LAPORAN TUGAS ELEKTRONIKA “PEMBUATAN POWER SUPPLY”

Nama Anggota Kelompok :
1. 2. 3.

Bunggi Rivan Hartanto Fransiscus Daso Rahmawan Suchinda 4. Firman Prawira /

/ 10410200087 / 10410200090 / 10410200093 10410200041

kami ucapkan terima kasih juga kepada Bapak Susjianto atas bimbingan yang diberikan dalam tugas ini sehingga kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Terima kasih juga kepada beberapa dosen system komputer yang juga memberikan kami pengarahan saat kami mendapatkan beberapa masalah kecil saat pembuatan power supply ini.meskipun sempat mengalami beberapa kesulitan dan kendala dalam pembuatan power supply ini tapi kami tidak menyerah sehingga power supply yang kami buat bisa diselasaikan meskipun hasilnya belum maksimal.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan atas rahmat yang diberikan sehingga kami dapat menyelesaikan tugas “Pembuatan Power Supply” ini dengan baik.terima kasih kepada kakak kelas kami yang membantu kami dan memberi penjelasan sehingga kami lebih mengarti prinsip kerja setiap komponen yang digunakan. . Berikut ini kami laporkan system kerja rangkaian power supply kami agar lebih mengerti bagaimana cara pembutan power supply ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami. Harapan kami untuk kedepannya yaitu apa yang kami telah selesaikan dapat menjadi sebuah pedoman dalam tugas-tugas kami berikutnya dan dapat bermanfaat bagi kami. Sebelum kami memberikan penjelasan tentang tugas power supply kami.

Dibawah ini adalah gambar rangkaian power supply yang kami gunakan: Bahan-bahan komponen Power Supply: 1. 2 Resistor 120 Ohm 7. Transformers 18V 3A . 2 Potensio 5k 6. IC LM 317 3. 2 Capacitor 1uF/50V 8. IC LM 337 4. 2 Capacitor 2200uF/33V 2. 2 Capacitor 10uF/35V 5.

9. IC LM 337 berfungsi untuk memberikan sumber arus kutub (-) pada rangkaian 4. 2 Capacitor 1uF/50V untuk menyimpan tegangan pada output 8. 2 Potensio 5k untuk mengatur besar dan kecilnya Output-an 6. 4 Diode 5A untuk penyearah arus agar arus yang masuk dari transformer menjadi stabil dan juga dapat digunakan sebagai pengubah arus AC menjadi DC . 2. 2 Capacitor 10uF/35V Untuk memberikan sinyal (+) atau (-) ke potensio 5. 4 Diode 5A Penjelasan Fungsi Komponen: 1. Transformers 18V 3A sebagai pembangkit tegangan 9. IC LM 317 berfungsi untuk memberikan sumber arus kutub (+) pada rangkaian 3. 2 Resistor 120 Ohm sebagai penghambat arus atau tegangan agar yang mengalir ke potensio sesuai yang diinginkan 7. 2 Capacitor polar 2200uF/33V berfungsi untuk menyimpan arus DC input agar arus AC yang masuk menjadi stabil.

Cara kerja Inputan dari listrik PLN yang sebesar 220v masuk kedalam transformator (travo) lalu diperkecil menjadi 20v kemudian masuk ke dioda kiprox dan menjadi tegangan DC kemudian melewati kapasitor untuk menggurangi tegangan ripple karna sifat kapasitor yang mengalirkan tegangan AC dan memberikan sinyal positif dan negative. Kemudian melewati IC LM317 atau LM337. . Lalu digunakan potensio meter untuk mengatur tegangan yang keluar ke outputan.

Semoga apa yang kami buat ini dapat bermanfaat. Selain itu juga kami bisa mengetaui jenis-jenis komponen dan cara kerja setiap komponen . Mungkin power supply kami tidak sempurna karna di dunia ini tidak ada yang sempurna dan kesempurnaa itu hanya milik Tuhan. .PENUTUP Dengan demikian laporan ini kami buat.Dengan tujuan supaya rangkaian dan system kerja power supply yang kami buat bisa lebih dimengerti.Saya ucapkan trima kasih kepada pak Susjianto yang telah memberi kami tugas karna dengan tugas ini kami jadi lebih bisa mengerti tentang rangkaian elektronika khususnya tentang system kerja power supply.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful