P. 1
UTS AYANG

UTS AYANG

|Views: 243|Likes:
Published by dewi-octavia-1884

More info:

Published by: dewi-octavia-1884 on Mar 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2012

pdf

text

original

Jangan sangka video game hanya menjadi mainan anak-anak.

Mainan elektronik ini dimodifikasi untuk membantu rehabilitasi tangan pada penderita stroke dan ditampilkan pada workshop internasional untuk rehabilitasi virtual di New York, Amerika Serikat. “Hasil realitas virtual lebih menjanjikan rehabilitasi yang cepat dan lengkap”, kata Kira Morrow dari The State University of New Jersey. Alat itu terdiri dari sebuah XBOX yang dimodifikasi, memutar program latihan plus sarung tangan yang bisa melatih kelenturan jari dan posisi pergelangan tangan, serta layar monitor dengan sambungan internet ke kantor Kira. Modifikasi XBOX tidak banyak dilakukan, Kira membuat dua program untuk merangsang fungsi tangan pasien stroke. Bentuk latihan misalnya, pasien mencoba memukul secepat mungkin untuk mengusir kupu-kupu yang terbang melintasi layar, gunanya adalah merangsang pasien untuk mengontrol tangan. Keunggulan lain alat ini yaitu hanya dijual US$ 549, jauh lebih murah daripada peralatan dengan fungsi serupa yang menjadi standar penanganan pasca stroke yang dibanderol US$ 17.800, padahal video game yang dimodifikasi ini bisa lebih berfungsi.

Kalimat2 1. Kepala PKSPL IPB, Tridoyo Kusumartanto (S) menilai (P) bahwa rencana ekspor pasir laut ke Malaysia (O) sebagai tindakan gegabah dan mengabaikan pengalaman ekspor ke Singapura (K) yang sangat merugikan Indonesia. (PEL) 2. Disebabkan pengetahuan yang dimiliki masyarakat tidak sama dibandingkan dengan kemajuan ilmu dan teknologi, hanya sebagian kecil masyarakat yang menguasai teknologi modern. 3. Ahli botani itu (S) menyatakan (P) bahwa protease (O) adalah enzim yang dapat diabsorpsi (K) oleh daun. (PEL) 4. Pertemuan (P) para pakar teknologi (S) di Jakarta (K) dilakukan sesuai rencana semula. (PEL) 5. Meskipun komputer itu (S) telah dilengkapi dengan peralatan yang canggih,(K) data dalam komputer itu (O) masih dapat dikacaukan (P) oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. (PEL)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->