P. 1
3. Metode Persidangan

3. Metode Persidangan

|Views: 272|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Ikhsan Sukaria on Mar 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/26/2015

pdf

text

original

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Muslim Indonesia Botolempangan Intelektual Area

METODE PERSIDANGAN
1. SEBUAH PENGANTAR (BRAINSTORMING) :

 Realitas Manusia dalam Musyawarah  Masalah sebagai substansi sebuah persidangan  Konfrontasi Palu Sidang dan Pimpinan Sidang.
2. SEBUAH KAJIAN TEMATIS (BRAINWHOSING) :

Unsur-Unsur Persidangan

Pimpinan Sidang

Peserta Sidang

Masalah

Sarana Prasarana

Ketua Wakil Ketua Notulen

Mereka yang dimandat oleh sebuah organisasi

Agenda pembahasan khusus sebuah persidangan

Tempat, Meja, Kursi, Palu siding. (kondisional)

Peserta Penuh : Memiliki Hak Bicara dan juga memiliki Hak Suara Penuh

Peserta Peninjau : Hanya Memiliki Hak Bicara Tanpa Hak Suara

Persidangan

Wadah dimana berkumpulnya 2 orang atau lebih yang saling berinteraksi dan bekerjasama dalam membahas sebuah permasalahan dalam kesepakatan bersama.

Skorsing : Memberhentikan sidang dalam waktu yang ditentukan c. Walk Out : Sikap keluar dari forum karena ketidaksepakatan pembahasaan sidang i.Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Muslim Indonesia Botolempangan Intelektual Area 3. Votting f. • Bentuk-bentuk Persidangan : : a.1 % (Quota forum dikondisionalkan) g. Chaos : Kondisi Forum dalam keadaan kacau karena tidak terorganisir dengan baik. Pending : Memberhentikan sidang dalam waktu yang tidak ditentukan d. Bentuk Huruf U : c. SEBUAH REFLEKSI PEMAHAMAN (SEMIDOKTRIN) : • Istilah dalam Persidangan : a. Bentuk Lingkaran : . Interupsi : Pemotongan Pembicaraan Orang Lain Solution : Tawaran Akhir terhadap permasalahan yang berkembang Klarifikasi : Memberikan penjelasan terhadap pernyataan sebelumnya Personality : Komunikasi 2 arah dengan seseorang karena ketersinggungan Order : Pernyataan/asumsi terhadap wacana yang berkembang. b. Bentuk Shaf “Garis Hitam adalah Posisi Pimpinan Sidang” b. Aklamasi : Pengambilan keputusan secara lisan dengan berbagai asumsi e. Qourum : Pengambilan keputusan berdasarkan suara terbanyak : Jumlah peserta minimal 50.

Membuka Sidang .Menskrorsing/Mempending Sidang . 3 1 3 : .Mengalihkan Pimpinan Sidang Lama ke Pimpinan Sidang Baru : .Memutuskan dan Menetapkan Hasil-hasil sidang : .Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Teknik Universitas Muslim Indonesia Botolempangan Intelektual Area d.Menutup Sidang Untuk ketukan palu sidang yang lebih. hanya digunakan manakala forum dalam keadaan kacau dengan fungsi untuk menetralisir forum. Persidangan Dialektika Forum Pshykology Forum Kapasitas Peserta RETORIKA DAN KEPROTOKOLERAN . SEBUAH PENEGASAN KOMITMEN (DOKTRINASI) : • Proses Pengambilan Keputusan dengan menggunakan Palu Sidang : Ketukan Palu Sidang Secara Umum menggunkan metode 3 1 3. Bentuk Tapal Kuda : 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->