P. 1
Pembuatan Layout Majalah

Pembuatan Layout Majalah

|Views: 2,216|Likes:
Published by Khalwan Khan

More info:

Published by: Khalwan Khan on Mar 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/22/2014

pdf

text

original

PEMBUATAN DESAIN MAJALAH MENGGUNAKAN APLIKASI SOFTWARE DESAIN GRAFIS PHOTOSHOP, CORELDRAW & MACROMEDIA FREEHAND

Dipresentasikan pada Diklat Desain Grafis yang diselenggarakan Lembaga Pers Mahasiswa Bioma Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman Tgl. 13 Juni 2010 Oleh Dra. Gender Rinanta Purwindriyati Dosen Desain Grafis LPK INDO KOMPUTER PURWOKERTO

Untuk pembuatan Desain majalah, sebetulnya ada beberapa software yang bisa kita gunakan seperti : Pagemaker, InDesign, Macromedia Freehand. Dan kurang lengkap apabila desain majalah yang kita buat tidak disertai gambar/foto sebagai salah satu elemen penarik minat baca. Oleh sebab itu dalam kesempatan ini saya akan gunakan software-software dalam mendesain majalah yaitu Photoshop, CorelDRAW dan Macromedia Freehand. Photoshop memiliki kemampuan mengedit foto atau gambar secara baik. Sedangkan CorelDRAW cukup membantu dalam setting layout covernya. Freehand selain cukup sederhana, juga memiliki fasilitas pembuatan Master Page yang sangat bermanfaat untuk menyiapkan pola halaman-halaman artikel. Sebelum menerapkan software di atas dalam pembuatan contoh latihan, ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Desain Majalah (artikel mengenai Desain Majalah ini saya kutip dari internet).

DESAIN MAJALAH, meliputi : Cover / Sampul Majalah Sampul atau cover majalah punya peran penting untuk menarik perhatian pembaca. Untuk tujuan tersebut, hal-hal berikut yang perlu dipertimbangkan dalam mendesain sampul, antara lain : • • • • • harus tampil beda dari yang lain sehingga pembaca dapat dengan mudah mengenalnya. untuk Logotype atau nama majalah, gunakan jenis huruf yang simpel, komunikatif, dan impresif. nomor penerbitan dan tanggal-bulan-tahun. harga eceran. judul-judul naskah yang menarik (Laporan Utama dan artikel-artikel eksklusif/fenomenal). – Unsur seni (foto, ilustrasi, tipografi).

90610395.doc

prepared by Rin-IDC 1

menggairahkan. Jenis huruf (font) b. bukan hasil rekayasa (trick) Memiliki kualitas artistik (grafis) dan kualitas teknik yang memadai Tugas utama desainer dalam penanganan foto adalah menyusun dan menggabungkan dengan teks secara baik sesuai dengan prinsip-prinsip layout. Spasi (baris. Foto-foto yang memiliki public-interest tinggi umumnya punya kelebihan-kelebihan sebagai berikut. kata) e. dan tidak biasa (unusual) Ide baru. dramatis. original. dua unsur penting yang berpengaruh terhadap kenyamanan baca (legibility).Tipografi dan Fotografi Tugas selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah merancang halaman dalam. mudah diikuti. huruf. Nilai keterbacaan dipengaruhi oleh enam faktor berikut ini. Foto secara visual memiliki kelebihan sebagai eyecatcher yang kuat. Ukuran huruf (point size) c. akan tampak membosankan. Variasi huruf (style) Fotografi Halaman majalah yang hanya dipenuhi teks. Perlu diingat bahwa pembaca pada saat membuka majalah selalu melihat halaman kiri dan kanan sekaligus. Lebar setting (line length) d. bukan perulangan yang sudah pernah dilakukan orang Punya greget dan daya-tangkap (stopping power). foto bisa bercerita panjang tentang fakta-fakta yang sulit dijabarkan dengan bahasa verbal. tanpa satu pun foto. sensual Benar-benar terjadi. Komunikatif. Tipografi Tipografi atau susunan huruf dalam desain media cetak merupakan elemen paling penting untuk mewujudkan kenikmatan dan kemudahan baca.doc prepared by Rin-IDC 2 . Cara terbaik untuk memilih huruf adalah dengan mempertimbangkan apakah huruf tersebut mudah dibaca? Maka. mudah ditangkap. Maka setiap naskah hendaknya diusahakan ada foto atau ilustrasi. a. dan menyenangkan pembaca. dan informative Menyentuh perasaan. sensasional. Namun tidak berarti peran foto hanya sebagai pelengkap berita saja. huruf yang paling baik untuk media cetak adalah huruf yang punya nilai keterbacaan tinggi. Penempatan elemen visual di halaman kiri harus seimbang dengan halaman kanan. Desainer berusaha menggunakan elemen-elemen visual yang dapat menarik minat pembaca untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang isi majalah Elemen-elemen visual yang sering digunakan sebagai eye-catcher adalah tipografi dan fotografi. tetapi yang komunikatif. Akhirnya harus disadari bahwa tujuan desain majalah bukanlah membuat perwajahan yang “nyeni”. CONTOH PENYELESAIAN LATIHAN : Pembuatan Desain Majalah “BIOMA” (file-file latihan ada dalam folder BIOMA) 90610395. maka dua halaman yang berhadapan harus dirancang sekaligus dalam satu kesatuan. Bentuk susunan (alignment) f. Terlebih foto-foto yang memiliki kualitas jurnalistik yang baik.

munculkan hasilnya pastenya di Freehand lewat Edit> Special>Paste Special>Unformatted text 9. Gunakan Layer Masking untuk menggabungkan gambar 3. Buat 3 buah master page (Cover. dengan memasukkan beberapa gambar sebagai background majalah. serta drop shadow 4. ada bagian artikel yang belum dapat ditampilkan seluruhnya. 12. Tambahkan halaman baru. Maka untuk menampilkan sisanya kita harus menyiapkan ruang text tambahan untuk mengalirkan sisa artikel tersebut. Hlm Ganjil. Untuk cover. BAGIAN ISI MAJALAH 1.Jika artikel cukup panjang. 2. lakukan dari Properties Document di bagian tombol kanan atas. Jadikan halaman pertama ini sebagai Master Cover 4. Judul majalah diberi Blending Options : Bevel & Emboss agar berkesan timbul. Format JPEG digunakan sebagai gambar sampul. Mulai masukkan artikel untuk halaman ganjil. Simpan dalam format PSD maupun JPEG. gunakan Text Tool untuk membuat ketikan di Freehand 10. Hlm Genap) untuk memudahkan memasukkan artikel 2. masukkan gambar hasil Photoshop yang berformat JPEG ke dalam Freehand lewat Import 3. Jadikan master halaman Genap 8. Tambahkan halaman baru lagi untuk desain halaman Genap 7. 90610395.doc prepared by Rin-IDC 3 .Untuk menambah halaman sesuai salah satu jenis master page yang diinginkan.Pengaturan text dan pembuatan kolom dilakukan dari Properties Object. 11. Dikerjakan dengan Photoshop. Tapi jika mengetik sendiri artikelnya. buat desain untuk halaman Ganjil 5. Teks lainnya beberapa juga menggunakan Blending Options (Layer Style) 5. Jadikan master halaman Ganjil lewat Properties Document 6. Jika mengcopy paste dari suatu artikel.COVER 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->