P. 1
Pembentukan Bumi

Pembentukan Bumi

|Views: 787|Likes:

More info:

Published by: Fitri Hanyainginsetyasama Armada on Mar 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2013

pdf

text

original

1. Pembentukan Bumi 1.1.

Sejarah Pembentukan Bumi
bentuk atas muka dua bumi disebabkan yaitu tenaga oleh kekuatan dan besar tenaga Keberagaman dasarnya dibedakan

yang bekerja pada bumi. Kekuatan itu disebut tenaga geologi. Tenaga geologi pada macam, endogen eksogen.T e n a g a e n d o g e n i a l a h t e n a g a y a n g b e r a s a l d a r i d a l a m b u m i . T e n a g a e n d o g e n mempunyai sifat membangun. Tenaga eksogen ialah tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi. Tenaga ini mempunyai sifat merusak permukaan bumi. a.Proses Alam Endogen Tahukah kamu bahwa bumi yang kita pijak ternyata berjalanj a l a n dengan kecepatan beberapa cm per tahun? Pergerakan tersebut tidak terasaoleh kita. Namun, pergerakan tersebut menyebabkan perubahan relief muka bumi. Pernahkah kamu melihat permukaan jalan yang amblas? Jalan amblasialah contoh adanya pergerakandalam bumi. Pergerakan tersebut disebabkan o l e h yang berasal dari dalam bumi yang disebut tenaga tenaga endogen.

Dengan demikian, di dalam bumi terdapat sumber energi . Dari manakahe n e r g i i t u b e r a s a l ? T e r n y a t a d i d a l a m b u m i t e r d a p a t s u m b e r p a n a s y a n g ber asl dari inti bumi Lapisan Inti: cairan kental bersuhu di atas 4.500° C dan b e r t e k a n a n t i n g g i , m e n g a n d u n g m i n e r a l c a i r a n B e s i d a n N i k e l (disebut juga lapisan Nife) Lapisan Astenosfer: merupakan lapisan kedua yang melapisi lapisan inti dengan suhu antara 2.000-4.000° C dan tekanan terusmenuru, mengandung mineral Silicium dan Magnesium (disebut juga lapisan Sima). Lapisan Litosfer: merupakan lapisan lebih kental dengan suhu < 2.000° Cdan tekanan terus turun. Lapisan ini disebut juga lapisanmantel bumi. Kerak Bumi:padat dan keras, menempel pada mantel bumi,mengandung mineral Silicium dan Aluminium (disebut juga lapisan Sial). Kita telah mengetahui bahwa kulit bumi itu padat, dingin, dan terapungdi atas mantel bumi. Kerak bumi yang membentuk dasar samudera disebut lempeng samudera. Kerak bumi yang membentuk dasar benua disebutlempeng benua. Lempeng samudera dan lempeng benua terleta k di atas lapisan mantel. Kita juga telah belajar bahwa lapisan mantel mendapat

Bumi tempat segenap makhluk hidup termasuk manusia telah terbentuk k i r a kira 4. Gejala ini disebut seisme. akan terkumpul tumpukan magma dan tumpukan energi. Padahal. (1) M a g m a a k a n m e n e r o b o s l e m p e n g b e n u a d i a t a s n y a m e l a l u i c e l a h atauretakan atau patahan dan terbentuklah gunung i n i d i s e b u t vulkanisme. energi api. Proses perubahan muka bumi dap a t berlangsung secara mekanis. makin ke dalam suhu makin panas. bagian kulit bumi yang padat dan dingin yang menujam ke bawah akan meleleh dan berubah menjadi magma serta mengeluarkan energi. (2) Bila tumpukan energi di daerah penujaman demikian besar. gerak massa batuan. Karena tumbukan terjadi terus-menerus.000 tahun lalu bersamaan dengan planet-planet lain y a n g membentuk tata surya dengan matahari sebagai pusatnya. Penumpukan ini akan menyebabkan terjadinya hal-hal berikut: Tekanan ke atas dari magma. erosi. gerak lempeng. Goyangan atau getaran ini disebut gempa bumi. Sejarah kehidupan di bumi baru dimulai sekitar 3.000 tahun . b.pemanasan terus-menerus dari lapisan Sima. Pemanasan ini menyebabkan terjadinya gerakan cairan dengan arah vertikal (konveksi) pada lapisan mantel. arus konveksi ini menumbuk kulit bumi yang terapung di atasnya.500. Gejala tersebuta k a n m a m p u m e n g g o y a n g a t a u m e n g g e t a r k a n l e m p e n g b e n u a d a n lempeng samudera di sekitarnya. Proses Alam Eksogen Tenaga eksogen ialah tenaga yang berasal dari luar bu m i y a n g berpengaruh terhadap permukaan bumi. T e n a g a eksogen ini menyebabkan terjadinya pelapukan.600 000. biologis. Karena tumbukan lempeng samudera dan lempeng benua. salah satu lempeng akan menujam ke bawah. dan sedimentasi yang bersifat merusak bentuk permukaan bumi. Gejala ini disebuttektonisme. Akibatnya. k u l i t b u m i b i s a m e l e n g k u n g (disebut lipatan) atau patah (disebut patahan). Akibatnya. A k i b a t n y a . dan energi yang terkumpulakan mampu menekan lapisan kulit bumi sehingga terjadi perubahan letak a t a u p e r g e s e r a n kulit b u m i .000. maupun secara kimiawi. Tenaga eksogen dapat menyebabkan relief permukaan bumi berubah.

Batuan masa ini ditemukan di beberapa bagian dunia yang lazim disebut kraton/perisai benua. k e m u d i a n ter akhir kali muncul manusia.5 milyar tahun lalu) Arkeozpoikum artinya Masa Kehidupan Purba. Jaman Majapahit. Terusada yang membagi lagi dengan Kala.000. .Perkembangan perubahan tetumbuhan diawali oleh Pteridofita (tumbuhan paku). Masa Arkeozoikum (Arkean) merupakan masa awal pembentukan batuan kerak bumi yang kemudian berkembang menjadi protokontinen.000 tahun lalu baru muncul organisme bersel banyak. Kalender Geologi dapat dilihat seperti dibawah ini : 1. Ada yg disebut “ jaman“. b u r u n g d a n t e r a k h i r m a m a l i a .lalu dengan munculnya micro-organisma sederhana yaitu bakteri dan ganggang. i k a n . a. “ periode” dan sebagainya. Kalau dalam ilmu sejarah kita mengenal jaman.5 – 2.000.000 tahun lalu secara bertahapkehidupan yang lebih komplek mulai berevolusi. Gimnosperma ( t u m b u h a n b e r u j u n g ) d a n t e r a k h i r Angiosperma (tumbuhan b e r b u n g a ) .2. a m f i b i a . r e p t i l i a . Masa dan sebagainya. Pada sekitar 540. “kala“. Sejarah Pembentukan Bumi Berdasarkan Zaman Masa Arkeozoikum (4. Dalam ilmu geologi juga mirip. S e d a n g k a n p e r k e m b a n g a n d a n p e r u b a h a n h e w a n d i m u l a i d a r i invert e b r a t a . Misal Jaman Batu.000.jaman dengan nama-nama khususnya. Kemudian pada 1.

Lingkungan hidup mas itu tentunya mirip dengan lingkungan disekitar mata-air panas. Zaman Kambrium (590-500 juta tahun lalu) Kambrium berasal dari kata “Cambria” nama latin untuk daerah Wales di Inggeris sana. Australia. Enkaryotes ini akan menjadi tumbuhan dan prokaryotes nantinya akan menjadi binatang. Zaman Ordovisium (500 – 440 juta tahun lalu) . dan Tanah Hijau masih berupa benua-benua kecil yang terpisah.000. dimana batuan berumur kambrium pertama kali dipelajari.800. Jadi kerakbumi terbentuk setelah pendinginan bagian tepi dari “balon bumi” (bakal calon bumi). Koral. d. Plate tectonic / Lempeng tektonik yang menyebabkan gempa itu terbentuk pada masa ini. Ekinodermata. Fosil yang umum dijumpai dan penyebarannya luas adalah.000 tahun. Hewan zaman ini mempunyai kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung. Amerika Utara. Moluska. yang bukti-buktinya dijumpai sebagai fosil sejati pertama. cacing dan koral mulai muncul di laut-laut dangkal. India. Sedangkan Eropa. Hampir seluruh kehidupan berada di lautan. b. Masa Arkeozoikum dan Proterozoikum bersama-sama dikenal sebagai masa Pra-Kambrium. Brakiopoda dan Artropoda (Trilobit). jenis invertebrata bertubuh lunak seperti ubur-ubur. Sepon. Masa Proterozoikum (2. Banyak hewan invertebrata mulai muncul pada zaman Kambrium.5 milyar – 290 juta tahun lalu) Proterozoikum artinya masa kehidupan awal. masa ini adalah masa pembentukan kerakbumi.500. Batuan tertua tercatat berumur kira-kira 3.Coba perhatikan. Cacing. sebagian Asia dan Amerika Selatan. Alga.000. Menjelang akhir masa ini organisme lebih kompleks.000 tahun. c. Pada masa ini kehidupan mulai berkembang dari organisme bersel tunggal menjadi bersel banyak (enkaryotes dan prokaryotes). Afrika. Sebuah daratan yang disebut Gondwana (sebelumnya pannotia) merupakan cikal bakal Antartika. Fosil tertua yang telah ditemukan adalah fosil Stromatolit dan Cyanobacteria dengan umur kira-kira 3. Masa ini juga merupakan awal terbentuknya Indrosfer dan Atmosfer serta awal muncul kehidupanprimitif di dalam samudera berupa mikro-organisma (bakteri dan ganggang). Masa Proterozoikum merupakan awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer.

Tumbuhan darat semakin umum dan muncul serangga untuk pertama kalinya. Ekinoid (Landak Laut). Zaman Silur (440 – 410 juta tahun lalu) Zaman silur merupakan waktu peralihan kehidupan dari air ke darat. Pohon pertama muncul. g. Graptolit dan Trilobit melimpah. Hewan Amfibi berkembang dan beranjak menuju daratan. . Ikan berahang dan ikan hiu semakin aktif sebagai pemangsa di dalam lautan. dimana trilobit dan Brakiopoda mencari mangsa. Zaman Devon (410-360 juta tahun lalu) Zaman Devon merupakan zaman perkembangan besar-besaran jenis ikan dan tumbuhan darat. sedangkan Ekinodermata dan Brakiopoda mulai menyebar. iklim tropis menghasilkan secara besar-besaran. Sedangkan Kalajengking raksasa (Eurypterid) hidup berburu di dalam laut. Graptolit. Pada zaman ini benua-benua di muka bumi menyatu membentuk satu masa daratan yang disebut Pangea. Di belahan bumi utara. Ikan berahang mulai muncul pada zaman ini dan banyak ikan mempunyai perisai tulang sebagai pelindung.Zaman Ordovisium dicirikan oleh munculnya ikan tanpa rahang (hewan bertulang belakang paling tua) dan beberapa hewan bertulang belakang yang muncul pertama kali seperti Tetrakoral. Serbuan ke daratan masih terus berlanjut selama zaman ini. Amerika Utara dan Tanah Hijau (Green Land). Koral dan Alga berkembang membentuk karang. Zaman Karbon (360 – 290 juta tahun lalu) Reptilia muncul pertama kalinya dan dapat meletakkan telurnya di luar air. deretan pegunungan mulai terbentuk melintasi Skandinavia. jamur Klab. tumbuhan ferm dan paku ekor kuda tumbuh di rawa-rawa pembentuk batubara. Tumbuhan darat mulai muncul pertama kalinya termasuk Pteridofita (tumbuhan paku). Asteroid (Bintang Laut). mengalami perubahan lingkungan untuk berbagai bentuk kehidupan. Selama zaman Silur. Meluapnya Samudra dari Zaman Es merupakan bagian peristiwa dari zaman ini. Gondwana dan benua-benua lainnya mulai menutup celah samudera yang berada di antaranya. Skotlandia dan Pantai Amerika Utara f. rawa-rawa yang berisi dan sekarang tersimpan sebagai batubara. Serangga raksasa muncul dan ampibi meningkat dalam jumlahnya. e. Krinoid (Lili Laut) dan Bryozona. benua Gondwana menutupi Eropa. Samudera menyempit sementara.

