komputer terbagi menjadi: 1.

Perangkat masukan (input) Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya 2. Perangkat keluaran (output) Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer, plotter, speaker, dan lain lainnya. Macam-macam peripheral dan fungsinya: KEYBOARD Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared. MOUSE Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Mouse generasi terbaru biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga telah diproduksi. MONITOR Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.

1

tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. atau mendengarkan musik dan suara dari CD. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masingmasing. Motherboard Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor. Processor 2 . Dapat juga berfungsi sebagai mouse. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponenkomponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing. dan laser printer. foto. MP3 atau game. video card. Ada dua jenis scanner. JOYSTICK Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game. MICROPHONE DAN SPEAKER Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer. dan lain sebagainya. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer. handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan). sound card. Umumnya digunakan untuk computer laptop/notebook. spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut. inkjet printer. dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi). SCANNER Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar. tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. hard disk. misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. TAPE DRIVE Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.PRINTER Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca.

PCI-X. RAM RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. atau lain sebagainya. atau lain sebagainya.Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia. DDR2. Sebelum membeli sebuah video card. jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card. atau lain sebagainya. socket LGA 775. Sound Card Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. PCI Express. apakah SDRAM. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian. yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan datadata tersebut bisa diakses secara acak atau random. Video Card Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. AGP. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitunganperhitungan. apakah slot PCI. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini. apakah socket AM2. DDR. maka processor adalah otak manusia tersebut. kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian. Hard Disk 3 . Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian.

DVD-ROM. meng-install program. SATA. yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. apakah IDE. apakah IDE. Optical Disc Drive Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi. menonton film VCD atau DVD. DVD-RW. keyboard komputer saat ini memiliki model bermacammacam. Mouse 4 . terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin mengcopy data. SATA. Selain keyboard standard. SCSI. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian. Blue-Ray. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD. juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik. Monitor Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM. tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar. keyboard wireless yang menggunakan bluetooth. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian.Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. seperti keyboard mini. namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Keyboard Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. atau lain sebagainya. dan lain sebagainya. keyboard fleksibel yang bisa dilipat. atau lain sebagainya. atau lain sebagainya.

Casing Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard. power supply. 5 .Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard. mouse wireless yang menggunakan bluetooth. dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya. hard disk. dan lain sebagainya. Mouse juga bermacam-macam modelnya. ada mouse standard. optical disk drive. hard disk. mouse untuk keperluan gaming. Power Supply Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar. optical disc drive. maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. dan lain sebagainya.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.