P. 1
Materi debat bahasa inggris SMA/SMK

Materi debat bahasa inggris SMA/SMK

|Views: 10,239|Likes:
Published by Febri Ramadhani
mohon ma'af jika ada keslahan kata.
mohon ma'af jika ada keslahan kata.

More info:

Published by: Febri Ramadhani on Mar 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2015

pdf

Peraturan Debat Bahasa Inggris

By : Febri Ramadani
English Club SMK PGRI 1 NGANJUK Topik yang diperdebatkan (tentu sudah pada tahu) Ø Parameter : Limitation of argument, batasan yang harus diberikan oleh team positif agar pembicaraan dengan motion. Parameter sangat penting sekali karena dalam perdebatan akan muncul ide-ide baru yang nantinya tidak akan bertemu pada satu titik. Maka gunanya parameter untuk membatasi isi dari pada pembicaraan. Parameter juga bisa digunakan sebagai penjebak apbla team lawan berargumen yang keluar dari parameter anda. Jika affirmative team tidak memberikan parameter maka haknya bisa diambil oleh negative team dan itu sangat berbahaya, karena jalur pembicaraan di pegang oleh team lawan. Ø Team split : Bagian-yang akan dibicarakan oleh masing-masing speaker. Misalnya : society point of view, law point of view, morality point of view. Health point of view. Ø Theme line : Garis besar/inti dari motion yang diambil dari keseluruhan argument Ø Matter :

Materi yang disampaikan harus sesuai dan berhubungan dengan motion(jangan keluar jalur) Ø Manner : Cara peyampaian argument : yang sopan, tegas, meyakinkan suara jangan sampai lembek karena berpengaruh pada kekuatan argument anda,juga body language juga penting (jangan tegang seperti patung).

Ø

Method :

Metode penyapaian dari 1st speaker sampai 3rd speaker. pembagian tugas harus jelas. Ketiga unsure ini mempengaruhi margaindalam penilaian. Ø Timer : Ini juga sangat penting waktu semakin panjang semakin bagus. Pengalaman saya : waktu bicara tidak usah terburu buru, jika apa yang disampikan tidak banyak cobalah mengulur waktu dengan pura2 bepikir (acting), jadi waktu kita yang lama sebelum letukan harus berhenti akan menambah margin juga dalam penilaian. Ø Reply speech : Kesimpulan dari ketiga argument yang menguatkan. Bisa dibawakan oleh 1 st atau 2nd speaker (pembicara ketiga tidak boleh memberikan reply speech di dalam Australian debate rules). Perlu di ingat dalam menyampaikan reply speech jangan sampai membuka kasus baru/ide baru. Hanya sebuah penegasan dari argument team saja. Tugas-tugas affirmative team : 1st speaker: (1st speaker mendapt tugas paling banyak dan jangan sampai ada yang ter tinggal ) 1. Introducing team 2. Giving the motion,parameter, theme line and theme split. 3. Argument Contoh : Greeting Good morning/afternoon,ladies and gentlemen the member of this house . Thankyou for the apportunity that given to me. We are from SMK PGRI 1 NGANJUK, let me to introducing my team. I am as the 1st speakr, my name is ....., our 2 nd speaker is ….., and our 3rd speaker is …… Next I would like to give our motion today, our motion today is That our government should take a firm action upon illegal miner.

From that motion we will give our themeline : that we as the affirmative team absolutely agree that the government must take a firm action to the illegal miner for the goodness of our contry. Then our parameter today is that we just talk about the gold illegal miner in our country (dalam hal ini bisa diganti dengan pertambangan yang lain. Misalnya : minyak, etc. ) ( Jadi jika lawan anda sampai bicara soal minyak padahal tim anda memberikan pembatasan hanya pada penambangan emas, berarti satu kelemahan dari lawan bisa bisa anda jadikan sebagai senjata. Anda bisa langsung nembak bahwa apa yang mereka bicarakan lari dari parameter yang anda buat sebagai team+ ). Well continue to our team split. I am as the 1st speaker would like to talk about the effect for economic point of view, our 2nd speaker would like to talk about law pov and ou 3 rd speaker would like to give more elaboration and give evidence.(bisa diganti dengan p.o.v yang lain misalnya : society pov, morality pov,etc) And for the reply speech (kesimpulan) will be give by 1st speaker. Next ladies and gentle man, I would like to give our argument … (…) silahkan berargumen sesuai dengan poin of view anda. Jangan lupa untuk memberikan salam dan terima kasih untuk semua pembicara. 2nd speaker Tugas : 1. Rebutle of negative team 2. Argument 3rd speaker Tugas : 1. Rebutle of 2nd speaker of negative team 2. Memberikan penguatan atas argument pembicara 1 dan 2 3. Memberikan contoh dan bukti yang kuat untuk keseluruhan argument of team

Khusus untuk 3rd speaker lebih baik yang benar-benar pandai berbicara dan lebih galak. Karena 3rd speaker adalah ujung tombak dari team anda, jadi 3 rd speaker adalah harus yang paling kuat dalam berargumen. Tugas untuk negative tim : Pada dasarnya sama hanya tidak perlu membuat parameter karena team affirmative telahmenentukan sendiri. Sebagai negative harus jeli terhadap tugas-tugas speaker of positive team. Ingat : jika tidak ada parameter anda dapat merebut point itu. Katakan saja, misal : 1st speaker of neg : well because the first speaker of affirmative team did’nt give us the parameter, so here I would like to give our parameter today… bla… bla Jadi mau tidak mau merka harus ikut jalur anda.(sesuatu yang sepele dan sangat menjatuhkan posisi lawan karena bisa saja mereka tidak berfikiran tentang batasan pembicaraan yang anda buat, jadi mereka bisa bingung sendiri mengawali argument mereka.) Seandainya mereka nekat lari tanpa peduli parameter anda, maka itu suatu kesalahan yang besar, berarti perdabatan tidak ada artinya alias Cuma bicara sendiri2 dan anda bisa langsung menegurnya. Jelasnya : 1st speaker : rebutle of the first speaker affirmative Pembagian tugas sama seperti diatas Argument 2nd speaker : rebutle of the 2nd speaker of affirmative Argument 3rd speaker : rebutle of the 3rd speaker of the affirmative team Proffing and summery( jangan buat kasus baru).

Demikian kurang lebihnya untuk Australian debate rules. Ada juga untuk Australasia debate rules yaitu sama dengan diatas hanya saja pada saat masing-masing pembicara berargumen, maka pembicara dari team lawan bisa mendebat secara langsung(debat kusir). Misalnya ditengah anda sedang berargumen maka salah satu atau dua atau bahkan ketiganya dari team lawan akan berdiri sabil engangkat tangan dan berteriak p.o.i (point of interruption) lalu menyampaikan rebutle nya untuk anda.

Selamat berlatih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->