Pada akhir zaman ini Dinosaurus. banyak koral dan ikan menjadi punah. sementara amonit menjadi umum. Zaman Perm (290 -250 juta tahun lalu) “Perm” adalah nama sebuah propinsi tua di dekat pegunungan Ural. Lapisan es menutup Amerika Selatan. Ichtiyosaurus berburu di dalam lautan danPterosaurus merajai angkasa. Reptilia meningkat jumlahnya. Plesiosaurus. Ichtiyosaurus.h. Amonit dan Belemnit punah. Zaman perm diakhiri dengan kepunahan micsa dalam skala besar. begitu juga tumbuhan konifer dan Grikgo primitif. Reptilia meningkat dan serangga modern muncul. Mamalia pertamapun mulai muncul saat ini. k. Zaman Kapur (140-65 juta tahun lalu) Banyak dinosaurus raksasa dan reptilia terbang hidup pada zaman ini. Pterosaurus. Tribolit. Pangea terpecah dimana Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia. Dinosaurus menguasai daratan. Mamalia dan tumbuhan berbunga mulai . Antartika. Zaman Trias (250-210 juta tahun lalu) Gastropoda dan Bivalvia meningkat jumlahnya. Tumbuhan sikada mirip palem berkembang dan Konifer menyebar. Benua Pangea bergabung bersama dan bergerak sebagai satu massa daratan. membendung air dan menurunkan muka air laut. Mamalia berari-ari muncul pertama kalinya. Lembaran es di bagian selatan mencair dan celah-celah mulai terbentuk di Pangea. Australia dan Afrika. Zaman Jura (210-140 juta tahun lalu) Pada zaman ini. Hewan Ampibi menjadi kurang begitu berperan. Dan ada banyak jenis reptilia yang hidup di air. j. Tumbuhan Konifer menjadi umum. sementara Bennefit dan Sequola melimpah pada waktu ini. Rusia. Amonit dan Belemnit sangat umum. Benua Pangea bergerak ke utara dan gurun terbentuk. Burung sejati pertama (Archeopterya) berevolusi dan banyak jenis buaya berkembang. termasuk penyu dan kura-kura. Reptilia menyerupai mamalia pemakan daging yang disebut Cynodont mulai berkembang. Banyak dinosaurus tumbuh dalam ukuran yang luar biasa. Dinosaurus dan reptilia laut berukuran besar mulai muncul pertama kalinya selama zaman ini. i. zaman ini merupakan zaman yang paling menarik anak-anak setelah difilmkannya Jurrasic Park. Iklim yang kering dengan kondisi gurun pasir mulai terbentuk di bagian utara bumi.

zaman ini adalah zaman akhir dari kehidupan biantang-binatang raksasa. bumi ini cocok untuk menciptakan dan mengembangbiakkan bentuk kehidupan sejak pertama kali terbentuk. l. Flora dan fauna yang hidup pada Kala Plistosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup sekarang. pemunculan dan kepunahan hewan dan tumbuhan saling berganti seiring dengan perubahan cuaca secara global m. Zaman Kuarter (1.000 tahun yang lalu. Manusia purba jawa (Homo erectus yang dulu disebut Pithecanthropus erectus) muncul pada Kala Plistosen.5 miliar tahun yang lalu. tumbuhan merambat dan rumput. Tim peneliti barat menolak teori tentang bumi seluruhnya diselubungi samudera sebelum spesies laut pertama menginjak daratan. Kesimpulan : Planet kita diperkirakan mulai terbentuk 4. Amerika utara dan Asia bagian utara ditutupi es. Sejarah bumi berdasarkan masa/zama terdiri dari: . Zaman Tersier (65 – 1. Tumbuhan berbunga pada zaman Tersier terus berevolusi menghasilkan banyak variasi tumbuhan. begitu pula Pegunungan Alpen.7 juta tahun lalu) Pada zaman tersier terjadi perkembangan jenis kehidupan seperti munculnya primata dan burung tak bergigi berukuran besar yang menyerupai burung unta.7 juta tahun lalu – sekarang) Zaman Kuarter terdiri dari kala Plistosen dan Kala Holosen. Pegunungan Cherpatia dan Pegunungan Himalaya Di antara 4 jaman es ini terdapat jaman Intra Glasial. seperti semak belukar. Pada zaman Tersier – Kuarter. India terlepas jauh dari Afrika menuju Asia. Pada Kala Plistosen paling sedikit terjadi 5 kali jaman es (jaman glasial). Manusia Modern yang mempunyai peradaban baru muncul pada Kala Holosen. Kemudian diikuti oleh Kala Holosen yang berlangsung sampai sekarang.berkembang menjadi banyak bentuk yang berlainan. Iklim sedang mulai muncul. Sejak itu penampilan aslinya hampir tidak pernah berubah. Kala Plistosen mulai sekitar 1. dimana iklim bumi lebih hangat. moluska dan echinodermata sangat mirip dengan fauna laut yang hidup sekarang. Pada jaman glasial sebagian besar Eropa. sedangkan fauna laut sepert ikan.8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10.

perbukitan. bumi tersusun atas beberapa lapisan bumi. dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Setelah memahaminya. bahan-bahan material pembentuk bumi.3. Oleh karena itu. dan sebagainya.5 milyar tahun lalu) Masa Proterozoikum (2. proses terbentuknya bumi berawal dari puluhan milyar . seluruh makhluk hidup beserta isinya.5 milyar – 290 juta tahun lalu) Zaman Kambrium (590-500 juta tahun lalu) Zaman Ordovisium (500 – 440 juta tahun lalu) Zaman Silur (440 – 410 juta tahun lalu) Zaman Devon (410-360 juta tahun lalu) Zaman Karbon (360 – 290 juta tahun lalu) Zaman Perm (290 -250 juta tahun lalu) Zaman Trias (250-210 juta tahun lalu) Zaman Jura (210-140 juta tahun lalu) Zaman Kapur (140-65 juta tahun lalu) Zaman Tersier (65 – 1.7 juta tahun lalu) Teori pembentukan bumi Sebelum itu. lembah. Bumi sebagai salah satu planet yang termasuk dalam sistem tata surya di alam semesta ini tidak diam seperti apa yang kita perkirakan selama ini. Theory Big bang Berdasarkan Theory Big Bang. Bentuk permukaan bumi berbeda-beda. lautan. mari kita pahami pengertian Bumi: Bumi adalah planet tempat tinggal 1. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup. melainkan bumi melakukan perputaran pada porosnya (rotasi) dan bergerak mengelilingi matahari (revolusi) sebagai pusat sistem tata surya.• • • • • • • • • • • • Masa Arkeozoikum (4. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya siang malam dan pasang surut air laut. mulai dari daratan. inilah proses pembentukan bumi dari beberapa teori: 1. danau.5 – 2. proses terbentuknya bumi tidak terlepas dari proses terbentuknya tata surya kita. pegunungan.

bagian ringan yang terlempar ke luar tadi mengalami kondensasi sehingga membentuk gumpalan-gumpalan yang mendingin dan memadat. 2.tahun yang lalu. inti luar. Putaran yang dilakukannya tersebut memungkinkan bagian-bagian kecil dan ringan terlempar ke luar dan bagian besar berkumpul di pusat. mantel luar. Gaya tarik-menarik antar gas ini .6 milyar tahun. Pada awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada porosnya. yaitu inti dalam. bumi masih merupakan planet homogen dan belum mengalami perlapisan atau perbedaan unsur. gumpalan kabut raksasa itu meledak dengan dahsyat di luar angkasa yang kemudian membentuk galaksi dan nebula-nebula. Ada tiga tahap dalam proses pembentukan bumi. yaitu: 1. Material besi yang berat jenisnya lebih besar akan tenggelam. sedangkan yang berat jenisnya lebih ringan akan bergerak ke permukaan. mantel dalam. Teori Kabut Kant-Laplace Sejak jaman sebelum Masehi. planet bumi terus mengalami proses secara bertahap hingga terbentuk seperti sekarang ini. Selama jangka waktu lebih kurang 4. Suatu saat. Bumi terbagi menjadi lima lapisan. nebula-nebula tersebut membeku dan membentuk suatu galaksi yang disebut dengan nama Galaksi Bima Sakti. gumpalan-gumpalan itu membentuk planet-planet. Perubahan di bumi disebabkan oleh perubahan iklim dan cuaca. Dalam perkembangannya. Sementara itu. kemudian membentuk sistem tata surya. para ahli telah banyak berfikir dan melakukan analisis terhadap gejala-gejala alam. Dalam teori ini dikemukakan bahwa di jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumpul menjadi kabut (nebula). Kemudian. membentuk cakram raksasa. Ingatkah kamu tentang teori kabut (nebula) yang dikemukakan oleh Immanuel Kant (1755) dan Piere de Laplace (1796)? Mereka terkenal dengan Teori Kabut Kant-Laplace. dan kerak bumi. Awalnya. Mulai abad ke 18 para ahli telah memikirkan proses terjadinya Bumi. 3. Pembentukan perlapisan struktur bumi yang diawali dengan terjadinya diferensiasi. 2. termasuk planet bumi.

dan salah satunya adalah planet Bumi kita. Pada dasarnya. matahari asal ini didekati oleh sebuah bintang besar. dan disebut planetesimal. kemudian mengembun dan membeku sebagai bendabenda yang padat. Akibat tenaga penarikan matahari asal tadi. muncul teori Planetesimal yang dikemukakan oleh Chamberlin dan Moulton. Kemudian karena proses waktu dan perputaran (pusingan) cepat. proses-proses teoritis terjadinya planet-planet dan bumi. dimulai daribenda berbentuk gas yang bersuhu sangat panas. maka terjadi pendinginan yang menyebabkan pemadatan (pada bagian luar). Planetesimal ini dalam perkembangannya menjadi planet-planet. yang menyebabkan terjadinya penarikan pada bagian matahari. Teori Planetesimal Seabad sesudah teori kabut tersebut.membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat. Dalam proses perputaran yang sangat cepat ini. 3. Gas yang meledak ini keluar dari atmosfer matahari. materi kabut bagian khatulistiwa terlempar memisah dan memadat (karena pendinginan). Adapaun tubuh Bumi bagian dalam masih bersuhu tinggi. Pada suatu ketika. terjadilah ledakan-ledakan yang hebat. . Bagian yang terlempar inilah yang kemudian menjadi planet-planet dalam tata surya. Teori ini mengungkapkan bahwa pada mulanya telah terdapat matahari asal.

menjulur dari massa matahari tadi dan merentang kea rah bintang besar itu. maka akan terbentuk semacam gunung-gunung gelombang raksasa pada tubuh matahari. Tetapi. pendinginan berjalan relatif lebih cepat. jika sebuah bintang yang bermassa hampir sama besar dengan matahari mendekati matahari. lalu berpisah menjadi benda-benda tersendiri. Matahari . Sementara pendinginan berlangsung. yaitu planet-planet. Dalam lidah yang panas ini terjadi perapatan gas-gas dan akhirnya kolom-kolom ini akan pecah. Penyebabnya adalah kecilnya massa bulan dan jauhnya jarak bulan ke Bumi (60 kali radius orbit Bumi). Teori Pasang Surut Gas Teori ini dikemukakan leh jeans dan Jeffreys. Planet-planet itu akan berputar mengelilingi matahari dan mengalami proses pendinginan.4. ukuranya sangat kecil. melanjutkan perjalanan di jagat raya. Terjadinya pasang surut air laut yang kita kenal di Bumi. Proses pendinginan ini berjalan dengan lambat pada planet-planet besar. yakni bahwa sebuah bintang besar mendekati matahari dalam jarak pendek. Gunung-guung tersebut akan mencapai tinggi yang luar biasa dan membentuk semacam lidah pijar yang besar sekali. saat matahari itu masih berada dalam keadaan gas. seperti Yupiter dan Saturnus. sehingga lambat laun akan hilang pengaruhnya terhadap-planet yang berbentuk tadi. maka akan terjadi pasang surut pada tubuh-tubuh planet yang baru lahir itu. Bintang besar yang menyebabkan penarikan pada bagian-bagian tubuh matahari tadi. sedangkan pada planetplanet kecil seperti Bumi kita. yang disebabkan oleh gaya tarik bintang tadi. sehingga menyebabkan terjadinya pasang surut pada tubuh matahari. sehingga besar kemungkinan pada suatu ketika meraka akan mendekati matahari dalam jarak yang pendek. Akibat kekuatan penarikan matahari. planet-planet itu masih mengelilingi matahari pada orbit berbentuk elips.

sehingga lahirlah bulan-bulan (satelit-satelit) yang berputar mengelilingi planet-planet.A Lyttleton. yaitu inti dalam. Bumi berasal dari suatu gumpalan kabut raksasa yang meledak dahsyat. 5. Setelah itu. inti luar. lalu sistem tata surya. kemudian membentuk galaksi dan nebula. dan kerak. maka sebaran pecahan ledakan bintang tersebut mengelilingi bintang yang tidak meledak. galaksi berasal dari kombinasi bintang kembar. Menurut teori ini. Teori Bintang Kembar Teori ini dikemukakan oleh seorang ahli Astronomi R. 2. Tiga tahap proses pembentukan bumi. Bintang yang tidak meledak itu adalah matahari.akan menarik kolom-kolom materi dari planet-planet. yaitu mulai dari awal bumi terbentuk. nebula membeku membentuk galaksi Bima Sakti. peranan yang dipegang matahari dalam membentuk bulan-bulan ini pada prinsipnya sama dengan peranan bintang besar dalam membentuk planet-planet. Karena bintang yang tidak meledak mempunyai gaya gravitasi yang masih kuat. yaitu: 1. mantel dalam. mantel luar. seperti telah dibicarakan di atas. sedangkan pecahan bintang yang lain adalah planet-planet yang mengelilinginya Kesimpulan Ada dua kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan mengenai proses terbentuknya bumi. Salah satu bintang meledak sehingga banyak material yang terlempar.Bumi terbentuk dari bagian kecil ringan yang terlempar ke luar saat gumpalan kabut raksasa meledak yang mendingin dan memadat sehingga terbentuklah bumi. . diferensiasi sampai bumi mulai terbagi ke dalam beberapa zona atau lapisan.

Lapisan udara ini menyelimuti bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149. Mesosfer. karbondioksida.8% permukaan bumi diliputi air. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di bumi sama dengan 365. Struktur Bumi Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi mempunyai massa seberat 59. dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1. sinar ultraungu. dan Eksosfer. Termosfer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer. dan 1% uap air. . setinggi 50 kilometer. Stratosfer. dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. dan gas lain. Berat jenis Bumi (sekitar 5. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen. dan radiasi dari luar angkasa. Diperkirakan usianya mencapai 4.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain. 70.6 milyar tahun.2425 hari.6 juta kilometer atau 1 AU (ing: astronomical unit). Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain. berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan bumi adalah antara -70 °C hingga 55 °C bergantung pada iklim setempat.756 kilometer. Bumi mempunyai diameter sepanjang 12. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan.760 milyar ton. 21% oksigen. Lapisan ozon. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari.1.4.

dalam kedua arti. yang artinya terbuat dari batuan.637 meter. menyebabkan ukuran diameter katulistiwa 43 km lebih besar dibandingkan diameter dari kutub ke kutub. Bumi juga merupakan satu-satunya planet kebumian yang memiliki lempeng tektonik yang aktif. dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.000 jarak antara katulistiwa ke kutub utara melalui kota Paris. gravitasi permukaan terbesar. Dari keempat planet kebumian.100 kilometer.17% . Kerak bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. medan magnet terkuat dan rotasi paling cepat. bumi juga memiliki kepadatan tertinggi. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1. dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak bumi setebal kurang lebih 85 kilometer. sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4. Komposisi dan struktur Bumi adalah sebuah planet kebumian.000 km/π. sebuah bulatan yang tertekan ceper pada orientasi kutub-kutub yang menyebabkan buncitan pada bagian katulistiwa.848 meter. Prancis.924 meter.800 kilometer membentuk 83% isi bumi. massa dan ukuran. berbeda dibandingkan gas raksasa seperti Jupiter.500 °C.000. Kerak bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa bumi. diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2. Bumi memiliki toleransi sekitar satu dari 584. Titik tertinggi di permukaan bumi adalah gunung Everest setinggi 8. meski pada skala global. Planet ini adalah yang terbesar dari empat planet kebumian. atau kira-kira 40. Buncitan ini terjadi karena rotasi bumi. variasi ini sangat kecil.299 km2.742 km. atau 0. lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2. Diameter rata-rata dari bulatan bumi adalah 12. Topografi lokal sedikit bervariasi dari bentuk bulatan ideal yang mulus. Bentuk Bentuk planet Bumi sangat mirip dengan bulatan gepeng (oblate spheroid). Karena satuan meter pada awalnya didefinisikan sebagai 1/10.

Lokal deviasi terbesar pada permukaan bumi adalah gunung Everest (8. bagian bumi yang terletak paling jauh dari titik tengah bumi sebenarnya adalah gunung Chimborazo di Ekuador. Komposisi kimia F. Clarke’s Table kerak oksida Senyawa silika alumina kapur Magnesia sodium oxide iron(II) oxide potasium oxida besi(III) oxida air titanium dioxida phosphorus pentoxida Total Formula SiO2 Al2O3 CaO MgO Na2O FeO K2O Fe2O3 H2O TiO2 P2O5 Komposisi 59. danau. W. bukit.80% 2.71% 15.98×1024 kg. 0. Jadi kedua tenaga itulah yang membuat berbagai macam relief di muka bumi ini seperti yang kita tahu bahwa permukaan bumi yang kita huni ini terdiri atas berbagai bentukan seperti gunung.60% 0.90% 4.911 m di bawah permukaan laut).bentukan tersebut dikenal sebagai relief bumi. Proses alam endogen/tenaga endogen adalah tenaga bumi yang berasal dari dalam bumi. menyebabkan permukaan bumi menjadi tidak rata.1%).52% 2. Bentukan. Kandungan utamanya adalah besi(32.22%.22% 99. Tenaga alam eksogen berasal dari luar bumi dan bersifat merusak.36% 3.63% 1.41% 4. Karena buncitan katulistiwa. lembah. .22% Massa bumi kira-kira adalah 5.dibanding bulatan sempurna (reference spheroid). Tenaga alam endogen bersifat membangun permukaan bumi ini.848 m di atas permukaan laut) dan Palung Mariana (10. sungai. Adanya bentukanbentukan tersebut. dsb.55% 3. yang lebih mulus jika dibandingkan dengan toleransi sebuah bola biliar.52% 0.

sulfur (2. sulfur (4. alumina. Bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut :   Kerak Bumi Mantel Bumi Mantel bumi terletak di antara kerak dan inti luar bumi. Clarke memperhitungkan bahwa sekitar 47% kerak bumi terdiri dari oksigen. magnesium (13.5%). Clarke menyimpulkan bahwa 99.oksigen (30. silikon (15. Batuan-batuan paling umum yang terdapat di kerak bumi hampir semuanya adalah oksida (oxides). dan florin adalah kekecualian dan jumlahnya di dalam batuan biasanya kurang dari 1%. oksida besi. sulfur.8%). dan sedikit nikel (5. dan 1. magnesia. and aluminium (1.9%). Konstituen lainnya hanya terjadi dalam jumlah yang kecil. Karena proses pemisahan massa.8%). yang membentuk silikat. Ini adalah sifat dasar dari berbagai mineral batuan beku yang paling umum. kapur. Mantel bumi merupakan batuan yang mengandung magnesium dan silikon. Suhu pada mantel bagian atas ±1300 °C-1500 °C dan suhu pada mantel bagian dalam ±1500 °C-3000 °C .5%).8%).9%).2% selebihnya terdiri dari berbagai unsur-unsur langka. nikel (1. klorin. dan selebihnya kurang dari 1% unsur langka. Berdasarkan perhitungan dari 1.672 analisa berbagai jenis batuan. Oksida-oksida utama adalah silika.4%). [note 3] Lapisan bumi Menurut komposisi (jenis dari materialnya). [10] Ahli geokimia F. potas dan soda. bagian inti bumi dipercaya memiliki kandungan utama besi (88.22% batuan terdiri dari 11 oksida (lihat tabel kanan).1%). Fungsi utama silika adalah sebagai asam. kalsium (1. W.1%).

Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900 °C • Inti Bumi bagian dalam Inti Bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800 °C. Inti Bumi Sedangkan menurut sifat mekanik (sifat dari material) -nya. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km dan kedalaman antara 29004980 km. bumi dapat dibagi menjadi lapisan-lapisan sebagai berikut :     Litosfir Astenosfir Mesosfir Inti Bumi bagian luar Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->