P. 1
Interaksi Manusia Dan Komputer Atau Hciv

Interaksi Manusia Dan Komputer Atau Hciv

|Views: 34|Likes:
Published by aldina_YF

More info:

Published by: aldina_YF on Mar 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/09/2012

pdf

text

original

“INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER ATAU HCI “

Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface).
3 Komponen IMK atau HCI    Pengguna /User Interaksi Komputer / System

Peran Utama HCI
  

Sistem yang mudah digunakan Meminimalisir Human & System Error Menghasilkan system yang aman,efektif dan efisien.

Keilmuan yang mendukung HCI(Human Computer Interaction) Linguistik
Pada saaat kita menggunakan computer, seolah-olah kita sedang melakukan dialog dengan computer yang ada di hadapan kita. Untuk dapat melakukan dialog, kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Sarana komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus, misalnya bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, ataupun bahasa perintah. Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar user lebih mudah menggunakan sistem tersebut dan tidak
Page 1

Pemberian-perintah dengan menggunakan pengenalan tutur atau mengetikkan bahasa alami lewat keyboard. Use-Case (Jacobson et al. Hampir semua software menggunakan menu. Beberapa aspek seperti komputasi linguistic dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu computer. Linguistik merupakan cabangi llmu pengetahuan yang mempelajari bahasa. Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berurusan dengan computer. 1993) bahasa alami (Natural Language) adalah Pengguna memberikan instruksi-instruksi dalam bahasa alami yang lebih umum (familiar) sifatnya. Page 2 .  Contoh bahasa menu adalah Menu (menu datar dan menu tarik). ADA.   Contoh bahasa grafis adalah SADT (Ross 1977). RPG. Cobol.terjadi kesalah pahaman di dalam menggunakannya. C++. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan dapat dengan mudah dimengerti oleh user. C. Masalah yang muncul dalam interaksi dalam bentuk natural language adalah : • Tidak jelas/samar • Dapat mempunyai lebih dari satu arti (ambiguous) • Sulit dalam perancangannya • Tidak efisien Contoh natural language adalah bahasa pemrograman terstruktur (belum objek) seperti Pascal.

Misal copy file dan rename nama file. Command prompt. Command prompt. Kelebihannya adalah perintah diketikan langsung pada system. Linux (Terminal Console). Bisa diterapkan pada terminal yang murah. Contoh : Unix. UNIX.Disini juga diperlukan kemampuan mengetik. Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program. Page 3 . tidak cocok untuk user biasa. Contoh bahasa perintah (Command Line Interface) Berinteraksi menggunakan satu baris perintah. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan. Kombinasi perintah bisa dilakukan. Kekurangannya adalah perintah harus dipelajari dan diingat cara penggunaannya. Misal Terminal console (Linux). Kesalahan pakai perintah sering terjadi.

Bidang ilmu Cognitive Science. Cognitive Science Cognitive Science adalah bidang ilmu yang mempelajari mengenai pikiran / akal dan kecerdasan. Pada kenyataannya. kecerdasan buatan (Artificial Intelligence .Artificial Intelegent Kecerdasan buatan bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dan mesin. Faktor kecerdasan buatan mempunyai peran untuk menciptakan suatu sistem yang betul-betul andal. psikologi (Psychology). untuk mengambil keputusan. Misalnya antara ilmu psikologi dan kecerdasan buatan. juga mencakup ilmu filosofi ( Philosophy ). Cara terbaik untuk memahami kompleksitas pemikiran manusia adalahd engan menggabungkan beberapa metode dan percobaan. pekerjaan yang berhubungan dengan Cognitive Science merupakan gabungan dari beberapa ilmu yang ada. dan Anthropology. Ilmu kognitif adalah studi tentang proses mental yang merupakan sebuah penyelidikan tentang bagaimana sih akal dapat membuat kita berfikir dan berkomunikasi. misalnya Robot. memecahkan masalah dan pembelajaran. Linguistics. dan bagaimana akal mengatur Page 4 . canggih dan menyerupai pola berpikir manusia. Neuroscience. Selain itu faktor ini menyebabkan perkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.

PL/I. reusability: ADA. COBOL. Jaringan. 3. Banyak para perintis awalk ecerdasan artificial dahulunya juga seorang ilmuan kognitif. ALGOL. 2. 5.kelakuan manusia.S ekarang. 4. MS-DOS . PROLOG. Simple command set 5. Command plus arguments Page 5 . Scripting World Wide Web: PHP. Pascal. 6. Ilmu kognitif awal didasarkan pada ide bahwa otak adalah sebuah komputer yang sangat rumit. Ini dapat dibayangkan sebagai suatup encarian terhadap teori “komputasi” tentang akal manusia. Inkremental: BASIC. Kompilasi dan eksekusi cepat: C. sharing. Contohnya : struktur logika(struktur langkah yang tepat dan sistemis) data logika anda akan terlatih untuk memecahkan suatu masalah dengan pengaturan dan bahasa computer. Contoh Bahasa Komputer Bahasa pemrograman 1. Bahasa perintah command line : perintah Unix . APL. VBScript. Strategi Organisasi Perintah 4. LISP. dan perkembangan ilmu kognitif dan computer sangat terkait dengan erat. cross-platform: Java. JavaScript. 3. ilmu kogniti adalah cabangilmu yang luas yang masih relevan dengan studi tentang kecerdasan artifisial. Bahasa database query : SQL . Pemakaian noninteraktif: Fortran. C++. 2. Pemrograman tim. Alamat World Wide Web 1.

keyboard. Oleh sebab itu untuk pengguna yang demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman. kursi. dan lain-lain. untuk menghindari kemungkinan adanya kecelakaan. Anthropologist Faktor ini memberikan gambaran tentang tata cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing. monitor. interaksi tim dengan system komputer. Antropologi dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor). Meskipun sifat seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda.Ergonomics Saat ini semakin banyak orang yang bekerja didepan terminal computer untuk jangka waktu yang cukup lama. Faktor antropologi dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang tata cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada. pengaturan pencahayaan. baik ringan maupun berat. dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang mereka gunakan. mouse. Ergonomics berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Page 6 . posisi duduk. antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai kedalam aktifitas seperti. sebagai contoh tim kerja desain. kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang digunakan. tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan computer. Letak meja. kelompok penulis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->