P. 1
Paper an Hewan

Paper an Hewan

|Views: 33|Likes:
Published by elisabethsrngo

More info:

Published by: elisabethsrngo on Mar 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

PAPER PERKEMBANGAN HEWAN

Oleh :

ELISABETH SIRINGORINGO 4103341014 EKSTENSI BIOLOGI 2010

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan 2012

Kelenjar Hipofisis. perikardium serta menyekresikan cairan serosa. Integumen (kulit). Ektoderm Lapisan yang paling luar dari cakram mudigah. yaitu. Populasi-populasi sel induk membangun setiap organ primordia. dan interaksi-interaksi ini sangat peka terhadap gangguan pengaruh genetik serta pengaruh lingkungan. Juga membentuk sistem peredaran darah yang meliputi jantung. hidung dan mata. 5. Mesoderm Intermediat. Dengan demikian. 2. kelenjar mammae. pembuluh getah bening. mesoderm serosa untuk melapisi rongga peritoneum. masa ini adalah masa terjadinya kebanyakan cacat lahir struktural. korteks adrenal.ORGANOGENESIS Sebagian organ dan sistem organ terbentuk pada minggu ke 3-8 dan sangat penting untuk perkembangan normal. Ektoderm ini nantinya akan membentuk organ dan struktur yang memelihara hubungan dengan dunia luar. a. Mesoderm Paraaksial. yaitu: 1. Organogenesis pada awalnya terbentuk dari cakram mudigah yang mempunyai tiga lapisan. tulang dan tulang rawan (sklerotom). Nantinya akan berkembang menjadi unit-unit eksresi sistem kemih. jaringan yang untuk sementara menghubungkan mesoderm paraaksial dengan lempeng lateral. 4. kelenjar keringat dan email gigi. Parietal : yang mengelilingi rongga intraembrional akan membentuk membran tipis. b. Selain itu juga membentuk sistem urogenital yang meliputi ginjal & gonad beserta saluran-salurannya (kecuali Vesica Urinaria). Mesoderm Lapisan tengah dari cakram mudigah. 3. Mesoderm parietal dan viseral. serta subkutan (dermotom). pleura. limpa. 2. . pembuluh darah. 3. SSP (Susunan Saraf Pusat) SST (Susuan Saraf Tepi) Epitel sensorik telinga. Adapun rinciannya adalah: 1. Lapisan mesoderm ini dibagi lagi menjadi tiga bagian. semua sel darah dan sel getah bening. termasuk rambut dan kuku. akan membentuk jaringan otot (miotom).

Lalu setelah terbentuk.   Berlokasi dorsolateral antara somit dan mesoderm lateral Membentuk system urogenital: . organ dan sistem organ akan berkembang fungsinya. intinya bagian dalam saluran cerna . pleura . bukan bentuknya. jika pun terganggu yang akan cacat adalah fungsi dari organ. Gambar dihalaman berikut menjelaskan masa perkembangan pesat sebuah organ.c. Sensitifitas terhadap Teratogenik menurun drastis. Endoderm adalah saluran dalam seperti usus . saluran nafas dan kandung kemih juga parenkim tiroid. vesika urinaria . paratiroid hati pankreas dan kavitas timpani dan tuba auditifa. masa ini disebut Fetogenesis. Setiap organ mempunyai masa berkembang yang pesat.

– Ginjal (membentuk urin). ureter (transpor urin dari ginjal ke kantung kemih) dan uretra (transport urin dari kantungg kemih ke luar tubuh) – Gonad: kelenjar reproduksi utama  Pematang nefrogenik merupakan bagian pematang urogenital yang membentuk sistem urinaria .

yaitu outgrowth dari duktus mesonefros dan medoderm metanefri berasal dari bagian kaudal pematang nefrogenik . Metanefors membentuk ginjal dewasa.Diferensiasi mesoderm intermedier Mesoderm intermedier terletak antara somit dan mesoderm lateral. Pronephros ginjal yang rudimen dan tidak berfungsi dan akan mengalami regresi secara sempurna 2. Tiga set ginjal yang terbentuk secara bertahap dalam embrio : 1.Dari mesoderm intermedier akan terbentuk system ekskresi dan saluran genital.Sistem ekskresi atau urinaria terbentuk terlebih dulu dan setelah system ini mulai berfungsi kemudian akan dibentuk system genital. Mesonefros berfungsi hanya untuk waktu yang singkat dan tetap dipertahankan sebagai duktus mesonefros (Wolff) 3. Berkembang dari kuncup ureteris (ureteric bud).

sel‐sel pada daerah “progress zone” berproliferasi dan sel‐sel mempertahankan posisinya • Ketika sel meninggalkan daerah “progress zone”. rawan mulai berdiferensiasi dan komponen lainnya mendapatkan informasi posisi yang harus ditempati .Diferensiasi mesoderm lateral Pembentukan anggota tubuh aves   Mulai pada hari ke‐3 setelah ditelurkan Anggota badan berkembang dari tunas anggota /limb bud pada dinding tubuh embrio Perkembangan anggota tubuh • Pada saat tunas anggota terbentuk.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->