LAPORAN KULTUR JARINGAN PENGENALAN ALAT

Nama Nim Prodi

: Yanuarti Nur Isnaini : 4411409025 : Biologi

JURUSAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2012

Spatula untuk mengambil bahan kimia yang diperlukan dalam pembuatan media kultur. Gambar 2. B. . 300ml. 100ml. Gelas becker Untuk menuangkan atau mempersiapkan bahan kimia dan air aquades dalam pembuatan media. 3. Tujuan Mempelajari macam – macam alat yang digunakan dalam praktikum kultur jaringan tumbuhan maupun hewan dan kegiatan yang berhubungan dengan aspek kultur jaringan serta penggunaannya. 2000ml. 4. Nama Alat Fungsi 1. Timbangan Untuk menimbang bahan kimia yang diperlukan dalam pembuatan media kultur. 1000ml. Pipet Untuk mengambil cairan. Hasil Pengamatan Alat pembuatan media kultur jaringan No. Ukuran gelas piala bervariasi.Pengenalan Alat A.

Panci 8. 9.5. . Indicator pH/ lakmus untuk mengukur pH media ketika membuat media. Sendok kaca untuk mengaduk media saat persiapan dan saat pemanasan. Autoklaf untuk mensterilkan semua peralatan dan media kultur yang dipakai dalam kegiatan kultur jaringan. 10. Botol kultur tempat untuk mengkulturkan atau menanam eksplan. Kompor untuk pemanas saat memasak media. Untuk tempat memasak media 7. 11. 6. Plastik dan karet tahan panas untuk penutup pada botol kultur dan sebagai pengikat plastik dengan botol kultur.

. . Scalpel Gunting untuk pemotongan eksplan untuk memotong eksplan Alat Penanaman No. Pinset 3. . Botol kultur tempat untuk mengkulturkan atau menanam eksplan Gambar 2. Petridish tempat untuk memotong-motong eksplan yang akan di tanam dalam botol kultur.Alat penyiapan eksplan No Nama alat Fungsi 1. Spatula untuk mengambil eksplan berupa bij 4. Nama Alat 1. . Laminar air flow Fungsi untuk menanam eksplan ke dalam botol dalam kondisi steril atau melakukan sub kultur yang dilengkapi dengan blower dan lampu UV. 3. untuk mengambil eksplan Gambar 2.

Rak kultur 2. Gambar 3. 4. Air conditioner untuk menjaga suhu (AC) ruangan agar tetap stabil sesuai dengan kondisi suhu untuk kultur jaringan. Termometer suhu ruangan untuk mengetahui suhu ruangan . Lampu untuk memberikan penerangan dan cahaya bagi pertumbuhan tanaman. 5. Timer listrik untuk mengatur waktu penyinaran pada tanaman kultur. Bunsen untuk menggarang/membakar alat-alat kultur. seperti alat-alat diseksi ketika melakukan penanaman sehingga peralatan tersebut tetap steril. Nama Alat 1.5. Fungsi tempat untuk menyimpan botolbotol berisi eksplan hasil inokulasi dan mengoptimalkan pemanfaatan ruangan yang ada. Alat Inkubasi No.

hyponex 2. tempat perendaman plantlet dengan fungisida dan bakterisida Gambar 3. sebagai alas untuk mengeringkan tanaman yang sudah di rendam Bahan 1. Gula Agar Air . 3. 4. Pengaduk kaca untuk mengaduk larutan fungisida dan bakterisida. Pot try Kertas koran tempat menanam plantlet. 4. Media MS jadi. Gelas becker Fungsi untuk tempat plantlet yang telah dikeluarkan dari botol yang akan dicuci. 6. Pinset untuk mengeluarkan plantlet dari botol kultur. 7. Nama Alat 1. 5. Timbangan untuk menimbang fungisida dan bakterisida. Ember 2.Alat aklimatisasi No. bahan kimia untuk pembuatan media.

Bakterisida HgCl2 10. Alat Pembuatan media terdiri dari :           Gelas bekker Pipet Timbangan Spatula Lakmus Sendok kaca Panci Kompor Autoclaf Botol kultur . Fungisida 8. Eksplan 6. Tanaman 15. arang. Air 7. Alat dapat dikelompokkan sesuai dengan tahap masing – masing seperti : 1. sterofom) C. 9. Klorox/pemutih pakaian 11.5. pakis. Media (mos. Alkohol 12. Pembahasan Mempelajari dan dengan pengenalan alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum kultur jaringan merupakan suatu modal penting dalam menunjang pelaksanaan praktikum selanjutnya . Betadin 14. Hal ini karena alat – alat dan bahan – bahan tersebut akan selalu digunakan dalam praktikum kultur jaringan. Air steril 13. Dari hasil praktikum pengenalan alat dan bahan ini yang digunakan dalam praktikum kultur jaringan .

spatula. gelas. pinset. Tanaman. pakis. arang. timbangan.dll . Eksplan. Alat penyiapan eksplan                   Botol kultur Scapel Gunting 3. Alkohol. kulkas. Alat – alat yang digunaka berupa ember.2. Alat inkubasi Rak kultur AC Lampu Termometer 5. Kesimpulan Berdasarkan dari hasil pengamatan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1. HgCl2. pengaduk kaca. Klorox/pemutih pakaian. Alat penanaman Laminar air flow Pinset Spatula Petridish Bunsen 4. Agar. AC. rak kultur. Media (mos. termometer. Gula. Air. Air. Laf. Alat aklimatisasi Ember Gelas Pinset Timbangan Pengaduk kaca Kertas koran Bahan – bahan yang digunakan di dalam praktikum kultur jaringan berupa Media MS jadi. bahan kimia untuk pembuatan media. botol kultur. bunsen. lampu. sterofom). Betadin. Bakterisida. hyponex.kertas koran. D. Air steril. Fungisida.

Eksplan. Bakterisida. Air. Alkohol. hyponex. Bahan – bahan yang digunakan adalah Media MS jadi.2. Klorox/pemutih pakaian. pakis. Tanaman. sterofom). Air. Fungisida. Betadin. Air steril. Media (mos. Agar. arang. bahan kimia untuk pembuatan media. HgCl2. . Gula.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful