REVOLUSI AMERIKA 1776, PEMBENTUKAN AMERIKA SERIKAT, DAN GERAKAN PEMBEBASAN AMERIKA LATIN

(Tugas Matakuliah Sejarah Dunia)

Kelompok VII : Dwi Marlina Sari Puri Diah Santya Rini - 0906528594 Syaffira Diraprana Gayatri – 0906528373

FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA 2012

1

2 . barulah perlawanan dan perjuangan kemerdekaan Amerika Serikat dipersatukan dibawah satu identitas dengan satu tujuan bersama. dan dimulai dari perlawanan-perlawanan tingkat regional. Amerika Serikat merupakan sebuah negara adidaya yang disegani oleh dunia internasional karena kekuatannya di bidang politik. Meskipun demikian. perjuangannya untuk meraih kemerdekaan dari tangan kerajaan Inggris telah berlangsung jauh sebelumnya. terbentuknya negara Amerika Serikat dan perkembangannya di abad ke-19. Meskipun demikian. sehingga pada akhirnya mereka tidak hanya berhasil mencapai revolusi. serta gerakan pembebasan di Amerika Latin. militer. negara-negara Amerika Latin seperti Meksiko yang tergabung dalam benua Amerika tidak termasuk dalam pembentukan negara Amerika Serikat modern. sejak deklarasi kemerdekaannya pada tahun 1776. Makalah ini akan membahas proses prarevolusi. baik secara politis maupun dalam aspek wilayah. Namun perjuangan Amerika Serikat dalam membangun negaranya tidak berhenti pada deklarasi kemerdekaan saja. maupun ekonomi. Revolusi Amerika tahun 1776.BAB I PENDAHULUAN Pada abad ke-20 hingga abad ke-21. Pada tahun 1764 hingga 1776. Pada tahun-tahun selanjutnya. namun juga meraih kemerdekaan dan rasa persatuan serta nasionalisme. AS terus berkembang. Perkembangan AS sebagai sebuah negara sendiri telah berlangsung selama tiga abad.

Undang-undang Gula (Sugar Act) tahun 1764. 4. karena mendapat banyak tentangan dari daerah koloni. Undang-undang Townshed tahun 1767. kertas dan hasil pungutan tersebut dipergunakan untuk membayar gaji para gubernur kerajaan 5. Beberapa sebab yang memicu terjadinya Revolusi Amerika diantaranya adalah undang-undang yang diberlakukan oleh pemerintahan Inggris di Amerika. surat perkapalan dan lisensi. 2. Sebab-sebab Revolusi Amerika Revolusi Amerika pada tahun 1776 merupakan suatu hasil dari proses panjang perjuangan Amerika untuk mencapai kemerdekaan dari kerajaan Inggris di bidang sosial. REVOLUSI AMERIKA. UU ini mengatur tentang jaminan bahasa.1. agama dan ketatanegaraan. UU tersebut mengatur tentang pajak materai atas surat kabar. UU ini mengatur pungutan atas gelas. cat. 3. Undang-undang Teh (Tea Act) tahun 1767 UU tersebut mengatur tentang regulasi dalam proses impor teh di koloni Amerika. 3 . Undang-undang Materai (Stamp Act) tahun 1765. Undang-Undang Quebec Act pada tahun 1774. dan transformasi intelektual di pemerintah maupun masyarakat. TERBENTUKNYA AMERIKA SERIKAT. dokumen hukum. asuransi. 6. yang kemudian dikenal dengan nama Pencerahan Amerika (American Enlightenment).1. UU ini merupakan undang-undang yang mengatur mengenai kenaikan harga pajak gula yang masuk ke Amerika. politik.1. Selanjutnya UU ini dicabut tahun 1766. timah. Undang-undang Keuangan (Currency Act) tahun 1764. Beberapa undang-undang tersebut sebagai berikut: 1. UU ini mengatur tentang larangan pengeluaran uang bagi masing-masing daerah koloni. pamflet.BAB II. DAN PEMBEBASAN AMERIKA LATIN 2. Revolusi Amerika 2.

dan berlangsung hingga tahun 1755. Parlemen memberlakukan undang-undang yang dinamakan Coercive Acts dengan tujuan untuk menekan negara-negara bagian yang terlibat dalam penghancuran kargo teh Hindia Timur di Boston pada bulan Desember 1773. 4 .2. namun kedua belah pihak mengalami kerugian material dan non-material yang cukup besar. dan mereka membutuhkan pemimpin yang dapat mereka patuhi. namun undang-undang ini tidak mencapai hasil yang diharapkan oleh pemerintah Inggris. Perang ini kemudian dikenal sebagai Perang Revolusi Amerika dan berlangsung hingga tahun 1776. Koloni-koloni Amerika akhirnya menyadari bahwa mereka perlu bersatu untuk melawan tentara Inggris. Kabar mengenai Coercive Acts ini memicu para pemimpin perjuangan kemerdekaan di negara-negara koloni untuk mengorganisir kongres yang melibatkan seluruh koloni untuk mendiskusikan gerakan perlawanan bersama. Jalannya Revolusi Amerika Pada tahun 1774. Namun demikian. sehingga dia kemudian diangkat sebagai pemimpin lapangan tentara Amerika.3. wakil-wakil daerah koalisi menyelenggarakan kongres kontinental I di kota Philadelphia yang menentang UU paksaan tersebut. Inggris menjadi pihak yang memenangkan konfrontasi ini. dan ini menyebabkan tentara Inggris menarik pasukan mereka ke Boston. Pada tahun 1775.1.1. dan dibawah pimpinannya tentara Amerika berjuang untuk mengusir tentara Inggris dari Boston. Pada bulan Juni. Massachussetts dan Boston dijatuhi sanksi sehubungan dengan aksi tersebut. Kontinental Kongres I bertempat pada September dan Oktober 1774. tentara Amerika mendatangi markas tentara Inggris di Breed’s Hill dan terjadilah sebuah konfrontasi militer pada tanggal 17 Juni 1775. Deklarasi Kemerdekaan Amerika Sebagai realisasi dari penentangan undang-undang yang diterapkan oleh pemerintah Inggris. Kondisi Amerika yang masih dalam perang menjadi penyebab tersendatnya perumusan kemerdekaan Amerika di Kongres Kedua.2. George Washington menjadi pilihan Kongres. Dia tiba di Boston pada bulan Juli 1775. sebab tindakan ini justru menyebabkan negara-negara bagian lainnya mempertanyakan kebijakan tersebut. Pada tanggal 19 April 1775. sebuah panitia dibentuk dengan tujuan merumuskan deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat. pada bulan Juni. terjadi sebuah pembentrokan bersejarah antara pihak militer Amerika dan tentara Inggris di Lexingtoon dan Concord. 2.

Pada Januari 1776. menerbitkan pamflet setebal 50 halaman yang berjudul Common Sense. merdeka dan mengejar kebahagiaan. Namun sebelum sampai pada tahapan deklarasi. Benjamin Frankloin. Thomas Paine. Deklarasi ini diilhami dari filosofi politik Prancis dan aliran pencerahan Inggris juga teori kontrak sosial dari John Locke. tercetuslah deklarasi kemerdekaan yang kemudian lebih dikenal dengan ‘the Declaration of Independence’ yang sebagian besar merupakan hasil kerja keras Thomas Jefferson. Maka berjuang demi kemerdekaan Amerika adalah berjuang atas nama hak dasar seseorang. Thomas Jefferson. seorang pemikir politik dan penulis yang datang ke Amerika dari Inggris pada tahun 1774. Hanya pemerintah yang dibangun berdasarkan kesepakatan bersama yang dapat melindungi hak-hak asasi manusia untuk hidup. (sumber: Declaration of Independence) Deklarasi kemerdekaan ini menjadi penentu penting dalam perjuangan rakyat Amerika untuk melepaskan diri dari kolonial Inggris. Akhirnya pada 4 Juli 1776. Adapun hasil keputusan kongres tersebut adalah :    Koloni-koloni akan mengangkat senjata melawan Inggris Mengangkat George Washington sebagai panglima besar pasukan Milisi Pada Juli 1776. wakil-wakil dari ke-13 koloni di Amerika akan menandatangani piagam deklarasi kemerdekaan Amerika yang menyatakan bahwa Amerika lepas dari segala ikatan kekuasaan kolonial kerajaan Inggris. 5 . Thomas Paine dan George Washington. Pamflet ini yang kemudian mengilhami deklarasi kemerdekaan di Amerika. Isi dari deklarasi kemerdekaan tersebut sebagai berikut: Untuk berjuang demi kemerdekaan Amerika adalah sama seperti berjuang mendapatkan suatu pemerintah yang didasarkan kesepakatan bersama sebagai ganti sebuah permerintah yang dipimpin seorang raja yang telah dengan satu dan lain cara menjadikan kita (orang Amerika) sunyek kekuasaan hukum asing di luar konstitusi kita dan yang tidak diakui oleh hukum kita. dan berfungsi sebagai simbol terbentuknya negara Amerika Serikat secara resmi.diadakan Congres Continental II di Philadelphia yang dihadiri oleh Samuel Adamas. kesepakatan dari semua negara bagian harus dicapai agar Amerika mencetuskan deklarasi secara resmi.

Pada tahun 1787. Selepas deklarasi kemerdekaan. Dengan selesainya masa revolusi bersenjata maka negara baru Amerika Serikat mulai menyusun konstitusi dan pemerintahan nasional Amerika yang merdeka dan berdaulat. peraturan kerajaan Inggris tentang hak.2. Pada awalnya. Konstitusi AS dibentuk oleh masing-masing kepala negara bagian. ketika Kerajaan Inggris berkuasa di Amerika. parlemen kerajaan Inggris pun memutuskan untuk mengakhiri perang dan mengakui kemerdekaan AS pada tahun 1783. Revolusi Amerika melahirkan kekuatan baru yaitu kekuatan demokrasi dan azas persamaan derajat yang secara mendalam telah mengubah dan membentuk cara hidup baru di Amerika. Beberapa dampak Revolusi Amerika dalam berbagai bidang diantaranya adalah sebagai berikut: a. pada tahun 1787. setiap negara bagian kecuali Georgia telah mengurangi dan menghentikan mengimpor budak.4. konstitusi Amerika Serikat disahkan di seluruh negara bagian. Dampak Revolusi Amerika Revolusi memungkinkan Amerika merdeka dari Inggris dan telah mengubah beberapa keadaan kehidupan penduduk di Amerika. Sosial: hak-hak kemanusiaan lebih dijunjung tinggi. Revolusi juga melahirkan sebuah konstitusi yang berupa undang-undang dasar dengan prinsip yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Selanjutnya. Politik: sudah tidak ada terdapat pegawai.1. mereka memberikan kekuasaan kepada negaranegara bagian untuk mengatur wilayahnya masing-masing. Ekonomi: Amerika menjadi bangsa yang besar dan aktif dalam dunia perdagangan. Pada tanggal 19 Oktober 1781.2.1. sistem pemerintahan masih menggunakan sistem Inggris. satu brigade tentara Inggris sebanyak 8000 personel yang dipimpin oleh Jenderal Cornwallis menyerah kepada pasukan Washington di Yorktown.2 Pembentukan dan Perkembangan Amerika Serikat 2. Perkembangan Pasca Revolusi Pasca revolusi perang terus bergejolak di ke-13 daerah koloni. hingga akhirnya Benjamin Franklin meminta dukungan Negara-negara Eropa untuk mengakui kemerdekaan Amerika Serikat. 2. Pada akhirnya. b. serta diambil juga dari artikel 6 . c. Isi konstitusi juga diambil dari Carta. Namun dalam perkembangannya. dibentuk konstitusi Amerika Serikat dengan tujuan untuk membatasi kekuasaan pemerintah dari pada tujuan umum lainnya.

konfederansi. yang hadir dalam kongres berjumlah 39 orang. 4) Konstitusi yang berdemokrasi 2. AS hanya terdiri dari 13 negara bagian. Ekspansi Amerika Serikat terkait dengan penambahan jumlah negara-negara bagian ini terjadi melalui proses sebagai berikut: 7 . Masing-masing dari mereka mempunyai wilayah secara independen. Namun dalam perkembangannya hingga kini. Dalam pertemuan itu. 2) Federalisme atau sistem federal Doktrin federal memiliki dua implikasi untuk menganalisasi hukum konstitusional. yang menyatakan bahwa pelaksanaan hukum tertinggi akan mengatur kehidupan manusia. pada tahun 1787 di Philadelphia diadakan pertemuan yang dihadiri oleh masing-masing wakil dari negara bagian. Dalam perkembangan mengenai konstitusi tersebut. 3) Judicial review (check and balance) Uji materi hukum sering digambarkan sebagai penyeimbang dalam sistem negara federal dalam menjamin kesepakatan atau peluang menguji validitas aksi dari negara-negara bagian. Konsep konstitusi negara Amerika Serikat dikejawantahkan dalam konsep-konsep berikut: 1) Pemisahan kekuasaan Prinsip ini mengatur mengenai pemisahan wewenang dalam konstitusi AS. AS telah berkembang menjadi 50 negara bagian.2. presiden (eksekutif) dan lembaga hukum federal (yudikatif). Konstitusi ini digerakkan oleh tokoh-tokoh yang mengingkan Amerika bebas dan merdeka dalam menentukan nasibnya sendiri.2. Pembuatan konstitusi dipertegas tentang penetapan kekuasaan kedaulatan dan negara bagian yang diberikan kepada rakyat sebagai keseluruhan kerjasama dengan pemerintah pusat. Secara umum kekuasaan didelegasikan kepada kongres (legislatif). Sistem ini tidak memiliki kekuasaan mutlak. tetapi tergantung persetujuan dari negara-negara bagian. Penambahan Negara-negara Bagian Ketika Declaration of Independence yang disusun oleh Thomas Jefferson ditandatangani. dibicarakan mengenai perundangan dan persatuan yang lebih kokoh dan merdeka. Konsep dasar dari perundangan Amerika Serikat ini dipelajari juga dari konsep lama Romawi dan Yunani.

1776 (dengan angka romawi) melambangkan hari kemerdekaan Amerika. Hal ini melambangkan kebebasan. Dia digambarkan sedang membebaskan diri dari belenggu tirani dengan tangan kanan memegang obor dengan api yang menyala. Sedangkan tujuh bayangan paku besar pada mahkotanya melambangkan tujuh samudra dan benua di dunia.2  Kondisi yang menyebabkan terjadinya revolusi pembebasan Amerika Latin Revolusi Amerika (1776) Keadaan 13 daerah koloni yang tertindas di bawah kekuasaan kerajaan Inggris. Pembelian wilayah yang disebabkan karena alasan politik. Patung ini merupakan hadiah dari rakyat Prancis kepada rakyat Amerika sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100. Penambahan wilayah melalui ekspansi atau penyerangan dan pendudukan. Pada tahun 1876. Prancis memberikan sebuah patung kebebasan yang dinamakan “Patung Liberty” yang didesain oleh Frederic-Auguste Bartholdi. 8 . b. Hal ini semakin diperparah dengan banyaknya pajak yang harus dibayar rakyat kepada pemerintah Inggris membuat rakyat menjadi marah dan menuntut pemisahan diri dari Inggris secara penuh. Revolusi ini diilhami oleh keberhasilan revolusi amerika dan revolusi Prancis yang begitu berdampak besar bagi Spanyol. 2. Patung ini digambarkan sebagai seorang wanita yang mengenakan jubah yang menjuntai. Memberikan perlindungan kepada negara-negara yang menginginkannya dengan tujuan untuk menghindari ancaman dari negara-negara lainnya dan selanjutnya menjadi negara bagian.3.Gerakan Pembebasan di Amerika Latin 2. Haiti merupakan daerah koloni budak yang pertama kali mengikuti jejak revolusi Amerika dalam Revolusi Haiti yang berlangsung antara tahun 1791-1804. sementara tangan kirinya memegang sebuah buku dengan tulisan July 4.1776.1 Perang Kemerdekaan Amerika Latin Merupakan serangkain revolusi yang berlangsung pada akhir abad ke-18 hingga awal abad ke-19 yang menyebabkan kemerdekaan di beberapa Negara Amerika Latin. dan buku dengan angka 4.a. Porugis dan Haiti (daerah koloni prancis di America). c. 2.3.3. Filosofi dibalik Patung Liberty sendiri adalah patung tersebut merupakan sebuah karya seni monumental yang melambangkan kebebasan bagi seluruh dunia.

Hal ini memicu kemarahan rakyat hingga akhirnya mereka meruntuhkan Penjara Bastille1 yang merupakan lambing sistem kekuasaan yang absolut. Diantaranya yaitu : Venezuela. Uruguay. Kekuatan rakyat mampu menumbangkan kekuasaan monarki yang absolut akibat penyalahgunaan kekuasaan kerajaan sehingga mengabaikan hak-hak warganya. Pada tanggal 9 Juli 1816. 2. sebuah pertemuan yang dilangsungkan di San Miguel de Tucumain. banyak orang ditahan di penjara ini tanpa melalui proses hukum yang jelas. Salah satu prang yang terjadi selama masa itu adalah Perang Ayacucho (9 Desember 1824). menyepakati pendeklarasian kemerdekaan. angkatan bersenjata yang dipimpin oleh Bolivar menyebrangi Andes dari Venezuela menuju New Granada. Revolusi Prancis (1789) Merupakan revolusi menyeluruh dalam tatanan kehidupan bangsa Prancis. Perang ini bertujuan untuk memperluas wilayah jajahan prancis. Perlawanan bersenjata pun tak terhindarkan. Paraguay.Juli 1819.  Kolombia Pada Juni 1816. Pada tanggal 10 Agustus di tahun yang 1 Merupakan lambang kekuasaan yang absolut pada zaman pemerintahan Louis XVI. angkatan bersenjatanya sebanyak 3000 orang mengalahkan tentara kolonial Spanyol. 9 . Argentina. Colombia.3. Namun berikut hanya akan dibahas beberapa Negara saja:  Perang kemerdekaan Argentina Berlangsung sejak tahun 1810-1818 oleh angkatan bersenjata Argentina dibawah pimpunan Manuel Belgrano dan Jose de San Martin melawan pemerintahan royalis Spanyol. Proses mendapatkan kemerdekaan. Peru dan Bolivia. Ekudor. dilalui dengan perjuangan bersenjata.  Bolivia Bolivia menyatakan kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1809.  Perang Napoleon (1799-1815) Perang yang diketuai oleh Napoléon Bonaparte melingkupi seluruh wilayah Eropa.3 Negara (di Amerika Latin) yang menuntut merdeka dari koloninya Ada banyak Negara di Amerika Latin yang kemudian menuntut kemerdekannya. Pada perang Boyaca (7 Agustus 1819). Chile.

ia menjadi presiden pertama The Gran Colombia  Ekuador Spanyol menerapkan semua aturan-aturan pemerintahannya di Ekuador pada tahun 1809. Bolivar berhasil mengambil alih Bogota hingga sekembalinya ia ke Venezuela. Sebagian besar dari daerah koloni Spanyol. Colombia. Peru. 2.4 Para Pemimpin Revolusi Ada beberapa yang menyebut mereka sebagai Libertadores mengacu kepada para pemimpin perang kermerdekaan Amerika Latin dari jajahan Spanyol. dan Bolivia) Jose de San Martin (Argentina. criollos (merupakan keturunan dari bangsa Spanyol dan Portugis). Ekuador telah berhasil mendapatkan kemerdekannya dan bergabung menjadi bagian dari The Gran Colombia.3. yang paling menonjol ialah :     Fransisco de Miranda (Venezuela) Simon Bolivar (Venezuela. Argentina) Ramon Castilla (Peru) Antonio Jose de Sucre (Venezuela. Namun dari kesemua pemimpin. Kemudian ia bertemu dengan Bolivar di Guayaquil dan pada tanggal 26 Juli 1822. Ekuador. Chile dan Peru. Peru) Bernardo O’ Higgins (Chile) Adapun pemimpin yang lain yaitu :       Miguel Hidalgo (Mexico) Fransisco de Paula Santander (Kolombia) Jose Miguel Carrera (Chile. melakukan perang kemerdekannya dibawah pengaruh militer dan politik dari Jose de San Martin. namun pada tahun 1822. Chile. San Martin. Ekuador. Mereka sebagian besar berasal dari kalangan kaum borjuis. berfungsi sebagai ‘protector’ Peru hinggal parlemen resmi terbentuk. Kolombia dan Bolivia) Jose Gervasio Artigas (Uruguay) 10 . dipengaruhi oleh liberalism akibat pendidikan militer di daerah metropolitan. ia secara resmi membicarakan rencananya bagi masa depan Amerika Latin. Panama.sama. termasuk Argentina.

