syarat sempurnanya iman seseorang adalah dengan mencintai saudaranyasesamamuslim.Di antara sebab agar kita saling mencintai adalah dengan mengucapkansalam ketika bertemu. Sebagaimana dalam hadits: Dari shahabat Abu Hurairah ia berkata: “ Rasulullah bersabda (artinya): “Kalian tidak akan masuk jannah sampai kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku beritahukan sesuatu yang jika kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian.” ( HR. Muslim )Maka sebagai penuntut ilmu sudah sepatutnya bagimu untuk bersemangat dalammenyebarkan salam, baik kepada orang yang kamu kenal ataupun yang tidak kamu kenal,baik di rumah ataupun di jalan.Di antara ucapan salam yang diajarkan Rasulullah:Dan kamu bisa menjawabnya dengan mengucapkan : Akhlak,Etika & Moral 16

c. Sifat Malu Seorang muslim yang mempunyai sifat malu akan berusaha menjaga dirinya darihal-hal yang bisa menjatuhkan muru‟ah (harga dirinya). seperti menjauhi kemaksiatan atauperbuatan yang bisa mendatangkan celaan dari orang lain. sebagaimana disebutkan dalam hadits: . Rasulullah telah mengabarkanbahwa malu itu merupakan bagian dari keimanan.

kita diperintahkan untuk ber ta‟awun (tolong-menolong)agar terjalin rasa kasih sayang terhadap sesama muslim. Ar Rifq (lemah lembut) Allah adalah Dzat Yang Maha Indah dan mencintai keindahan 15 . dan Allah telahmenjadikan sifat Ar rifq (lemah lembut) sebagai perhiasan bagi kaum muslimin. pemaaf. Misalnya seorang thalibul „ilmi akan selalu berusaha berakhlak sebagaimanaakhlaknya thalibul „ilmi . yang dengankelembutan tersebut menjadi sebab munculnya rasa kasih sayang dan saling mencintai. misalnya dengan memberikan shodaqohdan sebagainya. ia berkata: Bersabda Rasulullah : “Malu itu termasuk bagian dari iman. Sifat malu terhadapmanusia akan menjaga seseorang dari perbuatan-perbuatan rendah yang tidak selayaknyadilakukan.Bahkan itu sifat malu yang tercela yang harus dihindari. d. sehingga ketika melihat saudarakita kekurangan.Etika & Moral 17 .” ( Muttafaqun „Alaihi )Sifat malu seorang hamba terhadap Allah menjadikan dia selalu berhati-hati dalamberamal sehingga tidak sampai terjatuh ke dalam perbuatan maksiat. e. seperti banyak bermain atau memakai pakaian yangkotor dan berbau. Pemurah. Akhlak.Dari shahabat 'Abdullah bin 'Umar . dan tawadhu‟ Dalam kehidupan sehari-hari. Dia akan merasa malu bila orang di sekitarnya melihat dirinyamelakukan perbuatan yang tidak baik. kita harus segera membantunya.Tapi bukan merupakan malu yang terpuji jika kamu malu untuk melakukankebaikan.

Muslim . darishahabat 'Abdullah bin Mas'ud)Sifat sombong walaupun sedikit dapat menjadi penghalang seseorang untuk masukAl Jannah 16 . Sifat Sombong Tahukah kamu.Memang. Misalnyaketika ada seseorang mendapatkan nilai yang baik dalam ujian. An Naar banyak dihuni oleh orang-orang yang sombong lagimembanggakan diri b. c. Tidak seorang pun yang bisa menghalangi pemberian Allahkepada hamba-Nya. dia merasa iri danmengharapkan hilangnya kepandaian yang ada pada temannya tersebut. .F. AKHLAK YANG TERCELAa. yaitu mengharapkan hilangnya nikmat yang ada pada saudaranya. Dan Allah telah menyediakan tempat bagi orang-orang yang sombong di AnNaar. Dengki (hasad) dan Permusuhan Allah dengan keadilan-Nya memberikan karunia kepada siapa saja dari hamba-Nya yang Dia kehendaki.” ( HR. apakah sombong itu?Perhatikan sabda Rasulullah berikut: “Sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia. Maka tidaklah pantas bagi seorang muslim untuk timbul sifat hasad dalam hatinya.Hasad bukanlah sifat seorang muslim yang baik. Bahkan hasad adalah sifat orangYahudi.

Dan sesungguhnya seseorang akan selalu berkata jujur. Dan sesungguhnya seseorang akan selalu berdusta Akhlak. Mencela . sehingga dia dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur.Perkataan Dusta Dusta merupakan perbuatan tercela yang akan menyebabkan kejelekan. Di akhiratkelak Allah akan membalas kejelekan ini dengan balasan yang jelek pula.Perhatikan dan hafalkan hadits berikut: Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya kejujuran itu mengantarkan kepada kebaikan dan kebaikan itu mengantarkan kepada Al Jannah.” ( Muttafaqun „Alaihi ) d. Dan sesungguhnya kedustaan itu akan mengantarkan kepada kejelekan dan kejelekan akan mengantarkan kepada An Naar.Etika & Moral 18 sehingga dia dicatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta. Orang yangsenantiasa berdusta akan dicatat di sisi Allah sebagai seorang pendusta.

Mengapa mereka bisa seperti itu? Ya. Muslim ) e. Ghibah Ghibah adalah membicarakan aib dan kekurangan yang ada pada seorang muslimyang ia tidak ada di hadapannya. Rasulullah menjelaskan tentang makna ghibahsebagaimana dalam hadits berikut: Dari shahabat Abu Hurairah .Etika & Moral 19 . Adapun seseorang yangmembicarakan aib orang lain yang sebenarnya tidak adapada orang tersebut maka hal itudinamakan buhtan (kedustaan).” ( HR. Akhlak.Tutuplah aib saudaramu sebagaimana kamu berusaha untuk menutupaibmu sendiri.” Berkata Rasulullah : “Engkau menyebutkan sesuatu (kejelekan) tentang saudaramu yang tidak disukainya. bukan?Ghibah adalah perbuatan kotor yang seandainya dimasukkan ke dalam lautan. itulah adzab atau hukuman bagi orang yangsuka berbuat ghibah. di dalamnya ada orang-orang yangmempunyai kuku dari tembaga kemudian mereka mencakar muka dan dada-dada merekasendiri. dan ini lebih jelekdaripada ghibah. niscayaAllah akanmenutup aib-aibmu di dunia dan juga di akhirat kelak . 23 Rasulullah pernah melihat An Naar. Rasulullah telah bersabda: “Mengumpat seorang muslim adalah suatu kefasikan. mencaci maki.( HR. atau menghina dan merendahkan orang lain. ia berkata: “Bahwasanya Rasulullah berkata : “Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan ghibah?” Para shahabat menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Tentunya tidak ada seorang pun yang senang bila aibnyasampai diketahui oleh orang lain.Tentunya kamu merasa jijik. Muslim )Seorang yang berbuat ghibah itu seperti orang yang memakan daging saudaranyasendiri yang telah mati.niscaya akan terkotorilah air laut itu semuanya. Sama saja apakah bentuk celaan itu berupamengumpat.Mencela orang lain apalagi terhadap sesama muslim merupakan perbuatan yangdiharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya .” Dikatakan kepada Rasulullah : “Apa pendapatmu wahai Rasulullah jika sesuatu yang aku katakan memang ada pada saudaraku?” Berkata Rasulullah : “Jika memang ada berarti engkau telah mengghibahinya dan jika sesuatu tersebut tidak ada pada saudaramu berarti engkau telah berdusta tentangnya” . Tidaklah pantas seorang muslim mencela saudaranya karena hal itumerupakan kefasikan.jangan bicarakan kekurangan yang ada padanya kepada orang lain. mengolok-olok.

htm .http://www.com/doc50.shiar-islam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful