P. 1
Cara Membuat Report

Cara Membuat Report

|Views: 81|Likes:
Published by tantibetry

More info:

Published by: tantibetry on Mar 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2012

pdf

text

original

CARA MEMEBUAT LAPORAN PADA VISUAL BASIC 6.

0 DENGAN MENGGUNAKAN DATAENVIRONMENT
Ass.wr.wb Materi ini saya dedikasikan untuk mahasiswa saya yang berkeinginan untuk belajar… Pada Visual Basic terdapat beberapa cara untuk membuat laporan. Salah satunya adalah dengan menggunakan DataEnvironmet yang merupakan cara membuat laporan yang paling mudah. Langsung aja kita bahas materinya: Jika kalian telah selesai membuat program,maka langkah selanjutnya adalah membuat laporan dari program yang kalian buat tersebut. Tahap pertama adalah membuat DataEnvironment dan melakukan koneksi pada Database kita. Langkah2nya sebagai berikut : 1. Aktifkan Visual Basic 6.0 2. Open atau kalian buka program yang telah kalian buat

3. Jika sudah, sekarang klik menu project-Add Data Environment

6.. akan muncul jendela DataEnvironment. Kemudian pada jendela Data Link Properties kalian pilih Microsoft Jet 4.4. Setelah itu. 5.0 OLE DB Provider. lalu tekan Next . Klik kanan pada Connection1 lalu pilih Properties.

Jika Databasenya sudah ditemukan.7. Setelah itu kalian cari Database yang telah kalian buat dengan menekan tombol 8. lalu klik Open .

10.9. klik Ok saja. periksa kembali Database kalian dan ulangi langkah no. Jika pesan ini tidak muncul. Kemudian tekan tombol Test Connection untuk menguji koneksinya..7 . maka textbox kosong yang ada disamping tombol akan berisi alamat dari Database kalian. Jika sudah.Jika muncul pesan seperti dibawah ini berarti koneksinya berhasil.

Pada jendela DataEnvironment. tahap pertama pembuatan laporan telah selesai. . kalian klik kanan pada Connection1 lalu pilih Add Command 2. Sekarang klik kanan pada Command1 lalu pilih Properties. Maka akan muncul Command1 yang terletak di bawah Connection1. Langkah2nya sebagai berikut: 1.Klik Ok lagi untuk menutup jendela Data Link Properties.. Dengan ini. Sekarang kita lanjut ke tahap ke-2 yaitu: Membuat Command sebagai tempat penampungan data laporan kita.11..

Jika sudah. . karena kita hanya mamiliki 1 Conection yaitu:Connection1. Maksudnya. bercanda.3. Di jendela tersebut terdapat “Command Name”. berikutnya. Namun saran saya.. Selanjutnya pengaturan Connection yang berada di samping Command Name.. kita tidak perlu mengganti nama Command yang baru kita buat tadi. nama dari Command yang kita buat bisa kita ganti dengan nama yang kita inginkan. Silahkan lanjut ke no. nama dari command yang kita buat bisa kita ubah dengan nama2 yang lebih menarik & memikat hati sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi…hihi. Disini saya akan terangkan sedikit tentang pengaturan dari Command Properties ini. Yang sekarang akan kita lakukan adalah mengatur Database Object & Object Name pada jendela Command Properties. maka akan muncul jendela Command Properties. untuk saat ini kita tidak perlu mengatur Connection. Hal ini dikarenakan kita masih dalam tahap belajar & kita hanya membuat 1 Command saja.

Klo sudah. Dengan ini. kita pilih nama table yang akan kita koneksikan.. tahap ke-2 telah selesai. Disini saya memilih table_transaksi. karena saya mau membuat laporan dari table transaksi 6. Pilih table pada combobox Database Object 5.4. Note: jangan lupa di save dulu y…. Simpan dengan nama DataEnvironment1 . Setelah itu. klik Ok untuk menutup jendela Command Properties.

Tahap ke-3... Maka akan muncul jendela Data Report seperti di bamah ini: .. kita lanjut ke tahap yang ke-3 yaitu membuat DataReport sebagai media untuk menampilkan laporan. membuat Data Report Langkah2nya sebagi berikut: 1. Pilih data menu Project-Add Data Report 2.? kalo y.Gimana.! udah pusing. berarti bagus…! Supaya makin teller.

Sekarang kalian pilih Command1 yang ada di jendela DataEnvironment. jendela Data Report akan tampak seperti di bawah ini: Hasilnya: 4.3. Jika berhasil. lalu kalian drag menuju jendela Data Report. Kemudian atur posisi field2 yang baru saja kalian Drag tadi sehingga akan tampil seperti di bawah ini: .

Hasilnya: Jangan lupa untuk mengatur properties dari DataReportnya: DataSource :DataEnvironment DataMember :Command1 .

Kita lanjut lagi ketahap ke-4: Tahap ke-4: menjalankan Data Report melalui Form. Tahap2nya adalah: 1. Disini saya telah menyelesaikan form transaksi dengan judul :”penyewaan DVD EZY”. Buka form/program yang telah kalian selesaikan. tahap ke-3 telah selesai.Simpan dengan nama: DataReport1 Dengan ini. .

save kembali hasil kerjaan anda.Show 4. Tambahkan 1 Commandbutton dengan Caption:&CETAK dan name:ccetak.2. seperti tampak di bawah ini. Jika telah selesai. Berikut adalah listing dari tombol cetak: DataReport1. 3. jikalau langkah2 yang anda lakukan benar maka pada saat tombol cetak di tekan maka akan tampil seperti di bawah ini: . Kemudian jalankan program anda.

! Wass.wb .Itulah langkah demi langkah untuk membuat report dalam Visual Basic menggunakan DataEnvironment. Huuuh… cape ngetiknya… di pelajari y….wr.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->