P. 1
Stratifikasi Sosial

Stratifikasi Sosial

|Views: 43|Likes:

More info:

Published by: Eddogawa C' Taplakisme on Mar 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

STRATIFIKASI SOSIAL

Click to edit Master subtitle style

3/29/12

PENGERTIAN • Stratifikasi berasal dari kata STRATUM jamaknya strata yang berarti lapisan. Patirin A Sorokin. mengatakan Social Stratification adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat. • 3/29/12 .

setiap perubahan akan mengalami transisi yang akan ditunjukan dengan pola perkembangannya. yang dipengaruhi oleh masalah-masalah khusus yang berkenaan dengan geografi. ekonomi dan politis. Salah 3/29/12 satunya adalah terjadi • .Konsep Pelapisan Sosial : • Masyarakat selalu mengalami perubahan dari masa lalu ke masa sekarang dan akan berubah masa yang akan datang.

• Pada hakekatnya pelapisan mengacu kepada hirarkhi seperti : tinggi-rendah. priyayiwong cilik. yang kemudian menimbulkan adanya pelapisan social. superior-inferior. dst. unggul-biasa. Sistem nilai yang berlaku serta berkembang di masyarakat menentukan system pelapisan sosial • 3/29/12 .

atau masyarakat lebih menghargai materiil. Ada sesuatu misalanya : 3/29/12 yang dihargai. Adanya suatu perbedaan 2. . 3.Timbulnya pelapisan social 1. maka orang yang punya meteri lebih banyak punya kedudukan yang lebih tinggi. Adanya kemampuan menilai Mungkin yang dianggap lebih tinggi kedudukan.

Dimensi prestise. Pelapisan social bisa terjadi dengan sendirinya. Dimensi kekuasaan 3. Dimensi kekayaan 2. stratifikasisosial dapat dilihat melalui 3 menensi. yaitu : 1. tapi pelapisan 3/29/12 social juga bisa terjadi .Menurut Max Weber.

SIFAT PELAPISAN SOSIAL 1. Terbuka Sifat pelapisan social tertutup adalah tidak memungkinkan pindahnya seseorang dari suatu lapisan ke lapisan yang lain misalnya : masyarakat berkasta. Tertutup 2. • Kasta tersebut diperoleh karena 3/29/12 warisan .

2. 3/29/12 . membutuhkan peralatan. Sehingga menimbulkan perbedaan cara mereka menggarap pertaniannya.Pandangan lain tentang pelapisan sosial menurut penilaian fungsional dan history : 1. dan tak semua orang mampu memilikinya. Pada awalnya manusia hidup berkelompok tanpa tatanan social ttt. Pertanian berkembang.

2. dijumpai 4 varna (system) tersusun dari atas ke bawah. masing-masing adalah : 1. Kasta Ksatria ( kastanya orang bangsawan) 3. 4. Kasta Vaicya (kasta para pedagang). Kasta Brahmana (Kasta para pendeta). . Sudra (kasta orang biasa/rakyat 3/29/12 jelata).Menurut kitab suci Rig-Veda dan kitab Brahmana.

2. Ukuran kekuasaan (besar-kecilnya kekuasaan. Ukuran kehormatan (orang yang . dll).DASAR PELAPISAN MASYARAKAT 1. cara menggunakan pakaian-dari bahan yang mahal. Ukuran kekayaan (bentuk rumah pribadinya. 3/29/12 3. yang besar kekuasaannya menempati lapisan atas).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->