STRATIFIKASI SOSIAL

Click to edit Master subtitle style

3/29/12

• 3/29/12 .PENGERTIAN • Stratifikasi berasal dari kata STRATUM jamaknya strata yang berarti lapisan. Patirin A Sorokin. mengatakan Social Stratification adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat.

yang dipengaruhi oleh masalah-masalah khusus yang berkenaan dengan geografi.Konsep Pelapisan Sosial : • Masyarakat selalu mengalami perubahan dari masa lalu ke masa sekarang dan akan berubah masa yang akan datang. setiap perubahan akan mengalami transisi yang akan ditunjukan dengan pola perkembangannya. Salah 3/29/12 satunya adalah terjadi • . ekonomi dan politis.

unggul-biasa. yang kemudian menimbulkan adanya pelapisan social. priyayiwong cilik. superior-inferior. Sistem nilai yang berlaku serta berkembang di masyarakat menentukan system pelapisan sosial • 3/29/12 .• Pada hakekatnya pelapisan mengacu kepada hirarkhi seperti : tinggi-rendah. dst.

Adanya suatu perbedaan 2. atau masyarakat lebih menghargai materiil. . maka orang yang punya meteri lebih banyak punya kedudukan yang lebih tinggi. Adanya kemampuan menilai Mungkin yang dianggap lebih tinggi kedudukan.Timbulnya pelapisan social 1. Ada sesuatu misalanya : 3/29/12 yang dihargai. 3.

yaitu : 1. Dimensi kekayaan 2. Dimensi prestise.Menurut Max Weber. stratifikasisosial dapat dilihat melalui 3 menensi. tapi pelapisan 3/29/12 social juga bisa terjadi . Pelapisan social bisa terjadi dengan sendirinya. Dimensi kekuasaan 3.

• Kasta tersebut diperoleh karena 3/29/12 warisan .SIFAT PELAPISAN SOSIAL 1. Terbuka Sifat pelapisan social tertutup adalah tidak memungkinkan pindahnya seseorang dari suatu lapisan ke lapisan yang lain misalnya : masyarakat berkasta. Tertutup 2.

Pada awalnya manusia hidup berkelompok tanpa tatanan social ttt. dan tak semua orang mampu memilikinya. 2. 3/29/12 . Sehingga menimbulkan perbedaan cara mereka menggarap pertaniannya. Pertanian berkembang.Pandangan lain tentang pelapisan sosial menurut penilaian fungsional dan history : 1. membutuhkan peralatan.

masing-masing adalah : 1. 4. dijumpai 4 varna (system) tersusun dari atas ke bawah. Kasta Ksatria ( kastanya orang bangsawan) 3. Kasta Brahmana (Kasta para pendeta). . Kasta Vaicya (kasta para pedagang).Menurut kitab suci Rig-Veda dan kitab Brahmana. 2. Sudra (kasta orang biasa/rakyat 3/29/12 jelata).

2. Ukuran kekuasaan (besar-kecilnya kekuasaan. 3/29/12 3. Ukuran kekayaan (bentuk rumah pribadinya. yang besar kekuasaannya menempati lapisan atas). Ukuran kehormatan (orang yang . cara menggunakan pakaian-dari bahan yang mahal. dll).DASAR PELAPISAN MASYARAKAT 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful