P. 1
Proposal Rangkaian Listrik

Proposal Rangkaian Listrik

|Views: 687|Likes:
Published by Acyang Edogawa

More info:

Published by: Acyang Edogawa on Mar 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2015

pdf

text

original

PROPOSAL RANGKAIAN LISTRIK LAMPU TIDUR DENGAN ADAPTOR SEDERHANA

Oleh:
NAMA : AYANG NITA SARI NIM : 4112121004

JURUSAN PEND. FISIKA DIK. C 2011 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2012

1

Saya berharap sedikit banyaknya proposal penelitian ini ada manfaatnya baik bagi pembaca maupun untuk penulis sendiri. kalau sampai terjadi kesalahan dan kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Semoga bermanfaat. Medan. Karena dengan izin dan ridho-Nya Proposal Penelitian Rangkaian Listrik ini dapat segera saya rampungkan. 6 Maret 2012 Penulis 2 .Kata Pengantar Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT. saya juga berterima kasih kepada dosen di mata kuliah ini. Proposal penelitian ini di buat untuk memenuhi tugas mandiri mata kuliah Rangkaian Listrik. dan paman yang telah membantu untuk mempercepat menyelesaikan proposal “Lampu Tidur dengan adaptor sederhana in. Dan berterima kasih juga kepada ayah. Akhirnya kepada Allah jua penyusun memohon ampun. Besar harapan saya atas masukan guna perbaikan isi materi dari proposal ini.

..................................................................................................... 1 2 BAB I Latar Belakang ........................................................................................... Daftar Pustaka ......................................................... Tujuan dan manfaat................................................................................................................................................................ 6 BAB III Metode Penelitian .................................. 3 5 5 5 5 BAB II Dasar Teori........................ Daftar Isi ................................................................. Rumusan Masalah ........ 9 11 3 ................................................. Pembatasan Masalah ......... Identifikasi ..Daftar Isi Kata pengantar..................................

Hanya dalam keadaan yang benar-benar gelap tubuh menghasilkan Melantonin. Dari berbagai penelitian diketahui bahwa anak-anak yang tidur dengan lampu menyala beresiko mengidap leukemia. namun secara alamiah terlihat bahwa siang hari lebih cocok untuk bekerja dan waktu malam digunakan untuk beristirahat/tidur. Pelaksanaan diluar aturan alamiah ini akan menimbulkan suatu beban yang lebih besar dan menghasilkan kondisi yang tidak sehat. Latar Belakang Masalah Malam hari adalah waktu terbaik untuk tidur. Otak Anda segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin menurun”. Mematikan lampu ketika tidur malam yang gelap diam-diam berkolaborasi dengan tubuh. dan bintang-bintang sinema yang bekerja di malam hari sebagai konsekwensinya harus tidur di siang hari. salah satu hormon dalam sistem kekebalan yang mampu 4 . Sulit tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk sering juga menjadi penyebab dan pendamping penyakit syaraf. menekan. hal demikian dapat membuat suatu pengaruh yang dapat mengganggu kesehatannya. Tidur merupakan kebutuhan alami tubuh yang musti di penuhi. Padahal tidur dalam kondisi lampu menyala dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit. atau bahkan tidak dapat tidur pada kondisi gelap gulita. Hal ini bukanlah masalah kebiasaan saja bahwa orang-orang yang bekerja pada siang hari akan tidur pada malam hari. Dengan tidur metabolisme tubuh kita akan ditata kembali. Semua itu karena kurangnya pengetahuan akan kegiatan yang terjadi pada tubuh selama tidur. Dengan tidur yang berkualitas sel-sel dalam tubuh kita akan melakukan regenerasi untuk mengganti sel-sel tubuh yang mati. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan “Sekali Anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Ada sebagian orang yang merasa tidak nyaman. terlebih lagi ketika malam hari. Indikasi pertama tentang melatonin adalah sebagai imunoregulator yang mempunai efek anti tumor dan menekan penuaan. Prof. Namun demikian banyak dari kita yang belum memperhatikan cara tidur yang baik. Sebagai buktinya adalah bahwa para penjaga malam.BAB I PENDAHULUAN A. Melatonin adalah kata yang berasal dari Yunani yaitu melas: gelap dan tonein.

Sehingga ketika tidur tubuh memerlukan suasana yang gelap. tetapi di sediakan menggunakan baterai sebagai sumber arusnya. 5 . sehingga tak perlulah lagi untuk selalu menggonta-ganti baterai. Pembatasan Masalah Karena keterbatsan dari segi waktu. maka penilitian ini hanya membahas tentang pembuatan lampu tidur tersebut beserta adaptor sederhananya. Tetapi pada umumnya orang-orang maupun anak-anak identik dengan takut akan gelapnya kamar di malam hari. saat ini memang sudah ada di jual tentang lampu tidur.memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker payudara dan kanker prostat. Sudah khalayak tahu bahwa kekuatan dari baterai tidaklah lama. ini juga hal yang dapat membuat pengeluaran biaya yang cukup lumayan bila harus terus mengganti baterai. Identifikasi masalah Merujuk pada Latar belakang maslah di atas maka dapat di identifikasi beberapa masalah yang berkaitan dengan latar belakang diatas : 1. yang kapasitas wattnya memang kecil. Maka disini saya menggunakan “Adaptor Sederhana”. Mampukah lampu tidur ini dapat membuat suasana tidur tetap nyaman? 2. Namun. kesempatan dan kemampuan peneliti. Hal ini cukup membantu untuk membiasakan tidur dengan suasana gelap. Dimana adaptor bisa mengubah arus AC menjadi DC sehingga untuk lampu yang kapasitas wattnya kecil bila di hubungkan dengan adaptor ini dapat terhubung dengan listrik yang ada dirumah. Sehingga ini menjadi suatu masalah dimana kita harus mencari cara untuk mulai membiasakannya dari hal yang sederhana yaitu dengan menggunakan lampu tidur yang hanya berkapasitas kecil watt nya. dan tidak berwarna putih tetapi warna merah ataupun orange yang mungkin bisa diletakkan di sudut kamar. Mampukah adaptor sederhana tersebut berjalan sesuai fungsinya? C. Selain membantu gaya tidur sehat cara ini juga menghemat biaya. ini mengakibatkan setiap tegangan dari baterai telah habis maka baterai harus di ganti dngan yang baru. B.

Rumusan Masalah Berdasarkan uraian dan prasurvey diatas. maka dapat dirumuskan permasalahannya dalam penelitian diatas sebagai berikut: 1. Bagaimana cara membuat lampu tidur dengan menghubungkanya dengan adaptor? E. Manfaat Teoritis Hasil penelitian ini diharapkan mampu membantu untuk membuat rangkaian listrik yang sederhana namun berdampak baik untuk kehidupan sehari-hari kita.D. 6 . Mampu merakit suatu alat yang sederhana namun berdampak baik bagi kesehatan saat tidur. Tujuan Dan Manfaat Penelitian a) Tujuan Penelitian Tujuan utama dari penelitian ini adalah:      Untuk menemukan pengaruh lampu tidur bagi kebiasan tidur kita. Membantu untuk dapat membuat lampu tidur dengan hemat biaya. Kita bisa lebih mengenal kegunaan komponen adaptor bagi masalah rangkaian listrik di kehidupan sehai-hari terlebih bagi seorang pemula. terlebih untuk pemula? 2. b)Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian ini dapat peneliti rangkum kedalalam 2 bagian yaitu: 1. dapat membiasakan diri untuk tidur dengan suasana yang lebih gelap. 2. Membuka wawasan bahwa dari hal yang spele seperti lampu tidur kecil. Bagaimana membuat adaptor sederhana. Manfaat Praktis Memberikan sumbangan fikiran dalam rangka membantu memelihara kesehatan kita khususnya di waktu kita tidur.

Induktor 1 buah Sifat-sifat dari Masing. Kabel 6.Masing Komponen Alat 1. Komponen – komponen alat yang diperlukan adalah: 1. PCB 2. Kapasitor 1000μf 4. Timah 9.BAB II DASAR TEORI Untuk membuat lampu tidur dengan adaptor sederhana ini di buat dengan dua rangkaian listrik yang terdiri dari rangkaian listrik lampu. Resistor 8. PCB Dalam membangun sebuah rangkaian elektronika dibutuhkan sebuah board. Solderr 10. Kabel pelangi 5. Board (indo:papan) adalah tempat dipasangnya perangkat-perangkat yang akan digunakan. yang kemudian kedua rangkaian tersebut saling dihubungkan. Pada 7 . kemudian rangkaian listrik adaptor sederhana tersebut. Dioda silicon 1 Ampere 4 buah 3. Trafo 7.

4. 2. perfboard memerlukan solder untuk memasang perangkat elektronika karena setiap lubang pada perfboard terpisah. Penyearah setengah gelombang (half-wave rectifier) 2. pcb lubang. Stripboard.dasarnya board ini dibagi menjadi 2 jenis yang membutuhkan solder (Perfboard. Penyearah tegangan ini ada 2 macam. Di indonesia dikenal dengan nama pcb bolong. 6. Saya memilih kabel pelangi untuk mempermudah saya alam menghubungkan jalur dan mengingat hubungan antar komponen. 5. Dioda Jembatan Sebagai penyearah tegangan. dioda digunakan untuk mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah(DC). Kabel Memberi kutub positif dan kutub negatif. dan Printed circuit board) dan tidak membutuhkan solder (Breadboard/plugboard). Kabel pelangi Kabel untuk menghubungkan antar komponen-komponen elektronik. Trafo 8 . Penyearah gelombang penuh (full-wave rectifier) 3. Berbeda dengan breadboard. yaitu : 1. Kapasitor Kapasitor atau kondensor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk muatan listrik selama selang waktu tertentu tanpa disertai adanya reaksi kimia.

Transformator digunakan untuk meningkatkan (kenaikan) dan langkah turun (penurunan) tegangan AC. Solder 9 . 7. Timah Untuk menyatukan kaki-kaki setiap komponen elektronika. Resistor Resistor adalah komponen elektronika yang selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karena dia berfungsi sebagai pengatur arus listrik. Tidak ada sambungan listrik antara kumparan. Energi ditransfer antara kumparan oleh medan magnet dalam inti.Dua kumparan dari kawat dihubungkan oleh sebuah inti besi. 9. 8.

10. Lampu indikator /Dioda Pemancar Cahaya (LED) Sebuah transuder yang mengubah energi listrik menjadi energi cahaya. 10 . dimana cahay tersebut merupakan sebuah tanda bahwa terdapat arus yang mengalir di dalam suatu rangkaian listrik.

11 . Yang kegiatannya adalah       Tidak perlu mencari hubungan. menguji hipotesis dan membuat ramalan Mencari informasi tentang gejala yang ada Definisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai Rencanakan cara pendekatannya Kumpulkan data Laporan.BAB III Metode Penelitian Metode yang dipakai untuk masalah ini adalah penelitian deskriptif dimana hanya membuat Membuat pencandraan secara sistematis. faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi.

itb.Daftar Pustaka http://yb1zdx.wordpress.arc.pdf Murtaqi community.id/data/orari-diklat/pemula/teknik/komponen-elektronik. 18 feb 2010.com 12 .ac.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->