BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Praktikum kami selanjutnya akan membahas tentang parameter mutu telur.

Seperti yang diketahui bahwa telur mempunyai kandungan gizi yang tinggi, yaitu berupa karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang lazim dimakan, baik sebagai lauk-pauk maupun sebagai obat. Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, angsa dan beberapa jenis burung seperti burung unta dan burung puyuh Telur merupakan sebagai sumber protein terbaik sekaligus termurah. Namun, masih banyak yang perlu Anda ketahui lebih jauh tentang telur. 1.2 Tujuan 1.2.1 Tujuan Umum Ada pun tujuan umum dari pembuatan laporan Ilmu Bahan Makanan 4 ini adalah untuk mengetahui Parameter Mutu Telur. 1.2.2 Tujuan Khusus Adapun tujuan khusus dari praktikum ini adalah : 1. Untuk mengetahui kondisi putih dan kuning telur(kebersihan,kejernihan,warna dan ketegaran). 2. Untuk mengetahui indeks kuning telur 3. Untuk mengetahui nilai z pada telur 4. Untuk mengetahui indeks putih telur 5. Untuk mengetahui besar haugh unit(Hu) 6. Untuk mengetahui ketebalan kulit telur 7. Untuk mengetahui prosentasi berat utuh
Laporan Praktikum IV IBM, Telur Page 1

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Telur Ayam Ras

Telur ayam kaku dan kokoh, namun tidak pecah ketika jatuh satu atas lainnya. Cangkang yang kokoh sekaligus melindunginya dari serangan. Jika telur yang lebih kecil sekokoh dan sekasar telur ayam, telur itu akan pecah lebih mudah. Penelitian menunjukkan bahwa telur yang lebih kecil tidak kaku, namun kuat dan lentur sehingga melindunginya dari pecah akibat benturan. Kuning telur menyimpan protein, lemak, vitamin dan mineral, sedangkan putih telur berguna sebagai penyimpan cairan. Selain itu, telur jenis ini juga memiliki kandungan kolesterol yang rendah. Ini karena kandungan telur Omega3 antara lain lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Perlu diketahui, kadar kolesterol yang tinggi berpotensi menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah. Sumbatan inilah yang akan menyebabkan terjadinya serangan jantung maupun stroke. Hingga tidak berlebihan bila dikatakan telur Omega3 merupakan pilihan makanan yang sangat cocok untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan Omega3-nya pun mampu memperkuat otot-otot jantung.

Laporan Praktikum IV IBM, Telur Page 2

2. Zat gizi telur ayam kampung Telur ayam kampung yang asli mempunyai kelebihan dibandingkan telur ayam yang lain. Kandungan zat gizi per 50 gram telur ayam kampung yaitu energi 85 kalori.Kuning telur ayam kampng juga terlihat lebih kuning bla dibandingkan dengan telur ayam negeri. dengan lebih baik. Telur Page 3 . perbedaan mencolok antara telur ayam kampung dan ayam ras maupun ayam negeri.khasiat serta rasa yang lebih baik dari telur ayam kampung. karbohidrat 0.4 mg. Telur ayam kampung memang lebih baik karena mengandung asam amino yang lebih baik dan sekaligus lebih tinggi dibanding ayam ras maupun ayam negeri.Telur ayam kampung banyak diminati karena telur ayam kampung terasa lebih enak.2 Telur Ayam Kampung Telur ayam kampung memiliki ukuran lebih kecil dan warna lebih putih dari telur ayam negeri. Selain sumber kalori dan protein hewani yang cukup baik (mudah diserap usus dalam jumlah yang banyak) dapat dipakai sebagai campuran minuman jamu yang diyakini dapat Laporan Praktikum IV IBM. protein 7 gram. lemak 6 gram.hal ini sering dikait-kaitkan dengan kualitas kandungan gizi. vitamin.segar dan sehat. lainnya. Meski dan begitu.5 gram. dari segi tidak kandungan ada gizi. zat besi 1.vitamin A 155 RE. kolesterol. kalsium 27 mg. Inilah yang menyebabkan semua kandungan gizi pada ayam telur kampung bisa diserap seperti tubuh lemak.

. Dengan demikian tubuh tidak mudah kena penyakit. maag atau usus besar. Untuk meningkatkan khasiatnya dalam mengkonsumsi tekur ayam kampung dapat ditambahkan madu asli (untuk menambah energy Fungsi Telur Ayam Kampung Untuk Kesehatan   Dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner. 10. namun tidak dapat mengatasi seluruhnya karena badan masih membutuhkan waktu untuk mengistirahatkan organ tubuh.5 g retinol (vitamin A).9 mg zat besi dan 61. 4. Energi yang dipakai untuk mengganti energi yang digunakan aktifitas dan berfikir sedangkan proteinnya diperlukan untuk mengganti bagian organ yang rusak.memberikan kesegaran pada tubuh. Per 100 gram telur ayam kampung mengandung 174 kalori.8 gram protein. Bagi yang mempunyai hipertensi atau hiperkolesterolemia (kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi) harus hati – hati mengatur konsumsinya. kencing manis. Selain mengandung sumber energi juga mengandung sumber protein yang cukup. Telur Page 4 . (suaramedia) Laporan Praktikum IV IBM.  Membantu mengatasi kelelahan dan kecapaian tubuh.  Mempunyai kandungan kolesterol (pada kuning telur) cukup tinggi.

diketahui bahwa telur mempunyai nilai kegunaan protein (net protein utilization) 100 persen. Cost production juga dapat ditekan jika menggunakan telur bebek.Telur bebek lebih kental daripada telor ayam. Satu telur bebek mengandung 205% kebutuhan gizi harian untuk kolesterol. Kandungan proteinnya yang tinggi. sedangkan di bagian putihnya tidak ada sama sekali. protein lebih banyak terdapat pada bagian kuning telur.Pada suatu penelitian dengan menggunakan tikus percobaan. Setiap 100 g telur bebek mengandung vitamin B6.Cangkangnya juga lebih besar daripada telor ayam.jika dimasak dan matang. mencapai 35 persen. karena dua telur ayam dapat diganti dengan 1 telur bebek. Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat.2. Laporan Praktikum IV IBM. Telur Page 5 .3 Telur Bebek Telur bebek memiliki ukuran yang lebih besar daripada telor ayam. Telur bebek mengandung 130 Kalori. sedangkan bagian putihnya 11 persen. dan A yang jumlahnya sama seperti telur ayam. Hampir semua lemak dalam sebutir telur itik terdapat pada bagian kuningnya. Kandungan lemaknya yang agak tinggi juga berkontribusi pada rasa dan warna pada produk. B12. dan 18% kebutuhan gizi harian protein.tekstur telur bebek lebih kenyal. Dalam telur itik khususnya. cukup tinggi bila dibandingkan dengan kalori sebuah telur ayam yang berukuran besar yakni 80 kalori. bandingkan dengan daging ayam (80%) dan susu (75%). 17 persen. Protein telur terdiri dari ovalbumin (putih telur) dan ovavitelin (kuning telur). membuat cake yang menggunakan telur bebek mengembang sempurna.

Telur Page 6 . dan dapat diadu. kimlo. Padahal. atau sebagai isi bakso.2. Burung puyuh terkenal dengan telurnya yang berukuran kecil. berkaki pendek. Laporan Praktikum IV IBM. Mereka pemakan biji-bijian namun juga pemakan serangga dan mangsa berukuran kecil lainnya.4 Telur Puyuh Burung puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. tahu. Telur puyuh tidak begitu terkenal daripada telur ayam atau telur bebek. Beberapa jenis puyuh diternakkan dalam jumlah besar. nilai gizinya baik untuk janin hingga kaum lanjut usia. Biasanya telur ini disajikan dengan cara direbus atau sebagai bahan campuran sayuran (hotplate kangkung. Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang tinggi. Peternakan burung puyuh mulai dikenal di Indonesia tahun 1979.sambal kentang. sedangkan dalam bahasa Inggris disebut quail. Seringkali mereka dimakan mentah bersama sushi dan umum ditemukan pada menu makan siang Jepang. Telur ini umumnya digemari anak-anak karena bentuknya unik dan menggemaskan. dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun dengan jarak tempuh yang pendek. Mereka bersarang di permukaan tanah. dan sup). Telur burung puyuh juga merupakan makanan yang lezat. Apalagi banyak orang menganggapnya sebagai sumber kolesterol.Dalam bahasa Jawa puyuh disebut gemak . dan siomay. ukuran tubuhnya relatif kecil.

terutama bagi perkembangan fungsi otak. sehingga dapat memperkuat daya ingat anak-anak dan menghindari kepikunan pada orang lanjut usia.Dilihat dari nilai gizinya.4 mg kolin. telur puyuh tidak kalah dari telur ayam atau telur bebek. vitamin. lemak.05 gram protein.100 gram telur puyuh mengandung 13. Kolin berperan penting didalam tubuh. sedikit lebih tinggi dari telur ayam maupun telur bebek. Nutrisi Otak Selain protein. Kedua senyawa itu merupakan pigmen yang memberikan warna kuning. bukan sekedar warna yang menyegarkan mata. Telur puyuh merupakan sumber protein terbaik. pigmen tersebut ternyata juga mempunyai khasiat kesehatan yang Laporan Praktikum IV IBM. tetapi juga menunjukkan bahwa telur mengandung senyawa lutein dan Zeaksantin. lebih tinggi daripada kolin yang terdapat pada telur ayam. . sebaiknya mulai mengonsumsi makanan sumber kolin.Namun kebutuhan kolin setiap orang berbeda-beda. 100 gram telur puyuh dan telur bebek mengandung 263. Artinya setiap gram protein yang masuk akan dicerna didalam tubuh secara sempurna. Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak. termasuk telur puyuh adalah warna kuning telurnya. Salah satu ciri khas yang sangat menarik dari telur. telur puyuh juga kaya akan kolin. yang berarti mengurangi kemungkinan bayi cacat dan keguguran. Warna kuning telur tersebut. Selain itu asupan kolin yang cukup pada saat kehamilan juga dapat mengurangi resiko kematian sel pada janin. Salah satu keunggulan protein telur dibandingkan dengan protein hewani lainnya adalah daya cernanya yang sangat tinggi. Telur Page 7 luar biasa. Selain memberikan warna kuning. seperti telur puyuh. dalam jumlah cukup banyak. Hal tersebut berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetikolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf. dan mineral. Hal tersebut penting untuk mendukung perkembangan otak janin. Ibuibu yang sedang dalam taraf pra kehamilan hingga menyusui.

Telur Page 8 . lutein dan zeaksantin dapat membantu melindungi mata dari kerusakan dengan cara memfilter sinar biru. Didalam retina mata. Meskipun belum ada penelitian yang menjelaskan secara pasti. asalkan tidak mempunyai kadar kolesterol tinggi atau menderita obesitas. sinar tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan menimbulkan luka pada retina mata anak. Sinar biru sebenarnya adalah sinar yang memiliki panjang gelombang antara 400-500 nm pada spektrum sinar yang masih dapat diterima mata. Anak-anak sangat berpotensi terkena sinar biru yang berasal dari pancaran sinar matahari. Demikian juga kata zeaksantin yang berasal dari kata Zea yang merujuk pada genuz jagung. layar TV ataupun komputer. kemungknan besar karena kuning telur banyak mengandung lemak. Secara ilmiah lutein dan zeaksantin terdapat pada retina mata. Singkat kata. sehingga lutein lebih mudah larut dan diserap oleh tubuh. pada usia yang masih dini. Selain pada telur. Laporan Praktikum IV IBM. lensa mata pada anak relatif jernih. Jika hal tersebut berlangsung lama. orangtua juga dianjurkan untuk mengonsumsi telur puyuh. terutama pada bayi dan anak-anak.Kata lutein berasal dari bahasa latin luteus yang berarti kuning emas. Lutein dan zeaksantin tidak mempunyai aktivitas vitamin A. Agustus 2004. dan xanthin yang juga berasal dari bahasa latin yang berarti kuning. menunjukkan bahwa lutein pada kuning telut lebih mudah diserap tubuh daripada lutein pada sayuran hijau seperti bayam. Menurut Bone dan kawan-kawan (1992). sehingga belum maksimal menghambat sinar biru yang masuk. Hasil penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition. meski keduanya sangat baik untuk mata. Konsumsi makanan yang kaya lutein dan zeaksantin akan meningkatkan kandungan lutein dan zeaksantin dalam retina mata. Namun. telur puyuh sangat dianjurkan untuk anak-anak yang sedang dalam tahp pertumbuhan ataupun ibu-ibu pada masa kehamilan dan menyusui. lutein dan zeaksantin berpotensi menyerap cahaya biru hingga 20-90%. lutein dan zeaksantin juga banyak terdapat pada sayuran hijau.

Karena itu peran makanan yang kaya akan lutein dan zeaksantin sangat mutlak diperlukan. Dalam hal ini termasuk telur burung puyuh. Lutein dan zeaksantin tidak hanya diperlukan oleh anak-anak yang berusia dini. konsumsi lutein dan zeaksantin juga dapat berfungsi sebagai antioksidan karena kemampuannya untuk mencegah kerusakan DNA. Telur Page 9 . Selain serat pangan. buah-buahan. dalam jumlah banyak. karena kadar kolesterolnya tinggi. konsumsi vitamin B kompleks juga dapat membantu menurunkan efek buruk kolesterol. Banyak orang takut mengonsumsi telur. tikus percobaan yang diberi konsumsi zeaksantin dapat mengurangi resiko terbentuknya tumor hingg 4x lipat dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi konsumsi zeaksantin. Tubuh pun terlihat awet muda. seperti sayuran. terutama yang berhubungan dengan kesehatan mata. sedangkan kadar HDL ditingkatkan hingga 20%. tetapi juga bagi orang dewasa. kadar trigliserida 45-50%. Salah satunya adalah makanan yang kaya serat pangan (dietary fiber). Penelitian yang dilakukan oleh Nishino dan kawan-kawan juga menunjukkan.Mengandung Zat Anti Kanker Tubuh tidak dapat mensintesis sendiri lutein dan zeaksantin yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi serat pangan yang dianjurkan sekitar 20-30 gram sehari. dan serealia. Menurut penelitian Voorrips dan kawan-kawan (2000). Untuk menyiasatinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minimal 30 mg lutein setiap hari dapat memperlambat proses penuaan hingga 40%. terutama telur puyuh. asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Laporan Praktikum IV IBM. lutein dan zeaksantin juga baik untuk mereduksi resiko penyakit kanker dan tumor. Dengan mengonsumsi 3-6 gram vitamin B kompleks setiap hari. Padahal hal itu tidak perlu ditakuti mengingat kolesterol juga diperlukan oleh tubuh. kolesterol total dapat diturunkan sebanyak 15-20%. Beberapa penelitian menunjukkan. kita dapat mengonsumsi makanan yang dapat melawan asupan kolesterol.

Dengan demikian vitamin B kompleks dapat memperkecil proses aterosklerosis dan akhirnya memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung.Padahal kolagen itu berbentuk serabut kuat dan merupakan jaringan ikat yang penting bagi kulit. dan bagian tubuh lainnya. otot.menunjukkan konsumsi 800 IU vitamin E setiap hari selama 3 bulan dapat memangkas oksidasi LDL sebesar 40%. Sebuah hasil study di Medical Cener. beras pecah kulit (brown rice).000 perwat di Harvard Medical Center menunjukkan bahwa konsumsi vit E sebanyak 100-250 IU setiap hari selama 2 tahun dapat menurunkan penyakit jantung hingga 41%. Vitamin B kompleks juga berperan dalam merangsang pembentukan prostaglandin I2.Namun vitamin C hanya bekerja pada orang yang mempunyai kolesterol dan trigliserida tinggi. ataupun oat setiap hari. Texas Southwestern university Amerika Serikat. Selain itu olahraga secara teratur yaitu minimal 3x setiap minggu. Vitamin C jga berperan penting dalam sintesis kolagen. Telur Page 10 .Kebutuhan akan vitamin B kompleks ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 200 gram serealia seperti roti gandum. Kehadiran vitamin C dalam pembentukan kolagen merupakan faktor positif untuk mencegah penyakit jantung koroner akibat kolesterol. sehingga meningkatkan pembuangan kotoran. Dalam metabolisme kolesterol. vitamin C berperan meningkatkan laju kolesterol yang dibuang dalam bentuk asam empedu. dan berfungsi sebaga pencahar. dapat membantu Laporan Praktikum IV IBM. pembuluh darah. yaitu hormon yang membantu mencegah agregasi trombosit. Dari diet sehari-hari diperkirakan konsumsi vit E yang baik untuk mencegah penyakit jantung sekurang-kurangnya adalah sebesar 100 IU setiap hari. sehingga bisa mencegah resiko enyakit jantung koroner. Sebuah studi terhadap 87. Vitamin C juga berperan sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Namun. meningkatkan kadar HDL. kebutuhan itu dapat meningkat sesuai dengan kondisi tubuh setiap orang. Angka kecukupan vitamin C per hari untuk orang dewasa ditetapkan sebesar 75 mg untuk wanita dan 90 mg pria. Vitamin E berperan sebagai antioksidan penting yang dapat menghambat oksidasi LDL.

produktif dan penuh gairah. Telur Page 11 . meningkatkan prestasi dan produkitivitasnya. Protein hewani bermutu tinggi sangat vital untuk pembentukan otak sejak anak masih janin sampai umur 2 tahun. Laporan Praktikum IV IBM. telur dan susu mampu membuat pertumbuhan sel-sel organ tubuh dengan baik. sehat. Protein hewani yang berasal dari daging. karenanya membuat otak manusia dan membuat organ bisa cerdas. cerdas. Protein hewani ini juga membentuk otak manusia dan sel darah merah lebih kuat sehingga tidak mudah pecah. agar lahir generasi yang tangguh. Oleh karena itu dianjurkan agar daging telur dan susu sudah diberikan sejak dini. Jelaslah bahwa kolesterol tidak perlu ditakuti bila dikonsumsi secara cermat. Kekurangan kalori protein juga menjadikan seseorang peka terhadap penyakit dan akan gampang sakit.menurunkan resiko penyakit jantung akibat kolesterol.

Sehingga anda tidak perlu mengupasnya cukup merobek kulit tersebut. yakni kulitnya yang lunak. telur ini mempunyai banyak perbedaan. plastron dan terdapat alat gerak berupa flipper.5 Telur Penyu Penyu laut digolongkan kedalam kelas Reptilia. sedangkan beberapa tahapan yang lain masih bisa ditolerir oleh penyu. Perbedaan lain juga bisa dapat dilihat dari isinya jika telur ayam dan telur lainnya apabila sudah di masak. Beberapa tahapan sangat sensitif terhadap gangguan. yakni. Di bandingkan telur ayam.2. kita sangat tidak disarankan untuk mengganggu penyu tersebut. Umumnya proses penyu untuk bertelur selalu terjadi di pantai. Bagi sebagian orang mungkin agak merasa aneh jika mendengar telur penyu untuk di konsumsi. Isi dari telur itu menjadi keras. berbeda dengan telur penyu yang tetap lunak walau telah di Laporan Praktikum IV IBM. Cirri lain nya yaitu penyu berkembangbiakan dengan bertelur. Dermochelidae dan Chelonidae. atau jika seekor penyu terlihat dipantai. Dari ordo ini terbagi lagi menjadi dua suku. Tahapan-tahapan yang akan dilakukan seekor penyu saat bertelur mesti kita pahami. tapi di banjarmasin telur penyu sudah menjadi kebutuhan konsumsi. Telur Page 12 . Ciri khas penyu secara morfologis terletak pada terdapatnya sisik infra marginal sisik yang menghubungkan antara karapas. Ketika seekor penyu terlihat bergerak dari laut menuju pantai. Flipper pada bagian depan berfungsi sebagai alat dayung dan flipper pada bagian belakang befungsi sebagai alat kemudi. Hampir dipastikan bahwa sebagian besar orang mengenal hewan laut ini. termasuk kedalam ordo Testudines.

Tapi saat ini telur penyu sudah sangat jarang di temui di restoran-restoran banjarmasin. namun telur penyu Rp 7500 per butir. Fosfor 38.8 kal. Lemak 2.8 mg.masak. Dan yang terakhir perbedannya dari telur yang lain adalah dari hargannya.6 mg.022 mg.5 tahun 1990 yang isinnya tentang konservasi penyu. Protein 2. Telur Page 13 .4 gr. Kalsium 16.04 gr. Laporan Praktikum IV IBM. Vit C 0. Hasil tersebut diperoleh dari Hasil Pengamatan DKBM. Ini di karenakan adanya undang-undang No. Padahal sesungguhnya telur penyu mempunyai kandunganj gizi yang cukup yaitu berupa Kalsium 28. Besi 0. Telur ayam biasa di patok Rp1100 per butir. Vit B 0.26 mg.

Digunakan sebagai sarana tempat meneliti masing – masing bahan. 3.1 Alat.2 Bahan. 2 Penggaris 1 Untuk mengukur diameter dan tinggi dari masing – masing benda. Untuk meletakan masing – masing bahan.BAB III METODOLOGI 3. Telur Page 14 . 3 4 5 Timbangan Digital Piring Kaca 1 1 1 Untuk menimbang . Jumlah dan Fungsi No 1 Nama Jangka Sorong Jumlah 1 Fungsi Untuk mengukur diameter dan tinggi dari masing – masing benda. Jumlah dan Fungsi No 1 2 3 Nama Telur Bebek Telur Ayam Ras Telur Ayam Kampung 4 5 Telur Puyuh Telur Penyu 1 biji 1 biji Sebagai Sampel Praktikum Sebagai Sampel Praktikum Jumlah 1 biji 1 biji 1 biji Fungsi Sebagai Sampel Praktikum Sebagai Sampel Praktikum Sebagai Sampel Praktikum Laporan Praktikum IV IBM.asing – masing bahan.

Pemeriksaan Subyektif Bahan Timbang Dipecah Kebersihan Kejernihan Warna Ketegaran Laporan Praktikum IV IBM.1 Pemeriksaan isi telur a.3. Telur Page 15 .3.3 Diagram Alir 3.

Telur Page 16 . Pemeriksaan Obyektif Kuning dan Putih telur Dipisahkan Tinggi Dimeter Indeks Kuning Telur Nilai z Indeks Putih Telur Hu Laporan Praktikum IV IBM.b.

3.3. Telur Page 17 .2 Ketebalan Kulit Telur Kulit Telur Ketebalan 3.3.3 Prosentasi Terhadap Berat Utuh Kuning Telur Timbang Putih Telur Timbang Kulit Telur Timbang Laporan Praktikum IV IBM.

Telur Page 18 .1 Data Hasil Pengamatan 4.1 Kebersihan. Kejernihan. Warna dan Ketegaran Warna No 1 Nama Telur ayam Ras Kebersihan Kurang Bersih Kejernihan Jernih Kuning telur Kuning Putih Telur Putih Ketegaran Tegar 2 Telur ayam Kampung Kurang Bersih Jernih Kuning cerah Bening Kental 3 4 Telur Bebek Telur Puyuh Bersih Bersih Jernih Jernih Orange Putih Bening Tegar Kuning dan putih telur tidak tercampur Kekuningkuningan Bening 5 Telur Penyu Bersih Cukup jernih Kuning agak redup Cukup putih Tegar Laporan Praktikum IV IBM.1.BAB IV HASIL DAN PENGAMATAN 4.

375 0.5mm 3.57 3.22 0.02 0.4mm 54gr 10gr 20gr 0.1.8mm 4.11 0.38 Berat Telur utuh Indeks Kuning telur Nilai z 0.8mm 4.2 Indeks Kuning Telur dan Nilai z RUMUS: Indeks kuning telur = Tinggi kuning telur Diameter kuning Telur Nilai Z = 10 x Tinggi kuning telur 3 x Berat telur Utuh No Nama Tinggi kuning telur 1 2 Telur ayam Ras Telur ayam Kampung 3 4 5 Telur Bebek Telur Puyuh Telur Penyu 1.72 0.4.14 Laporan Praktikum IV IBM.12 0.5mm 58gr 40gr 0.38mm 1.8mm 1.7mm Diameter kuning telur 1.7mm 3.38 1.7mm 4. Telur Page 19 .

Telur Page 20 .02mm 0.1.25mm 0.5mm 4.025 0.01mm 0.5 -88.4.5 -4.01mm 0.1.9 4.7mm 58gr 40gr 0.2 -60.9 100 No Nama Tinggi Putih Telur Diameter Putih telur Berat telur utuh Indeks Putih telur HU 1 2 Telur ayam Ras Telur ayam Kampung 1.4 Ketebalan Kulit Telur No 1 2 3 4 5 Nama Telur ayam Ras Telur ayam Kampung Telur Bebek Telur Puyuh Telur Penyu Tebal kulit 0.0mm 3.41 3 4 5 Telur Bebek Telur Puyuh Telur Penyu 0.4 0.3 39.37.100) + 1.6mm 0.6mm 0.01mm Laporan Praktikum IV IBM.13 -49.15mm 54gr 10gr 20gr 0.05 0.02mm 0.3 Indeks Putih Telur dan Haugh unit RUMUS: Indeks Putih Telur = Tinggi putih telur Dimeter putih telur HU= 100 log H – G (30.W0.8mm 12mm 10mm 4.

44 % 40 % 60 % 37.5 Persentasi Terhadap Berat Utuh No Nama Kuning telur 1 Telur ayam Ras 2 Telur ayam Kampung 3 4 5 Telur Bebek Telur Puyuh Telur Penyu 24 gr 4 gr 12 gr 20 gr 4 gr 10 gr 8 gr 2 gr 2 gr 54 gr 10 gr 20 gr 44.79 % Laporan Praktikum IV IBM.4.1.04 % 40 % 50 % 14.27 % Persentase Berat Utuh Putih telur Kulit Telur 13.24 % 48. Telur Page 21 .81 % 20 % 10 % 12 gr 16 gr 6 gr 40 gr 30 % 40 % 15 % 10 gr Putih telur 28 gr Berat Kulit Telur 8 gr Berat Utuh 58 gr Kuning telur 17.

3 Persentase Berat Utuh Hasil dari perhitungan yang telah dilakukan ternyata dari kelima jenis telur tersebut masing-masing mempunyai persentase yang berbeda antara kuning telur dan putih telur.2.2.2 Ketebalan Kulit Telur Dari ke lima jenis telur ini yang mempunyai kulit telur relative tipis terdapat pada jenis telur ayam Ras.2.174. 4.dan haught unit masing – masing 0.nilai Z.1 Isi Telur Setelah selesai dilakukan penelitian tentang parameter telur ini. Tetapi untuk telur ayam Kampung dan telur Bebek memang lebih esar tetapi kulit telur tersebut tidak juga terlalu tebal.05 – 0.Karena kita bias menganalisa apakah telur tersebut masih baru atau sudah lama. Ukuran yang berbeda-beda itu terlihat jelas pada berat nya maupun pada bagian-bagian lainnya.Telur yang masih segar mempunyai indeks kuning telur. Dengan menghitung indeks kuning telur. Telur Page 22 . 4. yaitu terdapat pada jenis telur puyuh. ternyata ke lima jenis telur ini mempunyai ukuran yang berbeda-beda walaupun mereka mempunyai kandungan gizi yang sama tinggi. Tetapi ada juga jenis telur yang mempunyai persentase yang sama antara kuning dan putih telur nya.33 – 0. 0.2 Pembahasan 4.indeks putih telur dan Haught unit dapat diketahui mutu dari telur tersebut.indeks putih telur. Puyuh dan Penyu. Sedangkan untuk jenis-jenis kulit nya mereka semua mempunyai persentase yang cukup kecil. karena kulit-kulit telur tersebut Cuma bersipat sebagai pembungkus saja. Dari kelima jenis telur tersebut ternyata yang mempunyai berat yang besar terdapat pada jenis telur ayam Ras.4.50. dan 75 – 100. Laporan Praktikum IV IBM.

Selain harga telur yang relative dapat dijangkau. bukannya tidak ada kandungan gizinya tetapi pada putih telur relative lebih kecil dari pada kuning telur. telur juga merupakan jenis lauk yang disukai oleh masyarakat. sedangkan pada putihnya. Telur Page 23 . Laporan Praktikum IV IBM. jika ditinjau dari kandungan gizinya.BAB V KESIMPULAN Hasil dari kesimpulan kami tentang praktikum ke IV tentang parameter mutu telur ini ternyata telur mempunyai kandungan gizi yang cukup yang banyak terdapat pada kuning telurnya. Dengan mengkonsumsi telur maka anak-anak kita yang masih dalam masa pertumbuhan akan mempunyai pertumbuhan fisik yang cukup baik karena memperoleh protein dengan kualitas yang tinggi.

answers.html http://www.org/wiki/Telur http://br.DAFTAR PUSTAKA http://id.com Laporan Praktikum IV IBM. Telur Page 24 .goggle.wikipedia.com/clickwok/news/news80.com/question/index?qid=20080414053714AAKuZQ9S http://www.hanyawanita.yahoo.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful