MURAI BATU BORNEO

Murai Batu yang dalam literatur ilmiah dinamai copsychus malabaricus dan oleh orang Eropa biasa disebut white rumped shama secara global penyebarannya sangat luas, mulai dari India, China Barat Daya, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia hingga Sunda Besar. Di Indonesia burung yg termasuk dalam rumpun Turdidae ini banyak sekali jenisnya yang di kalangan hobbiest dibedakan berdasar daerah asal habitatnya. Murai Batu Borneo adalah salah satu jenis yang dikenal di Indonesia selain Murai Batu Sumatera dan Murai Batu Jawa (Larwo). Murai Batu Borneo adalah sebutan kicau mania terhadap spisies murai batu yang berasal dari Pulau Kalimantan. Seperti Murai Batu Sumatera, Murai Batu Borneo juga banyak jenisnya. Walau pun banyak jenisnya tetapi secara umum dikenal tiga jenis Murai Batu Borneo yaitu Murai Batu Palangka, Murai Batu Banjar & Murai Batu Mahkota (Kepala Putih). Karakteristik Murai Batu Borneo yang sangat mudah dikenali adalah gayanya yang khas pada saat tarung, yaitu dada membusung dengan bulu dada yang mengembang, kepala yang menengadah ke atas lalu membungkuk ke bawah yang kadang dengan gerakan cepat tetapi juga kadang-kadang bergerak lambat. Daerah Sebaran Murai Batu Borneo Secara garis besar daerah sebaran Murai Batu Borneo adalah seperti gambar berikut. Murai Batu Palangka yang oleh kicau mania di Kalimantan sering juga disebut Murai Kalteng habitatnya tersebar di wilayah Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat.

Murai Batu Palangka Murai Batu Palangka secara fisik identik dengan Murai Batu Lampung. Secara garis besar dapat digambarkan sebagai berikut : Body : Sedang dengan bentuk agak memanjang. Sebenarnya murai batu jenis ini jika dilihat secara fisik banyak juga ragamnya. Coklat Kemerahan & Putih Kekuningan. . Warna Bulu Dada : Coklat hingga Coklat Tua. Murai Palangka juga akan mengembangkan bulu dadanya pada saat tarung. Panjang Ekor : 15 sampai 18 cm. Tetapi tidak seperti Murai Batu Banjar. Mungkin akibat kemiripan secara fisik itulah. Coklat Kehitaman (warna tanduk). murai batu jenis ini hanya mengembangkan bulu dada bagian perut sampai batas dada (sedikit di bagian dada). Murai Batu Mahkota (white crowned shama) tersebar dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan bagian Utara (Malaysia). baik gradasi warna bulu. Typical Murai Batu Borneo 1. warna kaki & panjang ekornya. Gaya Tarung : Seperti Typical Murai Batu Borneo jenis lainnya.Murai Batu Banjar dapat ditemui di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. murai batu jenis ini pernah ditangkap secara besar-besaran untuk dikirim ke Pulau Jawa dan Lampung. Warna Kaki : Hitam Pekat.

Sama halnya dengan Murai Batu Palangka. warna kaki . karena sifat fighter-nya yang sangat tinggi. sebenarnya Murai Batu Banjar yang oleh warga setempat biasa disebut "Tinjau Karang" ini juga banyak jenisnya. Murai Batu Banjar Murai Batu Banjar inilah yang biasa dicari hobbiest untuk dilombakan.Murai Batu Palangka Koleksi Teman 2. Warna bulu dada.

Warna Bulu Dada : Coklat hingga Coklat Terang Warna Kaki : Hitam Pekat. Gaya Tarung : Pada saat tarung murai ini akan mengebangkan semua bulu dada warna coklatnya hingga ke batas leher. . warna dada. Coklat Kehitaman (warna tanduk). Coklat Kemerahan & Putih Kekuningan.& panjang ekor berbeda-beda antara satu habitat dengan habitat yang lain. baik postur tubuh. Murai Batu Mahkota Murai Batu Mahkota (Kepala Putih) yang habitatnya mulai Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara (Malaysia) ini sebenarnya sangat mirip dengan murai batu banjar. Secara garis besar typical murai batu banjar dapat digambarkan sebagai berikut : Body : Kecil. Panjang ekor murai jenis ini rata-rata antara 10 sampai 13 cm dan ada murai batu banjar dari daerah tertentu yang memiliki ekor rata-rata 15 cm. sehingga sepintas terlihat menyerupai bola tennis. Secara umum perbedaan murai batu banjar dengan murai batu palangka adalah warna bulu dadanya cenderung lebih cerah dan ekor yang lebih pendek dari Murai Batu Palangka. Sedang sampai Besar Panjang Ekor : 10 sampai 15 cm. 3. Kecuali celeret putih pada kepalanya secara keseluruhan murai batu ini identik dengan murai batu banjar. gaya tarung hingga sifat fighternya yang tinggi.

Gambaran umum murai batu mahkota sebagai berikut : Body : Kecil. Gaya Tarung : Seperti murai batu banjar. Panjang Ekor : 10 sampai 13 cm. Sedang. Coklat Kehitaman (warna tanduk) & Coklat Kemerahan. Koleksi kancil 650 Tawau .Malaysia Video MB Mahkota koleksi om kancil 650 Koleksi mahdi dzaqi Pontianak .Kalimantan Barat . pada saat tarung murai ini juga mengebangkan semua bulu dada warna coklatnya hingga ke batas leher hingga membentuk bulatan.Sabah . Warna Bulu Dada : Coklat hingga Coklat Terang Warna Kaki : Hitam Pekat.

Murai Batu Mahkota in Action .

tetapi sejauh ini jawara yang sering moncer pada lomba di wilayah tersebut adalah dari jenis murai batu banjar. Sejauh lomba-lomba yang pernah saya ikuti khususnya di Kalsel. Kaltim & Kalteng memang demikian adanya. lebih terang/muda . jenis ini memiliki daya tempur yang sangat tinggi dan kerjanya ngedur. Dari yang pernah saya rawat dan pantauan terhadap murai batu mahkota milik teman.Kalimantan Timur Jenis : MB Banjar Tips Memilih Murai Batu Borneo Warna bulu dada Pilih warna bulu dada yang coklat muda.Murai Batu Banjar Si Raja Kontes ? Saya sering membaca tulisan yang menyebut bahwa "Murai Batu Banjar adalah murai borneo yang sering merajai konteskontes kelas murai borneo di Kalimantan". Kalau melihat dari daya tarung. Bukan berarti murai borneo jenis lain tidak prospek. Si Pitung (salah satu MB Borneo terbaik Kaltim) Koleksi edy_u2007 Bontang . Benarkah demikian? Untuk sementara saya tidak menolak pendapat tersebut. secara pribadi saya juga tertarik dengan murai batu mahkota (kepala putih).

Karakter suara murai batu borneo Karakter suara murai batu borneo adalah ngebass dan monoton? Ini tidak benar. Dengan perawatan yang benar. (2) Hitam Pekat. Pilih yang bukaannya lebar. karena selain belum pernah melih yang jenis ini moncer di kontes. biasanya saat tarung akan mengeluarkan tembakan dengan full power. dari 13 s. Panjang ekor Pilih ekor yang agak pendek. saya juga pernah merawatnya dan hasilnya menurut saya sangat mengecewakan. Bukaan paruh Pada saat berkicau perhatikan intensitas bukaan paruhnya. Bentuk leher Carilah yang mempunyai leher yang agak besar. Murai batu borneo dengan warna-warna bulu dada seperti tersebut rata-rata memiliki sifat fighter yang tinggi dan kerjanya ngedur. skala prioritas memilih murai batu borneo melihat dari warna kaki adalah : (1) Coklat Kehitaman (warna tanduk). pemilihan masteran tepat & proses mastering yang intensif. Selain hal-hal tersebut di atas. ini biasanya menunjukkan besarnya volume suara yang dapat dikeluarkan. Kalau ada yang supak (agak keputihan tetapi bukan blorok) lebih baik lagi. Mental serta daya tarungnya kurang serta terlalu lambat untuk jadi.lebih baik.d. secara umum pemilihan murai borneo berbakat sama dengan ulasan-ulasan pada thread yang membahas permasalahan cara memilih murai batu berbakat. (3) Coklat Kemerahan (4) Jangan Pilih yang Putih Kekuningan. . Warna kaki Dari variasi warna kaki murai batu borneo yang pernah saya temui. 10 cm Bentuk kepala Utamakan memilih kepala yang berbentuk papak Mata Pilihlah yang memiliki tatapan tajam dan mata tidak terlihat sayu.

pilih masteran utama dengan type nembak seperti cililin. Empat pasang bulu ekor putih berwarna hitam pada pangkal bulunya. yaitu : 1. belibis. Pola Ekor Murai Batu Borneo Pola ekor MB Borneo adalah terdiri dari 6 pasang (12 helai) bulu. saya pinjam nama warna supak (yang saya yakin beda dengan supaknya MB Sumatera) untuk menyebut murai borneo yang warna bulu dadanya sangat muda dan agak keputih-putihan tetapi bukan blorok. LB. Hampir semua murai batu dari daerah tersebut baik jantan atau betina memiliki warna bulu dada sangat muda dan berkaki hitam. Bulu ekor putih polos semua dg semburat hitam pada bagian ujungnya. 3. . Bulu ekor putih MB Borneo sendiri banyak polanya. Saya pernah merawat serta melombakannya pada umur belum 1 tahun dan moncer ke-3 (sayang umurnya tdk panjang). Murai borneo seperti ini sekarang memang sangat sulit ditemukan. Sebenarnya warna seperti ini bukan kelainan dan memang ada jenisnya. dll. dengan 2 pasang bulu hitam dan 4 pasang bulu putih (bulu penyangga). Murai Borneo Supak Karena sulit menemukan istilah yang tepat. Di wilayah hutan tertentu di pegunungan meratus memang memiliki murai batu dengan warna seperti ini. tetapi masih ada. Murai borneo dengan warna ini memiliki mental yang luar biasa. Bulu ekor putih dg 3 pasang polos dan sepasang (ekor putih terpanjang) berwarna separuh hitam. Karena kebanyakan murai borneo bertype nembak-nembak.murai borneo akan memiliki suara/lagu yang berkualitas. 2. pelatuk.

kalau ada waktu nanti akan saya lengkapi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang murai batu di Indonesia. Mohon maaf foto dan videonya belum lengkap. Sementara itu sharing yang bisa saya sampaikan dan mohon koreksi kalau salah serta harap ditambahkan kalau ada kekurangan.4. Khususnya rekan KMers Kalimantan serta Owners Murai Batu Borneo umumnya. Salam MB-Holic . Ekornya berwarna hitam semua.

Tidak hanya Vit B-complex yang diperlukan MB tapi juga multivitamin. dll. Vitamin B2 yang juga berfungsi untuk mengolah carbohidrat menjadi energi memproduksi sell darah merah dan juga penting untuk penglihatannya. B-Complex juga bisa digunakan untuk menekan stress sehingga burung yang macet bisa lebih cepat bunyi. kejang kejang. Vitamin B9 yang berfungsi untuk memproduksi sell darah merah juga dan DNA. Biotin akan membantu proses pertumbuhan bulu terutama pada ekornya.. Jangan menggunakan obat obat laiin yang ada dipasaran karena kita tidak tahu apa isi sebernarnya. Asal sekarang bunyi anda senang.Percaya atau tidak bahwa MB/ insectivores lainnya membutuhkan Vitamin B-Complex lebih banyak daripada vitamin yang lain. Jadi overall Vit Bcomplex akan memperlancar peredaran darah di tubuh dan otak dan memelihara system saraf Pililah Vit B complex yang juga mengadung BIOTIN. nafsu makan berkurang. Bisa juga mengadung bahan kimia lainya yang sifatnya DOPING supaya burung bunyi. Jangan mudah percaya composisi yang ada di kotak kemasan. Biotin Biasanya dipakai untuk Kuda supaya pertumbuhan kuku lebih baik. Biotin adalah juga bagian dari Vitamin B complex. mineral mineral dan tentu saja free form amino acids. system saraf. Vit B complex bisa digunakan untuk hampir semua gejala sepeti burung lesu. Kalo saya selalu beli produck luar negeri karena qualitas lebih terjamin dan kemasan yang betul betul diperhatikan. Banyak teman teman yang udah membuktikannya termasuk saya. otot. atau tiba tiba lumpuh (seperti stroke). mental drop. Untuk manusia bisa digunakan untuk rambut kita supaya tidak mudah rontok dan tumbuh dgn baik. Kenapa Vit B-Complek dibutuhkan MB? Vitamin B complex mengandung: Vitamin B1 yang berfungsi untuk membantu tubuh MB mengolah carbohidrat menjadi energi dan juga penting untuk jantung. Vitamin B12 akan membantu menambah nafsu makan dan penting juga untuk system saraf supaya bekerja dgn baik. Banyak supllements di pasaran Indonesia yang kemasannya asal asalan sehingga kandungan nutrisinya udah usang. Vitamin Vitamin B6 yang berfungsi untuk membantu memproses protein yang dimakan MB sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh dan juga membantu produksi sell darah merah. Burung yang disangkarkan khususnya MB biasannya mendapatkan . tapi hanya untuk sementara waktu saja.

free form amino acids. Banyak dari Pecinta MB di tanah air hanya memberikan kroto. INNOVATIVE NATURAL PRODUCT B-Complex (tidak lagi menggunakannya karena habis). Kan lebih baik mencegah daripada mengobati. sebotol tanggung terakhir saya beli seharga Rp 80 ribu. 3. Saya belinya di GNC store . Merek Vitamins yang saya gunakan: 1. VYNKA buatan Jerman. Anda bisa beli di toko penjual pakan burung (cari yang tokonya besar dan bermodal) karena harganya relatif mahal. vit c. kalo berani memelihara ya itu consequence-nya. sangat baik untuk mengkilapkan bulu bulu dan memacu birahi pada MB.. (tapi gak jaminan 100&#37. Vitamin E (natural E) belinya juga di apotik 5. Mengandung cukup bagus multivitamins tapi (mungkin. temasuk di dalamnya adalah minerals. MB bisa makan serangga sepuas-puasnya dan tentu saya sangat bervariasi dalam 1 hari menu. ulat HK dan jangkrik saja. saya lupa) tidak mengandung minerals dan free form amino acids.uk/animal/avian. itu terserah anda semua.. Teman teman. bisa) Nah. tapi. dll. B-COMBION DROP untuk BAYI. Jika MB anda mengalami problem bulu (tidak mau mabung pada waktunya). anda bisa mengaplikasikan teknik ini. Saat yang paling tepat pemberian vitamin E adalah pada saat mabung.. Dan banyak penghobi burung yang hanya bisa merawat burung yang pokonya gacor dan kalo sakit bingung obatnya. Terlalu banyak pemberian Vitamin E bisa mengakibatkan false molt/ mabung tidak pada waktunya. Di Habitat aslinya..makanan sesuai apa yang diberikan oleh perawatnya dan tentu saja sangat terbatas. VYDEX VITASOL buatan Inggris.html (nggak bakalan nyesel beli ini deh) 2. Percaya saya Mb anda pasti akan lebih fit daripada MB yang hanya di beri EF bervariasi saja. Belinya di apotik 4.vydex. Anda bisa beli di http://www. Vitamin E. kelihatnnya sih burung burung MB kita manja manja dan kita menjadi slave-nya MB. Multivitamins yang juga lumayan komplit (tidak sekomplit Vydex VITASOL). Multivitamins yang complit.co. Tentu saja tidak cukup. calcium. oleh sebab itu kita harus memberikan vitamins dan minerals dan juga amino acids.

Biasanya MB akan menunjukan gejala membaik dalam tempo beberapa jam sampai sehari. mis: senin. sabtu sebanyak kira kira 1/2 tetes disuntikkan ke jangkrik. rabu.. Takaran sama 1/2 tetes per serving/day. Mis: senin. Anda bisa membelinya di toko toko penjual supplements seperti GNC store. (tidak menggunakan lagi karena udah pakai Vitasol yang complit).. saya rasa sudah seperti vitamins yang pasti tidak asing lagi bagi kita. Artinya entah gimana caranya anda memberikan makan pada intinya 1/4 cc harus masuk ke tembolok dalam waktu singkat sehingga bisa di proses bersamaan. . Mineral dan asam amino acids ini tidak begitu perlu karena bisa didapat dari EF yang bervariasi yang dimakan oleh MB. rabu.. Amino acids adalah molecul molecul dari protein yang udah di olah sangat mendasar sehingga bisa langsung diserap oleh tubuh tanpa melalui system pecernaan yang panjang. Saya membelinya di GNC Store Singapore Dibawah adalah takaran yang saya sarankan. Untuk MB trotol: Multivitamins Vitasol (kira kira banyaknya sebiji jangung) ditambah 40-45 drops. INNOVATIVE NATURAL PRODUCT Minerals dan free form amino acids buatan USA. kalo amino acids? Amino acids biasanya digunakan oleh para bodybuilder.Mineral..Singapore 6.. jumat. Sehingga hasilnya pembentukan otot dan daging tanpa lemak. berikan 3 kali seminggu bergantian hari. Untuk MB sakit (bukan sakit diakibatkan infeksi atau terkena infeksi bacteria): Pada pertolongan awal berilah 1/4cc (5 tetes) langsung ke mulutnya atau kalo masih mau makan bisa disuntikan ke jangkrik sampai 1/4cc tadi dan MB nya harus memakannya sampai habis dalam sekali proses cerna. Berikan 3 kali seminggu dan ditambah 1x seminggu Bcomplex aja. dan + sabtu sore (hanya Bcomplex saja).(saya berikan ke MB saya dan so far baik baik saja) Untuk MB sehat: Multi vitamin vitasol (kira kira banyaknya sebiji jagung) ditambah 30-40 drops vitamin B-complex.

saya juga ada pengalaman untuk masalah bulu. biar makin komplitttttt Best regards. jd nya nyulam terusss. disuntikan pada jangkrik... klo pun rontok ga pernah ampe tuntas. hasilnyaaa. truss sy cb kasih nature E.. lebih kilep. Teman teman saran dan info saya diatas belum tentu benar. mungkin kira2 1 bulan lg nanti di cb dilapang. MB saya br tuntas bulu. Untuk MB mabung: Multivitamin Vitasol (kira kira banyaknya sebiji jagung) ditambah 30-40 drop B-Complex. Jangan lupa Vitamin E disuntikkan ke jangkrik 3 kali seminggu. satrio Nahh. warnanya lbih nyala..Selanjutnya takaran di berikan seperti burung waktu mabung sampai fit betul dan sesudahnya takaran kembali seperti burung sehat. trus kasih mkan ke MB. Bisa bersamaan dgn pemberian multivit+b-complex atau bergantian hari. MB saya dl susah banget rontok. Dan juga B complex saja 1-2 kali seminggu. bulu MB jd bagus banget. jd belom terlihat hasil nya.. . o iyaa.. yg skrang lg sy gunain yaa pake madu. berikan 4-5 kali seminggu dgn takaran 1/2 tetes disuntikkan ke jangrik. saya ksih 1 minggu 1 kali.. so tolong kalo ada tambahan di tambahi aja.

klik www. 7. 5. klik. 4. .1.tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Paste kode tersebut di Thread yang akan dimasukkan gambarnya. 6.(yang tulisannya IMG code for forums&message board. setelah selesai. 3.com 2. tentukan ukuran gambar yang akan di tampilkan nanti nya. upload now.kalau saya pakai yg ukuran website/email (320 X240). foto akan tampil saat thread di submit. coppy kode yang berada di kolom 3 dari atas. lalu browse foto yang akan di tampilkan.tinypic. .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.