Revolusi Amerika membawa perubahan baru bagi dunia.BAB III. perang terus bergejolak di ke-13 daerah koloni. hingga akhirnya pada tanggal 19 Oktober 1781. konstitusi Amerika Serikat disahkan di seluruh negara bagian. 11 . merdeka dan mengejar kebahagiaan’. antara lain hak untuk hidup. Pada tahun 1787. Pada masa pasca revolusi. Revolusi Amerika tahun 1776 merupakan suatu hasil dari proses panjang perjuangan Amerika untuk mencapai kemerdekaan dari kerajaan Inggris di bidang sosial. dan berfungsi sebagai simbol terbentuknya negara Amerika Serikat secara resmi. Dengan selesainya masa revolusi bersenjata. politik. negara baru Amerika Serikat mulai menyusun konstitusi dan pemerintahan nasional Amerika yang merdeka dan berdaulat. yang disebut Pencerahan Amerika (American Enlightenment). AS yang awalnya hanya terdiri dari 13 negara bagian kemudian berkembang menjadi 50 negara bagian. tentara Inggris menyerah kepada pasukan Washington yang menyebabkan parlemen kerajaan Inggris pun memutuskan untuk mengakhiri perang dan mengakui kemerdekaan AS pada tahun 1783. Kemudian pada tahun-tahun selanjutnya. sehingga pada akhirnya mereka berhasil mencapai revolusi yang dikenal dengan nama Revolusi Amerika. Deklarasi kemerdekaan ini menjadi penentu penting dalam perjuangan rakyat Amerika untuk melepaskan diri dari kolonial Inggris. Pada tahun 1764 hingga 1776. tidak hanya membebaskan Amerika Serikat dari campur tangan Inggris namun juga turut menginspirasi Negara-negara lainnya terutama Amerika Latin dalam memperjuangkan kebebasan dan hak asasi manusia. bahwa oleh sang pencipta manusia dianugerahi hak-hak yang tak dapat diingkari. barulah perlawanan dan perjuangan kemerdekaan Amerika Serikat dipersatukan dibawah satu identitas dengan satu tujuan bersama. dan transformasi intelektual di pemerintah maupun masyarakat. Hasil dari Revolusi Amerika ini merupakan deklarasi kemerdekaan atau Declaration of Independence pada tanggal 4 Juli 1776. KESIMPULAN Perjuangan Amerika Serikat untuk meraih kemerdekaan dari tangan kerajaan Inggris diawali dari perlawanan-perlawanan tingkat regional di negara-negara kolonial. AS terus berkembang. Seperti yang dikatakan Thomas Jefferson ‘kami meyakini kebenaran bahwa semua manusia diciptakan sederajat. baik secara politis maupun dalam aspek wilayah.

Jakarta: Endang.memory. http://www. http://www. http://www. Larry.premierecharleston. Jakarta : Kompas Gramedia Bureau of International Information Program. 2005. The Coming of the American Revolution. Dari Koloni Menjadi Salah Satu Negara Terbesar: Sejarah Ringkas Amerika Serikat.loc. http://www.usinfo.S History.gov/ (Diakses pada tanggal 24 Maret 2012) 12 . US Departement of state. The Outline of U.com (Diakses pada tanggal 24 Maret 2012) Gonick.masshist. 1776-1785: Secession from the British Empire.DAFTAR PUSTAKA Escher.org (Diakses pada tanggal 24 Maret 2012) The American Revolution. 2008.state. 1954. Franklin.gov (Diakses pada tanggal 24 Maret 2012) Charleston and the American Revolution. Kartun Riwayat Amerika Serikat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful