P. 1
STRATEGI PENGEMBANGAN SDM

STRATEGI PENGEMBANGAN SDM

|Views: 385|Likes:
Published by Faizal

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Faizal on Mar 31, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/03/2013

pdf

text

original

MATERI GENAP 2008/2009

STRATEGI PENGEMBANGAN SDM

AY AS

AN P

M ERGURUAN ISLAM

O AR

OLEH : SYAHRIR

S

Y

MATERI PEMBAHASAN STRATEGI MSDM
1. Perspektif Manajemen SDM

2. Perencanaan SDM
3. Rekrutmen, Seleksi, dan Orientasi SDM 4. Pengorganisasian dan Pengembangan SDM 5. Perencanaan dan Pengembangan Karier. 6. Penilaian Prestasi Kerja 7. Hubungan Internal Karyawan 8. Motivasi dan Kepemimpinan 9. Pengawasan, Pengendalian, Riset, dan Audit SDM

1. Perspektif Manajemen SDM
Agar dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajeman secara efektif, kita harus memahami 2 pengertian dasar dari konsep MSDM yaitu: a. Pengertian Manajemen b. Pengertian Manajemen Sumberdaya Manusia

A. Pengertian Manajemen
• Apa sebenarnya Manajemen Itu ?
Manajemen Berasal dari Bahasa Inggris yaitu Management yang dikembangkan dari kata To Manage yang berarti MENGATUR ATAU MENGELOLA.
Sedangkan manage itu sendiri berasal dari bahasa italia, yaitu MANEGGIO yang merupakan adopsi dari bahasa latin MANAGIARE, yang berasal dari kata MANUS, yang berarti tangan.

Apabilan diadakan pembatasan atau definisi tentang manajement maka dapat dikemukakan sebagai berikur:
“Bekerja dengan orang-orang untuk mencapai tujuan organisasi dengan dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (Planning), Pengorganisasian (organizing), Penyusunan Personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leding), dan pengawasan (Controlling)”.

Berbagai para ahli memberikan tentang manajemen diantaranya:

definisi

• S.P Hasibuan “Ilmu dan seni mengatur pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu.

• Harlod Koonts dan Cyril O’Donnel “manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu memalui kegiatan orang lain. • Sondak P. Siagian “Manajemen adalah kemanpuan dan keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan –kegiatan orang lain.

• Prof. Oey Liang Lee “Manajemen adalah Perencanaan, Pengerganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengentrolan atas human dan natural resources untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu. Dari pendapat di atas ada yang menyebutkan bahwa manajemen adalah ilmu, Seni artinya apa bahwa: Manajemen sebagai ilmu adalah suatu kumpulan pengetahuan yang logis dan sistematis.

Sedang manajemen sebagai Seni adalah suatu krativitas pribadi yang disertai dengan suatu keterampilan Perlu diingat bahwa ilmu pengetahuan mengajarkan kepada orang tentang suatu pengetahuan tertentu, sedangkan manajemen sebagai seni mendorong orang untuk mempraktekkannya.

Disamping sefinisi diatas kita juga menemukan istilah Efisien dan Efektif. Adapun arti efisien atau efisiensi sebagai beriku:

• Efisien adalah suatu keadaan dimana ketika menyelesaikan suatu pekerjaan dilakukan secara tepat dan akurat tanpa membuang waktu, tenaga dan biaya.
• Sedangkan Efektif adalah suatu keadaan dalam memilih cara dan peralatan yg digunakan dengan tepat sehingga tujuan yg diinginkan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan.

• Alasan apa yang anda ketahui diperlukannya manajemen ?

• Alasan diperlukannya manajemen adalah: 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->